Bagi seorang penulis buku, selain dituntut memiliki hasil tulisan yang baik dan mudah dipahami juga harus memahami berbagai hal mengenai buku secara umum. Salah satu yang harus dipahami adalah menentukan ukuran buku. Sebenarnya, ukuran buku ini merupakan urusan penerbit, tapi tak ada salahnya penulis mengetahuinya.

Ukuran buku sendiri ada berbagai macam jenis, tergantung bagaimana jenis buku tersebut dan melalui penerbit buku mana buku Anda diterbitkan. Hal-hal lainnya tentang ukuran buku akan diulas dan dikupas secara mendalam pada materi di bawah ini.

Ukuran Buku

Ada berbagai macam jenis kertas dan biasanya jenis kertas tersebut jadi pilihan berapa ukuran buku yang akan dicetak. Akan tetapi, untuk membuat sebuah buku, tentu ada standar ukuran buku yang sudah ditetapkan. Aturan atau standar ukuran buku tersebut sudah harusnya dipahami oleh penulis atau penerbit.

Apakah ukuran buku yang sesuai dengan standar dan aturannya harus diikuti atau dipatuhi? Ternyata memang ukuran buku yang sudah ditetapkan UNESCO tersebut biasanya dipatuhi dan digunakan oleh para penerbit. Akan tetapi, ada beberapa ukuran buku yang dijadikan standar atau biasanya digunakan oleh para penerbit.

Meski sudah jadi urusan penerbit berapa ukuran buku yang harus diterbitkan, tergantung jenis buku yang ditulis, akan tetapi sebagai penulis Anda juga harus mengetahui bagaimana ukuran buku, fungsi ukuran buku, jenis ukuran buku ada apa saja, dan masih banyak lagi. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu ukuran buku.

Pada dasarnya, ukuran buku memang harus mengikuti standar yang sudah ditentukan. Perlu diperhatikan, setiap buku memiliki ukuran yang berbeda-beda, tergantung jenis buku yang diterbitkan. Hal ini dilakukan demi menjaga kenyamanan pembaca dalam menulis buku.

Di Indonesia sendiri, ada aturan ukuran buku yang agak berbeda dengan penerbitan buku di luar negeri. Jika ada yang menggunakan aturan sesuai dengan UNESCO, biasanya ini adalah buku-buku penerbitan ilmiah yang aturannya cukup ketat.

Oleh sebab itu, ukuran buku harus benar-benar diperhatikan dan juga dipatuhi aturan dan juga standarnya. Juga harus sesuai dengan ketetapan atau aturan dan keseragaman yang sudah disepakati.

Fungsi Ukuran Buku

Penentuan ukuran buku tentu tidak sembarang dilakukan. Ada fungsi atau manfaat tersendiri mengapa ukuran buku harus sesuai dengan standar yang ditentukan. Pada dasarnya, ukuran buku ini ditentukan harus sesuai dengan standar yang digunakan. Biasanya setiap negara memiliki standar ukuran bukunya masing-masing.

Sehingga tujuan utama menetapkan ukuran buku adalah untuk unsur keseragaman. Selain itu, ukuran pada buku juga harus ditentukan dengan memperhatikan kenyamanan pembaca. Ukuran buku yang pas adalah ukuran yang sesuai dan nyaman ketika dibaca atau digenggam oleh pembacanya.

Jika bukunya terlalu besar, maka pembaca akan kesulitan dalam membaca buku. Dan jika ukurannya terlalu kecil, juga akan mengurangi kenyamanan pembaca. Jika ukuran buku terlalu kecil, maka ukuran tulisan yang digunakan juga semakin kecil. Sehingga pembaca akan kesulitan dalam membaca buku.

Bahkan pembaca akan kesulitan membaca buku dan bahkan mengalami sakit mata karena tulisan dalam buku menyesuaikan ukuran yang ada pada buku tersebut. Oleh sebab itu, ukuran buku harus disesuaikan dengan standar atau tergantung bagaimana aturan yang dimiliki setiap penerbit dalam menerbitkan sebuah buku.

Jenis-jenis Ukuran Buku

Ada beberapa jenis-jenis ukuran buku yang biasanya digunakan di Indonesia. Tentu saja ukuran buku tersebut sesuai dengan jenis buku dan juga sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dan biasanya sudah dipahami oleh masing-masing penerbit. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal tentang beberapa jenis ukuran buku di Indonesia.

1. Ukuran Kertas A5 (13 x 19 cm)

Ukuran kertas A5 ini biasanya digunakan untuk mencetak buku novel atau ukuran standar novel. Hal ini karena novel biasanya memiliki jumlah halaman yang cukup banyak dan diperlukan kenyamanan untuk membawa buku jenis novel tersebut. Sehingga ukuran buku dengan ukuran kertas A5 ini sering digunakan untuk mencetak buku novel.

Ukuran A5 ini juga merupakan ukuran dengan standar seri kertas A yang sudah sesuai dengan standar ISO 216 atau ukuran setengah kali dari kertas A4.

2. Ukuran Kertas A4 (21 x 29.7 cm)

Ukuran buku dengan ukuran kertas A4 ini biasanya ukuran yang dijadikan standar pakem bagi para pelajar atau akademisi dalam mengerjakan tugas, membuat skripsi, makalah, artikel, tesis, dan lain sebagainya. Sehingga, biasanya ukuran kertas A4 ini digunakan untuk dokumen atau buku yang temanya tidak jauh dari keperluan akademik.

Selain itu, ukuran kertas atau ukuran buku A4 ini sangat ideal dan paling ideal dalam membuat dokumen. Selain membuat keperluan akademik, biasanya ukuran kertas ini juga cocok digunakan untuk surat, majalah, dokumen perkantoran, arsip perkantoran, dan lain sebagainya.

3. Ukuran Kertas A6 (10.5 x 14.8 cm)

Ukuran buku menggunakan kertas A6 ini biasanya digunakan untuk mencetak buku yaitu buku kumpulan puisi. Selain itu, ukuran yang tergolong kecil ini juga biasanya digunakan untuk mencetak buku block note. Jika dibandingkan dengan buku novel, ukuran buku dengan ukuran kertas A6 ini terlalu kecil.

Sehingga biasanya ukuran kertas ini digunakan untuk buku yang jumlah katanya tidak terlalu banyak sehingga tidak menyisakan bagian kosong atau tidak membuat pembaca kesulitan dalam membaca isi buku. Selain digunakan untuk buku kumpulan puisi atau block note, buku dengan ukuran kertas A6 ini biasanya digunakan untuk mencetak buku kecil.

Misalnya brosur kecil, katalog produk, kartu undangan, buku panduan elektronik, dan lain sebagainya. Meski ukurannya kecil, namun buku ukuran A6 ini sudah sesuai ukuran kertas seri A berdasarkan ISO 216 yang berukuran setengah kali kertas A5 atau seperempat kali dari ukuran kertas A4.

4. Ukuran Kertas B5 (17.5 x 25 cm)

Ukuran buku dengan menggunakan ukuran kertas B5 ini biasanya digunakan untuk mencetak buku dengan jenis buku yang lebih umum atau buku edukasi. Ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak ukuran buku tersebut juga sudah sesuai dengan ISO 216.

5. Ukuran Kertas Folio F4 (21.5 x 33 cm)

Ukuran buku menggunakan ukuran kertas folio F4 ini memang lebih besar dari buku lainnya. Biasanya, ukuran buku ini digunakan untuk menggandakan dokumen atau photocopy dan juga digunakan untuk membuat salinan berbagai dokumen lain. 

6. Ukuran UNESCO (15.5 x 23 cm)

Terakhir adalah ukuran buku yang sudah sesuai dengan aturan atau standar UNESCO. Ukuran buku standar UNESCO ini menjadi ukuran yang biasanya digunakan atau paling umum digunakan oleh beberapa penerbit. Ukuran buku standar UNESCO ini biasanya lebih digunakan ke banyak jenis buku.

Meskipun penggunaannya lebih beragam, akan tetapi ukuran buku standar UNESCO ini biasanya digunakan untuk mencetak buku akademisi atau buku ilmiah yang digunakan di dunia pendidikan atau di bidang akademik.

Ukuran Buku Novel

Setelah memahami ukuran buku sesuai dengan ukuran kertasnya di atas, Anda juga harus mengetahui kira-kira berapa ukuran buku untuk masing-masing buku berdasarkan jenisnya. Untuk standar ukuran buku novel, biasanya menggunakan ukuran standar yakni ukuran kertas A5 atau menggunakan ukuran 13 x 19 cm.

Digunakannya ukuran buku ini tentu ada alasan tersendiri. Pertama, rata-rata pembaca novel adalah anak muda yang lebih senang membaca buku dengan ukuran yang praktis. Oleh sebab itu, ukuran ini sangat pas untuk dijinjing atau ditenteng dan dibawa kemana pun karena tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Sehingga, ukuran buku novel menggunakan ukuran kertas A5 ini sangat praktis dibawa-bawa. Meski begitu, ukuran novel tidak semuanya menggunakan ukuran kertas A5. Ada beberapa novel yang memiliki ukuran berbeda, tergantung penerbit masing-masing.

Ada yang menggunakan ukuran buku dengan ukuran kertas 13.5 x 20 cm, ada yang menggunakan ukuran buku 14 x 21 cm, ada yang menggunakan ukuran buku 13 x 20 cm, ada yang menggunakan ukuran buku 13 x 20.8 cm, ada yang menggunakan ukuran buku 15 x 21 cm, dan masih banyak lagi. Intinya, penerbit yang satu dengan penerbit lainnya memiliki aturan masing-masing terkait ukuran buku novel yang digunakannya. 

Ukuran Buku Ajar

Berbeda dengan buku novel, standar atau aturan ukuran buku ajar memiliki aturan yang berbeda. Untuk buku ajar yang mana merupakan buku edukasi biasanya menggunakan ukuran yang sudah ditentukan oleh UNESCO yaitu ukuran 15.5 x 23 cm. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ukuran buku standar UNESCO biasanya memang digunakan untuk buku edukasi.

Selain ukuran buku yang ditetapkan oleh standar UNESCO, dalam mencetak buku ajar juga bisa menggunakan ukuran lain yakni maksimal menggunakan kertas A4 yaitu ukuran 21 x 29.7 cm atau minimal menggunakan ukuran buku standar yang sudah ditetapkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Ditjen Dikti yaitu ukuran A5 atau dengan ukuran kertas 13 x 19 cm.

Baca Juga:

Template Modul Pembelajaran Beserta Tips Membuatnya

20+ Contoh Cover Buku

17 Pilihan Font Terbaik untuk Buku

11 Jenis Font untuk Pilihan Desain dan Buku

Ukuran Buku Referensi

Berbeda halnya dengan ukuran buku novel dan ukuran buku ajar, ukuran buku referensi juga memiliki aturan atau standar tersendiri. Seperti yang kita tahu, buku referensi merupakan tulisan atau karya ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya hanya fokus pada satu bidang ilmu saja.

Oleh sebab itu, ukuran buku referensi ini tidak jauh dari ukuran buku ajar, sehingga buku referensi biasanya memiliki ukuran sesuai yang ditetapkan atau sesuai dengan standar UNESCO yaitu 15.5 x 23 cm. Akan tetapi, ada beberapa buku referensi yang ukurannya agak berbeda dengan standar UNESCO, tergantung penerbit masing-masing.

Namun, biasanya buku referensi memiliki ukuran buku minimal 15 x 23 cm atau maksimal 15.5 x 23 cm yang mana merupakan ukuran standar yang sudah ditetapkan oleh UNESCO dalam hal ukuran standar buku.

Apakah Ukuran Buku Harus Mengikuti Standar Buku?

Setelah dijelaskan tentang ukuran buku dan berbagai jenis ukuran buku menurut jenis kertas dan juga jenis bukunya, Anda juga harus memahami mengenai hal lain yang tak kalah penting dalam pemilihan ukuran buku. Banyak yang bertanya, apakah memang ukuran standar di atas harus dipatuhi dalam mencetak buku?

Bagi penulis, ada baiknya jika tak memikirkan berapa ukuran buku yang akan diterbitkan atau dicetak dari hasil tulisan Anda. Karena pada dasarnya, ukuran buku merupakan tugas dari penerbit, sehingga penulis hanya sekadar tahu saja. Terlalu memikirkan ukuran buku bukannya membuat buku terlihat sempurna justru membuat konsentrasi penulis terganggu.

Penulis hanya perlu menulis naskah dengan baik dan kemudian memberikan tulisan tersebut ke penerbit dan memilih penerbit yang baik dan berkredibilitas sehingga segala hal pada buku yang diterbitkan, termasuk ukuran buku tersebut akan disesuaikan dengan sebaik-baiknya dan tetap dikonsultasikan pada penulis.

Download Template Buku Gratis

Ada beberapa pilihan baik aplikasi maupun website yang bisa dijadikan pilihan untuk memilih template buku yang sesuai dengan buku yang Anda tulis. Akan tetapi, belum tentu semua menyediakan sesuai yang Anda butuhkan. Oleh sebab itu, ada alternatif yang bisa dijadikan pilihan untuk men-download template buku.

Salah satu penerbit yang menyediakan link untuk download template buku gratis ternyata ada dan tersedia. Jika Anda bingung kira-kira bagaimana cara memilih dan menentukan template buku yang sesuai dengan buku Anda, Anda bisa men-download template buku gratis melalui website Penerbit Deepublish.

Tak hanya akan memudahkan kerja penulis atau desain grafis, hanya dengan melakukan download template buku dari Penerbit Deepublish, Anda akan lebih dipermudah dalam menyusun naskah buku yang sedang Anda kerjakan. Selain itu, ada berbagai pilihan yang disediakan sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam memilih.

Caranya mudah, hanya perlu klik “Download Template” pada link di bawah ini dan Anda bisa memilih template sesuai dengan buku yang ditulis atau sesuai keinginan Anda.

Buat Anda yang sedang ingin mencetak buku namun masih bingung dengan ukuran bukunya bisa mendownload template berikut ini :

Artikel Terkait:

Pengertian Template Buku

11 Jenis Jilid Buku yang Biasa Digunakan

10 Jenis Kertas yang Sering Digunakan

Ukuran Kertas A1, A2, A3, A4, A5, A6, dan F4 dalam mm, cm, dan inch

Identitas Buku, Unsur-unsur, dan Contoh Lengkap

13 Cara Membuat Cover Buku yang Menarik Pembaca

Sampul Buku: Peran Penting Cover sebagai Persuasi Visual

Cara Membuat Desain Buku yang Menarik

4 Hal Penting Membuat Cover Belakang Buku