Resensi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menilai, membahas, memberi kritikan, atau mengungkapkan kembali apa isi yang terdapat di dalam sebuah karya. Sementara itu, buku nonfiksi merupakan buku yang ditulis berdasarkan fakta yang terjadi atau bukan imajinasi, contohnya adalah buku pengetahuan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa resensi buku nonfiksi merupakan kegiatan menilai, membahas, memberi kritikan, atau mengungkapkan kembali isi yang ada di dalam sebuah buku pengetahuan atau buku nonfiksi. Biasanya, di dalam resensi buku non fiksi ini memuat review singkat mengenai buku tersebut.

Lalu seperti apa ya contoh resensi buku nonfiksi itu?

6 Contoh Resensi Buku Nonfiksi

Setelah mengetahui pengertian singkat mengenai resensi buku non fiksi, di bawah ini ada beberapa contoh buku nonfiksi yang perlu Anda ketahui. 

1. Contoh Resensi Buku Nonfiksi 1

Identitas Buku

Judul Buku: Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi

Pengarang: H. Abdurrahmat Fathoni

Penerbit: PT. Rineka Cipta

Tahun Terbit: 2006

Sinopsis Buku

Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi ini merupakan buku yang disusun berdasarkan pandangan dan juga pemikiran dari beberapa peneliti dan juga beberapa pakar dalam bidang yang relevan yaitu tentang metodologi penelitian. Tujuan ditulisnya buku ini membantu pembaca yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai metodologi penelitian.

Selain mempelajari tentang metodologi penelitian, mereka juga akan memahami berbagai prosedur penelitian, dan juga desain penelitian yang secara umum dapat digunakan di dalam sebuah penelitian ilmu sosial. Oleh sebab itu, buku ini mengupas tuntas mengenai teknik yang digunakan dalam membantu pembaca dalam hal ini mahasiswa untuk menyusun skripsi.

Kelebihan Buku

Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi memiliki kelebihan dari sudut pandang penulis resensi adalah sebagai berikut:

a. Buku ini terlalu segmented, sehingga yang bisa membaca dan berminat dengan buku ini hanya orang yang akan menjalankan skripsi atau sedang melakukan penelitian.

b. Buku ini menjelaskan sangat detail mengenai setiap langkah dan metode yang harus ditempuh dalam hal penulisan skripsi.

c. Buku ini mudah ditemukan di toko buku apa saja.

d. Buku ini dapat digunakan sebagai acuan untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Kekurangan Buku

Selain memiliki kelebihan, buku ini tentu saja juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi menurut sudut pandang penulis resensi.

a. Ada berbagai istilah asing yang ada di dalam buku, tetapi tidak dijelaskan secara detail.

b. Ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki gaya selingkung penulisan atau metode penelitian skripsi yang berbeda dengan yang tertera di dalam buku ini, sehingga harus membandingkan dengan buku yang sejenis lainnya.

2. Contoh Resensi Buku Nonfiksi 2

Identitas Buku

Judul: Saya Pengen jadi Creative Director

Penulis: Budiman Hakim

Tebal: XX + 186 halaman

Penerbit: Indonesia Cerdas: Galangpress

Tahun Terbit: 2016

Tidak semua orang memiliki minat di bidang director. Akan tetapi, saat ini bidang yang berkecimpung di dunia periklanan sangat dibutuhkan dan juga marak dicari oleh pelamar kerja. Apalagi melihat sangat banyak director yang sudah terkenal dan sukses melalui berbagai karya yang akhirnya menjadi impian banyak orang.

Di dalam buku berjudul Saya Pengen jadi Creative Director ini, disajikan beragam trik dan tips untuk mewujudkan mimpi seseorang yang ingin menjadi director. Selain itu, buku ini diajarkan berbagai hal secara mendetail, sehingga tak hanya sekadar membuat iklan saja.

Buku ini khusus diciptakan untuk siapa saja yang tertarik dan memiliki minat di bidang periklanan dan ingin mendalaminya. Meski demikian, segmentasi buku ini tetap umum dengan gaya khas penulis yang menyampaikan dengan bahasa yang luwes, renyah, dan juga mengalir sehingga memudahkan pembaca awam dapat atau bisa memahami makna dan maksud.

Salah satu penjelasan yang menarik dalam buku ini adalah mengenai bagaimana cara mencari ide dan juga melahirkan berbagai iklan yang mengesankan dan menarik hati para penonton, mengingat saat ini berbagai iklan yang disajikan di media elektronik sering tidak sesuai dengan produk yang disampaikan.

Ternyata, adanya ketidaksesuaian director ketika melakukan penyusunan iklan terletak dari bagaimana mencari dan menentukan ide membuat konten.Di dalam ulasan pada buku ini, dijelaskan bahwa setidaknya ada beberapa cara untuk mendapatkan ide konten yang brilian, yaitu memiliki sensitivitas terhadap banyak hal.

Oleh tersebut dibenarkan bahwa banyak seniman yang memiliki perilaku aneh. Misalnya terkadang tertawa terbahak-bahak, beberapa jam setelahnya bisa menangis tersedu-sedu. Selain itu, banyak juga seniman yang memiliki mood tidak stabil atau perasa bahkan sensitif. Hal tersebut tentu sangat dibutuhkan dalam mencari atau mendapatkan ide.

Selain membahas ide, buku yang tebalnya 186 halaman ini juga membahas hal lain, seperti perilaku kreatif, branding yang tepat, consumer insight dan manajemen, dan lain sebagainya. Buku ini juga mengulas tentang cara menilai bagaimana iklan yang berkualitas dan kreatif dengan menggunakan nilai SUPER A, yang mana iklannya harus mendapat nilai tersebut.

Meski memiliki banyak kelebihan dan juga keunggulan, buku karya Budiman Hakim ini juga memiliki kekurangan atau kelemahan. Dibandingkan buku yang sebelumnya pernah ditulis oleh penulis, ternyata isinya tidak jauh berbeda. Sehingga buku ini dirasa kurang menarik dan ceria. Lebih dari itu, informasi yang disampaikan dan bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami.

Baca Juga:

Contoh Judul Buku Non Fiksi

7 Unsur Penting Menulis Buku Non Fiksi

19 Genre Buku Nonfiksi yang Perlu Diketahui

3. Contoh Resensi Buku Nonfiksi 3

Identitas Buku

Judul Buku: Cewek Smart

Pengarang Buku: Ria Fariana

Penerbit Buku: Gema Insani

Kota Terbit: Jakarta

Tahun Terbit: 2008

Tebal Buku: 200 halaman

Sinopsis Buku

Buku berjudul Cewek Smart ini dirancang untuk membantu para remaja perempuan agar dapat menyikapi berbagai masalah yang sering dihadapi di sekitarnya. Buku ini juga mengupas berbagai hal mengenai bagaimana cara menjadi perempuan yang cerdas dan memiliki kepribadian yang sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Perempuan cerdas yang sesuai dengan syariat yang dimaksud adalah seorang perempuan yang menggunakan kecerdasannya untuk menambah keimanannya. Sehingga cerdas dalam hal ini tidak hanya bisa diukur dari tingginya nilai raport yang diperoleh. Akan tetapi bagaimana mereka mampu menyelesaikan masalah dalam hidup dengan tolok ukur agama dan bertanggung jawab.

Secara umum, buku ini berbicara mengenai dasar-dasar menjadi seorang perempuan soleha yang cerdas dan sesuai dengan syariat. Buku ini juga menjelaskan bahwa remaja perempuan tidak perlu berpacaran dan tidak perlu bersikap centil dan juga penjelasan serta alasannya mengapa tak perlu berlaku demikian.

Karena pada dasarnya, perempuan harus menjalani kehidupan yang praktis dan sarat akan nasihat agar dapat menyelesaikan dan menyikapi masalah dengan bijak. Oleh sebab itu, buku ini sangat bermanfaat untuk membantu menyadarkan para remaja perempuan agar dapat bersikap sesuai dengan syariat atau ajaran agama Islam.

Sehingga dengan membaca buku yang ditulis oleh Ria Fariana ini, setiap orang dapat merenungkan mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang seharusnya tidak dilakukan. Di dalam buku ini juga memuat berbagai kata bijak yang bisa dijadikan sebagai renungan dan motivasi hidup.

Kelebihan Buku

Kelebihan buku berjudul Cewek Smart ini adalah bermanfaat sebagai penuntut remaja perempuan untuk bersikap dan berperilaku yang benar sesuai dengan syariat agama Islam. Selain itu, buku ini menggunakan bahasa yang sangat mudah dipahami karena bahasanya adalah bahasa yang santai, populer, dan juga gaul.

Cover buku ini juga sangat menarik. Disajikan gambar kartun yang lucu dan penuh warna, sehingga menambah keistimewaan buku ini dan cocok untuk remaja perempuan.

Kekurangan Buku

Meski demikian, ada kekurangan atau kelemahan di dalam buku ini. Buku ini tidak terlalu laku di pasaran dan gambar dan ilustrasi yang ada di dalamnya masih berwarna hitam putih, sehingga kurang menarik secara visual.

4. Contoh Resensi Buku Nonfiksi 4

Identitas Buku

Judul Buku: Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang

Pengarang Buku: Andrias Harefa

Penerbit Buku: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2002

Halaman: I – IX + 103 halaman

Sinopsis Buku

Buku yang berjudul Agar Menulis-Mengarang Bisa gampang ini mengemukakan mengenai bagaimana aktivitas menulis yang kerap kali dikaitkan dengan bakat yang dimiliki seseorang dalam bidang tulis-menulis. Padahal, dalam memiliki kemampuan dan keahlian menulis, tak hanya bisa dilakukan orang yang memiliki bakat saja.

Sebaliknya, tidak selamanya bakat menulis bisa membuat aktivitas menulis menjadi lancar dan mudah, seperti apa yang dibayangkan. Hal ini juga dijelaskan dengan penjelasan para ahli di dalam buku ini mengenai pelajaran dasar yang diperoleh seseorang di bangku sekolah atau bahkan sejak taman kanak-kanak, yaitu menulis.

Artinya, menulis dan mengarang pada dasarnya merupakan keterampilan dasar ketika seseorang sekolah dasar. Akan tetapi seringkali keterampilan tersebut tidak bisa berjalan dengan baik ketika terdapat kendala saat menuangkan berbagai ide dalam bentuk tulisan. Sehingga, bakat di dalam hal ini hanya justru dijadikan kambing hitam untuk disalahkan.

Selain itu, mengarang juga bukan merupakan pekerjaan yang mudah, namun juga bukan merupakan sesuatu yang sulit untuk dikerjakan. Oleh sebab itu diperlukan komitmen yang harus selalu dijaga dalam proses menulis dan mengarang, sehingga proses menulis dan mengarang menjadi lebih mudah dan mengalir.

Komitmen yang dimiliki seorang penulis menjadi janji pada diri sendiri bahwasanya penulis akan menjadi penulis yang hebat. Sehingga jika seseorang ingin menulis, tidak perlu memiliki bakat, karena bakat tidak lebih dari bagaimana minat dan ambisi yang harus terus-menerus dikembangkan.

Kelebihan Buku

Materi yang disampaikan di dalam buku ini memberikan bagaimana semangat kepada pembaca untuk dapat tetap berkarya dengan cara menulis dan juga mengarang. Buku ini juga menyediakan berbagai ide kreatif dan juga motivasi dalam proses belajar menulis dan juga mengarang.

Kekurangan Buku

Sementara itu, buku ini memiliki kekurangan yaitu ditulis secara asal-asalan dan juga harganya cukup mahal untuk dijangkau.

5. Contoh Resensi Buku Nonfiksi 5

Identitas Buku

Judul Buku: Pengantar Filsafat Pendidikan

Penulis: Drs. Uyoh Sadulloh, M.Pd

Jumlah Halaman: 183 halaman

Tahun Terbit: September 2004

Sinopsis Buku

Pendidikan merupakan kegiatan yang dikerjakan dan dilakukan manusia menggunakan media yang sangat luas, yang mana mencakup berbagai pengetahuan dan juga pengalaman pada manusia mengenai dunia pendidikan. Sehingga dalam hal ini, pendidikan menjadi satu di antara berbagai praktik di dalam kehidupan manusia.

Sama halnya seperti kegiatan lain, pendidikan ini mempelajari berbagai hal yang kemudian bermanfaat bagi keberlangsungan hidup seseorang, mulai dari ekonomi, bisnis, komunikasi, kesehatan, hukum, dan lain sebagainya.

Di dalam buku ini, ,menjelaskan bagaimana pendidikan dapat dipelajari dengan cara akademik, baik itu secara empiris yang sumbernya terdapat dari pengalaman dan juga dari hasil merenungi untuk melihat arti pendidikan dalam konteks yang lebih luas lagi, yakni melalui filsafat pendidikan.

Selain itu, buku ini juga membahas mengenai bagaimana praktik pendidikan dan juga teori pendidikan yang lebih mendalam sehingga sangat bermanfaat bagi mahasiswa atau akademisi yang mempelajari ilmu tentang pendidikan.

Kelebihan Buku

Buku ini memiliki kelebihan yaitu sebagai sumber informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai pendidikan, dan bagaimana seorang manusia bisa mendapatkan nilai tersebut. Karena pada prinsipnya, pendidikan tentu tidak bisa dipisahkan dengan nilai yang menjadi tolok ukur keberhasilan atau pencapaian pendidikan.

Kekurangan Buku

Buku ini juga memiliki kekurangan yaitu kurang memberi pemahaman kepada para pembaca yang masih pemula, sehingga penyampaian yang diungkapkan di dalam buku ini tidak dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh pembacanya.

6. Contoh Resensi Buku Nonfiksi 6

Identitas Buku

Judul Buku: Memahami Film

Pengarang: Himawan Pratista

Penerbit: Homerian Pustaka

Tahun Terbit: 2008

Tebal Halaman: 223 Halaman

Sinopsis Buku

Film sebagian besar dipandang sebagai sesuatu yang mustahil untuk dilakukan dan dipahami banyak orang. Padahal sebenarnya film bisa dibuat oleh siapa pun, meskipun minat seseorang mengenai film tidak begitu tinggi. Akan tetapi, kedalaman seseorang dalam memahami seni film ini masih sangat terbatas.

Di dalam buku ini menjelaskan bahwa pengetahuan mengenai film sebagai sebuah karya seni masih berada di dalam ruang kuliah semata. Padahal sebenarnya film bukan hanya milik para akademisi saja. Film juga milik semua orang yang hobi menonton dan juga ingin mencoba untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni yang mampu dinikmati.

Buku ini menyampaikan pesan bahwa siapa pun pembaca yang ingin belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara dalam pembuatan film, baik dari sisi naratif atau sisi sinematiknya, dapat belajar mulai dari nol. Buku ini akan mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca karena disertakan gambar-gambar penunjang.

Kelebihan Buku

Buku berjudul Memahami Film ini mampu memberikan berbagai contoh dari setiap unsur pembentuk film yang mana biasanya disertai dengan ilustrasi dan referensi berbagai film. Berbagai contoh tersebut tentu akan memudahkan pembaca. Tak hanya itu, buku ini menjelaskan detail topik yang dibahas.

Misalnya topik mengenai jenis dan ciri genre film, bagaimana aspek naratifnya, bagaimana struktur tiga babak dan alternatif di dalam film, bagaimana aspek sinematiknya, suara, dan lain sebagainya. Terakhir, buku ini juga sangat membantu para pembuat film baru yang masih dalam tahap mengenal alat dan berbagai produksi film karena buku ini menuntun pemula dengan baik.

Kekurangan Buku

Meski terdapat berbagai kelebihan, buku ini juga memiliki kekurangan. Buku ini sangat sulit untuk didapatkan, bahkan di toko buku Gramedia juga jarang sekali menjual buku ini. Sehingga pembeli yang ingin membeli buku ini harus membuat Instagram penerbit atau situs penerbit dan berbagai penyedia jasa penjual buku, baru bisa mendapatkan buku ini.

Artikel Terkait:

Teknik Menulis Buku Nonfiksi Supaya Lebih Berbobot

Cara Mengasah Teknik Menulis Buku Nonfiksi dengan Mudah

Judul Buku Non Fiksi – 8 Rekomendasi Terbaik

Apa itu Buku Nonfiksi? Begini Cara Membuatnya