5 Tips Publikasi Jurnal Nasional Gratis – Punya minat ingin membuat jurnal, tetapi bingung bagaimana cara publikasi jurnal nasional gratis? Ternyata mempublikasikan jurnal nasional ada banyak yang berbayar. Tentu sayang bukan jika hanya untuk publikasi harus membayar. 

Tenang, karena ada banyak juga yang menawarkan publikasi jurnal secara gratis. Hanya saja, ada yang perlu diperhatikan dan perlu hati-hati nih. Karena yang berbau gratis seringkali banyak penyimpangan. Jadi, pastikan untuk selektif untuk itu. 

download ebook gratis

5 Tips Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Terlepas dari publikasi nasional gratis, di kesempatan ini akan dibahas secara tuntas. Jadi Anda bisa mempublikasikan jurnal secara nasional secara resmi dan gratis, hanya saja perlu lolos seleksi. Agar bisa lolos seleksi, Ada beberapa tips yang akan dibagikan. Sebagai berikut :

1. Original 

Tips yang pertama karena yang paling utama dari penulisan jurnal, harus ditulis secara original. Tulisan original atau tulisan yang benar-benar ditulis sendiri dari ide sendiri tentu akan mendapatkan perhatian lebih. Karena hal terpenting dalam menulis adalah keahlian. 

Itu sebabnya, jika jurnal mengharuskan menuliskan pendapat orang lain, harus hati-hati dan jangan lupa mencantumkan sumbernya. Memang menulis jurnal itu tidak mudah, belum lagi masalah ketika kita berharap pada pada sumber referensi yang habis dibaca. 

Sadar atau tidak sadar, setiap kali membaca sumber referensi, kemudian menuliskannya, di sana penulis masih kebawa dengan ide dan sudut pandang dari referensi.

Inilah yang ditakutkan ada bagian plagiarism dalam penulisan. Ini pula yang seharusnya berhati-hati. Memang kita tidak niat untuk mengkopi, tetapi atas dasar kebawa itulah yang harus hati-hati. 

Buat Anda yang mengalami masalah serupa, tenang. Karena era saat ini banyak sekali fasilitas yang memudahkan kerja. Misalnya, untuk mengetahui plagiarism bisa menggunakan tool cek plagiasi atau plagiarisme checker. 

Baca juga : 4 Cara Menulis Kutipan Dari Jurnal

2. Tertib Pada Peraturan Penyelenggara Publikasi 

Cara publikasi jurnal nasional gratis adalah mengikuti aturan dari penyelenggara jurnal. Tentu saja ini membantu dalam proses seleksi. Terkait dengan aturan main, setiap penyelenggara memiliki aturannya sendiri-sendiri. maka dari itu, penting sekali mencermati aturan-aturan yang berlaku.

Adapun beberapa aturan yang perlu diperhatikan, misalnya menyesuaikan template jurnal yang diinginkan penyelenggara seperti apa atau perhatikan aturan kutipan. Ada juga penyelenggara yang memperhatikan ketentuan bibliografi, masalah publication ethic dan scope. 

Tujuan dari mengikuti aturan yang diselenggarakan penyelenggara, selain memberikan peluang jurnal Anda lolos dipublikasikan, tentu saja memudahkan pihak editor untuk melakukan seleksi, verifikasi dan membantu dalam submission juga. memang kelihatannya sederhana, padahal di poin ini yang paling utama dan sangat penting. 

3. Submit Sesuai Bidangnya 

Bagi penulis jurnal pemula, atau calon penulis jurnal yang sedang mencari-cari informasi, mungkin ada yang belum tahu masalah keselarasan bidang ilmu.

Jadi, pastikan jika ingin menulis publikasi jurnal nasional, pastikan jika bidang ilmu yang Anda dalami adalah tema atau fokus yang hendak Anda teliti. Misalnya, mengambil ilmu manajemen, maka submit jurnal yang dituliskan pun juga demikian. 

Kenapa harus sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari? Jawabannya sederhana. Karena bidang ilmu yang dipelajari dari awal (bertahun-tahun lamanya) dianggap jurnal yang ditulis pun memiliki muatan yang menarik dan ada hal yang baru dari hasil pengalaman menekuni bidang tersebut. disisi lain juga menunjukan bahwa ilmu tersebut sesuai dan kompeten sesuai hasil. 

