Dunia pendidikan terus mengembangkan mutu pendidikan. Salah satunya meningkatkan publikasi jurnal, karya ilmiah maupun hasil penelitian yang lain. Pemerintah pun turut mendukung program ini dengan google scholar.

Google scholar merupakan layanan dari google. Layanan ini sebenarnya memudahkan dalam melakukan pencarian materi, khususnya dibidang hasil penelitian dan publikasi lainnya. Di sinilah terdapat h-index yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran.

google.comle scholar penerbit deepublish

download ebook gratis

Pengukuran ini dimanfaatkan untuk mengukur produktivitas dan untuk mengukur dampak hasil penelitian yang telah dibuat. Google scholar kini juga dapat digunakan untuk mengindex hasil karya-karya yang dikirimkan oleh dosen.

Terdapat Fitur Referensi

Google scholar untuk index dosen ternyata juga memiliki fitur referensi. Fitur ini dikemas untuk memudahkan pencarian. Fitur referensi ini menggunakan aplikasi managemen referensi yang membantu menemukan identitas buku/penelitian yang dicari. Caranya cuku mengetikan di label pencarian dengan mengetikan identitas. Misal dengan mengetikan nama, judul, tahun terbit atau menggunakan kata kunci lain.

Cara mendownload fitur referensi ini pun terbilang mudah. Cukup akses ke website scholar di http://scholar.google.co.id/, di bagian pencarian, cukup ketikan kata kunci yang dicari. Kemudian klik enter, maka akan melakukan pencarian sendiri. Sedangkan untuk mendownload naskah, cukup dengan mengenakan tombol ‘cite’. Jika sudah memutuskan hasil laporan yang akan dipilih, tinggal pilih dan klik ‘RefMan’. Dari sinilah nantinya akan mendapatkan scholar ris dari file yang data referensi benar-benar valid.

Cara Daftar Profil Google Scholar

Google scholar selain menjadi sahabat bagi penulis dan peneliti, juga sangat disarankan untuk siapapun yang mencari data untuk bahan penulisan. Jika Anda tidak memiliki akun, maka dapat membuat profile di Google Scholar. Pendaftaran pun terbilang mudah. Syarat paling penting Anda harus memiliki email terlebih dahulu, karena syarat membuat profil scholar harus menggunakan email.

Agar cepat, Anda cuku masuk ke http://scholar.google.co.id/ di bagian atas tengah terdapat beberapa pilihan, pilih ‘my citations’. Anda pun akan di bawa masuk ke halaman baru yang berisi form. Isi form yang tertera. Isi form berisi tentang universitas, bidang/keahlian, dan dimintai alamat email.

Khusus alamat email, jika bisa gunakan email yang ac.id. selain email, di sana juga akan dimintai URL hompage, maka bisa diisi url homepage universitas Anda. Selanjutnya, Anda tinggal klik “next step”.

Memperbarui Profil

Anda sudah mendaftarkan ke scholar? Namun Anda ingin memperbarui profil? Tenang pada dasarnya akun Anda dapat Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda. Ada dua cara memperbarui profil google scholar, yaitu menggunakan secara otomatis dan manual.

buat akun google scholar penerbit deepublish

Caranya cukup masuk di akun profil, kemudian cari ‘automatically update the list of article in my profile’ selanjutnya tinggal pilih “go to my profile”. Dibagian atas terdapat link ‘make my profile public’ jika ingin profile ingin dipublik.

Fitur Upload Artikel/Hasil Penelitian

Jika sudah memiliki akun di Google Scholar, maka dapat mengupload naskah. Cara mengupload naskah dapat dilakukan dengan dua cara, pertama dengan otomatis dan dengan manual.

Secara manual : Cara menambahkan artikel di scholar pun cukup menekan tanda ples di sisi kiri, di samping tulisan judul. Maka akan muncul beberapa pilihan alternatif judul, pilih pilihan “tambahan artikel secara manual”

Secara otomatis: Jika ingin mengupload secara otomatis pun Anda juga dapat melakukannya, caranya sama, dengan menekan tombol ples di sisi kiri. Ketika muncul beberapa pilihan, maka pilih ‘tambahkan artikel’.

Menambah dan Menghapus Artikel

Ketika merasa tulisan yang pernah dipasang di Google Scholar ada yang perlu di edit, dapat Anda lakukan. Anda tinggal mengedit artikel tersebut, atau jika ingin di hapus juga dapat Anda lakukan. Sebenarnya langkahnya cukup mudah.

Pertama, masuk ke akun Anda. Di sana nanti akan disuguhkan beberapa pilihan judul. Pilih salah satu judul yang itu milik Anda. Klik, dan Anda akan diantarkan ke layar lain. Dilayar baru, Anda akan mendapati dua tool di bagian atas kanan. Ada tool gambar pensil, yang berfungsi untuk melakukan editing. Sedangkan di bagian samping terdapat gambar sampah, yang berfungsi untuk menghapus.

Menghitung H-Indeks

Bagi seorang peneliti dan penulis bergabung di Google Scholar karena memiliki tujuan. Tujuan artikelnya terindeks. adapun perhitungan h-index, dapat dilihat seperti di foto berikut.

google scholar indonesia
Sumber H-Indeks: https://www.researchgate.net/

Itulah cara menghitung h-index. Jadi h adalah artikel yang telah sitasi. Dapat diartikan pula bahwa h adalah jumlah artikel yang telah disitasi.

Itulah tentang google scholar untuk index dosen Indonesia. Jadi, semua hasil artikel yang di submit di scholar dapat dilihat oleh orang lain dari Sabang sampai Merauke. Sebenarnya google scholar tidak hanya untuk mengupload artikel, penelitian saja, tetapi juga dapat untuk melakukan pencarian dari hasil tesis, buku dan sebenarnya.

Sisi yang lain, bagi penulis dan peneliti ternyata google scholar juga dapat membantu para peneliti dan penulis lain yang naskanya belum terindeks. Jadi, secara tidak langsung, ini dijadikan sebagai media evaluasi bagi para penulis/peneliti yang lain. Satu sisi, google scholar pun juga terintegrasi dengan SINTA. Itulah, semoga ulasan ini bermanfaat.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Karya Ilmiah dan Jurnal, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan