Halaman persembahan – Ketika selesai menulis sebuah skripsi, tesis, disertasi dan lainnya yang termasuk dalam karya ilmiah, akan tercantum satu halaman persembahan. Pada halaman itu menjadi tempat peneliti untuk mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu peneliti dalam menyelesaikan penelitiannya. 

Walaupun sebenarnya halaman persembahan adalah halaman yang paling mudah dan tempat dimana kita bisa mengucap terimakasih kepada orang-orang terkasih, ternyata masih banyak juga yang bingung bagaimana mengisinya. 

Supaya tidak kebingungan, pada artikel ini akan kami bahas secara lengkap contoh halaman persembahan untuk orang-orang terkasih. Simak sampai habis ya!

Cara Menulis Halaman Persembahan

Halaman ini biasanya berisi puisi panjang, puisi pendek, motto, kata-kata mutiara, atau prefase sederhana dari penulis. Apabila penulis menuliskan bait panjang, maka diletakkan di tengah-tengah halaman, sedangkan apabila penulis menuliskan puisi singkat, maka diletakkan di pojok kiri bawah.

Baca Juga: 11 Tips Mengubah Skripsi/Tesis/Disertasi Menjadi Buku

Contoh Halaman Persembahan 

Kamu tentunya memiliki begitu banyak orang-orang di sekitar kamu yang telah membantu serta mendukung kamu secara penuh selama mengerjakan skripsi. Tak jarang, orang-orang tersebut menjadi salah satu motivasi terbesar kamu untuk bisa mengerjakan skripsi dengan baik sampai tahap akhir. Beberapa di antara mereka mungkin adalah orang tua kamu, teman, pasangan, hingga dosen pembimbing skripsi kamu.

Berikut ini kami rangkum contoh kata persembahan skripsi, tesis, disertasi, dan karya tulis ilmiah yang bisa kamu sertakan dalam lembar persembahan skripsi kamu.

1. Contoh Halaman Persembahan Skripsi Untuk Orang Tua

  • Tidak bisa dipungkiri kedua orang tua menjadi salah satu motivasi terbesar untuk menyelesaikan skripsi. Dukungan mereka tentunya sangat berarti bagi kamu. Kalau kamu tidak bisa mengucapkan rasa terima kasih kepada orang tuamu secara langsung, kamu mungkin bisa menuliskannya dengan melihat contoh kata persembahan skripsi untuk orang tua seperti contoh berikut ini. 
  • Ibunda dan Ayahanda Tercinta Sebagai tanda bakti, hormat, dan rasa terima kasih yang tiada terhingga kupersembahkan karya kecil ini kepada Ibu dan Ayah yang telah memberikan kasih sayang, segala dukungan, dan cinta kasih yang tiada terhingga yang tiada mungkin dapat kubalas hanya dengan selembar kertas yang bertuliskan kata cinta dalam kata persembahan. Semoga ini menjadi langkah awal untuk membuat Ibu dan Ayah bahagia karna kusadar, selama ini belum bisa berbuat yang lebih. 
  • Untuk Ibu dan Ayah yang selalu membuatku termotivasi dan selalu menyirami kasih sayang, selalu mendoakanku, selalu menasehatiku menjadi lebih baik. Terima kasih Ibu..Terimah kasih Ayah atas semua yang telah engkau berikan semoga diberi kesehatan dan panjang umur agar dapat menemani langkah kecilku bersama adik-adikku tercinta Iput dan Salsa menuju kesuksesan.


2. Contoh Halaman Persembahan Skripsi Untuk Teman

Teman-teman Sastra Indonesia 2010. Terima kasih banyak untuk bantuan dan kerja samanya selama ini, serta semua pihak yg sudah membantu selama penyelesaian Tugas Akhir ini. Buat Amel (Mbak Mely), Mita (Mitul), Nita (Ndut), Sali, Fizta, Lia, Fafa, Afis, Iela, terima kasih selama ini atas tumpangan (Kost), traktiran, jalan bareng, karaoke, canda tawa, yang bisa membuat ku senang dan semangat. Terima kasih atas bantuan kalian semua, ingat Rek, kost warna hijau langganan kita pentol “Mas No” dan nasi “Bang

Rhoma. Semoga keakraban di kita selalu terjaga. U’re Best Friends! Miss and Love Forever!

Baca Juga: 5 Tipikal Dosen saat Menguji Sidang Skripsi, Relate Banget?

3. Contoh Halaman Persembahan Skripsi Untuk Pasangan

Pasangan  menjadi salah satu orang yang juga berperan memberikan semangat untuk mengerjakan skripsi. Rasa saying dan ucapan terimakasih kepada pasangan juga bisa kamu tuliskan di dalam halaman persembahan. Meskipun kamu dapat menulis halaman persembahan untuk pasangan, pastikan ungkapan rasa terimakasih tidak berlebihan. Apalagi jika status pasangan di sini masih belum menikah. 

Berikut adalah contoh halaman persembahan untuk pasangan:

  • Skripsi ini kupersembahkan untuk orang paling istimewa dalam hidupku. Kamu adalah sosok terbaik, yang tidak bisa tetap acuh pada masalah orang-orang yang membutuhkan bantuan. Betapa beruntungnya aku bertemu denganmu di jalan hidupku.
  • Skripsi ini merupakan persembahan istimewa untuk orang yang saya cintai. Terima kasih atas dukungan, kebaikan, perhatian, dan kebijaksanaan. Terima kasih karena memberi tahu saya cara hidup dengan jujur dan bahagia.
  • Kamu adalah malaikat penjaga saya, yang membuat saya aman dari kesedihan dan kegagalan. Kamu selalu menunjukkan kepada saya cara yang benar dan menghibur saya pada saat yang kritis.


4. Contoh Halaman Persembahan Skripsi Untuk Orang Tersayang

Orang tersayang di sini tidak harus pasangan, lho. Kamu juga bisa mengungkapkan halaman persembahan kepada orang tersayang. Orang tersayang ini bisa sahabat, teman, adik kakak, dan keluarga besar. Contoh halaman persembahan sebagai berikut: 

  • Skripsi ini saya persembahkan pula untuk keluarga di kos-kosan, Bg Ardi, Bg Eko, Adek Rizka dan Adek Siska. Maaf jika atas kesalahan yang pernah melukai perasaan kalian. Buat Siska dan Rizka terimakasih banyak peralatan hidup nya (dispenser, piring makan, sendok, gelas, dll) maaf tak bisa disebutkan semua krna terlalu banyak yang dipinjam.

5. Contoh Halaman Persembahan Skripsi Untuk Dosen Pembimbing

Tanpa arahan dosen pembimbing, tentunya skripsimu tidak akan selesai dengan tepat. Ucapan terimakasih kepada dosen pembimbing pun bisa kamu sampaikan dalam halaman persembahan skripsi. Berikut contoh halaman persembahan skripsi untuk dosen pembimbing: 

  • Bapak Dosenku Yang Baik Hati … Izinkanlah aku mengantarkan ucapan terima kasih, untukmu sebagai dosen pembimbing yang telah bersedia mengantarkanku untuk mengantungi gelar sarjana”. Semoga kebahagiaanku juga merupakan kebahagiaanmu sebagai “guruku” yang teramat baik.

Ungkapan terimakasih tidak hanya digunakan untuk skripsi saja. Namun juga bisa dipakai untuk ungkapan terimakasih pada makalah tesis, disertasi, dan karya tulis ilmiah. Di bawah ini akan sudah kami rangkum beberapa contoh halaman persembahan. 


6. Contoh Halaman Persembahan Tesis Untuk Orang Tua

Hampir sama seperti skripsi, pada halaman persembahan tesis, kamu dapat mengungkakan ucapan terimakasih kepada orangtua selaku orang yang selalu mendukungmu saat menyelesaikan tesis. 

  • Tesis ini saya persembahkan untuk ayah dan ibu yang telah mengisi dunia saya dengan begitu banyak kebahagiaan sehingga seumur hidup tidak cukup untuk menikmati semuanya. Terima kasih atas semua cinta yang telah ayah dan ibu berikan kepada saya. Segala perjuangan saya hingga titik ini saya persembahkan pada dua orang paling berharga dalam hidup saya. Hidup menjadi begitu mudah dan lancar ketika kita memiliki orang tua yang lebih memahami kita daripada diri kita sendiri. Terima kasih telah menjadi orang tua yang sempurna.

Baca Juga: Cara Menulis Abstrak Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, dan Paper


7. Contoh Halaman Persembahan Tesis Untuk Teman

Teman menjadi salah satu penyemangat untuk menyelesaikan tugas tesis. Proses penyelesaian tesis yang tidak sebentar membuat dukungan teman sangat berarti, apalagi teman-teman yang kerap kalian ajak untuk menemani mengerjakan tesis.  Berikut contoh halaman persembahan:

  • Tesis ini kupersembahkan untuk teman-temanku. Ucapan terima kasih kepada teman-temanku, Winda, Desi, Novia, Novi, Viki, Banu, Erna, Elok, Adelia, Denda, Zuliani dan Erik yang telah menemani selama hampir empat tahun dan senantiasa memberikan motivasi untuk menjadi lebih baik.


8. Contoh Halaman Persembahan Tesis Untuk Pasangan

Pasangan menjadi salah satu support system yang menjadi salah satu alasan terkuat untukmu menyelesaikan tugas tesis. Kalau kamu lelah dan stres mengerjakan skripsi, kamu bercerita dan berkeluh kesan kepada pasanganmu. Bisa dikatakan bahwa pasanganmu juga menjadi salah satu support system terbesar kamu dalam proses pengerjaan skripsi.

  • Teman-teman lorong Muhammad Abduh UNIRES UMY (Banu, Deri, Barqi, Ariq, Candra Kusuma, Mas Adnan, Mas, Fadil, Galih, Rijal, Candra Rega, Arif dan Yoga teman seperjuangan pertama di Jogja.


9. Contoh Halaman Persembahan Tesis Untuk Orang Tersayang

Contoh halaman persembahan tesis juga bisa diberikan kepada orang tersayang. Orang tersayang ini bisa terdiri dari teman, sahabat, adik, kakak, atau orang-orang yang menurutmu memiliki andil besar dalam proses menyelesaikan tesis kamu. Berikut adalah contoh halaman persembahan tesis yang diambil dari beberapa sumber. 

  • Sahabat Seperjuangan Ramdan aja, Saeful Rahman, Aris Munandar, Bachtiar Ardiansyah, Adi Kuncoro, Ardian Dwi Nugroho. Sahabat Magang tercinta. Mis lambe turah Diktama 11, 12, 13 dan Aqidatul Izzahhhh, terimakasih atas motivasinya selama ini. Senior Kotakmedia, Bos Annas, Mbak Erni, Mbak Sari, Mas Valen, Mbak Indah, Mbak Desi, Mbak Intan, Mas Andre, Mas Iman yang telah mengizinkan saya untuk penelitian di Kantor Komed. Semua teman-teman Ilmu Komunikasi 2013.
  • Tesisi ini saya persembahkan untuk adik-adikku tersayang Ferian, Fathur, dan Fakhir atas semua do’a, semangat, dukungan, perhatian, motivasi, serta cinta dan sayang yang tak terhingga selama ini.

10. Contoh Halaman Persembahan Tesis Untuk Dosen Pembimbing

Meskipun mengerjakan tesis, peran dosen pembimbing sangat membantumu untuk mengarahkan bagaimana penelitian dapat berlangsung dengan baik. Tidak berlebihan apabila kamu juga menuliskan halaman persembahan untuk dosen pembimbing di dalam tesismu. 

– Tesis ini saya persembahkan kepada semua dosen maupun asisten dosen di PSIK FKIK UMY yang telah memberikan ilmu kepada saya.

– Untuk Bapak Darmono, terimakasih sudah membimbing saya menyelesaikan tesis ini. Terimakasih atas arahan dan kesabarannya dalam membimbing saya. Sukses dan sehat selalu, Bapak. 

Baca Juga: Cara Mengatur Margin di Microsoft Word

11. Contoh Halaman Persembahan Disertasi Untuk Orang Tua

Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam penyelesaian program S3. Disertasi merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam program ilmu yang di pilih seorang mahasiswa S3.

  • Terimakasih kepada ayahanda dan ibunda, tetesan keringatmu, jerih payahmu, doa mu selalu menyertai langkahku. Dukungan ayahanda dan ibunda adalah kekuatan terdahsyat ananda dalam menyelesaikan karya ini.
  • Ayah bunda tercinta, motivator terbesar dalam hidupku yang tak pernah lelah mendoakan dan menyayangiku. Terimakasih atas semua pengorbanan dan kesabaran mengasuhku sampai saat ini. Tak pernah cukup ku membalas cinta ayah bunda padaku.

12. Contoh Halaman Persembahan Disertasi Untuk Teman

Tak bisa dipungkiri juga bahwa teman-teman kamu memiliki peranan penting dalam mendukung kamu menyelesaikan disertasi, baik itu teman kuliah, tetangga, atau kolega kerja. Mengingat disertasi merupakan tugas yang cukup berarti untuk jenjang S3. Mereka yang menemani kamu mengerjakan disertasi bersama-sama hingga larut malam, mereka juga yang mungkin membantu kamu mencarikan responden untuk kebutuhan disertasi kamu. Maka dari itu, sudah sepatutnya kamu mengucapkan terima kasih kepada mereka atas bantuan yang diberikan.

  • Teman-teman Jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta.
  • Teman-teman Himpunan Mahasiswa untuk Karya Ilmiah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
  • Disertasi ini saya persembahkan untuk sahabat-sahabat baikku. Terima kasih telah menyediakan pundak untuk menangis dan memberi bantuan saat aku membutuhkannya. Terima kasih sudah menjadi temanku.
  • Seorang teman dengan hati emas sulit ditemukan. Kebaikanmu benar-benar tiada bandingnya. Kamu menjadi salah satu orang yang layak kupersembahkan bentuk perjuanganku ini.

13. Contoh Halaman Persembahan Disertasi Untuk Pasangan

Pasangan menjadi salah satu support system yang menjadi salah satu alasan terkuat untukmu menyelesaikan disertasi. Kalau kamu lelah dan stres mengerjakan disertasi, kamu bercerita dan berkeluh kesan kepada pasanganmu. Bisa dikatakan bahwa pasanganmu juga menjadi salah satu support system terbesar kamu dalam proses pengerjaan disertasi. Maka ucapan terimakasih tentu layak diberikan kepada mereka. 

  • Suamiku tercinta yang tidak kalah mendukungku dalam menyelesaikan tugas akhir ini. 
  • Kamu adalah malaikat penjaga saya, yang membuat saya aman dari kesedihan dan kegagalan. Kamu selalu menunjukkan kepada saya cara yang benar dan menghibur saya pada saat yang kritis.
  • Meskipun kamu telah melakukan banyak hal luar biasa bagi saya, saya ingin mengucapkan terima kasih hanya untuk satu di antaranya: atas kehadiranmu dalam hidupku. Dan disertasi ini adalah persembahan saya untukmu.

14. Contoh Halaman Persembahan Disertasi Untuk Orang Tersayang

  • Terimakasih banyak kepada buat Sal Priadi, Ardhito Pramono, dan Pamungkas yang jadi playlist ku saat mengerjakan disertasi. 
  • Kakak dan adik saya Romanah dan Waliyah yang telah memberikan semangat dan semoga kita semua menjadi anak yang membanggakan kedua orang tua.

Baca Juga: Kesulitan Menentukan Topik Penelitian? Temukan Jawabannya di Sini

15. Contoh Halaman Persembahan Disertasi Untuk Dosen Pembimbing

  • Terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah sabar mendampingi saya. Dosen Pembimbing yang telah mengarahkan saya dalam melakukan penulisan karya ilmiah ini.
  • Seluruh dosen maupun staf di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta yang telah membantu penulisan karya ilmiah ini.

16. Contoh Halaman Persembahan Karya Tulis Ilmiah Untuk Orang Tua

  • Karya ini saya persembahkan untuk kedua orang tua saya. Orang Tua yang telah mendukung secara maksimal dalam penulisan karya ilmiah ini.
  • Orang Tuaku tercinta yang sudah memberikan bantuan dan dukungan baik secara moril maupun materil demi menyelesaikan tugas akhir ini.

17. Contoh Halaman Persembahan Karya Tulis Ilmiah Untuk Teman

  • Karya ilmiah ini saya persembahkan untuk temanku satu tim yang sudah tidak menyerah sampai akhir sampai akhirnya karta ilmiah ini dapat selesai tepat waktu.
  • Karya ilmiah ini aku persembahkan kepada teman-teman satu kelas di SMA Al-Azhar, yang selalu kompak dan mendukungku dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini. Salam sehat dan sukses untuk kita semua. 

18. Contoh Halaman Persembahan Karya Tulis Ilmiah Untuk Pasangan

  • Terima Kasih pada pasangan saya yang telah mendukung saya untuk menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.  Terima kasih atas semua cinta dan dukungan yang telah kamu berikan kepada saya. Segala perjuangan saya hingga titik ini saya persembahkan padamu yang berharga dalam hidupku. Terima kasih telah menjadi pasangan yang saling menyempurnakan. 

19. Contoh Halaman Persembahan Karya Tulis Ilmiah Untuk Orang Tersayang

  • Setiap pagi saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah membantu saya. Setiap pagi saya berterima kasih pada diri saya karena menjadi diri saya sendiri. Setiap pagi saya berterima kasih kepada kalian karena telah mendukung saya dan bersama saya, apapun yang terjadi. Karya tulis ilmiah ini adalah persembahan saya untuk kalian semua.

20. Contoh Halaman Persembahan Karya Tulis Ilmiah Untuk Dosen Pembimbing

  • Pak Dosen, kini mahasiswamu telah menyelesaikan tugas karya tulis ilmiahnya.Tentu ada banyak pelajaran yang didapat dari mampu menyelesaikan tugas ini. Seluruh bekal ilmu yang pernah kau bagikan semoga menjadi modal untuk menjawab tantangan di masa mendatang. Untuk semua kemarahan, kritikan, dan tuntutan yang diberikan, aku mengucapkan banyak terima kasih. Semoga kebaikan juga selalu menyertaimu.