fbpx

Agar Naskah Diterima di Penerbit buku pendidikan, Kuasai 4 Klasifikasi Buku Pendidikan

review buku pendidikan penerbit deepublish

Memiliki naskah buku pendidikan, namun tidak yakin dengan naskah yang Anda tulis?. Karena ketika salah menentukan tujuan buku, akan mempengaruhi minat penerbit buku pendidikan. Dalam kesempatan kali ini, akan mengulas tentang klasifikasi buku pendidikan di penerbit buku.

Penerbit buku pendidikan memiliki target pasar khusus, sekaligus memiliki selera terhadap buku ajar. Nah, bagi Anda agar naskah cepat di terima penerbit buku pendidikan, ada empat klasifikasi buku pendidikan, yang setidaknya dipahami oleh calon penulis buku pendidikan. Berikut ulasannya.

Buku Teks Pelajaran

Sebagai penerbit buku pendidikan, memiliki tujuan utama setiap kali menerbitkan buku. Jadi penerbit buku memiliki tujuan untuk memajukan bangsa, dengan cara menerbitkan buku teks pelajaran. Sehingga, wajar jika penerbit buku pendidikan konsentrasi menerbitkan buku jenis buku teks atau buku pelajaran. Penerbit buku pendidik juga tertarik menerbitkan buku teks pelajaran.

Setidaknya dengan buku semacam ini, akan membantu meningkatkan dan memperbaiki kualitas mutu pendidikan. Menilik arti buku teks pelajaran itu sendiri, merupakan buku rekaman pikiran rasial, yang ditulis adannya tujuan instruksional. Buku teks dibuat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh aturan pemerintah. Baik dari RPP ataupun dari kurikulum yang berlaku.

Saat menulis buku teks, penulis perlu memahami bahwa buku teks pelajaran memiliki dua tipe. Yaitu tipe buku pokok (utama) dan buku suplemen/tambahan. Dua jenis tipe buku ini bisa dijadikan acuan saat menulis. Jadi, ketika Anda hendak menerbitkan buku di penerbit buku pendidikan, Anda tahu betul jenis buku yang Anda tulis sebagai buku pokok atau buku tambahan.

Adapun cara membuat buku, agar berkualitas. Apa sih yang dikatakan buku berkualitas? Buku yang berkualitas adalah buku teks yang dibuat secara relevan dan dapat menunjang. Setidaknya ada beberapa aspek penunjang buku teks. Pertama, memiliki landasan prinsip. Kedua, memiliki konsep yang jelas, agar memperoleh hasil yang jelas.

Ketiga, buku harus relevan dengan kurikulum yang berlaku. Keempat, buku teks ditulis sesuai dengan minat siswa. Kelima, mampu meningkatkan dan menumbuhkan motivasi belajar, dan memotivasi siswa untuk semangat belajar.

Buku Pengayaan

Aspek yang kedua dari penerbit buku pendidika adalah berjenis buku pengayaan. Buku pengayaan di kemas menggunakan bahasa yang fleksibel. Fleksibel dalam hal ini, menyesuaikan dengan genre atau jenis buku yang ditulis. Dari segi isi, buku pengayaan berisi pengetahuan, kepribadian dan ketrampilan.

resensi buku pendidikan penerbit deepublish

Buku pengayaan secara khusus, diperuntukan sebagai penunjang buku pelajaran. Sama dengan buku teks, buku pengayaan juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bagi penerbit buku pendidikan, jenis buku pengayaan juga menjadi incaran. Jadi, jika Anda memiliki buku pengayaan, tidak ada salahnya untuk menawarkan ke penerbit buku pendidikan, agar bisa di terbitkan.

Lantas, apa saja sih kriteria penting dalam buku pengayaan? Setidaknya ada beberapa butir penting buku pengayaan masuk standar penerbit buku. Yaitu harus memiliki judul, nama pengarang, penerbit, manfaat penulisan buku, ringkasan buku, selling point isi buku, kelemahan dan dibagian akhir tidak lupa menuliskan kesimpulan buku.

Adapun tiga klasifikasi buku penggayaan. Dilihat dari segi klasifikasinya, buku pengayaan terdiri dari pengayaan pengetahuan, keterampilan dan kepribadian. Jadi buku yang ditulis yang baik sarat akan pengetahuan, agar memiliki bobot yang lebih baik. Tidak hanya mengutamakan pengetahuan, tetapi di bagian isi juga menuangkan ketrampilan dan kepribadian, agar buku yang ditulis memiliki emosi untuk mengerakan hati pembaca.

Jika buku pengayaan ditulis secara kaku dan tidak mampu menghidupkan emosi pembaca, itu sama halnya dengan hanya sekedar menulis. pembaca akan merasa ditipu karena kualitas isi yang kurang membius.

Buku Referensi

Buku referensi juga sering digunakan untuk sumber acuan atau rujukan. Buku referensi merupakan bahan informasi yang telah terbukti mutakhir. Ada yang sedikit berbeda pada penulisan buku jenis ini. Jadi buku referensi ditulis berdasarkan dari hasil penelitian.

Dari hasil penelitian inilah. Sebagai hasil penelitian, lebih banyak yang menjadikan buku referensi lebih banyak digunakan oleh kalangan dosen, mahasiswa dan peneliti itu sendiri. Meskipun demikian, buku referensi sebenarnya juga diperuntukan untuk masyarakat umum yang memang tertarik.

Penerbit buku pendidikan lebih menyenangi buku referensi yang ditulis menggunakan isi buku yang runtut, memiliki alur logika atau keilmuan. Jadi buku tersebut memiliki peta keilmuan, yang nanti dapat dijadikan daya tarik untuk para pembaca. Nah, bagi Anda yang sedang menulis buku referensi, pastikan untuk menuangkan tulisan ke dalam gaya penyajian lebih formal.

Dikatakan buku referensi yang baik adalah buku yang ditulis memenuhi syarat. Jadi buku ditulis dengan menulis rumusan masalah. Di dalam rumusan masalah inilah berisi nilai atau ilmu yang sifatnya terkinian. Di dalam rumusan masalah ini juga dituliskan metodologi, menyantumkan teori mutakhir dan memasukan data pendukung.

Dengan demikian, buku referensi memiliki kredibilas penulisan yang padat. Prinsipnya adalah, buku ditulis dan di kemas dengan jelas dan lengkap. Di bagian kesimpulan pun juga akan lebih tegas. Tidak lupa di bagian daftar pustaka, juga wajib dicantumkan, ketika menuliskan buku referensi.

Buku Panduan Pendidik

Buku panduan pendidik juga salah satu jenis buku yang dilirik oleh penerbit buku pendidikan. Pada dasarnya buku ini juga memiliki tujuan yang sama, yaitu mencerdaskan dan membangun dunia pendidikan. Jenis buku satu ini memang sedikit peminatnya. Meskipun demikian, buku ini tatap akan dicari oleh para dosen, guru dan pengiat lain.

buku pendidikan karakter penerbit deepublish

Buku panduan umumnya dibuat sesuai dengan perkembangan. Jadi, bisa jadi setiap tahun mengalami perubahan. Dengan kata lain, sewaktu-waktu buku panduan pendidik juga dilakukan revisi. Pembuatan buku referensi dibuat berdasarkan kebijakan akademik dan peraturan akademik.

Lantas, apa sih tujuan dibuatnya buku panduan pendidik, yaitu menjelaskan dan memberikan informasi penting, khususnya di bidang pendidikan. Bagi beberapa perguruan tinggi, selalu membuat buku panduan pendidikan setiap setahun sekali. Pembuatan pun melibatkan beberapa pihak, yaitu pimpinan, satuan penjamin mutu dan masih banyak lagi. Ketika buku panduan pendidikan telah selesai, selanjutnya dibagikan ke pada mahasiswa baru. Tujuannya, agar para mahasiswa mengenali universitas tempat ia akan tempati belajar.

Itulah empat klasifikasi buku. keempat klasifikasi tersebut dapat diterbitkan ke penerbit buku pendidikan. Khusus poin no empat, tentang buku panduan pendidik, umumnya dicetak mandiri. Mengingat saat ini banyak penerbitan buku yang memiliki percetakan buku secara mandiri. Sedangkan perguruan tinggi yang tidak memiliki penerbitan sendiri, bisa menggunakan jasa percetakan dari penerbit buku pendidikan.

Itulah ulasan tentang ulasan penerbit buku pendidikan. Semoga ulasan ini bermanfaat. Di harapkan pula, dengan ulasan ini membantu Anda membuat sasaran penulisan yang sesuai dengan keinginan penerbit buku pendidikan, agar mudah diterima. Jika naskah Anda masi di tolak, Anda masih bisa menebitkan buku dengan cara Print On Demand di penerbit buku pendidikan Deepublish.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang buku pendidikan, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish