Mengenal Apa Itu Evernote? Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakan – Bagi sebagian besar penulis kini tidak lagi menulis di atas kertas atau mesin ketik, bukan? Bagaimana tidak saat ini memang dunia digital marketing sangat mendominasi dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam proses menulis.

Jika dulu sebagian dari kita menggunakan catatan manual, kini kegiatan menulis telah terbiasa menggunakan perangkat yang lebih canggih. Dengan beragam aplikasi yang bisa digunakan melalui laptop atau smartphone. 

Bisa dibilang kini kita bisa menulis dimana saja dengan lebih mudah. Apalagi didukung aplikasi seperti Evernote. Aplikasi yang mampu menyimpan catatan dalam berbagai format seperti office dan PDF. 

download ebook gratis

Lalu apa itu evernote? Apa saja kegunaan dari aplikasi ini? Penasaran apa saja manfaat dari evernote? Simak artikel selengkapnya berikut ini. 

Mengenal Apa itu Evernote? Pengertian Evernote

EverNote merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat catatan/notes, menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel-artikel yang ditemukan saat browsing dan ditambah dengan akses dari berbagai macam perangkat digital seperti desktop, smartphone, iPad dan lain-lain. Evernote adalah aplikasi yang berbayar. 

Tapi dapat digunakan secara gratis jika penggunaan anda tidak melebihi kuota penyimpanan selama 60 MB perbulan. Jangan khawatir, 60 MB adalah ukuran yang sangat besar. Selama memakai Evernote, saya belum pernah melebihi kuota ini.

Keuntungan Menggunakan Evernote

Mengenal apa itu evernote saja tidak cukup, harus paham juga tentang keuntungan kita menggunakan aplikasi yang satu ini. Dengan menggunakan Evernote, bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja. Apa saja didapatkan jika menggunakan Evernote? 

1. Bisa Dibuka Kapan Saja

Bila Anda sering mencatat dalam Google Doc. Maka Anda akan kesulitan bila tidak ada koneksi Internet. Beda dengan Evernote.

Selain menyimpan data anda secara online, dia juga menyimpan data secara offline. Sehingga bisa sewaktu-waktu anda buka di kamar anda sambil tiduran, tanpa perlu colok modem.

2. Gratis

Evernote gratis selama tidak melebihi kuota (sampai artikel ini ditulis, masih sekitar 60MB). Kuota ini besar, di mana tiap sebulan pasti refresh.

3. Mudah digunakan

Aplikasi ini sangat nyaman digunakan. Bahkan ketika pertama kali menjajal, saya tidak membutuhkan buku panduan untuk menggunakannya.

4. Ada fitur pencariannya

Selain disortir berdasarkan tanggal, di dalam Evernote juga sudah terdapat fasilitas search yang sangat membantu untuk menemukan notes yang nyempil di halaman belakang.

5. Tag dan kategori

Evernote menggunakan pengelompokan catatan berdasarkan kategori, sub-kategori, dan berdasarkan tag. Jika anda pernah menjalankan blog, maka anda akan lebih familiar lagi.

6. Copy paste jadi lebih mudah

Salah satu keunggulan Evernote di banding aplikasi pencatat lainya (sebut saja Word) adalah kemudahan dalam copy paste dari internet. Selain style juga ikut di-copy, alamat URL nya juga ikut.

7. Ada pula fasilitas share

Note yang anda simpan di sini dapat anda share melalui jaringan internet global, sosial media, dan antar sesama pengguna Evernote.

Fungsi dan Manfaat Evernote

Lebih rinci lagi, ada berbagai manfaat Evernote yang bisa Anda gunakan untuk menulis: 

1. Notebook

Evernote bisa Anda manfaatkan untuk menjadi notebook yang bisa menjadi tempat untuk Anda mencatat berbagai hal penting. Bahkan notebook yang ada pada Evernote ini dirancang dengan berbeda, di mana notebook tersebut bisa dibuat dalam privacy sehingga tidak bisa diketahui oleh orang lain.

2. Checklist

Jika Anda termasuk orang yang terorganisir, mungkin Anda membutuhkan Evernote ini untuk memastikan bahwa semua aktivitas Anda berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Berbagai aktivitas yang Anda kerjakan juga bisa Anda tandai.

3. Voice Note

Selain menyimpan informasi dalam bentuk teks, Evernote juga bisa menyimpan sebuah informasi dalam bentuk suara. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang sangat berguna apalagi jika Anda termasuk orang yang kurang suka untuk mengetik.

4. Attachments

Sejumlah lampiran yang perlu untuk Anda simpan juga bisa Anda simpan pada Evernote. Berbagai file mulai dari Cloud sampai Google Drive bisa Anda simpan pada Evernote.

5. Adding Web Clippings

Anda sedang melakukan sebuah penelitian di makalah, dan Anda ingin untuk menyimpan kliping tersebut? Jangan khawatir, dengan menggunakan Evernote ini, Anda pun bisa menyimpan artikel web kliping tersebut.

6. Creating Tables

Selain itu, Evernote juga memungkinkan Anda untuk membuat sebuah tabel yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa berkreasi untuk membuat sebuah tabel yang berwarna dengan ukuran yang dibutuhkan.

7. Sharing

Hasil dari informasi yang sudah Anda simpan pada Evernote juga bisa untuk Anda share ke sejumlah teman maupun kerabat.

8. Setting Reminder

Selain itu, Evernote juga bisa difungsikan sebagai pengingat. Jika ada sejumlah hal yang perlu untuk diingatkan kepada Anda, cukup gunakan Evernote.

9. Syncing

Apa yang telah Anda tuliskan pada Evernote, bisa juga sekaligus Anda sinkronkan pada kalender, laptop maupun pada smartphone Anda.

10. Mengembalikan Data Hilang

Mungkin Anda tidak sengaja untuk menghilangkan sejumlah data. Nah, Evernote juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan data yang sudah hilang tersebut. Caranya cukup pilih menu trash.

Baca juga : Teknik Menulis: Aplikasi untuk Meringankan Menulis Buku

Cara Memasang dan Menggunakan Evernote

Setelah mengenal apa itu evernote, fungsi sekaligus manfaatnya. Lantas bagaimana cara memasang dan menggunakan evernote? Supaya Anda tidak kebingungan, kami bagi caranya berikut ini. 

1. Unduh Programnya

Untuk mengunduh evernote, Anda dapat mengunjungi  situs Evernote di http://www.evernote.com dan klik tombol hijau yang bertuliskan “Get Evernote – it’s free.”

Untuk kebanyakan perangkat seluler, aplikasi Evernote akan terpasang secara otomatis; untuk komputer, program instalasinya akan diunduh secara otomatis.

Jika Anda perlu mengunduh versi yang berbeda, pilih teks hijau yang bertuliskan “Get Evernote for mobile, tablet, and other devices.” Daftar yang berisi setiap versi Evernote yang tersedia akan muncul. Pilih versi yang Anda butuhkan.

2. Pasang Programnya

Jika Anda mengunduh Evernote ke komputer pribadi, Anda harus memasangnya. Buka tempat penyimpanan unduhan Anda dan klik dua kali ikon Evernote berwarna hijau.Terima perjanjian lisensinya. Baca terlebih dahulu jika menginginkan. Klik tombol Install untuk memasang perangkat lunaknya.

3. Ulangi untuk Semua Perangkat Anda

Fitur utama Evernote adalah kemampuannya untuk mengakses informasi yang disimpan di salah satu perangkat Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus memasang salinan Evernote di setiap perangkat yang ingin Anda gunakan dengan program ini.

4. Daftarkan Akun 

Di perangkat utama atau komputer Anda, buka program Evernote yang telah dipasang. Anda akan melihat menu bilah samping (sidebar) di sebelah kanan yang bernama New to Evernote, yang meminta Anda untuk mengisi beberapa informasi dasar untuk membuat akun. Isi kolomnya dan klik tombol untuk mendaftar.

Jika Anda telah terdaftar, klik tulisan “Already have an account” di sudut kanan bawah dan masukkan informasi Anda.

5. Buat Catatan Baru

Evernote menyimpan semua jenis informasi dalam jenis wadah seragam yang dinamakan “note.” Anda dapat membuat catatan (note) baru dengan mengklik tombol “New Note” di sebelah kanan atas jendela. 

Setelah Anda membuat catatan baru, Anda akan melihat bahwa catatan tersebut muncul di kolom tengah dalam bentuk catatan yang tidak berjudul, di atas pesan pembuka yang sudah dikemas secara bawaan dengan Evernote.

Terimakasih sudah membaca artikel berjudul “Mengenal Apa Itu Evernote? Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakan”. Anda bisa membaca artikel kami yang lain berikut ini :

1. 8 Aplikasi Cara Menulis Novel Tanpa Laptop
2. Cara Membuat Ebook Gratis dengan 7 Aplikasi Terbaik
3. Cara Membuat Buku: Coba 6 Aplikasi Anti Plagiarisme Ini!

Jika Anda memiliki naskah buku yang ingin diterbitkan. Mari terbitkan buku di Penerbit Deepublish, banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Bisa kunjungi laman Daftar Menerbitkan Buku.