Kegunaan Buku. Buku kerap disebut sebagai jendela dunia karena kegunaan buku memang untuk menambah wawasan dan mengetahui banyak hal yang ada di dunia bahkan yang belum kita tahu sebelumnya. Kegiatan membaca buku untuk mendapatkan kegunaan buku ini juga tidak hanya bagi para pelajar, tetapi juga orang dewasa bahkan orang-orang usia lanjut.

Kegunaan buku untuk khalayak umum memang menjadi sumber informasi yang kemudian dapat membuka wawasan seseorang mengenai berbagai hal, misalnya ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik maupun berbagai aspek mengenai kehidupan manusia lainnya.

Selain itu, dengan membaca buku seseorang bisa mendapat kegunaan buku, di antaranya membantu mengubah masa depan bahkan dapat menambah kecerdasan akal pikiran manusia. Sehingga tanpa disadari, kegunaan buku ini akan memberi banyak inspirasi bagi manusia.

Sayangnya, kebiasaan membaca buku belakangan ini sudah mulai menurun bahkan sudah mulai ditinggalkan. Ada berbagai alasan buku mulai ditinggalkan, misalnya kesibukan seseorang dengan kegiatannya, berkembangnya teknologi dan internet yang semakin mudah untuk mengakses informasi, dan lain sebagainya.

19+ Kegunaan Buku yang Dapat Mengubah Hidupmu

Perlu disadari, kegunaan buku memang sudah agak ditinggalkan seiring berkembangnya internet, televisi, radio, dan semua hal yang berbau digital. Tapi sebenarnya kegunaan buku bisa lebih dari itu. Ada berbagai manfaat dan kegunaan buku yang didapatkan oleh manusia seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Dapat Menstimulasi Mental

Kegunaan buku dapat menstimulasi mental melalui. Ketika mental terus diasah, maka kesehatan seseorang juga akan lebih terjamin. Hal ini karena kesehatan tubuh secara keseluruhan dipengaruhi oleh kesehatan mental.

Oleh sebab itu, melatih kesehatan mental dengan membiasakan diri membaca buku akan mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang dan mentalnya secara keseluruhan. Selain itu, membaca buku juga mampu menstimulasi dan melatih kesehatan otak.

Seperti yang kita tahu, otak merupakan salah satu organ tubuh yang harus terus dilatih agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, membaca buku menjadi salah satu cara menjaga kesehatan otak agar tetap aktif dan melakukan fungsinya dengan baik.

Tak hanya itu, berbagai penelitian membuktikan bahwa kegunaan buku juga bisa merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Sehingga membaca buku sangat penting untuk bekal masa tua agar tetap sehat.

Melalui hasil pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI), para peneliti menemukan fakta bahwa seseorang yang terbiasa membaca buku dapat lebih mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit yang kompleks pada otaknya. Sirkuit ini sangat berfungsi untuk mengatur kerja dan kualitas otak.

Oleh sebab itu, orang yang lebih sering membaca maka jaringan sirkuit yang tercipta akan semakin kuat dan kompleks sehingga fungsi otaknya akan terus membaik. Misalnya seperti fungsi memori, fungsi gerak, sensitivitas terhadap nyeri, dan lainnya mengenai otak.

2. Dapat Mengurangi Stres

Selain mampu menstimulasi kesehatan otak dan mental, kegunaan buku juga dapat mengurangi risiko stres. Hal ini karena wajar bila manusia merasa lelah ketika berkegiatan sehari-hari. Tak jarang mereka merasa terlalu lelah hingga stres. Dengan membiasakan diri untuk membaca buku, maka dapat menekan perkembangan hormon stres.

Sempatkan waktu sekitar beberapa menit saja untuk menekan perkembangan hormon stres seperti hormon kortisol. Dengan membaca, maka dapat membuat pikiran lebih santai dan rileks sehingga masalah stres dapat diatasi bahkan dapat diatasi hingga 67 persen. Selain merelaksasi, kegunaan buku juga dapat membuat seseorang merasa tenang dan damai.

Hal ini karena membaca buku mampu menurunkan tekanan darah serta telah terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood atau penyakit mental berhasil menurunkan gejala dan risikonya. Sehingga tak bisa dipungkiri, manfaat membaca buku yang mulai ditinggalkan ini justru bermanfaat bagi kesehatan otak dan menghindari stres.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of College Teaching and Learning membuktikan bahwa kebiasaan membaca buku, setidaknya selama 30 menit setiap hari mampu menurunkan tekanan darah, menurunkan frekuensi detak jantung, dan bahkan menurunkan perasaan stres.

Lebih jauh, kegunaan membaca buku dan dibiasakan membaca buku ini sama efektifnya dengan seseorang yang melakukan olahraga meditatif, misalnya olahraga yoga atau menonton tayangan humor atau komedi.

3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Sudah jelas bahwa kegunaan buku dapat menambah wawasan dan pengetahuan seseorang. Membaca buku sama halnya dengan mengisi kepala seseorang dengan berbagai macam informasi baru dan informasi tambahan bahkan yang selama ini belum diketahui. Besar kemungkinan, informasi dari buku dapat berguna nantinya.

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, maka kita akan lebih siap menghadapi berbagai hal yang terjadi di dunia ini, baik saat ini maupun di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, membaca buku sangat penting tak hanya sebagai ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai sumber inspirasi.

Berbagai informasi maupun ide yang tertuang di dalam sebuah buku yang kita baca di kemudian hari mampu membantu kita untuk membuka jalan pikiran tentang bagaimana lebih mengenal dunia dan seisinya serta mendapat berbagai pemahaman yang lebih dari yang sudah diketahui sebelumnya.

Baca Juga:

4. Dapat Menambah Kosakata

Kegunaan membaca buku juga bisa untuk menambah kosakata kita. Mungkin banyak kosakata baru yang kita dapatkan melalui membaca buku. Ketika kita membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapat berbagai penjelasan tentang berbagai hal yang belum kita ketahui selanjutnya dan kosakata baru yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Hal ini tentu saja sangat membantu kita untuk berkomunikasi bahkan mengartikulasikan dan membantu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang lugas dan menambah kepercayaan diri saat berkomunikasi dengan orang lain.

5. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori

Dengan membaca buku, seseorang juga dapat meningkatkan kualitas memorinya. Kegunaan buku memang sangat berfungsi meningkatkan kualitas otak sehingga kualitas memori terus terasah. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk proses mengingat baik saat mengingat isi buku maupun berbagai hal lainnya.

Kebiasaan membaca buku akan memengaruhi setiap memori dan membantu otak untuk ditempa semakin kuat. Tak heran jika kegiatan membaca buku dapat membuat seseorang lebih mudah mengingat suatu hal daripada yang tidak pernah membaca buku. Selain itu, membaca buku juga membantu otak untuk dapat lebih fokus dalam berpikir dan lebih konsentrasi.

6. Melatih Keterampilan Menganalisis

Kegunaan buku mampu melatih otak untuk dapat berpikir lebih kritis maupun mampu menganalisis masalah yang tersaji dalam buku yang kita baca. Kemudian, kemampuan menganalisis dan keterampilannya akan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya saat membaca sebuah buku, kita akhirnya larut dalam alur ceritanya dan berpikir mengenai bagaimana penyelesaian masalah yang akan terjadi di dalam buku tersebut. Hal ini bisa terus dikembangkan dan sangat bermanfaat di masa mendatang.

7. Meningkatkan Fokus

Kegunaan buku yang selanjutnya mampu meningkatkan fokus pembaca. Ketika kita membiasakan membaca buku, maka otak dilatih untuk lebih fokus pada hal yang kita baca. Kemudian manfaat tersebut akan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nantinya ketika melakukan aktivitas, kita juga bisa fokus untuk menyelesaikan dan melakukan kegiatan tersebut sehingga hasilnya lebih baik dan maksimal.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Terbiasa membaca buku juga mampu meningkatkan konsentrasi seseorang. Dalam hal ini, kegunaan buku mampu mengasah otak untuk dapat konsentrasi dan melatih seseorang untuk terlatih konsentrasi di berbagai hal. Sama halnya dengan melatih fokus, melatih konsentrasi ini juga bermanfaat bagi kegiatan atau rutinitas sehari-hari.

9. Melatih untuk Dapat Menulis dengan Baik

Terbiasa membaca buku akan membuat seseorang terlatih menulis dengan baik. Bagi penulis, tentu kegunaan buku sangat bisa dirasakan. Kegunaan buku nantinya dapat menambah pengalaman dan juga menambah motivasi serta inspirasi bagi penulis untuk dapat menulis dengan bahasa yang baik atau bahkan lebih baik dari yang dibacanya.

Sehingga, kegunaan buku ini sangat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang melalui proses skripsi, tesis, atau menulis lainnya untuk mengembangkan ide, mencari inspirasi, dan mempelajari gaya bahasa yang baik dan benar.

10. Memperluas Pemikiran Seseorang

Kegunaan membaca buku juga dapat membantu seseorang memperluas pemikirannya. Seseorang yang terbiasa membaca buku tentu lebih bisa berpikir luas dan realistis. Tak hanya itu, buku juga terbukti menambah pengalaman seseorang tentang berbagai macam informasi yang di kemudian hari bisa menjadi bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan sesuatu.

11. Meningkatkan Hubungan Sosial

Tak hanya di segi pengetahuan saja, membaca buku juga terbukti dapat meningkatkan hubungan sosial sesama manusia. Terbiasa atau gemar membaca buku mampu memengaruhi aspek kehidupan manusia dalam bersosialisasi. Nantinya, kita akan lebih dapat mengenal berbagai karakteristik manusia dan budaya.

Terbiasa membaca buku juga membuat seseorang mampu mengetahui dan memahami kehidupan sosial di dalam suatu masyarakat. Sehingga ketika berkunjung ke tempat tersebut atau bergabung di lingkungan tersebut, kita tahu bagaimana cara bersikap dan menempatkan diri dan dapat menghormati adat dan kebudayaan mereka.

12. Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Sama halnya seperti mengasah kemampuan otak, kegunaan membaca buku juga sangat penting untuk mencegah penurunan fungsi kognitif. Kita tahu, semakin bertambahnya usia, seseorang akan semakin mengalami penurunan kognitif. Tapi hal ini tak akan terjadi ketika sudah terbiasa membaca buku sejak awal.

Studi yang dilakukan oleh Rush University Medical Center bahkan sudah membuktikan bahwa seseorang yang menghabiskan waktunya dengan membaca buku atau melakukan kegiatan kreatif intelektual lainnya akan mengalami tingkat penurunan kognitif hingga 32 persen daripada mereka yang tidak terbiasa membaca buku.

Tak heran jika kegunaan buku mampu membuat otak bekerja lebih efisien dan mampu mengubah struktur neuropathologis yang berkaitan dengan usia seseorang.

13. Meningkatkan Empati

Terbiasa membaca buku juga dapat meningkatkan empati seseorang. Hal ini karena kegunaan buku terbukti dapat meningkatkan pemahaman seseorang untuk lebih memahami perasaan orang lain. Hal ini bahkan sudah dibuktikan di berbagai penelitian, salah satunya oleh penelitian dari New York University.

Dengan terbiasa membaca buku, maka seseorang bisa lebih mampu meningkatkan kualitas hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitarnya.

14. Mendorong Tujuan Hidup

Membaca buku tak serta-merta hanya mengetahui informasi dan pengetahuan di dalamnya. Tetapi kegunaan buku juga dapat mendorong seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya. Penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University membuktikan bahwa dengan membaca buku, seseorang bisa mendapat motivasi untuk mengatasi berbagai masalah dan hambatan.

Saat sedang proses mencapai tujuan hidup, tentu seseorang akan menemui halangan atau hambatan. Dengan terbiasa membaca buku, kita akan lebih mudah mengatasi hambatan dan tujuan hidup segera tercapai dengan baik.

Hal ini karena terbiasa membaca buku akan membuat seseorang mampu lebih dalam mengidentifikasi karakter, masalah, pengalaman, dan berbagai peristiwa yang seolah-olah memang sedang ia hadapi saat membaca buku. Nantinya ini menjadi bekal yang kuat untuk mencapai tujuan hidup seseorang dan mengambil tindakan.

Baca Juga:

15. Membantu Terhubung dengan Dunia Luar

Membaca buku sangat bermanfaat untuk membantu kita terhubung dengan dunia luar. Tak heran jika kegunaan buku sebagai jendela dunia. Dengan membaca buku, kita sama halnya sedang berada di dalam masalah yang ada di dalam buku dan berusaha mengidentifikasi karakter dan masalah yang ada di dalam buku.

Tentu saja ini akan membuat kita seolah terhubung dengan dunia luar dan melakukan hal seperti yang kita baca meski tak secara langsung. Kemudian, kita dapat meningkatkan rasa inklusi, atau dengan kata lain dapat meningkatkan hubungan dengan dunia luar yang belum pernah kita sentuh sebelumnya.

16. Dapat Berhemat

Mengapa kegunaan buku dapat membuat seseorang lebih berhemat? Ternyata kegunaan buku akan membawa dampak pada segi perekonomian seseorang. Dengan terbiasa membaca buku, kita akan lebih menghemat uang daripada harus mencari jasa penyedia informasi berbayar atau hiburan berbayar lainnya, misalnya menonton bioskop.

17. Membuat Hati Gembira

Buku juga memiliki manfaat untuk membuat perasaan atau hati seseorang gembira. Hal ini karena terbiasa membaca buku akan meningkatkan hormon bahagia pada seseorang yang sangat berpengaruh untuk suasana hatinya saat itu. Bahkan, hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian di luar negeri.

18. Meningkatkan Kreativitas

Karena terbiasa membaca buku dan mampu menganalisis karakter dan masalah di dalam buku, maka kita akan memiliki kreativitas yang tinggi baik dalam menyelesaikan masalah maupun mengambil keputusan untuk membuat sesuatu. Tak heran jika orang yang terbiasa membaca buku lebih kreatif daripada orang yang tidak pernah membaca buku.

19. Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa sangka, terbiasa membaca buku juga mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur. Bagi orang-orang yang sulit tidur atau sering insomnia, membaca buku bisa jadi solusi yang terbaik untuk mengatasi masalahnya. Hal ini karena kegunaan buku dapat mengurangi stres kronis sehingga memengaruhi banyak hal lain.

Salah satu yang dipengaruhi ketika risiko stres menurun yakni kualitas tidur yang lebih baik. Memasukkan aktivitas membaca buku di malam hari atau sebelum jam tidur mampu untuk membantu seseorang yang mengalami masalah tidur.

Lebih jauh, ketika seseorang memiliki kualitas tidur yang baik, maka kegiatan sehari-harinya juga akan lebih baik dan terhindar dari insomnia serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

20. Meningkatkan Harapan Hidup

Seseorang yang terbiasa membaca buku juga mampu meningkatkan harapan hidupnya. Kegunaan buku untuk meningkatkan harapan hidup ini terbukti di berbagai penelitian. Seperti misalnya sebuah studi yang dilakukan pada orang yang terbiasa membaca buku sekitar 30 menit per hari.

Angka mortalitas atau angka kematian karena suatu penyakit orang yang terbiasa membaca buku sekitar 30 menit per hari akan jauh berkurang bahkan sampai 20 persen dibandingkan mereka yang tidak pernah atau tidak terbiasa membaca buku.

Meski jenis bacaan tertentu memiliki pengaruh yang lebih baik, tetapi peneliti mengatakan bahwa durasi yang lebih intens atau lebih rutin akan lebih bermanfaat. Mereka yang masih sempat melakukan kegiatan membaca buku setiap hari cenderung hidup dua tahun lebih lama dibandingkan yang tidak terbiasa membaca, baik buku, majalah, koran, atau media lain.

Artikel Terkait: