fbpx

Contoh Judul Buku Nonfiksi

resensi buku non fiksi tentang teknologi

Contoh judul buku nonfiksi – Anda sudah punya naskah yang akan diterbitkan? Jika sudah ada, selamat. Karena langkah Anda selangkah lebih dekat. Namun sebelum mengirimkan naskah ke penerbit. Pastikan terlebih dahulu, apakah sudah ditulis dengan judul yang menarik?

Karena penulisan judul itu elemen dasar yang tidak boleh dipisahkan saat akan menerbitkan buku. Penulisan judul nonfiksi pun juga berbeda dengan menulis judul buku motivasi. Adapun contoh judul buku nonfiksi yang dicari, buat yang judulnya menarik. Berikut beberapa poinnya.

Unsur Penulisan – Contoh Judul Buku Nonfiksi

Nah, pada kesempatan kali ini akan memberikan wawasan dan wacana bagaimana sih menulis judul pada buku nonfiksi? Setidaknya ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan. Diantarannya sebagai berikut.

  1. Judul

Judul ditulis dibagian paling awal. Jika itu ditulis dalam bentuk buku, judul ditulis dihalaman depan sampul. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat contoh judul buku nonfiksi? Akan di bahas di sub bab di bawah.

Penulisan judul untuk buku nonfiksi dan buku fiksi tentu saja berbeda loh. Kalo di fiksi, contoh judul buku nonfiksi bisa dibuat sesingkat mungkin. Atau bisa juga ditulis dengan judul yang panjangnya seperti kereta. Semua ini pas-pas saja. Tertgantung masing-masing orang.

Hal yang jelas, penulisan judul itu sangat penting sekaligus sebagai penentu. Sebagai penentu apakah naskah Anda akan laku keras dipasaran atau tidak laku sama sekali. Intinya judul sebagai penarik dan daya tarik dari buku yang tengah Anda tulis. Untuk lebih lengkap, teknis penulisan judul simak terus ya.

  1. Sampul/cover

Menulis buku memang tidak seperti ketika kita menulis artikel, yang tidak membutuhkan cover depan. Sebaliknya, ketika kita memutuskan untuk menerbitkan buku, maka kita tidak hanya membicarakan isi naskah dan tema dasarnya saja. Tetapi juga mengulas tentang bagaimana membuat cover yang menarik.

Pada dasarnya pentingnya kover dengan judul itu sama persis dan mirip dengan judul. Cover yang menarik dan asyik mempengaruhi calon pembaca. Jika covernya asyik dan menarik, sudah pasti pembaca pun tanpa banyak pertimbangan, akan langsung mengambil dan membelinya. Berlaku sebaliknya, jika cover dan judul buku sudah tidak ada selling poinnya, calon pembaca pun juga sudah malah membelinya.

Prinsip utama saat hendak menulis buku adalah, pastikan buku yang ditulis memang bermanfaat dan layak untuk dibeli. Jadi penulis mengetahui hal yang dibutuhkan oleh pembacannya. Pembaca membaca karena mereka memiliki masalah yang ingin dipecahkan.

Jadi, ketika Anda ingin menerbitkan buku, pastikan untuk membuat cover depan dan judul sebagai halaman judul yang paling asyik. Ada beberapa penerbitan buku yang sangat memperhitungkan kualitas dan bentuk cover. Tidak jarang mereka juga melakukan survei cover buku. Agar ketika disebar, langsung dapat menarik perhatian dari banyak pihak dan banyak kalangan.

  1. Sub Bab

Ketika menulis buku nonfiksi, ada satu hal yang juga wajib ada di dalam buku tersebut. Yaitu buku ditulis ke dalam sub bab dan sub-sub bab. Sedikit mengingat kembali, jenis buku nonfiksi itu ada banyak sekali genre dan jenisnya. Misalnya, ada buku motivasi, buku pendidikan, buku agama, buku pengayaan hingga buku yang sifatnya ilmiah pun juga.

Jadi, wajar dari konteks atau skema penulisannya pun dikemas kedalam bentuk bab. Apabila dalam bab tersebut memiliki turunan tema atau ulasan, Anda bisa membuat sub bab dibawah bab tersebut. Sehinga pemaparannya lebih terfokus dan lebih menyeluruh.

  1. Penutup

Bagian paling akhir ada bagian penutup. Dibagian penutup juga terdiri dari beberapa. Terdiri daftar pustaka, ada pula lampiran dan profil penulis. Khusus buku pendidikan dan buku ajar, selain terdapat lampiran, seringkali juga ada lampiran-lampiran tambahan. BAnyak juga yang ditambah indeks.

Dari setiap bab dibagian penutup pun juga ada aturan bagaimana menuliskannya. Sebagai contoh judul buku nonfiksi ketika hendak menulis daftar pustaka. Ada aturan dan tata cara menulis daftar pustaka yang benar dan standar yang umum.  Begitupun ketika hendak menulis indeks, juga ada aturan lain, yang akan dibahas di artikel lain.

Tips Membuat Judul – Contoh Judul Buku Nonfiksi

Dari ketiga unsur tersebut, fokus ulasan pada artikel kali kali adalah fokus pada judul buku. Ada contoh judul buku nonfiksi yang menjual di pasar.

  1. Singkat, Padat Jelas

Membuat judul yang menarik dibuat menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Bagaimana jika tidak singkat? Pembaca yang membaca judul terlalu panjang relatif tidak suka. Sebaliknya, justru judul-judul yang ditulis secara singkat dan padat justru menarik dan menimbulkan rasa penasaran dan ketertarikan pembaca.

contoh resensi buku non fiksi terbaik

Lantas, bagaimana cara menulis judul yang singkat, padat dan jelas tersebut? Sebenarnya ada tips yang bisa dicoba. Pertama, buatlah judul yang berstruktur S-P-O-K. Judul yang ditulis secara SPOK cenderung lebih mudah dipahami dalam sekali baca. Sebaliknya, judul yang terlalu panjang, untuk bisa paham, membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama.

  1. Mudah dipahami

seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa contoh judul buku nonfiksi adalah yang mudah dipahami. Lantas, bagaimana cara menandai bahwa tulisan tersebut mudah dipahami? Dapat ditandai dengan mengetes diri kita. Judul yang menarik adalah judul yang bisa dibaca dalam satu tarikan nafas. Satu tarikan nafas inilah yang menjadi titik poin utama. Jika judul tersebut dibaca dua tarikan nafas, maka itu tanda kita harus mengganti judul buku Anda.

  1. Pendek tetapi Jelas

Sebenarnya juga sudah seperti yang disinggung sebelumnya. Judul yang baik itu singkat padat dan jelas, itu sama halnya menulis judul secara pendek tetapi jelas. Kadang, saat menulis judul, seringkali pendek dan tidak jelas. Memang tantangan menulis judul pendek dan jelas. Ini semua tergantung dari masing-masing orang dan butuh jam terbang.

  1. Memiliki selling point

Agar judul Anda menarik peminat, Anda juga perlu memberikan ruh di dalam judul tersebut. Lalu bagaimana cara meniupkan ruh tersebut? Yaitu dengan mencari selling poin yang ingin ditonjolkan dan yang ingin dijual itu apa. DIjamin, judul-judl yang memiliki nilai sentimentil ini akan lebih bermakna dan lebih menarik perhatian calon pembaca.

Prinsipnya, dari keempat cara penulisan judul di atas, ada satu poin penting yang perlu diperhatikan oleh seorang penulis buku nonfiksi. Karena konteksnya menulis adalah buku nonfiksi, maka isi yang disampaikan memilik isi yang sifatnya faktual, ilmiah dan aktual. Dari segi bahasa, cenderung ditulis menggunakan bahasa yang baku, sehingga terkesan kaku.

Itulah contoh judul buku nonfiksi yang bisa Anda coba dan Anda praktekan. Memang tidak bisa langsung mahir dan bisa. Semua membutuhkan proses dan latihan. JIka masih kurang percaya diri. Anda bisa survey datang ke toko buku, sekedar untuk membaca dan melihat-lihat buku-buku yang ada di toko buku. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey animo atau ketertarikan calon pembaca terhadap trend buku.

Bagaimanapun juga, penting bagi Anda memperhatikan trend yang laris di pasaran. Karena laku tidaknya buku itu juga tergantung dari daya tarik calon pembaca. Ada juga tulisan Anda yang dianggap menarik, tetapi ketika dijual dan disebarkan di pasar buku, sedikit peminatnya. Hal-hal semacam ini yang juga perlu diperhatikan seorang penulis. Agar buku yang Anda terbitkan pun tidak sia-sia dan tetap bisa laris.

Semoga contoh judul buku nonfiksi yang terpaparkan di sini bermanfaat. Paling tidak memudahkan Anda bisa lebih mengalir dan mudah diterima.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan daftar menjadi penulis atau Anda bisa langsung kirim naskah dengan mengikuti prosedur berikut pada situs kami.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang judul buku non fiksi, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish