13 Ide Usaha Sampingan Pulang Kerja

Ide Usaha Sampingan Pulang Kerja

Sepulang kerja dari kegiatan mengajar di kampus, mungkin para dosen bingung harus melakukan dan mengerjakan apa agar penghasilan berkembang. Anda bisa mencoba usaha sampingan pulang kerja yang menguntungkan, mudah dijalankan, dan prospeknya bagus. 

Ide Usaha Sampingan Pulang Kerja untuk Dosen 

Memiliki usaha sampingan membantu dosen meningkatkan penghasilan, sehingga hasilnya bisa digunakan untuk mendukung aktivitas tri dharma. Ada banyak sekali ide usaha bisa dijalankan, berikut beberapa usaha sampingan pulang kerja yang menarik untuk dijalankan: 

1. Mitra-Netpromoter Deepublish

Net Promoter adalah program kemitraan dari Penerbit Deepublish untuk membantu akademisi mendapat kerja sampingan yang mudah dan sesuai dengan bidang akademik yang ditekuni.

Melalui program ini, Anda akan terbantu mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu keluar dari bidang akademik. Sebab bertugas menjadi penghubung layanan Penerbit Deepublish dengan akademisi lain sesuai jaringan yang sudah dimiliki. 

Anda hanya perlu mempromosikan layanan Deepublish dan menjadi penghubung calon penulis dengan layanan yang dimiliki. Anda bisa mempromosikan layanan melalui sosial media setelah pulang kerja, karena target Anda (yaitu penulis atau dosen) akan membuka sosial media juga selepas kerja.

2. Usaha Laundry Kiloan 

Usaha laundry kiloan punya prospek yang bagus, sebab masih banyak orang tak sempat mencuci dan menyetrika baju sendiri. Usaha ini bisa dijalankan oleh 2-3 orang karyawan dan beroperasi sejak pagi sampai sore. 

Pada sore sampai malam Anda bisa mengecek kondisi tempat usaha laundry dan menerima orderan sampai malam. Sehingga usaha punya jam operasional lebih panjang, dan Anda tidak harus berada di lokasi setiap saat. 

3. Usaha Kos atau Kontrakan 

Rekomendasi usaha sepulang kerja berikutnya untuk para dosen adalah usaha kost atau kontrakan. Usaha ini mungkin terdengar susah karena adanya kebutuhan modal yang tinggi. Namun, bisa juga dimulai dengan menyewakan satu kamar di rumah Anda. 

Selain menyewakan kamar secara bulanan maupun tahunan. Jika Anda sudah memiliki rumah yang tidak ditempati juga bisa dikontrakan. Hal serupa juga berlaku untuk properti berbentuk apartemen, tanah, dan sebagainya. 

4. Menjual Bumbu Masakan 

Para dosen yang suka dan pintar memasak, bisa mencoba menekuni usaha sampingan pulang kerja di bidang kuliner. Salah satu yang praktis adalah menjual bumbu masakan. Misalnya bumbu rendang, bumbu soto, dan sebagainya. 

Bumbu masakan buatan rumahan banyak diminati karena dipandang lebih sehat. Anda bisa mengolah bumbu sepulang mengajar, mengemasnya, dan memasarkannya secara online dan offline. Sehingga lebih praktis dibanding menjual menu masakan. 

5. Jualan Camilan

Masyarakat Indonesia dikenal suka ngemil cemilan yang enak, gurih, dan juga punya harga ekonomis. Kondisi ini menciptakan peluang usaha sampingan bagi para dosen, yaitu jualan camilan. 

Jualan camilan disini tentu aneka rupa. Bisa dimulai dari jualan gorengan sejak sore sampai malam, kemudian jualan keripik singkong kiloan, basreng kiloan, dan sebagainya. Selain bisa dijual offline di depan rumah juga bisa dijual online. 

6. Jualan Lauk Pauk  

Masih seputar usaha sampingan di bidang kuliner, selain yang sudah direkomendasikan Anda juga bisa mencoba jualan lauk pauk. Bisa dengan sistem katering bisa juga dengan sistem dijual satuan secara mandiri. 

Anda bisa memasak beberapa menu lauk pauk dan kemudian dijual offline maupun online. Misalnya seperti menjual sambal terasi dalam stoples, contohnya seperti yang dilakukan Mamitoko. Peminatnya banyak dan bisa dijual online. 

Merasa kurang dengan pendapatan sekarang? Intip ide usaha sampingan berikut ini:

7. Usaha Jasa Desain Grafis 

Bagi para dosen yang memang bisa membuat desain grafis, maka bisa membuka usaha sampingan yang masih berkaitan dengan keterampilan ini. Misalnya membuka jasa menerima pesanan desain logo, desain packaging produk, dan sebagainya. 

Jasa desain grafis terus berkembang dan tinggi peminat. Apalagi saat ini UMKM bergeliat di Indonesia dan ingin tampil profesional dari logo sampai desain kemasan yang khas. Jasa ini bisa dikerjakan sepulang mengajar dan sesuai orderan yang masuk. 

8. Usaha Broker Properti dan Kendaraan 

Selanjutnya adalah menekuni usaha sebagai broker properti atau mungkin bisa juga broker kendaraan. Istilah lainnya adalah menjadi sales, dimana dua aset ini dikenal punya banyak peminat dan memberikan komisi yang terbilang besar. 

Properti bisa dalam bentuk tanah, rumah, kos-kosan, apartemen, dan lain sebagainya. Dimana menjadi aset yang diminati semua kalangan baik untuk ditempati sendiri, dijadikan tempat usaha, maupun untuk investasi jangka panjang. 

Sama halnya dengan kendaraan, di Indonesia nyaris tidak ada yang tidak memiliki kendaraan. Minimal memiliki sepeda motor. Menjadi sales kendaraan membantu mendapat komisi yang bagus dan bisa dikerjakan selepas mengajar. 

Baca Juga:

9. Reseller/Dropship Buku atau Produk Fashion

Usaha praktis berikutnya yang cocok ditekuni dosen sepulang kerja adalah menjadi reseller dan dropship untuk buku atau produk fashion yang sedang trend. Pada dasarnya semua produk menarik untuk dijual ketika pangsa pasarnya luas.

Anda bisa menjadi reseller dan dropship produk tersebut. Sehingga tidak perlu mengurus stok maupun packing dan tinggal fokus menerima orderan serta melayani pertanyaan calon konsumen. Usaha ini bisa ditekuni selepas mengajar, sehingga tidak akan mengganggu aktivitas akademik. 

10. Usaha Jasa Titip 

Rekomendasi usaha sampingan pulang kerja untuk dosen berikutnya adalah usaha jastip atau jasa titip. Sistemnya Anda belanja sesuai titipan kenalan dan kemudian dikirimkan ke alamat kenalan Anda tersebut. 

Jika dosen tinggal di kota besar dan dekat dengan tempat belanja populer seperti IKEA atau mungkin yang lainnya. Silahkan buka jastip. Usaha ini menguntungkan dan bisa terima orderan selepas kerja. Begitu juga untuk belanja orderan bisa dilakukan selepas mengajar. 

11. Usaha Guru Les 

Jika dosen tidak ingin menekuni usaha sampingan yang keluar dari kegiatan mengajar. Maka bisa mencoba usaha guru les, baik privat maupun menerima kelompok siswa untuk belajar bersama di rumah Anda. 

Jasa guru les sangat diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat demi upaya meningkatkan prestasi akademik anak. Oleh sebab itu usaha ini menarik, bis dijalankan selepas mengajar, dan tetap mengasah keterampilan mengajar dosen. 

12. Jasa Fotografi 

Punya kemampuan fotografi yang baik? Pertimbangkan untuk membuka jasa fotografi. Baik untuk mengabadikan momen pernikahan, ulang tahun, pertunangan, dan sebagainya. 

Anda bisa membatasi usaha ini hanya untuk job di akhir pekan maupun di malam hari. Sehingga bisa dijalankan selepas mengajar dan tidak mengganggu aktivitas akademik yang menjadi agenda rutin. 

13. Influencer 

Terakhir adalah usaha sampingan pulang kerja untuk dosen secara online yakni menjadi influencer. Influencer bisa di media sosial populer seperti Instagram, TikTok, dan bahkan YouTube. 

Lewat konten yang rutin Anda unggah maka akan meningkatkan jumlah followers. Peluang menerima tawaran endorse, menjadi BA, tawaran menjadi pembicara seminar dan webinar, dll akan bermunculan. 

Pembuatan konten sendiri bisa dilakukan di akhir pekan atau selepas jam mengajar. Sehingga aktivitas akademik berjalan baik dan proses branding Anda sebagai influencer di media sosial juga terus berkembang. 

Selain yang disebutkan di atas tentu masih banyak lagi ide usaha sampingan pulang kerja yang cocok ditekuni para dosen. Sebagai dosen, tentu perlu memilih usaha sampingan yang mudah agar tidak mengganggu aktivitas akademik. Jadi, silahkan menentukan dengan teliti. 

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2022 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama