9 Format Buku Digital Yang Wajib Penulis Tahu – Membicarakan tentang buku digital memang selalu menarik. Selain karena buku digital lebih efektif dan efisien, ternyata dari segi format, memiliki beberapa jenis.

Mungkin bagi pembaca format buku digital tidak penting. Tetapi buat Anda yang menjadi seorang penulis, penting sekali mempelajari dan mengetahui format pada ebook ini.

Tujuan dan fungsi dari mengetahui format buku digital bagi penulis, memudahkan dalam proses publikasi. Mempengaruhi pula tingkat ketebalan buku itu sendiri. nah, penasaran, apa saja sih formatnya? Simak ulasan berikut. 

Beragam Format Buku Digital

1. Proprietary Amazon 

Buat Anda yang suka dengan dunia perbukuan, pasti tidak asing dengan Amazon bukan? Ternyata, dalam proses penulisan ada format buku digital yang bisa kamu pelajari nih. Yaitu format Proprietary Amazon atau (AZW). Sayangnya format ini hanya diperuntukan untuk penulis yang ingin menerbitkan atau mempublikasikan karyanya di Amazon. 

Buat kamu yang asing dengan format AZW, sebenarnya mirip dengan romat MOBI, dimana format ini tidak selalu menyertakan Digital Rights management (DRM). Sedangkan format DRM ini hanya diperuntukan untuk format kindle amazon saja. Jadi jika Anda ingin menerbitkan buku digital selain ke Amazon, tentu saja formatnya pun juga akan berbeda cerita lagi nantinya. 

2. PDB (Palm File Database)

Pernahkah kamu mendengar istilah PDB atau Palm File Database? Ternyata PDB juga salah satu format buku digital yang bisa dicoba. Namun sedikit berbeda dari format satu ini, karena lebih tepat ditujukan untuk perangkat berbasis sistem operasi palm. 

Palm File Database lebih cocok digunakan untuk format PalmDoc (AportisDoc) ataupun format eReader. Nah, dari beberapa pembahasan di atas, Anda lebih senang menggunakan format buku digital yang mana? Semakin paham, atau justru semakin pusing? Tenang sebenarnya ada tim yang akan mengubah naskah Anda ke dalam format buku digital tertentu, tergantung Anda memasukan naskah ke perusahaan buku digital yang mana. 

3. PDF (Portable Document Format)

buku digital format pdf

Anh format buku digital yang saya yakin Anda pun sudah tahu. Bahkan sudah sering mempergunakan format satu ini. Yap Portable Document Format atau yang lebih familiar kita sebut dengan format PDF.

Jadi format PDF ini merupakan produk dari Adobe untuk produk acrobat. Memang dari adobe, PDF digunakan sebagai salah satu pertukaran dokumen yang dapat diterapkan dan disebarkan secara online. 

Kelebihan dari PDF, dan ini pula alasan kenapa PDF sangat familiar digunakan. Karena perangkat lunak satu ini memang salah satu platform komputer yang dapat diakses di banyak tempat.

Setidaknya buku yang diformat PDF juga bisa dibaca dengan membesarkan ukuran font atau mengecilkan font sesuai keinginan pembaca secara fleksibel. 

Menariknya, format PDF ini tidak hanya digunakan untuk penjualan ebook atau semacamnya secara daring. Tetapi secara offline pun juga banyak yang menggunakan format ini. Karena memang lebih praktis dan lebih nyaman digunakan dalam segala situasi. 

Baca juga : Langkah Menerbitkan Buku Digital Secara Mandiri

4. TPZ (Topaz File Extension)

Topaz file extension atau TPZ adalah format yang juga digunakan di Amazon Kindle. Sebenarnya TPZ itu seperti layout yang bermanfaat untuk menyesuaikan, merapikan halaman. Umumnya TPZ bersamaan dengan versi teks OCR. 

Penggunakan format ini juga sering digunakan untuk penyusunan naskah atau buku-buku lama secara singkat dan cepat. Hal ini disebabkan karena prosesnya mengkonversinya hanya dengan scan halaman saja. selesai scan pun, akan jadi. Adapun kelebihan dengan cara topaz file extension, yaitu dari segi susunan teks (reflows) lebih baik. 

5. PRC (Palm Resource File)

Format buku digital yang mungkin asing ada Palm Resource file atau disebut dengan PRC. Jadi format satu ini sebenarnya salah satu format yang sering diterapkan dalam e-book mobipocket. Meskipun demikian, format ini juga digunakan untuk menyertakan ebook aportisDoc atau eReader.

6. CHM (Compress HTML)

CHM adalah format buku digital yang diambil dari kepanjangan Compress HTML. Dimana format ini banyak ditemukan dan digunakan untuk file bantuan windows. Tidak heran jika format inipun lebih populer dalam hal distribusi teks dan bahan pendukung lainnya. 

Selain Compress HTML, ada juga XHTML yang merupakan versi khusus dari HTML. Dimana ada rancangan yang sesuai dengan aturan konstruksi XML yang memiliki format standar untuk data epub juga. 

Selain Hyper text markup language (HTML) yang sering memiliki punggung kode www ini juga ada istilah XML. ZML inilah yang bertujuan untuk melakukan markup language untuk mengolah atau untuk distribusi data. Nah, sedangkan untuk buku digital lebih sering menggunakan XHTML dan RSS feed.

7. EPUB

Format EPUB ini pada dasarnya mengacu pada XML dan XHTML, dimana kedua format ini sebenarnya banyak ditemukan pada mereka yang suka bermain blogger atau perwebsitetan. Bagi blogger, pasti tidak asing dengan istilah ini. 

Salah satu alasan kenapa format buku digital EPUB ini menggunakan standar XHTML dan XML karena memang erat kaitannya dengan dunia maya. Spesifikasi EPUB tu sendiri banyak ditemukan juga di situs web IDPF. Seiring berkembangnya waktu, EPUB pun kini sudah ada versi terbarunya juga loh. 

8. KF8

Kembali lagi ke format buku digital yang masih benang merahnya dengan Amazon. Yaitu KF8 yang merupakan format Kindle Fire, yang mana dasar ePub disusun di PDB dengan Amazon DRM. Setidaknya dari KF8 ini memiliki format yang dapat diakses secara digital di luar dari Amazon. 

9. Mobi 

Format buku digital yang tidak kalah menarik adalah MobiPocket. Kelebihan dari format ini dapat menampilkan perangkat lunak yang terpasang di PDA dan Smartphone.

Setidaknya cara ini lebih menguntungkan, karena buku digital dapat diakses lewat HP ataupun smartphone, sehingga jangkauannya memang lebih luas. 

Keuntungan menggunakan MOBI juga dapat mengkonversi doc. Html, rtf, txt file ke format lain. Bahkan Kindle pun juga menampilkan format ini juga. Adapun aplikasi yang support dengan Mobi misalnya aplikasi Mobipocket pada PC Windows. 

Baca juga : Cara Membuat Buku Digital dari File Word

Ternyata ada banyak format buku digital yang bisa dipahami dan dipelajari oleh seorang penulis. meskipun format-format yang disebut di atas secara langsung tidak dikelola atau berhubungan langsung dengan penulis buku.

Karena sudah ada bagian redaksional penerbit yang hendak menerbitkan buku anda secara digital. Meski tidak ada keterkaitan langsung, seorang penulis pun juga harus tahu.

Alasannya sederhana, sebagai tambahan informasi dan sebagai ilmu baru. Paling tidak penulis tidak hanya mengetahui apa yang ditulis, tetapi juga tahu sedikit tentang dunia redaksionalnya. Agar lebih mudah pula dalam koordinasi dan lebih memahami tim redaksinya. 

Semoga dengan sekilas tentang artikel ini pun memberikan banyak input. Bahwa membicarakan tentang buku digital, ternyata juga banyak sekali variasi macam-macamnya yang tidak kita ketahui sebelumnya.