Contoh Teks Deskripsi. Teks deskripsi adalah jenis teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu yang dijelaskan secara jelas dan terperinci. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Sehingga saat seseorang menyusun contoh teks deskripsi, maka teks deskripsi tersebut harus menggambarkan objek yang sekonkret mungkin sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan terlibat di dalam teks tersebut. Tujuan diciptakannya teks deskripsi adalah untuk menggambarkan objek dengan terperinci secara subjektif atau dari sudut pandang penulis.

Biasanya, objek yang dibicarakan di teks deskripsi lebih bersifat khusus yang kemudian objek tersebut dideskripsikan bersifat pendapat personal seorang penulis. Untuk dapat menulis teks deskripsi, maka diperlukan tiga unsur pembangunnya, yakni identifikasi atau pernyataan umum, deskripsi bagian, dan penutup atau kesan.

Teks deskripsi juga memiliki ciri-ciri tersendiri, di antaranya menggambarkan tentang suatu objek secara jelas dan terperinci berdasarkan penglihatan penulis, misalnya warnanya, ukurannya, bentuk fisiknya, dan lain sebagainya. Penulis juga biasanya menyampaikan simpulan pribadi berdasarkan pandangan matanya di dalam teks deskripsi.

Berikut ini, beberapa contoh teks deskripsi yang bisa dibaca dan dijadikan referensi.

Baca Juga:

Contoh Teks Deskripsi

Berikut contoh teks deskripsi yang bisa dijadikan sebagai referensi :

1. Contoh Teks Deskripsi 1

Banjir di Medan Belawan

Banjir rob menerjang sejumlah wilayah di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara sejak 6 Oktober 2021 lalu. Pemerintah Sumatera Utara khususnya Kota Medan mengimbau warga dan masyarakatnya untuk tetap waspada karena risiko aktivitas pasang surut air laut yang mungkin masih terjadi.

Banjir rob yang menerjang Medan Belawan ini berawal dari hujan deras yang terjadi dini hari pada 6 Oktober 2021 lalu. Saat masyarakat sedang terlelap tidur, hujan lebat terjadi di wilayah Medan dan menyebabkan air laut pasang. Setidaknya, seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Belawan terendam banjir.

Subhan selaku Camat Kecamatan Medan Belawan sudah meminta warga dan masyarakatnya untuk melakukan evakuasi di tempat yang lebih tinggi. Ia juga meminta masyarakat terus waspada, karena sebenarnya peringatan banjir rob sudah mulai dikeluarkan pemerintah sebelum 6 Oktober 2021 lalu.

Meski sudah diminta waspada dan juga mengungsi, masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Medan Belawan dikabarkan belum melakukan evakuasi. Hal ini karena banjir rob yang melanda Medan Belawan tingginya masih sebetis orang dewasa sehingga masyarakat belum mau melakukan evakuasi.

Meski demikian, Medan Belawan telah menurunkan petugas P3SU (petugas penanganan prasarana dan sarana umum) untuk menanggulangi risiko yang mungkin terjadi selama air di Medan Belawan belum surut. Sementara itu, pemerintah juga berupaya untuk membuang berbagai sampah penyebab sumbatan di wilayah Medan Belawan.

Penjelasan struktur:

– Judul: Dari judul yang disajikan, sudah jelas bahwa teks tersebut akan mendeskripsikan mengenai banjir rob yang terjadi di Kecamatan Medan Belawan, bagaimana awal terjadinya, siapa yang dilanda banjir, dan bagaimana kondisinya saat ini.

– Identifikasi atau gambaran umum: Paragraf pertama di dalam teks deskripsi Banjir di Medan Belawan menjelaskan mengenai gambaran umum dari terjadinya banjir rob di Kecamatan Medan Belawan, mulai dari lokasi yang dilanda banjir dan kapan terjadinya banjir.

– Deskripsi bagian: Selanjutnya, teks deskripsi Banjir di Medan Belawan memperinci penjelasan pada paragraf kedua dan ketiga. Penulis menuliskan deskripsi sesuai dengan penglihatan dan laporan yang terjadi di Kecamatan Medan Belawan oleh saksi mata, yang mana di dalam teks tersebut adalah Camat Kecamatan Medan Belawan.

– Simpulan: Teks Banjir di Medan Belawan di bagian terakhir menjelaskan simpulan bahwa pemerintah setempat hingga saat ini berusaha untuk melakukan penanggulangan risiko yang terjadi, dengan melakukan pembuangan sampah penyebab sumbatan banjir.

2. Contoh Teks Deskripsi 2

Keindahan Gunung Bromo

Gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo – Tengger, Semeru memiliki keindahan yang kerap jadi tujuan wisata masyarakat Indonesia dan wisatawan mancanegara. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut.

Gunung Bromo identik dengan daerah yang berpasir dengan hamparan luas yang cukup besar, kurang lebih sekitar 5.250 ha. Di Gunung Bromo ini, pengunjung atau wisatawan dapat menikmati pemandangan keindahan Gunung Bromo sembari menunggangi kuda. Wisatawan juga bisa menikmati wisata menggunakan Jeep di sekitar daerah berpasir.

Wisatawan tidak boleh melewatkan keindahan matahari terbit di Gunung Bromo yang bisa dilihat dan dinikmati dari puncak Gunung Penanjakan yang terletak di ketinggian 2.770 meter. Di sana, wisatawan dalam menikmati pemandangan alam saat fajar yang sangat luar biasa dan menakjubkan.

Saat melihat pemandangan senja, wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya proses matahari yang naik dengan latar belakang Gunung Semeru. Dari kejauhan, akan terlihat asap sebagai penghias indahnya matahari terbit dan juga pemandangan indah lain yang pasti akan membuat wisatawan sangat terkesan.

Pemandangan dan momen matahari terbit di Gunung Bromo merupakan momen sangat indah dan sulit untuk dicari di manapun sehingga wisatawan bisa mengabadikan momen-momen berharga dengan merekam atau memotret keindahan tersebut.

Selain gunungnya yang jadi pusat wisata, daerah Gunung Bromo juga memiliki penghuni suku asli Tengger yang memiliki kepercayaan bahwa Gunung Bromo merupakan gunung tempat sang pangeran mengabdikan hidup untuk keluarganya. Masyarakat sekitar juga rutin menyelenggarakan festival untuk menarik wisatawan.

Festival yang biasanya diselenggarakan adalah Festival Casad atau Casodo Yadnya yang biasanya berlangsung pada September sampai November. Festival Casad atau yang biasa disebut Kasada ini merupakan upacara tahunan suku asli Tengger yang datang ke Bromo untuk memberikan sumbangan dalam bentuk sayur, ayam, dan uang ke kawah gunung berapi.

Upacara tersebut dilakukan masyarakat sebagai bentuk ucapan terima kasih dan dipersembahkan kepada Tuhan. Selama prosesi berlangsung, wisatawan diperbolehkan melihat dan terlibat sehingga waktu berlangsungnya upacara adat akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung di Gunung Bromo.

Untuk masyarakat yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Bromo, wisatawan dapat melakukan perjalanan menuju ke Malang. Dari Kota Malang, wisatawan dapat menempuh perjalanan darat menggunakan travel atau mobil pribadi kurang lebih 53 kilometer.

Penjelasan Struktur:

– Judul: Judul yang tercantum adalah Keindahan Gunung Bromo yang mana penulis ingin mengungkapkan bagaimana kondisi keindahan Gunung Bromo melalui teks deskripsinya. Di mana lokasi Gunung Bromo, apa yang ada di sana, dan lain sebagainya.

– Identifikasi atau gambaran umum: Di paragraf pertama, penulis menjelaskan mengenai lokasi Gunung Bromo dan keterangan berupa luas, lokasi tepat Gunung Bromo, dan pengenalan tentang keindahan Gunung Bromo.

– Deskripsi bagian: Selanjutnya, teks deskripsi Keindahan Gunung Bromo terdapat mulai paragraf kedua yang menjelaskan mengenai apa yang bisa dilakukan wisatawan saat mengunjungi Gunung Bromo. Dilanjutkan paragraf ketiga dan keempat yang berisi gambaran mengenai keindahan Gunung Bromo.
– Simpulan: Teks Keindahan Gunung Bromo di bagian paling akhir menjelaskan simpulan mengenai cara melakukan perjalanan ke Gunung Bromo.

Baca Juga: 

3. Contoh Teks Deskripsi 3

Gili Trawangan

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia kini memiliki berbagai tempat dan lokasi wisata yang tak kalah cantik dan indah, salah satunya Gili Trawangan. Gili Trawangan merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Lombok. Pulau ini hanya memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km.

Sehingga wisatawan yang ingin berkunjung ke Gili Trawangan tak perlu pusing memikirkan akomodasi karena bisa berjalan-jalan dan menikmati alam dengan jalan kaki atau bisa menyewa sepeda yang disewakan di sana.

Pulau Gili Trawangan memiliki ciri khas yakni pasir putih yang lembut. Air laut di Gili Trawangan sangat jernih dan ombaknya relatif kecil dan tenang sehingga akan memanjakan wisatawan yang suka untuk bermain air di pinggir pantai. Dari pantai yang ada di Gili Trawangan, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani dan Gunung Agung.

Dua gunung yakni Gunung Rinjani dan Gunung Agung dapat dilihat dan dinikmati dari pantai dengan sangat jelas. Selain itu, sinar matahari kemerahan saat matahari terbenam juga bisa dinikmati dari pinggir pantai. Akan tetapi, ada tempat khusus yang disediakan oleh pulau tersebut untuk menikmati sunset, yakni di sunset view.

Jika wisatawan terjun atau menyelam di Laut Gili Trawangan, maka wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Mereka akan disambut oleh pemandangan terumbu karang yang memanjakan mata dan berenang bersama ikan.

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat dan menyentuh penyu-penyu yang ada di laut Gili Trawangan. Seperti yang kita tahu, penyu merupakan salah satu hewan yang terancam punah tetapi masih bisa ditemukan di Gili Trawangan, tepatnya di kedalaman 10 hingga 20 kilometer.

Kawasan Gili Trawangan masih sangat asri dan sejuk sehingga wisatawan selain bisa berlibur untuk cuci mata juga bisa me-refresh otak dari penatnya suasana kota yang biasa dilihat.

Penjelasan struktur:

– Judul: Judul yang ditulis adalah Gili Trawangan. Yang mana, penulis ingin menuliskan bagaimana deskripsi Gili Trawangan dari penglihatannya. Dimulai dari bagian awal yakni menjelaskan keindahan Gili Trawangan yang bisa dinikmati wisatawan yang akan berkunjung.

– Identifikasi atau gambaran umum: Pada paragraf pertama, penulis menggambarkan lokasi dan luas Gili Trawangan. Parafgraf kedua, penulis mendeskripsikan keindahan Gili Trawangan dengan ciri khas yakni pulau yang kecil dan dapat dinikmati hanya dengan jalan kaki ke tempat satu dan yang lainnya. 

– Deskripsi bagian: Selanjutnya, teks deskripsi Gili Trawangan merincikan bagaimana deskripsi keindahan Gili Trawangan dimulai dari paragraf ketiga yakni menggambarkan secara detail bagaimana kondisi keindahan alam dan daerah sekitar Gili Trawangan. memperinci penjelasan pada paragraf kedua dan ketiga. Penulis menuliskan deskripsi sesuai dengan penglihatan dan laporan yang terjadi di Kecamatan Medan Belawan oleh saksi mata, yang mana di dalam teks tersebut adalah Camat Kecamatan Medan Belawan.

– Simpulan: Penulis juga memberikan simpulan teks deskripsi  mengenai bagaimana kelebihan Gili Trawangan untuk berlibur yakni kesejukan dan keasrian Gili Trawangan yang tak hanya bisa dinikmati untuk berlibur tetapi juga membuat wisatawan dimanjakan dengan kondisi yang sangat berbeda dengan kota tempat asalnya yang padat.

4. Contoh Teks Deskripsi 4

Bunga Mawar

Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang hampir ada di seluruh dunia. Bunga mawar memiliki keindahan yang khas dan juga mengeluarkan bau harum. Bunga ini bahkan bisa melindungi dirinya sendiri karena batangnya memiliki duri untuk perlindungan diri. Oleh karena itu, bunga mawar selalu dinilai memiliki daya tarik tersendiri.

Bunga mawar atau dalam bahasa latinnya rose (genus Rose) merupakan genus dari sekitar 100 spesies semak abadi di dalam keluarga mawar (Rosaceae). Bunga mawar asli berasal dari daerah yang memiliki iklim di belahan bumi utara. Bunga mawar sendiri banyak yang dibudidayakan karena warna bunganya sangat indah dan beragam.

Bunga mawar memiliki berbagai warna, mulai dari mawar putih, mawar merah, mawar merah muda, mawar kuning, mawar merah tua, mawar merah marun, mawar ungu, dan masih banyak warna bunga mawar lainnya. Sebagian besar bunga mawar juga mengeluarkan aroma wangi dan menyenangkan yang berasal dari varietas dan kondisi iklim masing-masing.

Saat ini, sebagian besar spesies bunga mawar asli berasal dari Asia, dan sebagian kecil berasal dari Amerika Utara dan beberapa negara di Eropa dan Afrika bagian barat laut. Bunga mawar dari berbagai daerah di dunia mulai dikembangkan dengan cara hibridisasi. Hal tersebut dilakukan karena pengembangan tersebut mampu menciptakan perkembangan baru.

Perkembangan baru yang tumpah tindih dengan bentuk aslinya akan membuat bunga mawar sulit ditentukan spesies dasarnya. Kira-kira ada kurang dari 10 spesies bunga mawar dan sebagian besar berasal dari Asia yang merupakan hasil persilangan beberapa jenis mawar. Hasil persilangannya sangat indah dan memanjakan mata.

Bunga mawar tumbuh dengan baik dan memiliki ‘senjata’ yakni banyak duri dari berbagai bentuk dan ukuran yang beragam. Daun pada bunga mawar berbeda-beda, bisa berbentuk majemuk rapat, selebaran oval, atau bergigi tajam. Ada pula bunga mawar liar yang biasanya hanya memiliki lima kelopak, sementara bunga mawar budidaya memiliki ukuran dengan diameter 1,25 cm.

Meski indah dan terlihat mudah ditanam, bunga mawar berisiko terinfeksi sejumlah penyakit yang sebagian besar disebabkan oleh jamur. Biasanya, jamur yang muncul dan tumbuh di bunga mawar berwarna putih keabu-abuan di permukaan daun dan batang muda. Ada pula jamur hitam yang muncul dengan warna bercak hitam yang berisiko menyebabkan kerontokan.

Penjelasan struktur:

– Judul: Penulis ingin mendeskripsikan teks yang berjudul Bunga Mawar. Di dalamnya berisi deskripsi keindahan bunga mawar, bagaimana cara budidayanya, apa saja jenisnya, dan bagaimana kekurangannya.

– Identifikasi atau gambaran umum: Pada paragraf pertama, penulis menggambarkan ciri-ciri bunga mawar dan di mana tempat bunga mawar asli berasal. Penulis juga menuliskan mengenai ciri lain dari keindahan bunga mawar yakni memiliki pertahanan diri melalui duri di batangnya.

– Deskripsi bagian: Teks deskripsi Bunga Mawar di paragraf kedua menjelaskan bagaimana deskripsi bunga mawar melalui nama ilmiahnya, apa saja jenis yang dimiliki, dan cara budidayanya. Dilanjutkan pada paragraf selanjutnya yang berisi cara budidaya bunga mawar yang sudah dilakukan banyak orang di berbagai negara.

– Simpulan: Secara tidak langsung, penulis menyimpulkan bahwa seindah-indahnya bunga mawar yang memiliki berbagai jenis dan juga aroma yang menyenangkan tetap memiliki kekurangan yakni mudah dihinggapi jamur, sehingga saat menanam tetap harus waspada dan melakukan perawatan yang tepat.

Beberapa contoh teks deskripsi di atas adalah gambaran apa saja contoh teks deskripsi dan bagaimana struktur yang terkandung di dalamnya. Contoh teks deskripsi di atas bisa dijadikan referensi jika ingin membuat atau menulis teks deskripsi.

Artikel Terkait: