Langkah-langkah menerbitkan buku digital – Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru maupun penulis, menulis bukan lagi hal yang sulit dikerjakan bukan? Nah selain untuk diterbitkan secara cetak, kini menerbitkan buku digital juga menjadi alternatif pilihannya.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika buku Anda dibuat versi ebook. Apalagi kini perkembangan jaman sudah berubah. Jaman yang serba cepat membuat pembaca pun kini menginginkan suatu hal yang ringkas. 

Ya, kehadiran internet secara tidak langsung mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia. Kehadiran internet dan kemajuan teknologi yang pesat telah merevolusi segala aspek kehidupan kita.

Kini mau bepergian sekarang memilih naik ojek online daripada angkot, mau beli barang bisa menggunakan marketplace, hingga beli buku pun Anda bisa ke toko buku online. 

Maka tak heran, kini penulis ataupun dosen yang telah menulis sebuah karya akan disarankan menerbitkan versi digitalnya. Hal ini selaras juga jika diterapkan oleh para dosen yang memiliki kewajiban membuat buku jurnal, karya ilmiah, dan sejenisnya. Dosen dituntut untuk mempublikasi jurnalnya di berbagai platform. Publikasi ini pastinya bersifat online. 

Kelebihan Buku Digital

Bukan tanpa alasan mengapa akhirnya kita harus mulai terbiasa dengan buku digital. Ya, buku digital menawarkan kepraktisan. Dengan smartphone ataupun gadget, kini kita dapat mengakses berbagai buku di seluruh dunia. 

1. Hemat Waktu dan Tempat

Memiliki buku digital membuat Anda lebih menghemat waktu dan tempat. Kalau buku yang dicetak kertas akan memakan tempat untuk penyimpanan, buku ebook hanya akan memenuhi rak penyimpanan koleksi.

Nah dengan buku digital Anda tidak perlu menyimpan di rak. Anda hanya cukup menyiapkan sejumlah memori di gadget untuk menyimpan buku digital Anda. Sementara untuk waktu, kita tak perlu menyimpan buku-buku karena khawatir harus beli yang baru bila koleksi buku kita hilang.

2. Tanda Tidak Hilang

Jika Anda tipe orang yang sudah menandai buku setelah membaca, Anda akan membuat buku yang dibaca menjadi kotor dan terlipat. Kondisi seperti ini tentu membuat buku jadi lusuh dan tidak enak dipandang.

Jika Anda memang suka menandai hal-hal yang penting dalam buku tetapi takut merusak atau membuat jelek buku karena coretan, maka alat baca buku digital memungkinkan kita menandai hal-hal penting di dalam ebook tanpa takut membuatnya jelek karena coretan.

3. Mudah Dibaca

Terkadang ada buku-buku yang memiliki font kecil. Kondisi ini kerap kali menjadi masalah bagi mereka yang kurang baik penglihatannya. Dengan membaca ebook, Anda dapat mengubah besar kecil ukuran buku.

Misal ukuran huruf di dalam buku digital terlalu kecil, maka alat baca ebook memungkinkan kita untuk mengubah ukuran huruf dengan mudah. Sehingga tidak ada kendala karena ukuran huruf.

Biasanya Anda dapat membaca ebook melalui tools pdf atau microsoft, disana Anda bisa memilih menu zoom untuk memperbesar font tulisan. Dengan begitu Anda bisa membaca lebih jelas dan nyaman. 

Baca juga : Cara Membuat Buku Digital, Kelebihan dan Kekuranganny

Langkah-langkah Menerbitkan Buku Digital

Setelah mengetahui kelebihan dari buku online, maka saatnya kita bahas bagaimana cara membuatnya. Sebenarnya menerbitkan buku online prosesnya sama dengan buku cetak.

Hanya bentuknya saja yang berbeda. Jika sebelumnya kita terbiasa dengan buku kertas, kini tulisan di kertas diubah menjadi format soft file yang dapat diakses melalui gadget. 

Langkah-langkah menerbitkan buku digital dapat menggunakan beberapa aplikasi. Aplikasi pada daftar ini bisa membantu Anda melakukan konversi format-format dokumen tertentu seperti DOCX (MS Word), HTML, ePUB, PDF, DJVU, dan TXT ke berbagai format eBook seperti ePUB, DOCX, MOBI, PDF, dan PRC.

Berbagai layanan aplikasi langkah-langkah menerbitkan buku digital menawarkan berbagai macam kemudahan. Ada yang menyediakan fitur untuk menambahkan cover agar eBookmu menarik, menambahkan ikon, menambahkan meta description (judul, penulis, deskripsi, dll.), daftar isi & lain-lain.

Hampir seluruh perangkat yang dapat membaca buku digital seperti Kindle, iPad/iPod, Android, NOOK, PC/Mac mendukung format buku digital seperti ePUB, PDF, dan MOBI. Ketiganya adalah format buku digital yang paling sering digunakan walaupun ada juga aplikasi pembaca format dokumen yang lain.

Nah, berikut ini kami lampirkan tiga rekomendasi aplikasi langkah-langkah menerbitkan buku digital secara mandiri yang sering digunakan oleh penulis.

1. Calibre

Langkah-langkah menerbitkan buku digital yang pertama  bisa dengan menggunakan Calibre. Calibre adalah pembuat buku digital gratis dan multi-platform (Windows, Linux, iOS). Software pembuat eBook ini dilengkapi dengan hampir seluruh fitur lanjutan yang Anda butuhkan untuk membuat eBook sendiri.

Calibre mendukung konversi dari banyak format kemudian mengkonversinya (format keluaran) menjadi format eBook populer seperti AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, PDF, RTF, SNB, TCR, TXT, TXT, dan ZIP.

Calibre juga memiliki fitur eBook cover creator; fitur untuk membuat cover eBook yang membantumu menambahkan gambar-gambar custom untuk dijadikan cover eBook.

Anda juga dapat mengubah tampilan buku digital Anda, menambahkan daftar isi, mencari kata tertentu dan mengganti banyak kata-kata sekaligus.  Setelah konversi selesai, Anda dapat menyimpan file buku digital pada PC atau langsung mengirimnya pada device tertentu apabila device tersebut konek dengan PC Anda. Anda pun bisa melakukan download, edit, dan mengubah preferensi  buku digital dengan software ini.

2. Sigil 

Langkah-langkah menerbitkan buku digital salah satunya dengan aplikasi software Sigil. Sigil adalah aplikasi untuk manajemen dan pembuatan digital book dengan format epub, dimana kita dapat membuat digital book sesuai dengan yang kita inginkan.

Sigil mendukung format text, html dan format epub. Selain teks Anda juga bisa menyisipkan gambar atau sampul buku dengan ukuran maksimal lebar 590 dan tinggi 750 pixel. Untuk menjadikan gambar tersebut sebagai cover, tinggal klik kanan pada gambar dan pilih “Add Semantics” kemudian pilih “Cover Image.”

Ada sekitar 20 tools yang bisa Anda gunakan dengan fungsi yang beragam di sini. Sigil juga dilengkapi tool yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa kesalahan pada file epub tersebut.

Caranya adalah klik pada “tombol centang berwarna hijau” untuk memverifikasi apakah sudah bebas dari kesalahan atau belum, sebelum mendistribusikannya. Sigil juga didukung 15 macam bahasa serta dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux dan Mac. 

Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa mendownload melalui google atau dapat  dapat mengakses websitenya di https://code.google.com/p/sigil/. Semenjak versi 0.7.0 Sigil juga sudah mendukung import file video dan audio. Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan sigil versi 0.7.1.

3. ePUBee Maker

Langkah-langkah menerbitkan buku online juga  bisa dengan menggunakan aplikasi ePUBee Maker. Aplikasi ini sudah langsung terhubung dengan Microsoft Award. Berikut ini merupakan tahapan cara membuat buku digital dengan ePUBee Maker: 

  • Quick Publish yang digunakan untuk mengkonversi file MS, word docx, kd format ePUB tanpa seperti outhor, title, description, dan masih banyak lainnya. 
  • Publish, ketika Anda mau menekan tombol ini, pastikan sebelum ebook Anda resmi dipublish, Anda diberi opsi menambah cover dan pengisian info seperti author, titlle, dan deskripsi. 
  • Save as PDF, menu ini digunakan untuk menyimpan DOCX sebagai file PDF secara cepat dan mudah. Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, disarankan untuk memasang add-on supaya tidak harus melakukan convert Worf to PDF di luar MS. Word lagi.

Baca juga : Cara Membuat Buku Digital: E-book Berformat PDF?

Menerbitkan Ebook di Deepublish

Penerbit Deepublish selain menerbitkan buku dalam bentuk cetak juga dalam bentuk digital, bahkan sekarang deepublish memiliki program untuk meningkatkan referensi digital di Indonesia.

Ada beberapa keuntungan yang Anda dapatkan ketika menerbitkan ebook di Penerbit Deepublish yaitu :

  • Dipublikasi melalui e-commerce buku digital seperti Google Playbooks.
  • Desain cover gratis
  • Proof read dan editing layout naskah gratis
  • Pengurusan ISBN dan pelaporan arsip ke perpusnas/perpusda
  • Cetak Dummy Book Gratis
  • Mendapatkan E-Sertifikat Penulis
  • Royalti 15% untuk setiap buku yang terjual melalui jaringan pemasaran penerbit Deepublish.

Kebetulan setiap tahun kami juga mengadakan promo menerbitkan ebook. Selengkapnya dalam : Promo Pembuatan Ebook.

Hubungi Konsultan Penerbitan untuk info lebih lanjut.