⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Kertas Ukuran A3, Penggunaan, Beda dengan A3+

kertas ukuran a3

Pada saat membuat suatu desain atau dokumen tertentu, ada kemungkinan membutuhkan kertas ukuran A3. Ukuran kertas A3 ini memang cukup populer karena banyak digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk mencetak poster atau mungkin brosur. 

Namun, belum banyak yang tahu detail ukuran dari kertas A3 tersebut. Selain itu, banyak juga yang belum mengetahui bentuk penggunaan dari kertas dengan ukuran tersebut. Sebab memang tidak seperti ukuran A4 atau F4 yang lebih sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Maka bisa menyimak penjelasan berikut ini. 

Ukuran A3 dan A3+ dalam Berbagai Satuan

Kertas ukuran A3 adalah salah satu ukuran kertas seri A yang berdasarkan standar ISO 216. Kertas A3 memiliki ukuran 29,7 x 42 cm. Detail ukuran lain dalam beberapa satuan adalah sebagai berikut: 

  1. Ukuran A3 dalam cm adalah 29,7 x 42,0 cm. 
  2. Ukuran A3 dalam mm adalah 210 x 297 mm. 
  3. Ukuran A3 dalam inci adalah 11.69 x 16.54 inci. 
  4. Ukuran A3 dalam pixel memiliki beberapa pilihan disesuaikan dengan kebutuhan DPI (dots per in). Dimana DPI merupakan jumlah titik warna setiap inci. Berikut detail ukuran kertas A3 dalam satuan pixel tersebut: 
    • A3 dalam pixel 72 DPI adalah 842 x 1191 pixel
    • A3 dalam pixel 96 DPI adalah 1123 x 1587 pixel
    • A3 dalam pixel 150 DPI adalah 1754 x 2480 pixel
    • A3 dalam pixel 300 DPI adalah 3508 x 4960 pixel

Mau membuat atau mencatak buku? Cek ukuran kertas yang akan Anda gunakan dan pahami cara membuat layout di sini:

Secara umum, kertas A3 merupakan kertas dengan ukuran dua kali dari A4. Kertas A4 sendiri memiliki ukuran standar 29,7 x 21 cm. Sehingga dilihat dari ukuran panjang, kertas A4 lebih pendek dibandingkan dengan A3 yang dua kali lipat lebih panjang. 

Sementara untuk ukuran lebar, nyaris semua ukuran kertas seri A memiliki lebar 29,7 cm jika mengacu pada standar ISO 216 seperti yang dijelaskan sebelumnya. Adapun yang dimaksud “kertas seri A” disini salah satu ukuran kertas standar berdasarkan ISO 216. 

Kertas seri A meliputi A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, dan seterusnya. Huruf di depan angka adalah huruf A dan ditulis menggunakan huruf kapital. Seperti yang kita ketahui, jika melihat daftar ukuran kertas maka selain seri A juga ada seri B. 

Ukuran kertas seri B ini memiliki standar ukuran berdasarkan ISO 216 yang sedikit lebih besar dari kertas seri A. Bentuk ukurannya B0, B1, B2, B3, dan seterusnya. Misalnya untuk A4 maka ukurannya lebih kecil sedikit dibanding kertas seri B4. 

Kembali ke topik ukuran A3, ternyata juga ada ukuran kertas A3+. Meskipun sama-sama memiliki ukuran dalam istilah A3 ternyata keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Perbedaan kertas A3 dan A3+ terletak pada ukuran dan material kertas. Cek detailnya: 

a. Detail Ukuran 

Perbedaan pertama adalah dari segi ukuran, kertas ukuran A3+ memiliki ukuran lebih lebar dan lebih panjang sedikit dari A3. Kertas A3 berukuran 29,7 x 42,0 cm sedangkan A3+ berukuran 32,9 x 48,3 cm

b. Material Kertas 

Perbedaan yang kedua terletak pada material kertas. Secara umum, kertas A3 terbuat dari material kertas jenis HVS sedangkan kertas ukuran A3+ bisa terbuat dari beberapa jenis kertas. Seperti HVS, art paper, art carton, stiker cromo.

Mau cetak dengan kertas art paper? Cek di sini Cetak Buku Art Paper dan Jenis Kertas Lain

Fungsi dan Penggunaan  

Jika dilihat dari segi fungsi dan penggunaan, pada dasarnya baik ukuran A3+ maupun A3 biasa memiliki kegunaan yang beragam. Salah satu kesamaan penggunaan kertas A3 dan A3+ adalah untuk mencetak brosur dan poster. 

Namun, ada beberapa penggunaan yang hanya bisa menggunakan salah satunya. Misalnya untuk keperluan menggambar, biasanya orang menggunakan kertas berukuran A3 yang teksturnya lebih halus dan membuat prosesnya lebih mudah. 

Semetara untuk ukuran A3+ bentuk penggunaannya ternyata jauh lebih beragam karena bisa terbuat dari berbagai material kertas seperti penjelasan sebelumnya. Misalnya untuk mencetak stiker, mencetak kartu nama, dan sebagainya. 

Contoh Penggunaan Kertas Ukuran A3 dalam Sehari-hari

Jika membaca detail ukuran A3 seperti yang sudah dijelaskan, maka bisa dipahami jika ukuran kertas ini cenderung lebih besar. Baik dari segi panjang maupun lebarnya. Sehingga kertas A3 jarang digunakan untuk keperluan kantor, sehingga berbeda dengan kertas A4. 

Meskipun begitu, A3 cukup familiar bagi masyarakat Indonesia dan bahkan bisa juga masyarakat dunia karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut beberapa contoh penggunaannya dalam keseharian: 

1. Kebutuhan Mencetak Hasil Desain Grafis 

Penggunaan yang pertama adalah untuk mencetak hasil desain grafis yang sekiranya membutuhkan media cetak berukuran besar. Biasanya A3 dipakai untuk mencetak brosur, poster, dan bahan pemasaran lainnya. 

2. Mencetak Gambar Desain Teknis dan Arsitektur 

Bagi mahasiswa di jurusan arsitektur tentu akan sangat akrab dengan kertas A3. Sebab kertas dengan ukuran ini umum digunakan untuk membuat desain teknis seperti desain rencana arsitektur, teknik sipil, dan sebagainya. 

3. Penggunaan di Bidang Pendidikan 

Kertas A3 juga umum digunakan di bidang pendidikan. Misalnya untuk mencetak diagram, grafik, peta, dan lain sebagainya yang mendukung pembelajaran. 

4. Penggunaan untuk Kegiatan Seni 

Kertas A3 juga umum digunakan untuk kebutuhan seni, salah satunya untuk menggambar. Sehingga mahasiswa di jurusan seni sering membuat gambar dari kertas ukuran A3 ini. 

5. Mencetak Dokumen Administratif 

Ukuran kertas A3 juga umum digunakan untuk mencetak dokumen administratif di lingkungan perkantoran. Misalnya untuk mencetak laporan penjualan, data survei pemasaran, dan sebagainya. 

6. Digunakan untuk Mencetak Foto 

Kertas berukuran A3 juga bisa digunakan untuk mencetak foto, khususnya bagi siapa saja yang ingin memiliki foto ukuran besar. Sehingga ukuran kertas A3 juga dijadikan pilihan oleh sebagian orang. 

Cara Mengatur Ukuran Kertas A3 di Word dan Excel

Jika Anda menggunakan Ms Word untuk membuat dokumen kerja yang harus dicetak di ukuran A3. Maka perlu melakukan pengaturan ukuran secara manual karena tidak tersedia pilihan default. Berikut langkah-langkah mengatur kertas A3 di Word: 

  1. Buka lembar kerja di Ms Word kemudian masuk ke menu “Page Layout”. 
  2. Masuk ke sub menu “Size” dan pilih pilihan “more Paper Sizes”. 
  3. Pada tab menu “Paper” silahkan pilih “Custom Size” di bagian “Paper Size”. 
  4. Masukkan ukuran standar A3, yakni 29,7 x 42,0 cm. 
  5. Klik tombol “Ok”. Selesai. 

Hal serupa juga berlaku untuk Anda yang ingin membuat dokumen kerja ukuran A3 dari Ms Excel. Hanya saja di Ms Excel sudah ada pilihan kertas ukuran A3 tersebut, berikut cara mengatur kertas A3 di Excel: 

  1. Buka lembar kerja di Ms Excel dan masuk ke menu “Page Layout”. 
  2. Klik sub menu “Size” pada kotak “Page Setup”. 
  3. Pilih “More Paper Sizes” lalu pilih pilihan A3.
  4. Kemudian pilih DPI sesuai kebutuhan. 
  5. Klik tombol “Ok” dan selesai. 

Itulah penjelasan mengenai kertas seri A3 hingga cara mengaturnya. Jangan sampai salah lagi antara kertas A3 dan A3+ karena ukuran kertas tersebut berbeda!

Dalam membuat buku, Anda perlu melewati tahap layouting hingga finishing. Pahami apa saja tahapnya agar buku Anda terbit dengan sukses!

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama