Metode Menulis Buku Yang Tepat

metode menulis buku

Bagi orang yang memiliki passion menulis, mungkin saja menulis itu sesuatu hal yang biasa. Ketika menulis juga tidak ada kesulitan yang berarti. Namun, bagi sebagian orang, merasa menulis itu bisa jadi pekerjaan yang menyulitkan kemampuan. Alasannya sederhana, karena tidak mengetahui metode menulis.

Bagi pemula, bahkan bagi yang sudah berpengalaman, menulis buku dapat dilakukan dengan beberapa persiapan. Ada persiapan peralatan/tempat menulis dan persiapan materi. Namun menyiapkan persiapan secara matang tidak menjamin, yang menjamin memahami metode menulis buku yang tepat. Berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda praktekan.

Pilih Metode Penulisan yang Tepat

Ada banyak sekali metode menulis buku. Setiap orang memiliki gaya kebiasaan yang berbeda-beda. Ada yang suka menulis menggunakan komputer/laptop langsung. Banyak juga yang menulis menggunakan corat-coret di selembar kertas, hingga berlembar-lembar. Beberapa rekan penulis saya, bahkan ada yang menulis hanya dengan cara merekam suara.

Sebenarnya ada banyak sekali metode penulisan yang bisa dilakukan. Apalagi kini perkembangan teknologi memberikan fasilitas yang luar biasa. Ada banyak aplikasi. Umumnya, penulis yang memiliki jam terbang tinggi, mereka merekam suara di ponsel, mengemukakan pendapatnya di perekam suara. Kemudian ada sekertaris atau timnya yang mengetik dalam bentuk teks.

Sesederhana itu, hanya merekam suara, Anda sudah bisa menjadi buku. Ada pula yang tidak bisa menulis jika langsung di depan laptop/komputer. Jadi, harus menulis dilembaran kertas terlebih dahulu. Nah, Anda salah satu yang mempersiapkan menulis buku dengan cara seperti apa?

Metode Menulis Buku – Mencari Lokasi Menulis yang Nyaman

Salah satu cara lain agar mood menulis buku berjalan lancar adalah menentukan lokasi menulis. Lokasi yang nyaman tentu akan menjaga mood Anda saat menulis. Adapun beberapa tips memilih lokasi, pastikan lokasi memiliki ruang yang lebih lebar, alias tidak sumpek.

Jika Anda bosan menulis suasana di rumah, Anda bisa menulis di kafe, di kantor atau sengaja ke perpustakaan. Bahkan ada juga yang nyaman menulis selama perjalanan. Sebenarnya menulis bisa dilakukan dimana saja, tergantung dari tingkat kenyamanan diri masing-masing.

Mengidentifikasi Kebutuhan Dasar Yang Mendukung Mood Menulis

Cara menulis buku juga dapat dimulai dengan mengetahui kebutuhan dasar yang mendukung mood Anda menulis. Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kebutuhan dasar yang berbeda-beda. Ada tipe orang yang membutuhkan cemilan saat menulis, ada juga yang kebalikan, tidak bisa menulis jika ada cemilan.

Mengidentifikasi kebutuhan dasar yang mendukung mood ini sangat penting bagi penulis. Karena apa yang Anda butuhkan, akan mendorong motivasi Anda untuk menulis dan bekerja lebih produktif. Menjaga produktivitas pekerja itu satu hal yang penting.

Metode Menulis Buku – Rancang Jadwal Menulis

Persiapan yang perlu diperhitungkan adalah membuat jadwal menulis. Buatlah jadwal menulis. Setiap orang memiliki ritme kerja dan puncak kreatifitas yang berbeda-beda. Ada yang puncak performa menulis di malam hari, dini hari atau mungkin pagi hari. Anda perlu mengenali jatidiri Anda dalam menulis semacam ini. Dengan begitu, Anda merasa lebih produktif lagi dalam menulis buku.

Umumnya, ketika Anda menemukan ritme kerja Anda dan puncak kreatifitas menulis, akan lebih cepat. Jika itu dilakukan secara rutin, maka Anda pun akan terjadwal untuk menulis secara rutin.

Metode Menulis Buku – Lawan writer’s Block

Kendala paling utama saat menulis buku adalah writer’s block. Tidak semua penulis mampu melawan dan menghadapi writer’s block ini. Ketika menulis buku muncul kendala serupa, Anda hanya cukup melawannya. Bagaimana carannya? Cukup lanjutkan menulis. Anda bisa memulai dengan membaca tulisan yang sudah Anda tulis, fungsinya untuk membantu memori otak untuk mengingat-ingat.

Ketika writer’s block muncul, jangan beranjak berhenti menulis. Tetap menulis atau corat-coret, meskipun lambat, tetap bertahan. Karena writer’s block itu dilawan, bukan untuk dibiarkan. Jika dibiarkan, nanti akan mempengaruhi ritme kerja Anda.

Itulah beberapa metode menulis buku yang bisa Anda coba. Jika ingin menjadi seorang penulis sesungguhnya, Anda harus lebih banyak mencoba dan praktek. Karena menjadi seorang penulis itu sedak hanya menguasai teorinya saja. Justru praktek lebih penting dibandingkan dengan teori. Praktek itu memiliki porsi lebih besar dibandingkan dengan menguasai teori. (Elisa)

Referensi:

http://www.snowlife-elisa.com/ di akses pada 18 Desember 2018

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis buku anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Kebutuhan Menulis Buku Bagi Para Pustakawan
  2. Pedoman dan Model Acuan Teknik Menulis Buku Teks yang Berkualitas
  3. Teknik Menulis Buku Ajar dengan Gaya Ilmiah Populer
  4. Teknik Menulis Buku Panduan yang Baik

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!



This post has been seen 353 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.