Cara menulis kutipan dari berita online – Apakah Anda sedang menulis sebuah tulisan ilmiah? Jika iya, tentu tidak asing lagi dengan kutipan. Ya mungkin sudah tidak terdengar asing bagi banyak orang, namun apakah Anda tahu apa sih sebenarnya fungsi kutipan?

Kemudian sumber apa saja yang bisa dijadikan kutipan? Supaya lebih jelas tentang pengertian dan cara menulis kutipan dari berita online, maka baca artikel ini sampai habis. 

Pengertian Kutipan

Dilansir dari laman pendidikan.co.id, kutipan adalah sebuah pinjaman atas kalimat atau pendapat seseorang dari seorang pengarang atau seseorang yang sangat terkenal (populer), baik didalam buku, surat kabar, majalah, atau  pun media elektronika.

Pengertian kutipan merupakan pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama saat ekspresi yang dikutip tersebut terkenal atau juga  secara tersurat dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, serta juga ditandai oleh (diselingi dengan) tanda kutip.

Fungsi dari kutipan ini salah satunya sebagai tanda bukti yang juga memperkuat pendapat penulis. Lain halnya dengan penjiplak.

Kalau penjiplak berarti mengambil pendapat orang lain tanpa atau dengan tidak menyebut sumbernya sehingga dianggapnya pendapat dari dirinya /pemikirannya sendiri.

Biasanya kutipan tersebut digunakan untuk dapat mengemukakan definisi atau juga pengertian istilah/konsep tertentu, menguraikan suatu rumus ataupun juga formula serta juga mengemukakan pendirian/pendapat seseorang.

Jenis-Jenis Kutipan

Sebelum kita membahas cara menulis kutipan dari berita online, sepertinya kita perlu membahas dulu jenis-jenis kutipan. Kutipan dibagi menjadi dua jenis, yakni kutipan langsung dan tidak langsung. 

1. Kutipan langsung 

Kutipan langsung merupakan pinjaman kalimat atau pendapat seseorang dari penulis atau seseorang yang sangat terkenal (populer), baik dalam buku, koran, majalah, atau bahkan media elektronik.

Definisi kutipan adalah pengulangan ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ungkapan yang dikutip itu terkenal atau bahkan secara eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber asli dan juga ditandai dengan (diselingi dengan) kutipan.

Kemudian kutipan langsung digunakan untuk dapat mengekspresikan definisi atau pemahaman istilah/konsep tertentu, menggambarkan suatu formula atau rumus dan bahkan mengekspresikan posisi/pendapat seseorang. 

2. Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung merupakan penggunaan kutipan yang dilakukan oleh penulis dengan cara mengambil pikiran/ide/gagasan/pendapat orang lain, kemudian menyampaikan dalam sebuah karya penulis itu dengan kalimatnya sendiri sesuai dengan pemahamannya pada kutipan tersebut.

Dengan kata lain, penulis tersebut tidak menulisnya dengan sama persis dengan tulisan/paragraf/kalimat yang dikutipnya. Penulis itu merangkum sera merangkai kalimat yang didasarkan dari artikel atau sumber lainnya.

Setelah mengetahui pengertian dan jenis kutipan. Maka saatnya kita fokus membahas cara menulis kutipan dari berita online. Jika kita berbicara tentang kutipan dari berita online berarti kutipan tersebut bersumber pada media online alias internet. 

Nah sebenarnya ada banyak sumber kutipan yang bisa kita lampirkan pada tulisan kita. Mulai dari buku, jurnal, karya ilmiah, ataupun artikel media online. Namun pada artikel ini kita hanya akan fokus bagaimana cara menulis kutipan dari media online saja, ya. 

Baca juga : 4 Cara Menulis Kutipan Dari Jurnal

Menulis Kutipan dari Berita Online

Setidaknya dalam menulis sebuah kutipan untuk artikel penelitian Anda perlu melakukan pencarian informasi di internet. Jika ada situs web yang ingin digunakan sebagai sumber artikel, entri situs harus ditampilkan dalam daftar referensi (dikenal juga sebagai entri bibliografi, sumber, atau works cited dalam bahasa Inggris) di akhir artikel. 

Cara menulis artikel dari berita online memiliki beberapa format penulisan. Format yang digunakan akan tergantung pada gaya kutipan yang dipilih. Format tulisan kutipan ini bergantung pada format daftar pustaka apa yang Anda pilih.

Dilansir dari laman wikiHow, setidaknya ada beberapa acuan standar penulisan daftar pustaka, mulai dari APA, MLA dan masih banyak lagi. 

#1. Kutipan dengan Format APA Style

1. Tulis nama penulis

Nama harus ditulis dalam format “nama belakang, inisial nama depan”. Jika terdapat beberapa penulis, cantumkan nama-nama tersebut dalam format “nama belakang, inisial nama depan”, pisahkan setiap nama dengan koma, dan sisipkan simbol dan (“&”) sebelum nama penulis terakhir. Sebagai contoh:

Purwadinata, H.

Purwadinata, H. & Storia, E.

2. Sisipkan tanggal penerbitan

Tanggal harus dicantumkan dalam format “tahun-bulan-tanggal”, dan sisipkan koma untuk memisahkan tahun dan bulan (sesuaikan nama bulan dengan bahasa yang digunakan). Masukkan tanggal di dalam tanda kurung, diikuti tanda titik. Sebagai contoh:

Purwadinata, H. (2012, Desember 31).

Purwadinata, H. & Storia, E. (2010, Mei 1).

3. Cantumkan judul dokumen

Judul dokumen merupakan nama halaman web atau kiriman blog, dan bukan nama situs web atau blog secara keseluruhan. Gunakan huruf kapital pada huruf pertama di kata pertama saja, dan akhiri nama dengan titik. Berikut adalah beberapa contohnya:

Purwadinata, H. (2012, Desember 31). Statistika dan analisis.

Purwadinata, H. & Storia, E. (2010, Mei 1). Aturan pengutipan sumber.

4. Cantumkan deskripsi format

Setelah memasukkan judul, jelaskan format publikasi dari yang Anda kutip (mis. kiriman blog atau halaman web). Gunakan huruf kapital untuk huruf pertama di kata pertama nama format, masukkan nama format dalam tanda kurung, dan akhiri dengan titik. Sebagai contoh:

Purwadinata, H. (2012, Desember 31). Statistika dan analisis [Halaman web] (atau “web page” untuk bahasa Inggris).

Purwadinata, H. & Storia, E. (2010, Mei 1). Aturan pengutipan sumber. [Unggahan blog] (atau “blog post” untuk bahasa Inggris).

5. Akhiri entri kutipan dengan informasi pengambilan sumber

Tulis “Diakses dari” (atau “Retrieved from” untuk bahasa Inggris), kemudian masukkan URL halaman yang dikutip. Sebagai contoh:

Purwadinata, H. (2012, Desember 31). Statistika dan analisis [Halaman web]. Diakses dari http://www.onlinestats.com/12312012/analysisofstats

Purwadinata, H. & Storia, E. (2010, Mei 1). Aturan pengutipan sumber. [Unggahan blog]. Diakses dari http://www.myblog.com/117893

6. Cantumkan nama penulis dan tahun penerbitan untuk kutipan dalam teks.

Jika Anda perlu mencantumkan kutipan dalam teks, cukup tikkan kurung buka, masukkan nama belakang penulis, tambahkan koma, dan cantumkan tahun penerbitan. Akhiri entri dengan kurung tutup. Sebagai contoh:

(Purwadinata, 2012).

(Purwadinata & Storia, 2010).

Baca juga : Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung Dalam Buku Ajar

#2. Cara Menulis Kutipan dari Berita Online Tanpa Penulis 

1.  Masukkan judul artikel atau halaman.

Jangan ketikkan judul dalam tanda kutip atau teks miring. Gunakan huruf kapital pada huruf pertama di kata pertama saja, serta nama diri. Tambahkan titik setelahnya. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Solo.

2. Tentukan tanggal penerbitan jika memungkinkan

Masukkan tanggal dalam tanda kurung dengan format “tahun-bulan-tanggal” dan sisipkan koma di antara tahun dan bulan. Jika hanya informasi tahun yang tersedia, cukup tambahkan tahun. Jika tidak ada informasi tanggal penerbitan, cantumkan “n.d.” (no date atau tanpa tanggal). Lanjutkan dengan kurung tutup dan titik. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Solo. (2011, Mei 28).

3. Cantumkan tanggal akses

Masukkan tanggal akses saat Anda mengambil kutipan tersebut. Diawali dengan kata “Retrieved” atau “Diakses pada”. Kemudian tambahkan format bulan, tanggal, tahun, dan tambahkan koma setelahnya. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Solo. (2012, April 28). Diakses pada Januari 11, 2020.

4. Tambahkan nama situs web dan URL sumber informasi

Untuk menambahkannya, awali dengan kata “from” atau “dari” untuk bahasa Indonesia. Masukkan nama situs, kemudian ikuti dengan titik dua. Akhiri dengan URL sumber. Contoh: 

Analisis Sungai Bengawan Soli. (2012, April 28). Diakses pada Januari 11, 2020 dari artikel ilmiah: https:www.portalsolo.com/analisisungaibengawansolo18672  

Punya