Cara menjual buku di google play. Tertarik untuk mempelajari cara menjual buku di Google Play? Jadi, berjualan buku secara online memang tidak hanya bisa dilakukan melalui media sosial, marketplace, maupun website. Bisa juga dilakukan di Google Play khususnya untuk penjualan buku dalam format digital, baik itu dalam format PDF maupun yang lainnya. 

Google Play Books yang juga disebut dengan istilah Google eBooks adalah sebuah toko buku online yang dimiliki dan dikelola oleh Google. Google Play Books terintegrasi juga dengan layanan Google Play Store lainnya. Seperti Google Play TV, Google Play Film, Google Play Game, dan lain-lain. 

Lalu bagaimana cara menjual buku di google play? Kami akan mengulas secara lengkap untuk Anda. Simak sampai akhir ya!

5 Langkah Cara Menjual Buku di Google Play

Jika selama ini belum pernah sekalipun berjualan buku digital melalui Google Play Books. Maka berikut adalah langkah-langkah atau cara menjual buku di Google Play: 

Langkah 1: Membuat Akun 

Langkah pertama dalam cara menjual buku di Google Play Books adalah membuat akun dulu. Silahkan berkunjung ke laman https://play.google.com/books/publish/u/0/ untuk proses pembuatan akun baru maupun login ke akun yang sudah dimiliki sebelumnya. Jika belum klik tombol Get Started

  • Pendaftaran 
homepage pendaftaran akun google play book
  • Memilih Kategori Akun 

Setelah di klik akan muncul tampilan berikut: 

cara menjual buku di google play : memilih kategori akun

Silahkan masukkan alamat email yang akan didaftarkan ke Google Play Books, dan pilih tipe penerbit. Jika selaku penerbit bisa memilih Publisher, jika reseller bisa memilih Distributor or service provider

  • Isi Data Penerbit 

Setiap pilihan akan diminta data dan silahkan diisi sesuai data di lapangan dan klik tombol Next, seperti gambar berikut: 

mengisi data
  • Preferensi dan Istilah Email 

Masuk ke tahap preferensi, silahkan centang kedua pilihan seperti di gambar lalu klik tombol I Agree

mengisi persetujuan SnK

Jika sudah, maka akan muncul tampilan sebagai berikut: 

dashboard google play book

Langkah 2: Menyiapkan Profil Pembayaran

Selanjutnya, langkah atau cara menjual buku di google play, adalah menyiapkan profil pembayaran, di halaman utama silahkan klik pilihan Create a payment profile. 

cara menjual buku di google play : menyiapkan profil pembayaran

Lalu isi data yang diperlukan, sesuai dengan kolom yang tersedia dan klik tombol Submit. Gambar sebagai berikut: 

Submit profil pembayaran

Langkah 3: Menambahkan Wilayah Penjualan

Langkah selanjutnya adalah menambah atau menentukan wilayah penjualan, dan di Google Play Books menggunakan wilayah negara. Jika ingin menjual buku di Indonesia saja maka tinggal mengatur demikian. Berikut langkahnya: 

  • Dari halaman utama masuk ke menu Payment Centre yang terletak di sisi sebelah kiri. 
cara menjual buku di google play : menambah wilayah penjualan
  • Edit negara yang menjadi area pemasaran, klik tombol Edit
edit negara
  • Masukan kode negara Indonesia (ID), jika ingin berjualan hanya di wilayah Indonesia. Jika ingin menjual di berbagai negara maka kode negara bisa diisi WORLD. Lalu, klik tombol Save Changes
simpan perubahan

Langkah 4: Menambahkan Deskripsi tentang Buku 

Jika ingin menjual buku, maka masuk ke menu Book Catalogue di halaman utama. Lalu klik tombol Add Book.  

menambahkan deskripsi tentang buku

Lalu akan masuk ke halaman Add Book dan silahkan isi data buku yang akan dijual. Lalu klik tombol Save and Continue

Lengkapi data buku seperti judul, deskripsi, dan lain sebagainya sesuai tampilan dari Google Play Books. Lalu klik tombol Save and continue

Tahap selanjutnya adalah menentukan genre, silahkan isi sesuai kebutuhan dan klik tombol Save and Continue

Lalu isi data penulis, dan kemudian klik tombol Save and continue

Atur ketentuan tentang limit ulasan dan sebagainya di Google Play Books dan kemudian klik tombol Save and Continue

Masukan gambar sampul buku dengan mengunggah gambar dari perangkat , dan klik tombol Continue

Masukan harga dan klik tombol Save and continue 

Periksa kembali detail buku yang akan dijual, kemudian klik tombol Publish jika semua informasi buku sudah benar. 

