⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Ragu Menulis di Google Docs? Cek 10 Kelebihannya

kelebihan google docs

Mengetik dengan Google Document atau Google Docs kini menjadi pilihan banyak orang, pasalnya kelebihan Google Docs beragam. Tidak heran jumlah penggunanya pun terus bertambah dari waktu ke waktu, termasuk penulis buku yang tiap harinya berkutat dengan huruf dan kertas. 

Meskipun begitu, di dunia ini ibarat tak ada gading yang tak retak. Kelebihan yang beragam dari Google Docs ternyata juga berhadapan dengan sejumlah kekurangan. Oleh sebab itu, mengenal dua sisi ini sangat penting bagi seorang penulis agar bisa memaksimalkan penggunaannya. 

Kelebihan Google Docs untuk Penulis

Google Docs adalah layanan pengolah kata berbasis web Cloud milik Google. Secara sekilas, Google Docs ini mirip dengan Ms Word, hanya saja sudah bersifat online. Baik untuk proses pengetikan maupun media penyimpanan karena berbasis cloud. 

Selain itu, Google Docs juga diketahui memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya disukai. Sekaligus sangat direkomendasikan untuk para penulis, baik itu novelis maupun dosen. Berikut adalah detail kelebihan Google Docs yang wajib Anda tahu:

1. Akses Google Docs Sangat Mudah 

Kelebihan pertama adalah akses Google Docs bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengakses versi perangkat mobile seperti smartphone karena sudah bisa menginstal versi aplikasi. Sehingga dalam satu klik sudah bisa menulis dan mengedit dokumen. 

Sementara pada desktop atau komputer, baik di PC maupun laptop para pengguna cukup membuka browser. Kemudian masuk ke laman Google Docs untuk mulai membuat dokumen baru dan menuliskan ide-ide kreatif di dalamnya. 

Kemudahan akses ini diimbangi dengan layanan Google Docs yang bersifat gratis. Sehingga membuat dokumen, menulis di dalamnya, dan menggunakan seluruh fitur yang disediakan tidak dipungut biaya. 

2. Tidak Perlu Instal Sehingga Hemat Storage

Khusus untuk penggunaan di desktop, Google Docs tidak mewajibkan pengguna melakukan instalasi. Berbeda dengan Ms Word yang harus diinstal dulu ke perangkat dan bahkan menginstall satu paket Ms Office. 

Meskipun tidak perlu diinstal, ternyata hal ini menjadi kelebihan Google Docs, yaitu praktis saat digunakan. Kemudian, lebih menghemat storage atau ruang penyimpanan di perangkat yang dipakai menulis. 

3. Layanan Berbasis Tim 

Kelebihan yang ketiga adalah layanan Google Docs yang berbasis tim. Jadi, ada fitur “Bagikan” dimana tombol fitur ini terletak di sudut kanan atas. Lewat fitur ini maka dokumen bisa dibagikan secara online. 

Anda bisa membagikan file Google Docs ke rekan lain

Baik dengan menambahkan email pada siapa saja yang diberi akses masuk. Maupun berbagi link untuk memberi peran sebagai editor. Bagi penulis yang ingin mengirimkan naskah ke penerbit, maka cukup berbagi link saja ke editor. 

Hal ini tentu saja praktis dan memberi efisiensi waktu. Selain itu, ada beberapa fitur tambahan yang nanti dijelaskan di bawah. Sehingga siapa saja tim yang diberi akses masuk bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk editing.  

4. Bisa Digunakan di Komputer dan Perangkat Mobile

Google Docs bisa diakses di semua perangkat, baik itu komputer dengan sistem operasi apapun baik perangkat mobile maupun tablet. Pada perangkat mobile tersebut aplikasi yang bisa diinstal dari Play Store atau App Store. 

Pada perangkat desktop, pengguna bisa mengakses Google Docs lewat browser. Sehingga, layanan dari Google satu ini bisa diakses dengan perangkat elektronik apapun yang dimiliki. Bahkan pada perangkat berspesifikasi tidak terlalu tinggi. 

5. Membantu Menghindari Typo 

Google Docs dapat membantu mengurangi kesalahan ketik atau typo. Jika selama ini Anda sering typo dan membutuhkan waktu lama untuk mengoreksi. 

Bisa cek typo di Google Docs

Maka sebaiknya beralih ke Google Docs, sebab ada fitur pemeriksaan ejaan dan tata bahasa. Setiap kali ada penulisan yang salah, misalnya tidak sesuai EYD, maka akan ada garis merah di bawah kata salah tersebut. 

Kemudian ketika di klik maka akan muncul kata rekomendasi yang benar dan sesuai EYD. Sehingga typo bisa dikurangi dan proses menulis menjadi lebih cepat akan tetapi hasilnya lebih berkualitas.  

Lihat detail caranya di Cara Cek Kesalahan Kata (Typo & Kata Baku) Melalui Google Doc.

6. Hasil Pengerjaan Bisa Diunduh 

Hasil menulis di Google Docs bisa diunduh dalam format tertentu, dari format .docx, .rtf, .pdf, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

format download di google docs : Microsoft Word, PDF, RTF, TXT, ZIP, HTML, ZIP, EPUB

Jadi, jika memang ingin diunduh maka bisa langsung diunduh dengan format sesuai kebutuhan tanpa perlu menginstal aplikasi atau plugin lain. Sebab fitur unduh ke berbagai format dokumen ini sudah tersedia otomatis di Google Docs. 

7. Support dengan Format Ms Word 

Kelebihan Google Docs juga sudah support dengan format Ms Word. Ketika dokumen diunduh dalam format .docx maka saat dibuka di Ms Word akan tampil apa adanya, serapi dan sebaik ketika diketik di Google Docs. 

Sehingga tidak perlu dilakukan editing dan dokumen hasil unduhan bisa dikirimkan ke pihak manapun secepatnya. Misalnya diunduh lalu dikirimkan ke email penerbit. Hal ini akan membantu menghemat waktu dan tidak khawatir iis dokumen berubah. 

Mau membuat daftar isi di Google Docs? BISA! Cek tutorialnya di Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs dengan Cepat.

8. Meminimalkan Kehilangan Naskah  

Bagi penulis, keliru menempatkan naskah ke folder lain bisa membuat lupa dan dianggap hilang. Jika sering seperti ini, sebaiknya beralih ke Google Docs. Sebab seluruh dokumen atau naskah tersimpan di Google Drive, sehingga tersimpan online dan mudah dicari ketika dibutuhkan. 

9. Bisa Digunakan Kapan Saja dan Dimana Saja 

Masih berhubungan dengan sifat Google Docs yang online. Anda bisa membuka dokumen Google Docs kapan saja dan dimana saja. Selama terhubung dengan email maka bisa mengakses Google Docs dan mencari naskah yang masih dikerjakan untuk dilanjutkan ketika ingat dan tidak harus di depan meja kerja. 

10. Bisa Mengetik dengan Suara 

Kelebihan Google Docs juga terletak dari fitur bernama Voice Typing. Bagi penulis, ada kalanya keyboard error atau susah berkonsentrasi sehingga sering typo. Maka bisa mengetik dengan suara, alias mengucapkan kata yang ingin ditulis. Fitur Voice Typing di Google Docs membantu untuk melakukan hal ini. 

Cek detail cara di sini Cara Mengetik dengan Suara di Google Docs, 3 Langkah Saja.

Kekurangan Google Docs

Meskipun kelebihan Google Docs memang cukup banyak sesuai dengan penjelasan di atas. Namun, Google Docs juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh para penggunanya, antara lain: 

1. Fitur Terbilang Masih Minim 

Fitur Google Docs beberapa memang menarik dan tidak dijumpai di Ms Word, misalnya fitur deteksi kesalahan ketik dan merekomendasikan kata yang penulisannya benar. 

Meskipun begitu, fitur yang disediakan untuk kebutuhan menulis masih terbilang minim. Terutama untuk fitur editing yang masih kalah dengan Ms Word. Jadi, Google Docs masih perlu dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan menulis sampai editing. 

2. Belum Tersedia Versi Desktop 

Kekurangan kedua dari Google Docs adalah versi yang masih terbatas, dimana sampai sekarang belum ada versi desktop. Sehingga pengguna harus membuka browser dan masuk ke laman resminya dulu untuk mengakses layanannya. 

Itulah beberapa kelebihan Google Docs maupun kekurangan yang dimiliki, dimana dua aspek ini perlu dipahami dengan baik. Meskipun memiliki kekurangan, akan tetapi Google Docs sangat tepat digunakan oleh para penulis. 

Sebab fitur standar sudah lebih dari cukup, selain itu bisa membantu menulis dimana saja, kapan saja, dan bisa dari perangkat mana saja. Jadi, tidak perlu ragu untuk mulai menggunakannya. 

Anda masih memakai Microsoft Word untuk menulis? Tak masalah, asalkan tahu cara cepatnya agar pekerjaan Anda semakin mudah! Tutorial cara cepat Microsoft Word yang wajib Anda tahu:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama