Jenis Buku. Sebagai penulis, Anda perlu tahu beragam jenis buku. Mengapa begitu? Sebab dengan mengetahui jenis buku akan mempermudah Anda dalam menulis. Anda bisa menentukan tujuan dari buku yang Anda tulis. 

Apa jadinya kalau Anda tidak memahami terlebih dahulu jenis-jenis buku. Bisa dipastikan Anda akan kebingungan sendiri atau bahkan tulisannya bisa tidak sesuai dengan pembaca Anda. 

Setidaknya ada 20 jenis buku umum yang ada di Indonesia. Supaya lebih jelas, mari kita ulas satu per satu. 

Jenis-Jenis Buku yang Perlu Diketahui 

Berikut 20 jenis buku yang perlu Anda ketahui:

1. Novel 

Novel menjadi salah satu jenis buku yang cukup familiar terutama bagi Anda yang gemar dengan cerita panjang. Novel merupakan suatu karya sastra yang memiliki bentuk prosa yang didalamnya terdapat 2 unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. 

Atau mudahnya pengertian novel adalah suatu karya sastra yang menceritakan tentang rangkaian kehidupan seorang tokoh dan orang-orang disekitarnya dengan berbagai macam watak yang ditonjolkan. Walaupun sama-sama menceritakan kisah seseorang namun novel berbeda dengan novel. Sebab novel ditulis dalam bentuk prosa yang panjang dan kompleks serta tidak memiliki batasan struktural dan sajak, sementara cerpen lebih pendek dan hanya menyorot satu plot cerita saja. 

Selain bercerita tentang kehidupan seorang tokoh, suatu buku dapat dikatakan sebuah novel mempunyai jumlah kata lebih dari 35.000 buah serta paling tidak memiliki jumlah halaman novel nya minimal 100 halaman.

Ada banyak contoh novel best seller karya penulis Indonesia, seperti: 

  • Dilan 1990 karya Pidi Baiq
  • Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy
  • Filosofi Kopi, Petir, Supernova karya Dee Lestari
  • Gezz dan Ann karya Tsana 
  • Pergi, Bumi, Pulang karya Tereliye 

Dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga:

2. Cergam

Jenis buku selanjutnya adalah cergam (cerita bergambar). Definisi cergam adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita. Biasanya cergam dicetak diatas kertas dan dilengkapi teks.

Cergam memiliki beberapa fungsi yang dapat dijadikan sebagai media untuk pendidikan, untuk advertising, maupun sebagai sarana hiburan. Tiap jenis cergam memiliki kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami. 

Cergam yang mudah kita temui adalah cerita fabel untuk anak. Ketika kita membaca jenis buku cergam, maka isi dalam buku tidak seperti dalam novel yang full text. Sebaliknya di dalam cergam, Anda akan diajak melihat visual dari teks yang ditulis. 

Ciri-ciri paling tampak dari jenis buku cergam meliputi: 

  • Berisi bahasa percakapan
  • Humor
  • Bersifat proporsional
  • Bersifat kepahlawanan
  • Menggambarkan cerita moral
  • Cerita dibuat sederhana dan mudah dicerna 

Diambil dari berbagai sumber, berikut adalah contoh Cergam: 

  • Dongeng Anak – Anak Katak Sombong dengan Anak Lembu
  • Dongeng Kuda Dan Keledai

3. Komik

Komik adalah cerita bergambar. Selain dari buku, komik atau cerita bergambar juga dapat ditemui di surat kabar dan majalah-majalah. Komik merupakan cerita yang menonjolkan pada gambar yang ditampilkan sesuai urutan peristiwa.

Seluruh teks yang ada dalam komik merupakan susunan dari gambar yang melambangkan kata-kata yang disampaikan oleh tokoh yang diceritakan dalam komik. Gambar-gambar yang disajikan dalam komik merupakan gambar statis yang menunjukan urutan peristiwa yang saling berkaitan sehingga dapat membentuk sebuah cerita.

Komik juga memiliki ciri-ciri dan juga karakteristik yang membedakan dengan jenis buku yang lainnya. Ciri dari komik diantaranya adalah: 

  1. Hadir untuk menyapaikan cerita
  2. Bersifat proposional
  3. Terdapat unsur humor
  4. Penggambaran watak sederhana
  5. Menggunakan bahasa percakapan

Beberapa contoh komik seperti Doraemon, Tin-Tin, Lupus, dan masih banyak lainnya. 

4. Ensiklopedi

Jenis buku ensiklopedia adalah buku yang menghimpun keterangan atau uraian tentang berbagai hal dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan, yang disusun secara abjad.

Secara umum jenis buku ini memiliki 3 manfaat penting dalam ilmu pengetahuan, diantaranya adalah sebagai sumber jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan fakta dan kenyataan serta data-data. Ensiklopedia disusun untuk menyajikan materi-materi yang berdasarkan pengetahuan ataupun kejadian dan sesuatu hal yang benar-benar ada, bukan karangan semata.

Kemudian ensiklopedia sebagai sumber informasi yang memuat topik dan pengetahuan dasar yang ada hubungannya dengan suatu subjek dan berguna untuk penelusuran lebih lanjut. Serta buku yang memberikan layanan pengarahan terhadap bahan-bahan lebih lanjut untuk para pembaca terhadap topik-topik yang dibahas.

Contoh buku Ensiklopedia diantaranya: 

Ensiklopedia umum atau nasional, Ensiklopedia Geografi, Ensiklopedia Sains.

5. Nomik

Nomik merupakan singkatan dari novel-komik. Dari namanya saja dapat disimpulkan bahwa nomik merupakan gabungan antara novel yang berisi cerita tentang seseorang, dan komik yang merupakan buku teks bergambar dengan bahasa percakapan. 

Dapat disimpulkan Nomik merupakan komik yang ditampilkan bukan komik yang ditampilkan bukan sekadar komik biasa, melainkan bagian dari alur cerita. Sehingga alurnya seperti novel, namun bentuknya seperti komik. 

Baca Juga:

6. Antologi

Buku antologi adalah buku yang terdiri dari kumpulan-kumpulan tulisan yang tidak berkaitan. Namun masih satu jenis tulisan dan biasanya juga satu tema. Antologi biasanya berupa kumpulan cerpen, kumpulan puisi, kumpulan esai, dan lain sebagainya.

Menariknya dari buku antologi ini adalah Anda dapat menulis secara bersama-sama dengan penulis lain. Sehingga pembaca mendapat cita rasa tulisan yang beragam meski dalam satu tema, karena setiap penulis memiliki gaya sendiri.

Contoh buku antologi seperti antologi puisi Oase Kerinduan terbitan Balai Bahasa Yogyakarta 2010, Sebanyak Tetesan Hujan, Antologi Puisi Mata Hati. 

7. Dongeng

Dongeng adalah salah satu jenis karya sastra kuno yang mengandung cerita luar biasa dan imajiner (fiksi) yang dianggap masyarakat umum sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi. Pendapat lain mengatakan bahwa dongeng adalah cerita tradisional yang diceritakan secara turun temurun yang tujuannya untuk menghibur dan mengajarkan nilai-nilai moral. Dongeng sering digunakan untuk membantu anak-anak belajar berimajinasi, membentuk, dan membangun karakter mereka.

Contoh dongeng adalah Timun Emas, Legenda Malin Kundang, Bawang Merah Bawang Putih, dan masih banyak lainnya. 

8. Biografi

Jenis buku biografi adalah teks yang berisi riwayat hidup seorang tokoh. Namun bukan sembarang teks riwayat hidup, biografi seorang tokoh harus ditulis oleh tokoh atau orang lain. Ciri paling mudah dari buku biografi adalah kisah perjalanan seorang tokoh, yang ditulis oleh orang lain. Sementara jika biografi ditulis oleh tokohnya langsung, namanya bukan biografi melainkan autobiografi. 

Biografi juga tidak sekadar menceritakan ulang kehidupan seorang tokoh. Lebih dari itu, biografi juga akan banyak menyoroti nilai-nilai, inspirasi, dan motivasi yang dimiliki seorang tokoh serta penting untuk diketahui pembaca.

9. Catatan Harian

Buku catatan harian merupakan jenis buku yang biasa diisi oleh penulis yang tujuan untuk mencatatan kegiatan sehari-hari. Menulis buku catatan harian memiliki banyak manfaat diantaranya membuat kita menjadi lebih pintar dalam menuangkan isi pikiran dan perasaannya. 

Selain itu jenis buku ini dapat membantu penulis untuk mengasah kreativitas, mengelola emosi, hingga memperbaiki kepercayaan diri. 

10. Novelet

Novelet adalah jenis buku yang berisikan karya sastra yang menyerupai novel lebih kecil dari novel tapi lebih panjang dari cerpen. 

Biasanya Anda dapat menemukan novelet pada media massa (Koran atau majalah) secara bersambung disebut yang sering disebut cerita bersambung (cerbung). 

Beda novelet dengan cerita pendek adalah: novelet lebih luas cakupannya, baik dalam plot, tema,dan unsur-unsur yang lain. Dalam praktek ukuran tebal novelet sekitar 60 sampai 100 halaman. Dalam penggarapan unsur-unsurnya : tokoh, alur, latar, dan unsur-unsur yang lain, novelet lebih luas cakupannya dari pada cerpen. Namun, dimaksudkan untuk memberi efek tunggal.

11. Fotografi

Sesuai namanya, jenis buku fotografi berkaitan dengan hasil fotografi.  Kan hasilnya sebuah foto kenapa bisa dibukukan? Tentu bisa, sebab hasil jepretan foto dapat dijadikan sebuah buku yang diberikan penjelasan apa maknanya. 

Jika melihat dari definisinya fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. 

Karya-karya foto seseorang atau beberapa orang dapat saja dijadikan buku. Buku jenis ini akan lebih menarik jika disertai keterangan mengenai objeknya. Untuk kepentingan lain, buku fotografi ini bisa juga berisi penjelasan mengenai cara atau strategi untuk menghasilkan foto-foto seperti yang tercetak.

12. Karya Ilmiah

Buku jenis karya ilmiah berisi laporan tertulis yang diterbitkan dan memaparkan hasil dari penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat. Dalam karya ilmiah, biasanya Karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat.

Karya ilmiah ditulis secara runtut dan sistematik. Sehingga penulisannya tidak seperti penulisan artikel biasa. Struktur karya ilmiah juga telah diatur secara baku. 

Contoh karya ilmiah seperti skripsi, tesis, penelitian, buku ajar, buku referensi, dan yang lainnya. 

13. Tafsir

Buku tafsir merupakan sebuah buku terjemahan dari karya ulama dan menjadi sebuah rujukan. Buku tafsir memuat isi dari suatu hadist atau ayat yang diterangkan dengan bahasa lebih mudah dicerna oleh umat. 

Contoh tafsir diantaranya buku berjudul Akidah Islam, Fikih, Ilmu Kalam, dan sebagainya. 

14. Kamus

Buku jenis kamus merupakan sebuah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang makna, pemakaian, atau terjemahannya. Kamus dapat pula diartikan sebagai buku yg memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya (KBBI).

Kamus juga dapat dikatakan sebagai buku rujukan yang menjelaskan tentang makna-makna.  Fungsi dari buku kamus adalah membantu seseorang mengenal kosakata baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal-usul (etimologi) kata dan juga contoh penggunaannya. Untuk memperjelas, kamus juga dapat disertai ilustrasi.

15. Panduan (how to)

Buku panduan (how to) merupakan jenis buku yang berisi tentang sebuah petunjuk. Misalnya buku tentang beternak ayam, berkebun kelapa sawit, kiat memperoleh dan kiat menjalani beasiswa di luar negeri, dan sebagainya. Ciri paling ketara dari jenis buku ini adalah menjelaskan tentang sebuah cara atau tutorial. 

