Tips Membuat Buku dari Hobi Nulis nge-Blog

Bikin Buku dari tulisan-tulisan di Blog bisa lho..

hobi nulis

Kalo kamu hobi nge-Blog atau biasa disebut blogger, maka kamu pasti hobi nulis. Iya kan? Nah sebenernya hobi itu bisa menghasilkan lho, dengan menjadikan tulisan-tulisan di blog menjadi sebuah buku. Dari yang semula iseng-iseng bisa jadi sebuah buku yang bahkan bisa best seller, siapa tahu kan?

Blogger

Sebut saja Raditya Dika, Trinity, Agnes Davonar, dan Muhammad Assad, mereka adalah contoh blogger yang hobi nulis sukses menjadikan tulisan dari blog menjadi buku-buku bestseller. Jika ada yang sudah bisa, mengapa Kamu tidak? Simak Tips berikut siapa tahu Kamu juga bisa menjadi penulis buku best seller juga.

Satu tema

Menulis blog walaupun seperti buku harian buat Kamu namun ada baiknya jika satu blog memiliki satu tema pokok. Dan yang paling mudah adalah tema kegiatan yang paling Kamu kuasai atau paling Kamu suka. Sebagai contoh Kamu suka makan atau kuliner, maka buatlah blog yang mengulas masakan atau makanan yang enak.

Satu blog satu tema itu agar pembaca blog mu tidak bingung. Tema yang sama juga bermanfat untuk menaikkan rating blog kamu di mesin pencarian. Bahkan jika tulisanmu bagus maka tidak ayal jika blog mu jadi bahan referensi para blogger yang lain.

Jika kamu suka lebih dari satu hal, maka tidk ada salahnya membuat lebih dari satu blog. Dan tetap usahakan setiap blog mempunyai satu fokus saja. Akan tidak enak dibaca jika satu blog memiliki beragam fokus, misal saja Kamu bahas makanan enak khas Jogja, lalu tiba-tiba postingan berikutnya tentang otomotif, akan sangat tidak nyambung bukan?

Menulis sesering mungkin sebanyak mungkin

Update blog bisa seminggu sekali atau sebulan sekali ketika ada internet dan komputer. Namun alangkah baiknya jika menulis tetap dimana saja kapan saja ketika ide muncul. Karena menulis bisa menggunakan buku tulis atau blocknote. Bahkan jaman semakin canggih kamu bisa menulis menggunakan Pad, atau nootebook.

Tujuan menulis sesering mungkin adalah agar ketika Kamu memiliki mood menulis, akan langsung tersalurkan. Menunda menulis bisa membuat Kamu lupa. dan mood yang bagus untuk menulis tidak setiap saa datang.

Baru ketika ada waktu luang, pindah tulisan-tulisan tadi ke postingan blog dan bisa diedit dan diberi gambar yang sesuai. Hal ini jauh lebih efektif jika dibanding mengingat-ingat kejadian dimasa lalu.

Blog walking

Kamu akan semakin jago menulis jika kamu juga semakin banyak membaca. Perbanyak membaca blog-blog yang setema bisa memberi banyak inspirasi dan pengetahua. Tidak ada salahnya mengunjungi blog-blog lain yang memiliki tema sejenis. Justru aktivitas ini akan memperbaiki kualitas tulisanmu mendatang.

Nama kerennya adalah blog walking. mengunjungi blog-blog sejenis, memberi komentar terhadap artikel-artikel nya dan menjalin silaturahmi dengan blogger yang lain. Jangan lupa mencantumkan alamat blog mu dan meminta pembaca yang lain atau pemilik blog mengunjungi blog mu untuk berkomentar.

Kritik yang membangun

Setiap update blog, mintalah kritik dari berbagai kalangan pembaca. Kritik jika ditanggapi dengan baik akan mengembangkan kita menjadi penulis yang baik. Kritik dijadikan sebagai motivasi dan masukan agar kualitas tulisan kita lebih baik dan semakin baik.

Jika blog walking yang kita lakukan sudah efektif, maka kritik pun akan muncul dengan sendirinya. namun jika belum, Kamu bisa men-share post blog mu ke sosial media yang kamu punya. Undang teman-teman mu untuk mengkritik tulisanmu.

Kritik bukanlah hal yang buruk, justru dengan adanya kritik, Kamu bisa lebih mengetahui kekuranganmu dan Kamu bisa memperbaikinya.

Kompilasi terbaik

Setelah cukup banyak jumlah tulisan yang Kamu buat untuk Blog mu, maka Kamu bisa memulai memilah. Pilih tulisan-tulisan yang memiliki respon terbaik dari para pembaca. Atau kamu bisa memilih yang terbaik menurutmu.

Tulisan-tulisan terpilih tersebut bisa ditulis ulang atau sedikit diedit agar nyambung satu sama yang lain. dan bisa dijadikan sebuah buku. Bisa juga dengan menambah sedikit referensi dari buku yang lain. Atau mengupdate informasi yang sudah ada dengan informasi yang terbaru.

Setelah terkumpul dan menjadi sebuah naskah siap terbit, itulah waktu yang tepat menghubungi beberapa penerbit buku yang mungkin tertarik dengan tema buku yang Kamu buat. [Gush]

Apakah Anda punya hobi nulis sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang hobi nulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Teknik Menulis : Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word
  2. Teknik Menulis Menyusun Laporan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
  3. Teknik Menulis: 5 Hal dalam Buku Ajar yang Harus Diperhatikan!
  4. Teknik Menulis Buku, dengan Membaca Teks Kehidupan

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

 



This post has been seen 693 times.
(Visited 208 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *