Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Flipbook: Manfaat, Keunggulan, Cara Membuat

flipbook

Sejak pandemi, tenaga pendidik baik dosen maupun guru dituntut untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dan kemudian mulailah dimanfaatkan yang namanya flipbook. Buku satu ini merupakan jenis baru dari buku digital karena memang memiliki format digital. 

Mayoritas dosen yang membuatnya memilih format PDF, namun aplikasi tertentu bisa memilih format lain sesuai kebutuhan dosen itu sendiri. Penggunaannya secara praktis menjadi sebuah pilihan yang banyak diminati. 

Apalagi, buku elektronik ini diketahui memiliki lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan buku ajar versi cetak maupun versi elektronik standar. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan flipbook dan bagaimana cara membuatnya? 

Apa Itu Flipbook? 

Istilah flipbook tentu tidak asing lagi di telinga, apalagi sejak pandemi masuk ke Indonesia. Penggunaan buku-buku digital semakin jamak dan lumrah dilakukan, dan salah satunya adalah flipbook tersebut. 

Secara umum flipbook adalah buku digital tiga dimensi yang di dalamnya bisa memuat teks, gambar, video, musik atau lagu, dan animasi bergerak. Sehingga flipbook sendiri masuk ke dalam kategori buku digital atau ebook (electronic book). 

Hanya saja, lebih modern dan juga lebih atraktif dengan berbagai tambahan unsur di dalamnya. Kehadirannya kemudian bisa membantu peserta didik seperti mahasiswa untuk menikmati kegiatan membaca buku ajar berisi materi perkuliahan. 

Agar lebih memahami lagi definisi dari flipbook tersebut, maka berikut adalah beberapa pengertian yang dipaparkan sejumlah ahli: 

1. Nurseto (2011)

Pengertian pertama disampaikan oleh Nurseto, dimana flipbook didefinisikan sebagai lembaran-lembaran kertas yang mirip seperti album atau kalender berukuran 21 x 28 cm.

Dikatakan demikian, karena memang aktualnya flipbook berbentuk seperti buku cetak yang dijilid. Sehingga tersusun dari beberapa lembar halaman buku yang disatukan dan diurutkan sesuai dengan urutan keilmuan. 

Mengenai ukuran, mayoritas flipbook memang disuguhkan dengan ukuran kalender sesuai definisi dari Nurseto tersebut. Meskipun begitu, tidak tertutup kemungkinan bisa menggunakan ukuran lain yang dirasa paling sesuai dengan materi di dalamnya. 

2. Royanto (2011) 

Pendapat yang kedua adalah dari Riyanto, yang menjelaskan jika flipbook adalah teknologi buku digital atau e-book tiga dimensi yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. 

Dikatakan tiga dimensi, karena memang sekilas buku elektronik satu ini mampu menyuguhkan banyak unsur menarik. Seperti penambahan video yang dengan satu kali klik maka akan berputar. 

Kemudian bisa diisi dengan animasi, khususnya animasi bergerak. Nilai tambah lainnya adalah fitur lembaran di flipbook yang bisa dibuka seperti membuka lembaran buku cetak. 

Jika ebook biasa hanya bisa dibaca dengan menggeser kursor atau scroll naik dan turun. Maka di dalam flipbook pengguna tinggal mengusapkan jari ke samping, baik ke arah kanan maupun ke kiri untuk menuju halaman selanjutnya. 

Tidak heran jika flipbook kemudian disebut sebagai ebook tiga dimensi (3D), karena memang bisa menampilkan animasi dan video. Hal ini menjadikan tampilan ebook tersebut lebih canggih sekaligus menarik. 

Semenjak pandemi, banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui cocok tidaknya buku elektronik tersebut dijadikan media pembelajaran. Hasilnya, banyak penelitian menjelaskan jika ebook jenis ini memang sangat tepat dijadikan media pembelajaran. Baik daring maupun luring. 

Keunggulan Flipbook

Flipbook yang kemudian bisa dijadikan media pembelajaran modern, dan mendukung pembelajaran daring. Sudah tentu memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan media pembelajaran buku cetak maupun buku elektronik biasa. 

Secara umum, flipbook sebagai media pembelajaran memiliki keunggulan menarik berikut ini: 

1. Mampu Menyajikan Materi yang Beragam 

Keunggulan pertama dari flipbook adalah kemampuannya dalam menyajikan materi pembelajaran dengan sangat variatif. Ada beragam tampilan, fitur, dan juga penambahan elemen bisa di dalam flipbook tersebut. 

Jika buku elektronik biasa hanya bisa menyajikan materi dalam bentuk teks dan disisipi gambar. Maka di dalam flipbook bisa lebih beragam lagi, mulai dari gambar biasa, kemudian video yang tinggal klik langsung berputar, animasi dan teks berjalan. 

Tenaga pendidik kemudian bisa terus mengasah kreativitas dalam mengatur desain flipbook yang akan dijadikan media pembelajaran. Sehingga bisa tampil menarik dan mendorong peserta didik membacanya tanpa merasa beban. 

Aneka bentuk elemen di dalam flipbook sekaligus memudahkan tenaga pendidik untuk menjelaskan suatu materi dengan lebih mudah. Supaya bisa dipahami dengan baik oleh peserta didik. 

2. Tampilan Lebih Atraktif dan Menarik 

Bagi mahasiswa, buku pembelajaran tampak polos dan hanya berisi teks tertulis sekaligus beberapa gambar. Tentu bukan hal yang mengganggu, sebab sudah terbiasa membaca buku berisi ratusan halaman. 

Namun, bagaimana dengan siswa di sekolah terutama Sekolah Dasar? Buku pembelajaran tentu harus dibuat menarik agar mereka mau membaca dan kemudian memahami materi di dalamnya. 

Flipbook mampu menyuguhkan buku yang atraktif dan terlihat menarik, baik dari segi semua elemen yang bisa dimasukan ke dalamnya. Maupun dari segi permainan warna yang bisa dibuat kaya warna tanpa perlu usaha ekstra dari pembuatnya. 

3. Proses Pembuatannya Mudah 

Jika mendengar istilah ebook 3D dijamin akan membayangkan proses pembuatan yang super panjang karena susah. Lalu, apakah membuat flipbook memang tidak mudah? Aktualnya tidak, yang terjadi justru sebaliknya. 

Pasalnya, flipbook dibuat dengan aplikasi khusus sehingga pendidik hanya perlu menyiapkan dokumen dalam format PDF. Dokumen ini kemudian di import atau dimasukan ke aplikasi khusus tersebut dan selang beberapa detik flipbook sudah jadi. 

4. Harga Flipbook Tergolong Murah 

Kelebihan atau keunggulan berikutnya adalah dari segi harga, dimana flipbook yang mudah dibuat dan tidak perlu dicetak. Menjadikannya bisa dijual dengan harga terjangkau, sehingga peserta didik tidak perlu keluar modal besar untuk memiliki atau mengaksesnya. 

5. Tidak Memenuhi Memori Perangkat 

Aplikasi pembuat flipbook mayoritas menyediakan link sebagai hasil akhir, sehingga peserta didik yang membutuhkannya tidak perlu mengunduh dokumen. Cukup membuka link, baik lewat aplikasi maupun lewat browser. 

Flipbook kemudian menjadi solusi agar peserta didik tidak terbentur masalah memori perangkat sehingga tidak bisa mengunduh. Selain itu, tidak butuh kuota besar karena tinggal membuka laman tanpa mengunduhnya. 

6. Meningkatkan Penguasaan Peserta Didik Terhadap Hal Abstrak

Flipbook memungkinkan pendidik untuk menambahkan video dan animasi atau gambar bergerak di dalam halaman media pembelajaran. Lewat fitur ini maka flipbook memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang abstrak. 

Misalnya, saat ada materi tentang perputaran bumi dan planet-planet mengelilingi matahari. Bagi anak SD tentu tidak ada gambaran jelas mengenai materi seperti ini. Sehingga di dalam flipbook bisa ditambahkan video. 

Hal abstrak yang tidak dapat dibuktikan dan susah untuk dilihat langsung oleh mata kemudian bisa disajikan dengan mudah di dalam flipbook. Buku elektronik 3D ini kemudian sanggup meningkatkan penguasaan materi peserta didik. 

7. Mudah Dibawa Kemana-Mana 

Beberapa aplikasi pembuat flipbook akan menghasilkan dokumen yang perlu diunduh. Sekalipun demikian, ebook 3D ini tetap bisa dibawa kemana-mana dengan nyaman. Sebab bisa disimpan di dalam laptop maupun smartphone. 

Hal serupa juga berlaku untuk ebook 3D yang berbentuk link. Jika dibutuhkan maka tinggal membuka browser dan mengakses link flipbook tersebut. 

Baca Juga:

Manfaat Flipbook untuk Pembelajaran 

Dalam kegiatan pembelajaran, flipbook kemudian mampu memberikan lebih banyak manfaat. Berikut adalah daftar manfaatnya untuk kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di perguruan tinggi: 

1. Membantu Meningkatkan Aktivitas dalam Pembelajaran 

Manfaat pertama dari ebook 3D adalah membantu meningkatkan aktivitas dalam kegiatan pembelajaran. Artinya, peserta didik bisa menikmati aktivitas yang beragam selama jam belajar dilakukan. 

Jika buku elektronik biasa hanya mampu memberikan aktivitas membaca dan melihat gambar. Maka di dalam buku elektronik 3D peserta didik bisa membaca teks, melihat gambar, menonton video, menonton animasi bergerak, dan lain-lain. 

Aktivitas yang beragam di dalam kelas maupun ketika pembelajaran jarak jauh diterapkan. Sudah tentu akan menjadikan suasana pembelajaran lebih seru dan menyenangkan. Kondisi seperti ini yang akan meningkatkan efektivitas pembelajaran. 

2. Dapat Meningkatkan Hasil Pembelajaran 

Manfaat yang kedua dari penggunaan buku elektronik 3D adalah bisa meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satunya dari tingkat pemahaman peserta didik terhadap suatu materi. 

Jika sekedar membaca teks maka ada kemungkinan materi tertentu masih susah dipahami. Bagaimana jika dilengkapi dengan ilustrasi dalam bentuk video dan animasi bergerak? Sudah tentu tingkat pemahaman bisa meningkat. 

Jadi, dengan flipbook seorang tenaga pendidik bisa menyediakan media pembelajaran yang efektif meningkatkan hasil pembelajaran. Peserta didik semakin paham materi, mudah mengingatnya, dan bisa mengerjakan soal ujian dengan baik. 

3. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif 

Hasil dari sebuah penelitian dalam penggunaan ebook 3D dalam kegiatan pembelajaran menunjukan. Jika tingkat keterampilan siswa untuk berpikir kreatif mengalami peningkatan. 

Alasannya beragam, salah satunya adalah dari tampilan buku elektronik tersebut yang lebih atraktif dan kaya akan unsur penjelas. Sehingga siswa kemudian bisa melihat metode menarik dalam menjelaskan suatu hal. 

Semakin sering menggunakan atau melihat sesuatu yang unik dan kreatif, maka akan memberi efek menular. Siswa kemudian akan berpikir lebih kreatif untuk menciptakan sesuatu yang baru, unik, dan juga menarik. 

4. Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar 

Ebook 3D yang tampil secara maksimal dan beberapa kali lebih menarik dibanding ebook biasa. Kemudian mampu meningkatkan motivasi atau minat peserta didik dalam belajar, khusus anak-anak sekolah. 

Media pembelajaran yang menarik dan seru untuk dibaca tentunya akan memberi pengalaman terbaik selama berada di kelas. Flipbook sukses menyajikan kebutuhan tersebut dan menjadi media pembelajaran yang menarik. 

Sehingga tidak ada peserta didik yang rela melewatkan kelas, karena bisa dengan mudah memahami materi berkat desain ebook 3D yang menarik. Sekaligus mampu menjelaskan suatu materi yang tidak mudah masuk logika menjadi mudah dipahami. 

Cara Membuat Flipbook

Bagaimana cara membuat flipbook atau ebook 3D? Sesuai penjelasan sekilas sebelumnya, pembuatannya menggunakan aplikasi khusus. Ada yang harus diinstal ke perangkat dan ada juga yang bentuknya berupa website. 

Sehingga perlu melakukan registrasi dan kemudian login ke akun untuk segera membuat ebook 3D sesuai kebutuhan dan keinginan. Berhubung pilihan aplikasinya sangat beragam maka sangat disarankan memilih yang dirasa paling mudah dan murah. 

Salah satu website yang membantu pembuatan ebook 3D secara gratis adalah fliphtml5.com. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan ebook 3D melalui website tersebut: 

1. Akses Website Fliphtml5.com 

Langkah yang pertama adalah membuka website fliphtml5.com yang berada di laman https://fliphtml5.com/. Silakan dibuka dulu dan jika masih asing dengan website ini silakan menjelajah seluruh halamannya. 

Pada dasarnya, website ini menyediakan layanan pembuatan ebook dengan berbagai jenis. Misalnya ebook untuk majalah, koran online, album foto, katalog produk, dan lain sebagainya. 

Ada banyak fitur bisa dimanfaatkan untuk membuat ebook yang dibuat lebih modern, atraktif dan tentunya ada unsur kreativitas yang tinggi. Layanan yang disediakan gratis, sehingga tidak perlu khawatir ada biaya tambahan. 

Berikut tampilan halaman utama website tersebut: 

akses website fliphtml5

2. Lakukan Registrasi 

registrasi di fliphtml5

Jika website sudah berhasil dibuka, maka silakan melakukan registrasi dengan mengklik menu Sign Up yang terletak di pojok kanan atas. Jika sebelumnya sudah pernah melakukan registrasi, maka tinggal login saja. 

Yakni memakai alamat email dan password yang sudah diatur saat melakukan registrasi sebelumnya. Jika belum, silakan registrasi dulu. Prosesnya mudah cukup mengisi kolom alamat email dan password. 

Oleh sistem di website tersebut akan dikirimkan kode verifikasi melalui alamat email tersebut. Isikan kode dan registrasi selesai dilakukan, kemudian sudah bisa mulai membuat flipbook di dalamnya. 

3. Unggah File PDF 

Jika sudah selesai melakukan registrasi, maka akan masuk ke halaman utama akun. Tampilannya adalah sebagai berikut: 

unggah file PDF di fliphtml5

Langkah berikutnya dalam pembuatan ebook 3D adalah masuk ke menu Default yang terletak di sisi sebelah kiri. Jika sudah maka akan masuk ke halaman Manage Books, tampilannya sebagai berikut: 

masuk ke halaman Manage Books di fliphtml5

Silakan klik tombol Add New Book yang berwarna biru seperti pada gambar. Lalu unggah file PDF dari materi pembelajaran yang sudah disiapkan sebelumnya. Tunggu proses mengunggah selesai baru ke tahap berikutnya. 

4. Tambahkan Elemen dalam Ebook 

Tahap selanjutnya adalah mendesain flipbook sesuai kebutuhan dan keinginan. Jadi setelah dokumen PDF sudah terunggah silakan mengatur tampilannya dulu. Misalnya mengubah template agar background terlihat lebih menarik. 

Kemudian bisa menambahkan elemen-elemen lain sesuai kebutuhan. Entah itu menambahkan link menuju ke website tertentu yang mendukung materi pembelajaran. Maupun menambahkan gambar, video, musik, maupun animasi. 

Berikut adalah beberapa fitur dan elemen yang bisa ditambahkan saat membuat flipbook di website fliphtml5.com: 

fitur tambahan untuk membuat flipbook di fliphtml5

Khusus untuk video, bisa melampirkan video dari Youtube maupun website berbagi video jenis lainnya. Bisa juga melampirkan video yang tersimpan di perangkat yang digunakan, misalnya dari laptop. 

Hal serupa juga berlaku untuk fitur audio atau musik jika memang ingin ditambahkan. Terkait gambar dan juga animasi, website fliphtml5.com menyediakan beberapa pilihan. Jika dirasa ada yang sesuai maka bisa digunakan, jika tidak ada maka bisa melampirkan gambar pribadi. 

Mau menerbitkan buku digital lebih hemat? TERBITKAN BUKU DIGITAL (e-book) dengan PROMO di Penerbit Deepublish saja! E-book akan dapat E-ISBN dan berpeluang untuk menambah poin KUM.

Sst.. Anda akan mendapatkan bonus voucher diskon, cashback hingga fasilitas e-book premium GRATIS. Yuk, daftar Promo Terbit Ebook Up To 30% sekarang juga!

5. Share Link Flipbook 

Setelah ebook 3D selesai dibuat dan dipercantik sesuai kebutuhan, maka silakan dibagikan link-nya. Caranya cukup klik tombol Share dan kemudian akan didapatkan link URL. 

Link ini bisa dibagikan ke grup WhatsApp agar peserta didik bisa mengaksesnya. Sehingga peserta didik tidak perlu mengunduh flipbook tersebut, melainkan sekedar membukanya di browser dan dibaca sepanjang pembelajaran berlangsung. 

Selain website fliphtml5.com, masih banyak lagi website dengan fasilitas sejenis bisa digunakan untuk membuat ebook 3D. Selain itu, ada juga yang berbentuk aplikasi sehingga perlu diinstal ke perangkat. Misalnya aplikasi 3D Page Flip Professional. 

Berhubung website dan aplikasi pembuatan flipbook ini sangat banyak silakan mencari dan memilih yang dirasa paling mudah digunakan. Jika masih bingung, silakan meminta rekomendasi dari senior. 

Artikel Terkait:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama