Setiap penulis tentu menghendaki penerbit buku terbaik untuk menangani penerbitan naskah atau karya tulisnya. Supaya naskah tersebut diterbitkan secara resmi dan penulis mendapatkan haknya sebagai pembuat sekaligus pemilik karya. Misalnya dalam bentuk royalti. 

Hanya saja untuk menemukan penerbit buku yang bagus, ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi penerbit terpercaya biasanya dikenal selektif dalam menerima naskah. 

Penulis tentu was-was naskahnya tidak diterima, padahal bisa jadi sudah dikejar deadline. Misalnya dosen yang sudah dikejar jadwal pelaporan BKD dan naskah buku belum juga jelas apakah bisa terbit sebentar lagi atau tidak. Lalu, seperti apa pemilihan penerbit yang terbaik? 

Alasan Perlu Memilih Penerbit Buku Terbaik

Sebelum mengetahui apa saja yang perlu dilakukan agar bisa mendapatkan penerbit buku terbaik. Maka pahami dulu berbagai alasan kenapa harus bersusah payah mencari penerbit. Pasalnya jumlah penerbit sendiri di tanah air sangat banyak. 

Baik itu penerbit mayor, penerbit indie, maupun jenis lainnya yang tentunya selalu siap membantu menerbitkan naskah buku. Meskipun banyak pilihan namun pada akhirnya belum tentu naskah diterima redaksi penerbit. Bisa jadi akan diterima oleh broker atau script hunter

Jadi, penting untuk memastikan naskah diterima oleh penerbit dan bukannya ke pihak broke tersebut. Kemudian, dalam memilih penerbit buku terbaik juga perlu mempertimbangkan banyak hal agar tidak salah pilih. Berikut berbagai alasannya: 

1. Memastikan Naskah Aman dari Plagiat 

Alasan pertama kenapa perlu teliti dalam memilih penerbit adalah untuk memastikan naskah aman dari plagiat. Pasalnya naskah akan diberikan kepada penerbit, dan di zaman sekarang biasanya diberikan softcopy

Jika penerbit tersebut tidak dapat dipercaya, maka ada resiko naskah digunakan untuk kepentingan pribadi. Misalnya dijual ke penerbit lain, diterbitkan atas nama penulis lain, diterbitkan tanpa mencantumkan nama penulis, dan lain-lain. 

Sehingga naskah kemudian rawan terkena plagiat, baik sebagian maupun seluruhnya. Inilah alasan kenapa perlu teliti memilih penerbit agar naskah aman dan bisa diterbitkan dengan mencantumkan nama penulis sekaligus pemilik naskah. 

2. Terbantu untuk Menerbitkan Buku Berkualitas 

Alasan kedua kenapa perlu mendapatkan penerbit buku terbaik adalah untuk bisa menerbitkan buku berkualitas. Naskah yang dikirimkan ke penerbit tentu naskah buatan sendiri yang berisi buah pikiran pribadi. 

Meskipun begitu, pihak penerbit akan melakukan proses editing dan dengan sepengetahuan penulis akan mengubah beberapa bagian. Sehingga bagian yang sebelumnya kurang bagus menjadi lebih bagus lagi. 

Naskah yang tadinya memiliki kualitas biasa kemudian bisa memiliki kualitas yang baik. Jika diterbitkan maka buku tersebut akan diminati karena memang menyajikan topik secara menarik dan mudah dipahami. 

Jadi, dengan memilih penerbit terbaik maka akan terbantu memperbaiki kualitas naskah agar ketika diterbitkan bisa menjadi buku berkualitas. Jika dikirimkan ke penerbit abal-abal maka proses editing biasanya tidak ada dan tentu merugikan penulis. 

3. Menjamin Naskah Terbit 

Ada banyak kasus yang dialami para penulis, baik dosen maupun profesi lainnya terkait proses penerbitan buku. Ada yang naskahnya dijual putus, sehingga meskipun terbit penulis tidak berhak mendapatkan royalti. 

Ada juga yang naskah tidak kunjung diterbitkan karena berbagai alasan yang disampaikan oleh penerbit tidak bertanggung jawab. Mencegah masalah seperti ini dialami maka penting untuk teliti memilih penerbit buku. 

Sehingga bisa mendapatkan pilihan terbaik dan kemudian memastikan naskah diterbitkan. Bahkan jika beruntung naskah bisa terbit dalam kurun waktu yang relatif singkat. 

Misalnya lewat program Deepublish Express Deals yang membantu pemilik naskah menerbitkan buku dalam waktu 1 bulan saja. Sehingga buku dijamin segera terbit, segera sampai di tangan pembaca, bisa dilaporkan ke BKD, dan royalti bisa cair dalam jumlah lumayan. 

4. Pemasaran Naskah Dibantu Secara Maksimal 

Alasan terakhir kenapa perlu teliti dalam memilih penerbit buku terbaik adalah untuk mendapatkan bantuan pemasaran yang maksimal. Hal ini berlaku untuk penulis yang mengirimkan naskahnya ke penerbit indie. 

Dimana proses cetak jumlahnya ditentukan sendiri oleh penulis, apakah ingin mencetak 10 eksemplar, 50 eksemplar, atau lebih? Jumlah cetak disesuaikan kebutuhan dan juga ketersediaan anggaran sehingga biaya tidak membengkak. 

Tidak semua penerbit indie membantu pemasaran, karena mayoritas kegiatan pemasaran dilakukan sendiri oleh penulis. Namun dewasa ini semakin banyak penerbit indie yang juga menyediakan fasilitas pemasaran melalui jaringan penerbit tersebut. 

Jadi, silahkan teliti dalam memilih penerbit indie agar bisa mendapatkan fasilitas pemasaran secara gratis. Sehingga jumlah buku yang terjual lebih banyak dan jumlah royalti yang cair bisa lebih tinggi. 

Baca Juga:

Menentukan Segmentasi Buku agar Diterima oleh Penerbit Buku

Cara Menerbitkan Buku dengan Memilih Penerbit Buku yang Tepat

Biaya Menerbitkan Buku di Penerbit Deepublish

Tips Memilih Penerbit Buku Terbaik

Mengetahui apa saja perbedaan antara penerbit mayor dengan penerbit indie akan membantu menentukan pilihan. Apakah naskah buku yang dimiliki lebih cocok diterbitkan ke penerbit mayor atau justru indie? 

Setiap penulis tentu punya pertimbangan tersendiri, misalnya bagi dosen yang dikejar deadline pelaporan BKD untuk menerbitkan buku. Maka mau tidak mau harus berusaha naskah bukunya terbit. Yakni dengan mengirimkannya ke penerbit indie dibanding mayor. 

Sebaliknya, jika memiliki karya tulis umum dan tidak dikejar target untuk diterbitkan seperti dosen. Maka perlu dicoba dulu naskah tersebut dikirimkan ke penerbit mayor agar penulis tidak perlu keluar biaya selama proses penerbitan. 

Jika sudah menentukan pilihan jenis penerbit buku terbaik mana yang akan digunakan jasanya. Barulah kemudian memilih penerbit buku terbaik, yakni dengan memperhatikan dan menerapkan beberapa tips berikut ini: 

1. Mencari Penerbit Resmi dan Terpercaya 

Tips pertama dalam mencari penerbit terbaik adalah mencari yang memang resmi sekaligus terbukti terpercaya. Paling utama adalah legalitas penerbit tersebut yang jelas. Sehingga memiliki izin usaha yang memang berkaitan dengan jasa penerbitan. 

Legalitas perusahaan kini bisa dicek secara online melalui laman https://izinkilat.id/ yang memiliki data seluruh perusahaan di Indonesia. Baik dalam bentuk CV, PT, maupun PT perorangan. 

Kenapa pengecekan ini penting? Yakni untuk menghindari penerbit yang tidak resmi, dimana legalitas usahanya tidak jelas. Jika usahanya saja tidak berizin bagaimana mungkin penulis bisa mempercayakan naskah miliknya ke penerbit tersebut? 

Informasi lainnya juga perlu dicari, misalnya profil perusahaannya seperti apa, alamatnya dimana, sudah beroperasi sejak kapan, dan buku-buku apa saja yang diterbitkan? Pastikan penerbit tersebut memang sudah menerbitkan buku. 

2. Memperhatikan Reputasi Penerbit

Tips kedua dalam memilih penerbit buku terbaik adalah memperhatikan dan mengecek reputasinya. Artinya, penulis perlu mengutamakan penerbit yang sudah berpengalaman di dunia printing dan penerbitan. 

Sehingga paham betul apa saja yang harus dilakukan terhadap naskah milik penulis, supaya naskah tersebut bisa segera terbit.  Selain itu, silahkan mengecek testimoni atau penilaian dari penulis lain yang sudah memakai jasanya. 

Bisa mengecek testimoni secara online melalui Google Business, bisa juga bertanya langsung kepada penulis yang kebetulan kenal. Sehingga bisa memiliki gambaran apakah penerbit tersebut bagus dan terpercaya atau sebaliknya. 

3. Mengutamakan Penerbit yang Layanannya Bagus

Perusahaan penerbit buku adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penerbitan. Mulai dari pengurusan ISBN, kemudian proses cetak, lalu desain materi buku seperti cover dan layout buku, dan lain-lain sampai buku siap dipasarkan ke masyarakat. 

Sebagai penulis yang awam dengan dunia penerbitan, cetak, pengurusan ISBN, dan sejenisnya tentu tidak akan paham sama sekali. Maka perlu dampingan penerbit yang paham untuk membantu mengurus dan memberi penjelasan secara profesional. 

Maka penting bagi penulis untuk memilih penerbit yang informatif dan juga menjelaskan setiap pertanyaan dengan sangat detail. Sehingga bisa menunjukan pengetahuan dan pengalaman mereka di dunia penerbitan. 

Hal ini akan membantu membangun kepercayaan dengan penulis sehingga tidak ragu menyerahkan naskahnya secara penuh untuk diproses. Jadi, jangan buru-buru menyerahkan seluruh naskah sebelum memastikan layanan mereka memang bagus atau profesional. 

4. Mengecek Besaran Biayanya

Jenis penerbit buku terbaik sangat banyak mulai dari penerbit mayor kemudian penerbit indie. Penerbit mayor memang sebagian besar tidak membebankan biaya penerbitan kepada penulis. Namun beberapa membebankannya. 

Sedangkan penerbit indie dijamin beban biaya cetak sampai penerbitan diberikan kepada penulis. Berhubung pilihan penerbit sangat banyak maka bandingkan biaya penerbitan di semua penerbit yang berhasil ditemukan. 

Tidak masalah mencari yang termurah asalkan bisa memastikan kualitas cetak dan desain cover maupun layout bukunya bagus. Bisa dilihat dari buku-buku sebelumnya yang sudah diterbitkan penerbit tersebut. 

Jadi, jangan asal murah dan tetap mengutamakan kualitas. Sebab bagaimana pembaca bisa menyukai dan membeli buku yang ditulis jika kualitas kertas, cetak, dan lain-lain terbilang rendah? 

Poin utama adalah disesuaikan dengan anggaran dengan tetap mengutamakan kualitas agar pembaca tidak kecewa. 

5. Memastikan Waktu Pengerjaan  

Pernah mengirimkan naskah dan proses penerbitannya sampai berbulan-bulan? Hal ini mungkin bisa dialami penulis jika sejak awal tidak teliti dalam memilih. Ketidakjelasan proses naskah sudah sampai mana bisa menjadi masalah. 

Apalagi bagi dosen yang ingin segera menerbitkan buku dan melaporkannya ke dalam BKD, sehingga bisa mendapatkan KUM. Maka penting untuk teliti dalam menentukan pilihan. 

Silahkan ditanyakan kepada pihak penerbit sebelum menandatangani surat kesepakatan kerjasama atau MoU. Kemudian bisa juga bertanya kepada pengguna jasanya, apakah mereka menilai waktu pengerjaannya cepat atau tidak? 

Jika memang terbilang cepat maka silahkan menjadikannya sebagai pilihan. Namun jika justru sebaliknya, maka sebaiknya mencoba mencari penerbit lain yang waktu pengerjaannya terjamin efisien. 

Baca Juga:

Contoh Naskah Buku yang Diterima Penerbit

Perbedaan Penerbitan dan Percetakan

Mengapa Memilih Penerbit IKAPI?

6. Terdapat MoU 

Penerbit resmi, handal, dan terpercaya dijamin akan mengutamakan kerjasama yang jelas dan transparan. Maka pihak penerbit kemudian memberikan MoU atau istilahnya surat perjanjian kerjasama. 

Para dosen bisa mencari penerbit yang memberikan surat perjanjian seperti ini agar nasib naskah aman dan penulis mendapatkan haknya. Namun, ketika surat perjanjian diserahkan jangan buru-buru membubuhkan tanda tangan. 

Silahkan dibaca dulu isinya, dipahami setiap poinnya. Apakah memang adil dan menguntungkan penulis maupun penerbit (kedua belah pihak)? Jika iya, dan tidak merasa ada suatu poin yang memberatkan silahkan baru ditandatangani. 

7. Dikenal Menerbitkan Buku Berkualitas 

Tips berikutnya untuk mendapatkan penerbit buku terbaik adalah mencari yang rutin menerbitkan buku berkualitas. Atau memang dikenal sebagai penerbit buku-buku yang kualitasnya tidak perlu diragukan. Alasannya banyak. 

Pertama, karena dipastikan proses editing berjalan sehingga di penerbit memiliki tim editor handal yang membantu memoles naskah buku biasa menjadi luar biasa. Kedua, kredibilitasnya sudah terjamin di mata penulis maupun pembaca. 

Sehingga menerbitkan buku di penerbit tersebut dijamin tidak akan kesulitan mencari pembaca. Sebab sampai sekarang, banyak pembaca yang mempertimbangkan siapa penerbit sebuah buku sebelum membaca atau membelinya. 

8. Memiliki Link URL Terkait Naskah Buku yang Diterbitkan 

Khusus untuk siapa saja yang berprofesi sebagai dosen, maka penting sekali untuk memilih penerbit buku yang menyediakan link URL ke buku tersebut. Kenapa? Sebab memudahkan dosen untuk melaporkan tugas menerbitkan buku. 

Misalnya pada saat menyusun laporan BKD, dimana dosen perlu melampirkan bukti pelaksanaan tugas Tri Dharma. Menerbitkan buku termasuk tugas penelitian karena sama artinya menyebarluaskan hasil penelitian ke dalam bentuk buku. 

Jadi, utamakan penerbit yang mampu menyediakan link pada produk buku yang berhasil diterbitkan. Sehingga dosen tidak kesulitan untuk membuktikan penerbitan buku tersebut dan memperoleh hasil penilaian BKD yang memuaskan. 

9. Direkomendasikan Banyak Penulis 

Tips yang terakhir untuk mendapatkan penerbit buku terbaik adalah memilih penerbit yang banyak direkomendasikan oleh penulis. Sebab hal ini menjadi bukti kredibilitas dan kualitas layanan penerbit tersebut. 

Pertama, bisa mencari ulasan dan rekomendasi dari komunitas penulis yang diikuti. Sebab di masa sekarang banyak penulis bergabung dalam komunitas khususnya yang bersifat online untuk menambah wawasan dan memperluas jaringan. 

Kedua, bisa juga bertanya dan mengobrol dengan penulis yang sekiranya memang dikenal dan dekat. Misalnya rekan sesama dosen yang tentu sama-sama rutin menulis dan menerbitkan buku. 

Sehingga bisa mendapatkan rekomendasi penerbit buku mana yang sebaiknya dipilih agar naskah aman dan kemudian berhasil diterbitkan. Jika menemukan banyak rekomendasi, maka cek reputasi dan aspek lainnya sesuai penjelasan sebelumnya. 

Rekomendasi Penerbit Buku Terbaik di Indonesia 

Melalui pemaparan di atas, maka dipastikan sudah memiliki gambaran bagaimana memilih penerbit buku yang bagus. Sehingga naskah buku dipastikan bisa diterbitkan dan sebagai penulis bisa mendapatkan hal, seperti dalam bentuk royalti. 

Penerbit Deepublish adalah salah satu rekomendasi penerbit buku terbaik di Indonesia. Rekomendasi atau pilihan yang pertama adalah penerbit deepublish yang merupakan penerbit indie asal Yogyakarta.Penerbit Deepublish merupakan penerbit buku pendidikan yang terpercaya. Penerbit satu ini sudah berdiri sejak tahun 2011 dan tahun 2022 berhasil menerbitkan 10.000 judul buku.

Adapun alamat Penerbit Deepublish terletak di Jl. Rajawali Gg. Elang 6 No.3, Drono, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581.

Penerbit Buku Deepublish adalah salah satu penerbit buku terbaik. Penerbit Deepublish memberikan layanan yang maksimal kepada calon penulis. Kualitas penerbitan di Penerbit Deepublish sangat bagus. Selain itu, Penerbit Deepublish juga menerbitkan seluruh buku yang telah ber-ISBN secara resmi. Jadi, jangan sampai salah pilih penerbit ya!

Artikel Terkait:

Sejarah Perkembangan Penerbit di Indonesia

5 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengirimkan Naskah

7 Ciri Penerbit Buku yang Baik dan Berkualitas

Strategi Penulis Pemula Supaya Naskah Diterima Penerbit