Tips Cara Membuat Buku Ajar Lebih Efisien

cara membuat buku ajar

Cara membuat buku ajar setiap orang memiliki metode sendiri-sendiri. Penyampaian tulisan pun memiliki kekhasan sendiri. Umumnya ke-khas-an tergantung dari karakter dan jangkauan pengetahuan si penulis. Tidak hanya itu, menulis adalah proses panjang karena berkonsentrasi tinggi dan menuntut penulisnya memiliki daya kreativitas.

Melahirkan sebuah tulisan yang menarik tidak muncul begitu saja. Tapi ada proses panjang yang disebut dengan tahapan. Terutama untuk tulisan berjenis buku ajar. Cara membuat buku ajar berbeda jauh ketika hendak menulis buku fiksi. Apa saja tahapan menulis buku? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Buku Ajar – Menetapkan Topik

Tahapan pertama yang tidak boleh terlewatkan bagi penulis adalah, menetapkan topik. Buat topik yang sifatnya evergreen (bisa dibaca setiap saat). Buat topik yang sederhana namun mengena. Tidak perlu membuat tulisan yang terlampau jauh. Jika Anda mau mengamati, jenis penulisan yang best seller justru adalah tema dan topik yang sering bersinggungan dengan Anda.

Butuh ketrampilan memang agar bisa menetapkan topik. Banyak pula penulis yang binggung akan mengambil topik apa. Jika binggung ingin menulis topik apa, Anda bisa menggali gagasan. Gagasan itu muncul disebabkan oleh beberapa hal, seperti dipengaruhi oleh pengalaman, pengamatan, imajinasi dan pendapat serta keyakinan si penulis. Prinsip topik dibuat tidak luas namun juga tidak terlalu sempit.

Hal terpenting dalam menentukan topik buku ajar ternyata juga perlu mempertimbangkan beberapa hal. Diantarannya mempertimbangkan kemanfaatan topik untuk pembaca, pertimbangkan juga apakah topic tersebut menarik? Atau sebaliknya. Hal yang tidak lupa, perhatikan bahan yang diperlukan oleh topik yang akan Anda angkat, apakah memadai, atau sebaliknya.

Cara Membuat Buku Ajar – Membuat Tujuan

cara membuat buku ajar agar rapid an terstruktur dengan membuat tujuan. Tujuan sebagai orientasi untuk tetap maju ke depan. Tujuan membantu penulis untuk mencapai ending akhir. Tanpa sebuah ending, bisa jadi tulisan Anda tidak akan tiba di muara akhir. Ketika sebuah buku tidak ada tujuan yang jelas, pembaca akan merasa bosan, dan akhirnya meninggalkan buku Anda.

Analogi sederhana, ketika Anda dari rumah ingin pergi keluar rumah sudah memiliki tujuan dengan Anda tidak memiliki tujua, rasanya akan berbeda bukan? Setidaknya ketika Anda hendak pergi dengan tujuan jelas, Anda akan lebih percaya diri dan tidak merasa takut. Sebaliknya, ketika Anda pergi tanpa tujuan, Anda akan gelisah. Bahkan tidak sering Anda hanya muter-muter karena sambil berfikir mencari tujuan yang jelas.

Cara Membuat Buku Ajar – Menyiapkan Bahan Penulisan

Agar tujuan Anda tercapai tepat waktu, lancar dan anda percaya diri dalam menyelesaikan buku ajar. Maka Anda perlu yang namannya menyiapkan bahan tulisan. Tanpa bahan yang memadai, Anda akan merasa tidak percaya diri. Cara  Anda menyiapkan bahan bisa dengan banyak membaca, rajin mencatat ilmu-ilmu penting.

Siapkan bahan dari berbagai disiplin ilmu. Adapun cara lain, yaitu dengan membeli buku-buku yang membahas topik yang Anda buat. Baca banyak buku, fungsinya membantu dalam mengembangkan gagasan dan ide. Dengan demikian, akan membantu menuangkan dalam proses penulisan buku ajar. Umumnya buku yang tidak berisi tulisan kaya ilmu, isi bukunya pun hambar.

Cara Membuat Buku Ajar – Membuat Kerangka Karangan

Jika bahan sudah tersedia lengkap. Tahap selanjutnya adalah menyusun kerangka karangan. Susunlah kerangka karangan lebih terperinci dan terspesifik. Satu hal yang ditekankan dalam menulis buku ajar adalah menyusun secara logis dan teratur. Di tahap inilah, penulis dituntut untuk memiliki ketrampilan untuk membedakan gagasan utama dan gagasan tambahan.

Karena masih dalam bentuk kerangka karangan, maka dapat ditulis dalam bentuk cacatan sederhana. Meskipun dalam bentuk catatan sederhana, pesan juga harus ditulis lebih mendetil. Fungsinya agar mudah untuk diolah ketika proses pengisian. Prinsipnya, kerangka karangan sebenarnya membuat garis besar apa saja yang akan ditulis.

Itulah beberapa tips cara membuat buku ajar. Jika Anda masih merasa kesulitan, Anda dapat membaca buku atau jalan-jalan di halaman rumah. Fungsinya untuk membantu otak Anda terstimulus dan aktif berfikir, mengeluarkan kreativitas baru. (Elisa)

Referensi:

http://www.snowlife-elisa.com/ diakses pada 26 Desember 2018

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis buku anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Kebutuhan Menulis Buku Bagi Para Pustakawan
  2. Pedoman dan Model Acuan Teknik Menulis Buku Teks yang Berkualitas
  3. Teknik Menulis Buku Ajar dengan Gaya Ilmiah Populer
  4. Teknik Menulis Buku Panduan yang Baik

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!



This post has been seen 270 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.