Jika sudah selesai dibuat, maka di menu katalog buku akan muncul gambar sampul yang tadi sudah diunggah lengkap dengan detail lainnya. Berikut tampilannya: 

Langkah 5: Menentukan Rekening Bank dan Berikan Informasi Pajak

Langkah terakhir dalam cara menjual buku di google play adalah menentukan atau memasukan data rekening bank dan informasi pajak. Sebab hasil penjualan buku akan dimasukan atau ditransfer ke rekening bank yang didaftarkan. Sekaligus akan ada detail biaya pajak dari hasil penjualan buku di Google Play Books. Berikut langkah-langkahnya? 

  • Pilih menu Link Your Bank Account yang ada di halaman utama. 
  • Lalu, masukan detail nomor rekening bank dan data lainnya. Klik tombol Save

Sedangkan untuk mengatur informasi pajak, bisa memilih menu Enter your tac information di halaman Utama. 

Silahkan edit beberapa poin yang memang perlu diedit. Bisa langsung kembali ke halaman utama. Secara otomatis pengaturan informasi pajak sudah selesai dibuat. 

Jika sudah selesai, maka di halaman utama tiga menu yang sudah diatur akan muncul tanda checklist berwarna hijau. 

Jika ingin mendapatkan lebih banyak pemasukan, maka bisa menambah judul buku yang dijual di Google Play Books. Langkah-langkahnya sama persis seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bisa masuk lewat menu Book Catalogue sehingga bisa menambah judul baru di dalamnya. 

Semakin lengkap dan jelas deskripsi bukunya maka semakin mudah mendapatkan pembeli. Pengaturan wilayah penjualan juga bisa diperluas jika memang menjualnya untuk masyarakat di negara lain atau bahkan di seluruh dunia. Sebab bisa jadi buku-buku yang dijual akan memudahkan masyarakat Indonesia yang bermukim di negara lain untuk mendapatkan buku-buku tersebut.  

Itulah beberapa cara menjual buku di google play. Cukup mudah bukan? 

Keuntungan Menjual Buku di Google Play 

Sebagai salah satu pilihan tempat jualan buku secara online, oleh Google layanan Google Play Books ditunjang dengan beberapa kelebihan. Kelebihan ini tentu saja memberi keuntungan ekstra bagi penggunanya. Diantaranya adalah: 

1. Digunakan Banyak Orang 

Google Play adalah produk dari Google yang digunakan oleh banyak orang dari berbagai negara di dunia. Menjual buku digital lewat Google Play Books membuka peluang mendapatkan pangsa pasar yang luas. Sebab jumlah penggunanya sudah sangat banyak. 

2. Rekomendasi Secara Terus-Menerus 

Skema di Google Play Books adalah merekomendasikan buku sesuai genre yang disukai pengguna (konsumen). Jika konsumen lebih sering membeli dan membaca genre Romance misalnya. Maka oleh Google Play Books buku-buku dari genre tersebut akan ditampilkan di beranda pengguna tadi. 

Sehingga, saat ada pengguna yang menjadikan kategori buku yang dimiliki sebagai pilihan. Maka buku yang dijual di Google Play Books secara otomatis akan tampil di beranda pengguna tadi. Hal ini tentu akan mendorong angka penjualan secara maksimal tanpa perlu bekerja keras melakukan promosi. 

3. Penghasilan Pasif Sampai 70% 

Penulis maupun penjual (reseller) yang menjual buku-buku digital di Google Play Books berkesempatan mendapatkan penghasilan pasif sampai 70% dari harga buku. Tentunya disesuaikan dengan skema bagi hasil antara penulis dengan pihak penerbit, maupun antara penulis atau penjual dengan Google Play Books. 

Menjual buku di Google Play Books akan meningkatkan omset penjualan, karena memang digunakan banyak orang. Bagi pembaca, Google Play Books menawarkan media untuk membaca dan membeli buku digital dengan banyak fitur menarik. 

Misalnya tersedia fitur bookmarks yang membantu menandai halaman terakhir yang sudah dibaca. Selain itu pilihannya juga lengkap, sebab genre semua buku tersedia disini. 

Artikel Terkait:

6 Alasan Buku Anda Harus Dibuat Versi Ebook

Cara Membuat Ebook

Pentingnya Buku Dibuat Versi Ebook

Tips Membuat Buku Laris

Cara Ampuh Mempromosikan Buku Sendiri 

Besar Pajak Royalti Penulis Buku 

Strategi Penulis Supaya Buku Laris

5 Kiat Menjadi Penulis Buku Best Seller 

Ayo Bergabung menjadi Reseller Deepublish. Dapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah di setiap bulannya dengan jadi Reseller. Fasilitas Grup Reseller. Tanpa Minimal Pembelian. Cepat Kirim. Promo Setiap Waktu. Layanan: Garansi Produk, Sistem Dropship. 

Daftar di Sini