Website mencari jurnal Indonesia yang lengkap bisa Anda dapatkan di beberapa situs. Salah satunya di e-perpusnas atau perpustakaan nasional yang merupakan situs resmi milik pemerintah Indonesia.

Pencarian jurnal itu sendiri juga banyak dicari oleh kaum akademisi untuk mendukung hasil penelitian mereka. Barangkali Anda pun juga demikian?

download ebook gratis

Situs jurnal di Indonesia terbilang cuku banyak, namun Anda harus selektif dalam memilih tempat dalam mencari sebuah jurnal. Mengingat ada juga tempat yang kurang bereputasi dalam menyediakan jurnal.

Anda bisa mengunjungi beberapa situs penyedia jurnal Indonesia di bawah ini, tidak perlu merogoh kocek karena rata-rata mereka juga gratis. Tinggal daftar dan temukan jurnal yang relevan dengan bahasan penelitian Anda. 

Website Tempat Mencari Jurnal Indonesia

Berikut beberapa website tempat mencari jurnal Indonesia yang terpercaya. Jurnal internasional maupun jurnal nasional sangat bermanfaat bagi para peneliti baik itu dari kalangan mahasiswa maupun dosen.

Hal ini karena biasanya jurnal tersebut dijadikan untuk mengembangkan penelitian yang sedang Anda kerjakan. Langsung saja, berikut daftar tempat mencari jurnal Indonesia. 

1. Perpustakaan Nasional Indonesia

Tempat mencari jurnal Indonesia yang tidak diragukan lagi situs miliki Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, atau biasa disingkat dengan PNRI. Sebagai pusat perpustakaan, tentunya berkaitan dengan dunia literasi, termasuk menyediakan hasil jurnal dari para peneliti di Indonesia. 

Buat Anda yang penasaran, bisa langsung mengunjungi di e-resources.perpusnas.go.ig. Pasalnya, tidak hanya mencari jurnal untuk kajian referensi penelitian Anda saja loh. Tetapi Anda bisa bergabung atau menjadi anggota perpustakaan secara online. 

Adapun macam-macam yang bisa Anda dapatkan di web ini. Jadi tidak hanya berbentuk jurnal saja, termasuk juga ada yang berbentuk ebook dan karya ilmiah.

Tidak banyak yang mengetahui, ternyata perpusnas itu sendiri juga berlangganan penyedia referensi nasional dan Internasional. Ada yang dari Proquest, sciencedirect, Cambridge university press, Princeton university press dan Balai Pustaka. Jadi, dijamin lengkap jika mengambil referensi di sini. 

2. Directory of Open Access Journal

Rekomendasi tempat mencari jurnal Indonesia yang perlu Anda intip adalah Directory of Open Access Journal atau DOAJ. Buat Anda yang ingin melihat secara lengkap, bisa cari di doaj.org. sayangnya portal web ini sebagai open access. Kelebihan dari DOAJ adalah banyak jurnal-jurnal gratis yang bisa Anda unduh sesuai dengan selera. 

Baca Juga: 5 Tips Publikasi Jurnal Nasional Gratis

3. Researchgate

Tempat mencari jurnal Indonesia yang selanjutnya adalah researchgate.net. Portal ini berbentuk komunitas online yang berisi para peneliti. Di Tempat ini pula, para peneliti dibolehkan mengupload karya jurnal mereka. Kelebihan komunitas ini, bagi anggota yang sudah tergabung dapat mengajukan request jurnal secara gratis. 

Syarat untuk masuk ke komunitas researchgate.net wajib menggunakan email institusi atau kampus Anda. Barangkali ada yang masih bingung tidak tahu caranya bagaimana, caranya cukup Anda mengunjungi ke IPTIK atau ICT kampus atau institusi masing-masing, maka nanti akan mendapatkan email student atau email khusus mahasiswa. 

Kelebihan dari Researchgate memiliki proses kerja seperti social networking. Dimana situs ini menawarkan banyak fitur yang memudahkan pengguna fokus pada bidang-bidang tertentu.

Penulis juga dapat berinteraksi dengan cara mengajukan pertanyaan ataupun melakukan diskusi dengan member yang tergabung di sana. 

4. JSTOR

Tempat mencari jurnal Indonesia dan internasional yang lain adalah JSTOR. Di website yang satu ini memiliki banyak sekali koleksi jurnal, tidak hanya ratusan ribu yang tersedia di sana, tetapi mencapai kurang lebih 12 juta jurnal.

Kelebihan dari web ini, memudahkan peneliti untuk mencari sumber referensi lain, selain jurnal. Diantaranya terdapat buku. 

Jadi buat Anda yang ingin mencari sumber referensi jurnal dari berbagai Negara dan melihat ilmu pengetahuan dari dunia luar, Anda dapat mengunjungi website ini.

Kajian jurnal di sini pun lintas Negara dan lintas jurusan. Mulai tentang kajian film, hubungan internasional, musik, arkeolog hingga agama dan masih banyak lagi. 

Kelebihan dari JSTOR selanjutnya adalah jurnal atau yang tersedia di sana adalah kumpulan jurnal yang telah melewati proses review dan yang memenuhi kriteria. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengetahui atau melihat-lihat apakah sudah direview atau belum. 

5. Sage Journals 

Jika dari beberapa rekomendasi di atas masih belum cukup puas. Maka sage journals mungkin salah satu rekomendasi tempat mencari jurnal Indonesia yang perlu dicoba. Sayangnya, sage journal bukanlah situs milik Indonesia, melainkan milik Amerika Serikat, sehingga konten journal yang ada di dalamnya pun juga menggunakan bahasa asing. 

Meskipun demikian, web ini juga menawarkan banyak sekali jurnal yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Mulai dari ilmu politik, sosiologi, kriminologi, hubungan internasional hingga manajemen, dan masih banyak lagi. Oh iya, di web ini Anda pun juga menambahkan journal favorit bagi Anda, dan masuklah di kolom kesukaan Anda. 

Baca Juga: 15 Situs Jurnal Internasional untuk Referensi Karya Ilmiah

6. Oxford Academic

Tidak dapat dipungkiri, sumber referensi tidak harus berbahasa Indonesia. Seringkali, jurnal-jurnal asing banyak yang memberikan wawasan baru. Dari segi pembahasan pun, jurnal dari luar lebih menarik.

Bukan berarti jurnal dari dalam negeri kurang menarik, tetap menarik. Hanya saja karena beda Negara, maka banyak permasalahan yang berbeda pula. Maka tidak heran jika banyak peneliti yang memilih jurnal luar negeri. Salah satunya di oxford academic. 

Oxford academic adalah situs tempat mencari jurnal internasional yang direkomendasikan. Sesuai dengan nama nya, situs ini dikelola atau dimiliki oleh salah satu universitas yang cukup terkenal, yaitu Oxford University. Tentunya, jurnal dapat anda unduh secara gratis. 

7. Libgen.org

Rekomendasi tempat mencari jurnal Indonesia dan luar dapat pula dilihat di Libgen. Libgen merupakan library Genesis yang menyediakan berbagai macam jurnal. Mulai dari jurnal terbitan lama hingga jurnal terbitan terbaru. Ini sangat cocok buat peneliti yang ingin membandingkan hasil penelitian lama dengan hasil penelitian baru. 

Keuntungan dari libgen adalah, semua jurnal dapat diakses secara gratis. Sayangnya, muncul rumor bahwasanya situs ini termasuk situs illegal. Jadi, buat Anda yang ingin cari aman, lebih baik mencari jurnal referensi yang bereputasi dan terpercaya. Misalnya, situs milik kemenristek dan perpustakaan nasional Indonesia yang sudah disebutkan sebelum-sebelumnya. 

8. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 

Siapa yang tidak mengenal dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan atau yang sering disingkat dengan LIPI. Kelebihan dari LIPI adalah menyediakan jurnal Berbahasa Inggris. Cocok banget buat Anda yang mencari-cari sumber jurnal dari Internasional atau semacamnya. Anda bisa mengaksesnya di lipi.go.id. 

LIPI dikelola oleh lembaga pemerintah non kementerian. Meskipun demikian, LIPI tetap dikoordinatori oleh Kemenristekdikti. Jadi, buat Anda yang masih ragu apakah berkredibel atau tidak, tidak perlu khawatir lagi untuk hal ini. Kelebihan dari jurnal ini dapat diakses secara gratis loh. Selain jurnal bahasa Inggris, juga ada jurnal-jurnal yang berbahasa Indonesia. 

Tahukah Anda, jika di situs LIPI ada lebih 15 ribu jurnal yang bisa kamu unduh. Belum termasuk artikel yang sudah dipublikasikan di beberapa perguruan tinggi dan lembaga penelitian. 

Karena banyak file yang tersedia di sana, maka di kolom pencarian, Anda bisa mengetikan salah satu nama penulis, bisa juga mengetikan judul atau topik. Bisa juga Anda mengetikan di kolom pencarian berdasarkan tahun terbit jurnal atau artikel loh. 

Baca Juga: Strategi Publikasi Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi

9. International Journal of Education and Research

Memang ada banyak tempat mencari jurnal Indonesia maupun luar negeri yang bisa di kepo. Salah satunya web Ijern.com yang tidak lain dari International Journal of Education and Research.

Jurnal yang dipublikasikan di sini dikelola langsung oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications) yang mendedikasikan diri untuk menyediakan jurnal-jurnal yang membantu bagi peneliti, professional, mahasiswa ataupun para akademisi. 

10. Science direct 

Buat Anda yang mungkin pernah mendengar portal web science direct? Yap, portal ini juga menyediakan banyak berbagai macam jurnal. Sayangnya, portal ini kurang direkomendasikan bagi para mahasiswa, karena jurnal yang diinginkan akan dikenakan biaya.

Buat para mahasiswa, tidak perlu khawatir, karena ada open access nya juga, tentu saja stok atau koleksi jurnal yang ditawarkan tidak menjamin ada sesuai keinginan Anda. Buat yang penasaran melihat-lihat, bisa mengunjungi di sciencedirect.com 

11. Google Scholar 

Bagi peneliti yang sudah memiliki jam terbang tinggi, tempat mencari jurnal Indonesia google scholar ini tentu saja sudah tidak asing lagi. di scholar.google.com Anda akan menemukan berbagai macam jurnal, dari berbagai cabang dan ilmu.

Cocok juga buat para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan bingung mencari sumber referensi dimana, cukup datang ke sini, masalah kebingungan Anda kelar. 

12. Microsoft Academic 

Microsoft academic salah satu tempat mencari jurnal Indonesia dan internasional yang tidak tidak kalah seru. Di tempat ini setidaknya kamu bisa mencari banyak ragam pilihan topik.

Mulai dari jurnal tentang bisnis, sejaran, sosiologi, ekonomi, matematika dan masih banyak cabang ilmu yang lain.

Cara mendapatkan jurnal di Microsoft Acedemic pun relatif mudah. Cukup dengan mengetikan kata kunci atau topik jurnal yang dicari, maka akan keluar secara otomatis. 

13. Academia

Web satu ini lebih tepatnya sebagai social networking. Setidaknya di tempat ini Anda bisa mendapatkan banyak sumber jurnal ataupun ebook.

Bisa dibilang, academia.edu memiliki lebih dari 137 juta pengguna. Hal ini menunjukan bahwa banyak sumber referensi. 

Academia.edu tersedia 26 juta karya ilmiah yang dapat kita lihat. Buat ANda yang ingin mengunduh dokumen di sini, tidak boleh sembarang orang. Syarat utama adalah memiliki akun di situs ini. Setelah menjadi anggota, bisa mendownload dengan mudah. 

Baca Juga: Pengertian Jurnal Ilmiah dan 8 Susunannya

14. Freefullpdf 

Jika Anda mencari yang gratis, Anda bisa mendapatkan jurnal di freefullpdf.com. Selain jurnal, di sini juga ada paper dalam bentuk pdf. Jadi buat Anda yang lebih nyaman membaca versi pdf daripada versi secara online langsung, maka situs inilah yang pas. Sebagai catatan, freefullpdf ini lebih mengkhususkan pada paper dan publikasi. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat mencari jurnal Indonesia dan maupun jurnal dari luar. Sebenarnya beberapa situs di atas lebih cocok bagi Anda yang malas keluar ke perpustakaan atau semacamnya.

Jika Anda masih banyak waktu, Anda tetap bisa mendatangi perpustakaan di dekat daerah Anda. Biasa disana juga menyediakan banyak jurnal jelas berkredibel. 

Semoga sedikit pembahasan ini bermanfaat. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber referensi yang Anda gunakan. Karena mencantumkan sumber referensi salah satu bentuk pertanggungjawaban penulis akan keabsahan dan keoriginalan karya. (Irukawa Elisa)


SPESIAL BULAN INI !!
GRATIS !!

Sedang berencana ingin Menulis Buku Ajar? Dapatkan EBOOK PREMIUM GRATIS dari Penerbit Deepublish berikut ini :
1. Ebook Rahasia Menulis Buku Ajar
2. Ebook Premium Panduan Menulis Buku

*Download sekarang selagi masih Gratis !