Contoh buku panduan diantaranya: Buku Panduan Membuat Kue Bolu, Buku Lulus SNMPTN Lengkap, dan sejenisnya.  

16.  Atlas 

Buku jenis atlas merupakan kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku. Selain dalam bentuk buku, atasl juga ditemukan dalam bentuk multimedia, misalnya Google Earth. Atlas dapat memuat informasi geografi, batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, serta ekonomi.

17. Buku Ilmiah

Secara umum, jenis buku ilmiah merupakan buku yang berisi tentang uraian suatu bidang ilmu, buku ilmiah lebih diarahkan pada karya ilmiah. Atau bisa disebut juga sebagai buku non fiksi, alias ditulis berdasarkan riset dan fakta. 

Meskipun namanya ilmiah, buku jenis ini sama halnya seperti buku biasanya. Aturan penulisannya pun tidak kaku seperti karya ilmiah. Buku ilmiah dapat disusun dari sebuah hasil karangan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan setiap hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita.

18. Teks 

Buku teks adalah salah satu asal muasal belajar dan materi pembelajaran yang banyak dipakai dalam materi belajar di sekolah. Buku teks merupakan materi pembelajaran serentak sumber asal muasal pelajaran bagi siswa-siswi yang baku. 

Meskipun bersifat baku dan telah dipergunakan sangat lama dan banyak yang berpendapat konservatif, buku teks pelajaran masih layak kuat menyampaikan partisipasi yang baik pada materi pembelajaran. Seputar materi pembelajaran tidak bisa di didik tanpa pemberian buku teks.

Buku teks memiliki beberapa fungsi dalam pembelajaran, diantaranya: 

  • Sebagai bahan referensi atau bahan rujukan oleh peserta didik
  • Sebagai bahan evaluasi
  • Sebagai alat bantu pendidik dalam melaksanakan kurikulum
  • Sebagai salah satu penentu metode atau teknik pengajaran yang akan digunakan pendidik
  • Sebagai sarana untuk peningkatan karir dan jabatan

19.  Majalah

Majalah adalah kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya yang dicetak dalam lembaran kertas ukuran karto atau folio, dijilid dalam bentuk buku. Majalah biasanya terbit teratur seminggu sekali, dua minggu sekali, atau satu bulan sekali.

Isi dari majalah pun beragam, ada berita, opini, maupun feature.  Isi pesan dalam majalah disajikan lebih lengkap, begitu juga peristiwanya atau proses terjadinya peristiwa dikemukakan secara kronologis atau lebih mendalam. 

Selain penyajian berita yang mendalam, ciri lain dari majalah adalah majalah juga dapat menampilkan gambar dan foto yang lebih banyak sebagai daya tarik majalah karena kualitas kertas majalah yang jauh lebih baik dibandingkan surat kabar.

Contoh Majalah adalah Majalah Nova, Majalah Kartini, Intisari, dan masih banyak lainnya. 

20.  Buku Digital

Jenis buku digital adalah sebuah buku elektronik. Jika pada penjelasan sebelumnya buku adalah buku cetak yang dicetak dengan kertas, lain halnya dengan buku digital yang berbasis teknologi. 

Buku digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone.

Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan isi yang lebih menarik dan membuat pembaca mendapatkan pengalaman lebih menyenangkan.

Selain itu buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain.

Demikian ulasan 20 jenis-jenis buku yang sering kita temui sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat!

Rekomendasi Artikel Terkait:


Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silahkan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.Silakan ISI FORM di laman ini.

Jika Anda Membutuhkan Referensi Tambahan, Kami Menyediakan Ebook Gratis yang Spesial Kami Persembahkan untuk Anda. Adapun Macam Ebook yang Bisa Anda Download sebagai Berikut:

Ebook : Cara Praktis Menulis Buku
Ebook : Rahasia Menulis Buku Ajar
Ebook : Self Publishing
Ebook : Pedoman Menulis Buku Tanpa Plagiarisme
Ebook : Strategi Jitu Menulis Buku Monograf
Ebook : Cerdas Menulis Buku Referensi