Baca juga : Strategi Publikasi Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi

4. Memperhatikan Tema/Topik Jurnal 

Cara publikasi jurnal nasional gratis yang lain, pastikan bahwa tema atau topik yang Anda angkat sifatnya update. Jangan mengambil topik yang sifatnya sudah lama.

Topik yang lama kurang menarik, karena sifatnya tidak ada pembaharuan. Sebaliknya, topik yang update dan terkini dianggap lebih informative dan memberikan perspektif yang baru. 

Tentu saja pemilihan topik yang terbaru dari segi daya tarik atau minat lebih mengena.

Sesuai dengan generasi yang ada saat ini. karena sifatnya tidak kadaluarsa, tentunya pula menarik untuk diikuti.

Sebaliknya, jika mengangkat topik lama dan pembahasan isi juga gaya lama, itu sama saja menikmati jurnal yang sudah kadaluarsa di era yang serba cepat dan maju ini. 

5. Intip Tempat Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Setelah tahu dan mengintip agar jurnal yang Anda tulis lolos, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui tempat publikasi jurnal nasional yang sifatnya gratis. Saya yakin di bagian ini pasti banyak yang menanyakan, dimana sih tempat yang bisa dipublikasikan secara gratis? 

Memang tidak mudah mendapatkan dan ikut ke tempat yang bersedia mempublikasi jurnal nasional yang resmi secara gratis. Tapi saya memiliki beberapa tips agar bisa mempublikasikan secara gratis. 

Pertama: Mengikuti dalam asosiasi, biasanya dosen atau peneliti memiliki asosiasi atau mengikuti forum penelitian bukan? Nah, dari asosiasi itulah sering ada yang informasi terupdate seputar dunia penelitian atau dunia publikasi.

Jika tetap tidak ada, Anda harus bergabung dengan asosiasi yang di dalamnya banyak bekerja di Institusi. Bisa juga dengan mengikuti asosiasi publikasi jurnal nasional. 

Baca juga : Pedoman Penulisan Cara Menulis Jurnal Ilmiah Nasional

Kedua, cara publikasi jurnal nasional gratis yang sifatnya sudah pasti, bisa mengikuti open journal system secara langsung. Dimana di situ Anda bisa mengikuti atau memantau di website jurnal (OJS) yang memang memiliki fokus keilmuan yang relevan dengan dunia penelitian dan semacamnya. Buat Anda yang bingung, biasanya tiap website OJS juga ada peraturan dan bisa di spoiler di sana. 

Ketiga, aktif mengikuti lembaga pendidikan tinggi yang memiliki jurnal ilmiah internal, ini berlaku buat Anda yang memang di pihak kampus atau tempat kerjanya punya program ini. umumnya perguruan tinggi besar memiliki jurnal ilmiah internal. Jika memang ada, sebenarnya ini cara mudah dan praktis, daripada harus mencari diluar yang belum dijamin kepercayaannya. 

Keempat, jika Anda ingin mengikuti ke dalam sebuah forum, pastikan jika forum tersebut relevan. Karena banyak loh forum-forum yang tidak relevan. Banyak forum yang hanya mengambil keuntungan saja. jadi disini harus selektif sekali memilih forum. 

Kelima, memastikan tim yang bekerja atau tim penyelenggara publikasi jurnal adalah benar-benar tim yang berkompeten dan resmi. Karena era sekarang banyak sekali ajang penipuan yang menyasar banyak sector, termasuk di sektor pendidikan dan penelitian. 

Dari kelima tips di atas, sebenarnya ada beberapa catatan yang mungkin juga perlu Anda perhatikan. Misal, jika Anda ingin mengetahui publikasi di website tersebut, pastikan website tersebut gratis atau berbayar. Pastikan juga apakah jurnal ber-ISSN atau tidak, untuk mengetahui ber-ISSN atau tidak Anda bisa cek di Lipi. 

Baca juga : 9 Situs Jurnal Internasional Untuk Referensi Karya Ilmiah

Sekedar informasi, terutama untuk calon peneliti pemula, barangkali ada yang penasaran, waktu paling cepat menerbitkan jurnal nasional itu memakan waktu berapa lama sih?

Waktu yang dibutuhkan kurang lebih memakan waktu sekitar 4 bulan sampai satu tahun. Untuk jurnal berkala, setiap tahun terbit setiap 3 bulanan, ada juga yang terbit setiap enam bulan bahkan ada yang per enam bulanan.