Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

99+ Contoh Buku Non Fiksi yang Bisa Dijadikan Referensi

contoh buku non fiksi

Jenis buku dibagi menjadi dua kategori tergantung isi di dalam buku tersebut. Jenis buku yang pertama adalah buku fiksi dan jenis buku yang kedua adalah buku non fiksi. Kali ini, akan dibahas mengenai buku non fiksi secara lengkap, mulai dari pengertian dari buku non fiksi, hingga berbagai jenis buku non fiksi.

Pengertian Buku Non Fiksi

Sebelum membahas berbagai jenis buku non fiksi dan juga berbagai contoh buku non fiksi, perlu diketahui dulu apa itu buku non fiksi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian buku non fiksi adalah buku yang tidak bersifat fiksi atau tidak bersifat imajinasi. Buku tersebut berdasarkan pada fakta dan juga kenyataan.

Buku non fiksi tersebut bisa berupa karya sastra, karangan, dan lain sebagainya. Dapat diartikan juga bahwa pengertian buku non fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan kenyataan dan buku ini menyajikan segala informasi dan juga pengetahuan berdasarkan fakta.

Buku non fiksi ini sifatnya informatif. Biasanya, penulis menggunakan bahasa yang jelas, akurat, dan juga disajikan dengan apa adanya sesuai dengan fakta yang terjadi di dalam buku tersebut. Buku non fiksi dibuat berdasarkan oleh berbagai pengamatan dan data yang berisi berbagai fakta.

Selain itu, penulisan atau penciptaan buku non fiksi ini biasanya menggunakan bahasa denotatif atau bahasa yang sebenarnya, sehingga pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi buku tersebut. Karena sifatnya informatif dan juga sesuai dengan kenyataan, maka membuat buku non fiksi ini sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca.

Penyusunan buku non fiksi ini bisa memakan waktu cukup lama jika dibandingkan dengan menyusun buku fiksi karena lama atau tidaknya penyusunan buku non fiksi ini tergantung pada susah atau tidaknya penulis menemukan informasi, referensi, mendapat wawancara dari narasumber, dan berbagai metode lainnya.

Oleh sebab itu, penulis membutuhkan niat dan tujuan yang lebih kuat untuk menyelesaikan satu buku non fiksi dengan serius agar buku tersebut tercipta sesuai maksud dan tujuannya dan berisi mengenai informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kepada para pembaca.

Baca Juga:

Judul Buku Non Fiksi – 8 Rekomendasi Terbaik

Resensi Buku Non Fiksi: Contoh dan Penjelasan Lengkapnya

Contoh Judul Buku Non Fiksi

Jenis-Jenis Buku Non Fiksi 

Untuk mengetahui apa saja jenis buku non fiksi, maka di bawah ini akan diterangkan dan disebutkan secara terperinci mengenai berbagai jenis buku non fiksi yang beredar dan sering dimanfaatkan oleh pembaca untuk mencari pengetahuan dan informasi.

1. Buku Biografi

Jenis buku non fiksi yang pertama adalah buku biografi. Biografi merupakan sebuah tulisan yang mana berisi mengenai penjelasan tentang kisah dan berbagai keterangan mengenai seseorang yang memiliki pengaruh dalam kehidupan banyak orang dan menjadi motivasi atau sumber inspirasi banyak orang.

Buku biografi juga dapat disebut sebagai riwayat hidup orang lain yang dibukukan dan di dalamnya berisi informasi yang memiliki dampak secara luas bagi pembaca dan juga khalayak umum. Biasanya tokoh yang diceritakan di dalam buku non fiksi ini akan menjadi panutan karena tokoh tersebut memiliki pemikiran, prestasi, karya, dan lain sebagainya yang menginspirasi banyak orang.

Secara umum, biografi dibuat dalam bentuk catatan tertulis dalam hal ini adalah dibukukan. Biografi juga bisa dimuat dalam bentuk yang lain, misalnya dalam media visual atau bahkan rekaman. Biografi ini menceritakan mengenai suatu peristiwa dan keadaan hidup seseorang secara lengkap.

Buku biografi ini ditulis berdasarkan fakta yang dialami atau terjadi pada tokoh tersebut. Oleh sebab itu untuk mengetahui berbagai fakta dan juga peristiwa yang dialami oleh tokoh tersebut, maka penulis harus melakukan penelitian dan bahkan harus mempelajari kehidupan tokoh yang akan ditulisnya itu terlebih dahulu.

Penulis buku biografi biasanya akan mengumpulkan fakta dan juga menyajikan gambaran yang paling akurat secara historis. Dengan demikian, maka hasil atau fakta yang meliputi kisah hidup atau perjalanan hidup seorang tokoh yang akan dibuat sebagai biografi tersebut memiliki gambaran yang akurat dan juga sesuai dengan historis.

Bahkan di dalam isi buku biografi ini juga bisa dilengkapi atau ditambahkan berbagai keterangan dari beberapa segi pengalaman orang terdekatnya. Sehingga buku biografi ini harus ditulis secara detail dan jelas mengenai kehidupan para tokoh berdasarkan hasil penelitian atau penelusurannya.

2. Buku Autobiografi

Jenis buku non fiksi yang kedua adalah buku autobiografi. Buku autobiografi atau yang juga disebut otobiografi merupakan buku yang ditulis oleh seorang tokoh. Buku tersebut memuat berbagai kisah, perjalanan hidup, dan berbagai peristiwa yang dialami seorang tokoh atau penulis itu sendiri. Tujuan dibuatnya buku autobiografi ini adalah agar pembaca lebih mengenal pribadi tokoh tersebut.

Sehingga bisa diartikan bahwa tokoh yang diceritakan buku autobiografi ini adalah diri penulis sendiri. Dalam buku autobiografi, di dalamnya bisa memuat berbagai hal sama halnya seperti buku biografi. Mulai dari cerita tentang kesuksesan penulis meraih sesuatu, kejadian atau peristiwa yang dianggap membanggakan dirinya sendiri dan orang sekitarnya.

Buku autobiografi juga bisa berisi cerita atau kisah kehidupan sang penulis dari masa kecilnya hingga saat ini yang mengisahkan tentang perjalanan hidupnya, masa sulitnya, kegagalannya, sampai sang penulis atau tokoh meraih kesuksesannya seperti saat ini.

Tentu saja diciptakan atau ditulisnya buku autobiografi ini memiliki tujuan atau maksud tertentu. Menurut Sutarno (2019), buku autobiografi ini disusun dengan tujuan untuk menunjukkan riwayat hidup atau kisah perjalanan hidup seorang penulis kepada orang lain yang nanti membaca buku autobiografinya.

Buku autobiografi ini juga bisa menjadi buku yang bermanfaat bagi penulisnya karena bisa digunakan jika diperlukan sebagai berbagai syarat penting di bidang pendidikan atau di dunia pekerjaan.

3. Buku Motivasi

Jenis buku non fiksi yang lainnya adalah buku motivasi. Buku motivasi merupakan buku yang diperlukan seseorang untuk mendorong dirinya dan mengangkat semangat hidupnya agar kembali termotivasi. Karena tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti membutuhkan dorongan atau semangat dari luar untuk diri sendiri.

Buku motivasi ini sangat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang merasa kurang percaya diri, ragu, memiliki keterbatasan, takut gagal, dan lain sebagainya yang membuat pikiran Anda penuh dengan kekhawatiran.

Buku motivasi merupakan buku yang berisi kajian psikologis yang berisi tentang kisah atau semangat hidup, bahkan ada juga tips-tips untuk membangkitkan semangat hidup. Di dalam motivasi bisa berisi kisah hidup seseorang yang berhasil melalui kegagalannya dan kini mencapai kesuksesannya.

Buku motivasi juga bisa berisi tips atau motivasi bagi seseorang yang mengalami kekhawatiran, keraguan, dan lainnya agar dapat lebih percaya diri dan juga semangat dalam menjalani hidup, sehingga berbagai kekhawatiran dan keraguannya berhasil dibuang jauh-jauh.

4. Buku Literatur

Selanjutnya, buku non fiksi dengan jenis lain adalah buku literatur. Buku literatur ini merupakan buku yang dijadikan sumber acuan atau sumber referensi yang kemudian digunakan ke dalam berbagai kegiatan atau aktivitas di dalam dunia pendidikan. Buku literatur ini juga bisa diartikan sebagai buku yang dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi penting.

Buku literatur ini juga dapat diartikan sebagai buku bahan bacaan yang digunakan sebagai rujukan atau sumber yang digunakan para akademis untuk mencari bahan materi pembelajaran, rujukan bacaan, dan lain sebagainya untuk mendukung validitas tugas atau karya ilmiah yang diciptakan oleh para akademisi tersebut.

Pada umumnya, buku literatur ini ditujukan untuk Anda yang sudah menempuh pendidikan tinggi atau pengajar atau dosen karena bahan bacaannya cukup berat dan biasanya sesuai dengan ilmu yang ditempuh masing-masing. Meski terkesan berat, buku literatur ini lengkap berisi sekumpulan informasi khusus yang dapat digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan di dunia pendidikan.

5. Buku Pendamping

Jenis buku non fiksi lainnya adalah buku pendamping. Buku pendamping merupakan buku yang sifatnya mendampingi buku utama. Buku pendamping ini juga biasanya disebut sebagai buku pengayaan. Sehingga penulisan buku pendamping ini dilakukan setelah penulis menulis buku utama untuk anak sekolah atau pelajar.

Buku pendamping ini ditujukan untuk anak sekolah atau pelajar, sehingga sifatnya masih umum. Di dalam buku pendamping ini menjelaskan penjelasan dan pembahasan yang terdapat di dalam buku utama. Tujuan buku pendamping ditulis adalah agar pada beberapa penjelasan di buku utama yang tidak dijelaskan secara detail dapat dijelaskan secara lengkap di dalam buku utama.

6. Buku Pelajaran Sekolah

Buku pelajaran sekolah atau buku teks atau buku utama untuk siswa merupakan buku yang digunakan sebagai sumber pelajaran utama untuk mencapai kompetensi dasar dan kompetensi inti dan buku tersebut biasanya sudah diakui dan dinyatakan layak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan pada satuan pendidikan.

Buku pelajaran sekolah ini menjadi buku utama yang kemudian digunakan untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan dan berbagai nilai kehidupan yang berkaitan dengan kompetensi dasar yang akan diajarkan. Buku pelajaran sekolah ini menjadi buku acuan yang isinya mengenai kumpulan materi dari berbagai cabang ilmu tertentu yang disajikan secara komprehensif.

Tujuan ditulis atau diciptakannya buku pelajaran sekolah ini adalah untuk memenuhi kebutuhan para pelajar dan pendidik yang digunakan di dalam lembaga pendidikan. Seiring berkembangnya zaman, buku pelajaran sekolah ini tak hanya terbit dalam format cetak, tetapi juga dalam format digital.

7. Buku Kesehatan

Buku kesehatan merupakan salah satu jenis buku non fiksi yang dibutuhkan tak hanya bagi orang yang berasal dari dunia kesehatan saja, tetapi bagi semua orang. Buku kesehatan merupakan buku yang berinformasi tentang kesehatan secara umum atau kesehatan secara spesifik yang ditulis oleh dokter atau tenaga ahli kesehatan.

Penulisan buku kesehatan ini sudah melalui riset dan juga berdasarkan pengalaman yang sudah dialami oleh penulis selama bertahun-tahun. Di dalam buku kesehatan berisi mengenai berbagai teori kesehatan, berbagai ilmu mengenai penyakit, dan berbagai pengetahuan tentang penanganan penyakit.

8. Makalah Akademik

Makalah akademik merupakan salah satu buku non fiksi yang berisi mengenai tulisan akademik yang disusun oleh akademisi untuk memperoleh gelar akademik. Misalnya skripsi untuk mencapai gelar sarjana atau S-1, tesis untuk mencapai gelar master atau S-2, disertasi untuk mencapai gelar doktor atau S-3, dan lain sebagainya.

Makalah akademik ini berisi mengenai karya tulis yang berupa tugas dan disusun untuk mengukur sejauh mana pemahaman penulis tentang suatu topik permasalahan. Tujuan disusunnya makalah akademik ini sebagai syarat untuk memenuhi tugas tertentu, baik dalam dunia akademik maupun non akademik.

Makalah akademik disusun dan ditulis secara terstruktur, sesuai dengan susunan dan struktur makalah akademik dan berisi mengenai topik dan pemikiran penulis terhadap topik tersebut.

9. Buku Laporan

Buku laporan atau laporan buku merupakan buku yang berisi tentang berbagai laporan yang menjelaskan mengenai baik buruknya suatu aktivitas atau program tertentu yang sudah dikerjakan atau dilakukan. Di dalam buku laporan ini, tertulis berbagai detail dan juga rincian mengenai apa saja yang sudah dilakukan, bagaimana pembukuannya dan lain sebagainya.

Penulisan buku laporan ini ditujukan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dilakukan dan sebagai bukti transparansi berlangsungnya sebuah kegiatan.

10. Buku Harian

Buku harian merupakan salah satu jenis buku non fiksi yang berisi mengenai tulisan yang menjelaskan atau menceritakan mengenai berbagai pengalaman, baik yang menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, menyeramkan, atau bahkan memalukan. Berbagai pengalaman tersebut ditulis secara subjektif ke dalam buku harian.

Buku harian bermanfaat untuk menuliskan berbagai pengalaman pribadi dengan cara melakukan pengungkapan dengan bahasa yang baik dan benar. Tujuan ditulisnya buku harian adalah untuk mengabadikan berbagai momen pengalaman kehidupannya di dalam sebuah tulisan.

11. Ensiklopedia

Pengertian ensiklopedia secara umum merupakan suatu karya acuan yang disajikan dalam sebuah (atau beberapa jilid) buku yang berisi mengenai keterangan tentang semua caban pengetahuan, ilmu, dan teknologi, atau yang merangkum secara komprehensif suatu cabang ilmu dalam serangkaian artikel yang tajik dan subjeknya disusun berdasarkan abjad.

Tujuan pemanfaatan ensiklopedia terlihat bahwa dari bentuknya menyerupai kamus. Artinya, ensiklopedia juga menjadi acuan yang disusun berdasarkan abjad yang disertai keterangan mengenai maknanya, tergantung pada bidang-bidang tertentu. Oleh sebab itu, dalam kamus yang biasa dijumpai lema menjelaskan mengenai biografi seorang tokoh, kronologi pengembangan, dan lain sebagainya.

12. Buku Panduan

Buku panduan merupakan buku yang berisi berbagai informasi yang menjadi rujukan dan berisi berbagai instruksi agar pembaca dapat melakukan sesuatu. Buku panduan ini disusun dan juga diterbitkan jika pembaca memerlukan penjelasan untuk melakukan sesuatu.

Buku panduan ini sifatnya adalah spesifik. Artinya buku panduan ini harus ditulis oleh ahli yang di bidangnya dan diperuntukkan untuk pembaca yang memang ingin mengetahui panduan penggunaan sesuatu pada bidang tertentu. Misalnya buku panduan penggunaan mesin cuci dan lain sebagainya.

13. Buku Jurnal

Jenis buku non fiksi terakhir adalah buku jurnal. Buku jurnal adalah buku yang digunakan untuk mencatat berbagai aktivitas transaksi yang dilakukan. Hampir mirip dengan jurnal buku harian, buku jurnal ini juga berisi mengenai berbagai aktivitas dan kegiatan yang dilakukan. Akan tetapi perbedaannya adalah buku jurnal ini berisi mengenai aktivitas transaksi.

Baca Juga:

7 Unsur Penting Menulis Buku Non Fiksi

Mendalami Lima Ciri-Ciri Buku Non Fiksi

Teknik Menulis Buku Nonfiksi sebelum Dikirim ke Penerbit Buku

100 Contoh Buku Non Fiksi

1. Buku Dialektika Omnibus Law dalam Perspektif Hukum Ekonomi

2. Buku Dimensi Hak Kesejahteraan Sosial Dalam Peraturan Daerah (Hakikat, Konsep Dan Teknik)

3. Buku Kaidah Kaidah Fikih dalam Ranah Politik: Sinergitas Kemaslahatan Umat Islam dengan Rambu-Rambu Syariah

4. Buku Seri Kemahiran Hukum: Terampil Menangani Perkara Perdata

5. Buku Politik Pembaruan Hukum Pidana

6. Buku ASN ??!! Netralitas ASN dalam Pemilu

7. Buku Penyuluhan Hukum Indonesia Kontemporer

8. Buku Fikih Ekologi Etika Pemanfaatan Lingkungan di Lereng Gunung Kelud

9. Buku Catatan Kritis Omnibus Law UU Cipta Kerja

10. Buku Pilkada Serentak Nasional Problematika dan Solusi

11. Buku Ventilasi Atap

12. Buku Biaya Membangun Rumah Tinggal

13. Buku Implementasi Jaringan Komputer

14. Buku Studi Molekular Docking

15. Buku Jaringan Komputer dan Simulasi CISCO Packet Tracer

16. Buku Teknik Open Source

17. Buku Progress Report Di Era Industri 4.0 (Aplikasi Ms. Project)

18. Buku Knowledge dan Information Retrieval

19. Buku Keamanan Sistem Informasi

20. Buku Basis Data Dasar: Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer

21. Buku Pengantar Linguistik Terapan

22. Buku Pembelajaran Menulis Teks: Suatu Pendekatan Kognitif

23. Buku Ajar Sosiolinguistik

24. Buku Membaca Komprehensif

25. Buku Pengkajian Puisi

26. Buku Referensi Fonetik

27. Bahan Ajar Drama Berbasis Multimedia 3D Flipbook

28. Buku Perpustakaan Simbol Peradaban

29. Buku Register Bahasa Hukum

30. Buku English Fast Zero To Hero

31. Buku Desain Komprehensif Pelatihan Pejabat Pengawas ASN

32. Buku Penduduk dan Lingkungan Hidup

33. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia

34. Buku Perilaku Organisasi

35. Buku Kepemimpinan dan Berfikir Sistem

36. Buku Manajemen Analisis Jabatan

37. Buku Kepemimpinan, Teori dan Praktik

38. Buku Program Loyalitas Pelanggan

39. Buku Motivasi untuk Kinerja

40. Buku Pengantar Manajemen

41. Modul Industri Pakan Ternak

42. Buku Pengantar Catatan Keuangan Usaha Ternak

43. Buku Pascapanen Susu

44. Buku Properti dan Teknologi Produk Susu

45. Buku Agribisnis Pembibitan Ternak

46. Buku Selamat Datang Masa Remaja

47. Buku Bioteknologi In Vitro Lili

48. Buku Sel Kultur Dasar

49. Buku Sistem Organ Manusia

50. Buku Sistem Kardiovaskuler

51. Buku Sinergi Ranupani Menghapus Pernikahan Dini

52. Buku Etikolegal dalam Pelayanan Kebidanan

53. Buku Ajar Kehamilan

54. Buku Kehamilan, Janin, Dan Nutrisi

55. Buku Pencegahan Infeksi dalam Pelayanan Kebidanan

56. Buku Senarai Penelitian Matematika 2019

57. Buku Logika Elementer

58. Buku Asyiknya Belajar Matematika Dengan Geogebra

59. Buku Statistika Hospitalitas Edisi Revisi

60. Buku Dasar-Dasar Kalkulus Untuk SMA

61. Buku Statistika Dasar

62. Buku Takon Satuan

63. Buku Trigonometri

64. Buku Teori Graf

65. Buku Ajar Matematika Terapan untuk Teknisi

66. Bahan Ajar Parenting ABK dan Inklusi

67. Diktat Psikologi Kepribadian

68. Buku Pendidikan Karakter Sadar Allah Dengan Metode DNSA, 3T dan ATP

69. Buku Merajut Kebahagian Keluarga (Perspektif Sosial Agama) Jilid 1

70. Buku Berpikir Non Linier

71. Buku Mengasah Kecerdasan Spiritual

72. Buku Pentingnya Kecakapan Mengenal Diri Bagi Aparatur

73. Buku Modul Konseling dalam Kelompok

74. Buku Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi

75. Buku Asiknya Hijrah

76. Buku Perilaku Konsumen: Konsep Dan Aplikasi

77. Buku Manajemen Kewirausahaan

78. Buku Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

79. Buku Pengantar Hukum Bisnis

80. Buku Etika Bisnis Islam

81. Buku Merek Nafas Waralaba

82. Buku Dasar-dasar Akuntansi untuk Pemula

83. Buku Start

84. Buku Komunikasi Bisnis Islam Kontemporer

85. Buku Ekonomi Internasional

86. Buku Studi Kasus Interaksi Obat di Hewan

87. Buku Kesehatan Global

88. Buku Matriks Metalloproteinase Pada Ketuban Pecah Dini

89. Buku Pedoman Bantuan Hidup Dasar untuk Dokter Gigi

90. Buku Kupas Tuntas PCOS

91. Buku Antibiotik dan Resistensi

92. Buku Bunga Rampai Fisiologi Kedokteran

93. Buku Ajar Kelainan Tiroid

94. Buku Monograf Kelainan Bawaan

95. Buku Kaidah Penulisan Resep Obat

96. Buku Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian

97. Buku Metodologi Penelitian

98. Buku Metode Penelitian Kebidanan

99. Buku Perkembangan Peserta Didik

100. Buku Ragam Strategi

Buku-buku di atas merupakan buku non fiksi terbitan Penerbit Deepublish yang bisa dijadikan referensi sebagai buku non fiksi.

Artikel Terkait:

Teknik Menulis Buku Nonfiksi Supaya Lebih Berbobot

Cara Mengasah Teknik Menulis Buku Nonfiksi dengan Mudah

Judul Buku Non Fiksi – 8 Rekomendasi Terbaik

Apa itu Buku Nonfiksi? Begini Cara Membuatnya

19 Genre Buku Nonfiksi yang Perlu Diketahui

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Subscribe

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama