Pengertian Novela. Di dalam karya sastra, banyak jenis karya sastra yang biasa kita ketahui, kita baca, atau bahkan kita tulis, yang dekat dengan kehidupan kita. Berbagai jenis karya sastra tersebut di antaranya ada puisi, prosa, roman, cerita pendek, drama, novel, dan lain sebagainya. Saat ini, novel menjadi salah satu karya sastra yang paling favorit.

Tetapi siapa sangka, ternyata novel sendiri memiliki ‘saudara dekat’ yang tak diketahui atau kurang familiar bagi banyak orang, yaitu novelet dan  novela. Banyak yang tak diketahui apa pengertian novelet dan apa pengertian novela, karena selama ini yang populer hanya karya sastra jenis novel saja, sehingga tak diketahui pengertian novelet atau pengertian novela.

Oleh sebab itu, akan dijelaskan mengenai pengertian novela yang masih termasuk di dalam jenis karya sastra. Berbagai penjelasan mulai pengertian novela dan lain sebagainya akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Novela Menurut Para Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian novela adalah kisahan prosa rekaan yang lebih panjang dan lebih kompleks daripada cerita pendek, tetapi tidak sepanjang novel. Jangkauannya biasanya terbatas pada satu peristiwa, satu keadaan, dan satu titik tikaian; novelet.

2. Wikipedia

Menurut Wikipedia, pengertian novela atau novelet adalah sebuah karya sastra yang memiliki bentuk lebih kecil dari novel.

3. John Wolfgang von Goethe

John Wolfgang menuturkan bahwa pengertian novela memiliki cerita yang lebih panjang dari cerita pendek, tetapi lebih pendek dari novel.

4. Matt Donelly

Matt Donelly mengungkapkan bahwa pengertian novela merupakan istilah yang berasal dari bahasa Italia ‘novella’ (jamak: novelle), yang berarti dongeng atau sebuah berita.

5. Miguel de Cervantes

Pengertian novela dan fenomena novela memengaruhi perkembangan cerita pendek dan novel di Eropa. Berawal di Italia pada abad pertengahan, isi novela didasarkan pada acara lokal yang lucu, politik, atau hal yang sehari-hari (anekdot, legenda, dan kisah-kisah romantis).

6. Robert Silverberg

Pengertian novela adalah salah satu bentuk sastra yang paling kaya dan paling berharga. Pengertian novela ini mengalami perkembangan tema dan karakter yang lebih luas dari cerita pendek, tanpa membuat tuntutan struktural yang rumit dari novel. Oleh karena itu, novela memberikan eksplorasi yang intens dan terperinci mengenai berbagai hal.

Eksplorasi yang intens dan terperinci dari pengertian novela di antaranya mengenai subjek yang dicantumkan hingga tingkat tertentu, baik fokus dan berkonsentrasi dari cerita pendek maupun ruang lingkup novela yang lebih luas lagi.

7. Translate Roman

Pengertian novela yang disebutkan dari translate roman adalah karya sastra yang memiliki kompleksitas tidak terbatas, terutama pada pengenalan konflik, tema, dan peristiwa. Berbeda dengan novel yang memiliki fokus signifikan moral tunggal atau peristiwa klimaks yang membuatnya kurang kompleks, secara struktural, baik panjang dan pendeknya.

Dari pengertian novela dari para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa karangan cerita fiksi yang lebih panjang dan kompleks daripada cerpen atau cerita pendek, tetapi tidak lebih panjang daripada novel. Selain itu, pengertian novela juga merupakan prosa narasi tertulis yang merupakan genre sastra umum di sejumlah negara Eropa.

Pengertian novela juga bisa diartikan sebagai narasi pendek dan terstruktur dengan baik, realistis, meski kadang bernada satir. Pengertian novela ini memengaruhi perkembangan cerita pendek dan novel di seluruh Eropa. Pengertian novela ini berangkat dari berbagai peristiwa lokal yang dulu berawal dari Italia yang bersifat humor, politik, atau asmara.

Terkadang, pengertian novela bersifat cerita individu dan sering dikumpulkan ke dalam koleksi yang sama dengan anekdot, legenda, dan kisah romantis. Kemudian penulis ternama yakni Giovanni Boccaccio, Franco Sacchetti, dan Matteo Bandello mengembangkan novel tersebut menjadi cerita pendek yang halus secara psikologis dan sangat terstruktur.

Pengertian novela juga sering dibungkus menggunakan bingkai cerita menarik yang menyatukan berbagai cerita yang memiliki jenis tema secara umum. Selanjutnya, Geoffrey Chaucer memperkenalkan pengertian novela ke Inggris dengan The Canterbury Tales. Dilanjutkan selama periode Elizabethan, William Shakespeare, dan penulis lainnya mengekstrak plot dramatis dari novel asal Italia tersebut.

Baca Juga:

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel,Cerpen,Puisi,dan Drama

Apa itu Novel? Yuk, Pahami Pengertian Novel Menurut Para Ahli

13 Cara Membuat Judul Buku&Novel Yang Bagus Serta Menarik 

8 Rahasia Cara Menulis Novel Dengan Mudah

Ciri-ciri Novela

Setelah memahami pengertian novela, kini yang harus diketahui mengenai detail ciri-ciri dari pengertian novela itu sendiri. Jika di pengertian novela disebutkan bahwa novela lebih panjang daripada cerita pendek tetapi lebih pendek dari novel, berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri dari pengertian novela.

– Novela relatif memiliki jumlah kata yang lebih sedikit atau lebih pendek daripada novel.

– Karya fiksi dari pengertian novela ini umumnya dapat dibaca dalam satu hari.

– Pengertian novela ini biasanya diterbitkan secara cetak atau juga digital.

– Karena pengertian novela tidak sekompleks cerita pada novel, maka novela memiliki fokus cerita pada satu alur cerita saja dan juga biasanya terfokus pada satu karakter utama yang lebih kompleks.

– Pengertian novela ini tidak lebih panjang dari novel, sehingga jika dilihat dari banyak atau panjang karyanya, pengertian novela ini tidak lebih panjang jika dibandingkan dengan karya sastra novel.

Perbedaan Pengertian Novel dan Pengertian Novela

Setelah memahami pengertian novela, tentu masih banyak yang ingin tahu apa perbedaan novel dan novela. Berikut ini akan dijelaskan beberapa perbedaan novel dan pengertian novela.

– Sebuah novel dianggap sebagai bentuk yang paling panjang dari fiksi naratif tertulis, sementara pengertian novela merupakan bentuk yang lebih pendek daripada sebuah novel dan lebih panjang dari sebuah cerita pendek.

– Dalam strukturnya, novel disajikan dalam bab-bab, sementara pengertian novela tidak dibagi menjadi beberapa bab.

– Perbedaan setelah itu pengertian novel memiliki plot yang kompleks dan lebih banyak dari karakter, sementara pengertian novela memiliki plot yang lebih rumit dan jumlah karakter yang lebih sedikit.

– Garis waktu peristiwa yang terjadi di dalam sebuah novel lebih panjang daripada sebuah novela.

– Panjang rata-rata yang terdapat novel adalah sekitar 100.000 kata, sementara pengertian novela biasanya hanya terdiri dari kata-kata, kurang dari 40.000 kata saja.

Dari perbedaan-perbedaan pengertian novel dan pengertian novela di atas, sebenarnya masih banyak lagi perbedaan keduanya, terlebih dalam hal tema dan pengaturan. Yang jelas, pengertian novel dan pengertian novela berbeda satu sama lain. Sehingga yang perlu diingat bahwa sebuah novel lebih panjang dan lebih rumit daripada sebuah novela.

Baca Juga;

Mudah, Cara Membuat Novel Kisah Sendiri yang Banyak Diminati

Mengenal Bagaimana Pentingnya Novelty Dalam Tulisan Ilmiah 

Tips Menulis Novel yang Menarik Bagi Pembaca 

Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit 

Sementara itu, dalam hal struktur, plot, dan setiap aspek lainnya, sebuah novela jatuh di antara cerita pendek dan novel.

Novel, Novela, dan Novelet

Seperti yang sudah dijelaskan, novel dan novelet memang memiliki perbedaan dengan novela. Kemudian di bawah ini akan kembali dijelaskan bagaimana perbedaan antara ketiganya, yakni pengertian novel, pengertian novela, dan pengertian novelet, lengkap dengan ciri-ciri dan unsur-unsurnya.

1. Novel

Novel memiliki jumlah kata yang paling banyak. Di dalam novel biasanya terdiri sekitar 100.000 kata. Karya sastra fiksi yakni novel pada umumnya dibagi dalam beberapa bagian. Berdasarkan pada jumlah kata yang terdiri kurang lebih 100.000, maka novel dimaksudkan untuk dibaca selama beberapa hari.

Contoh novel yang tidak asing bagi kita di antaranya ada Harry Potter karya J.K. Rowling, The Hunger Games Trilogy karya Suzanne Collins, Eragon karya Christopher Paolini.

2. Novela

Sementara itu, pengertian novela memiliki cerita yang lebih panjang dari novelet dan biasanya disebut sebagai novel mini. Jumlah kata yang terdapat pada karya sastra fiksi novela adalah 17.000 hingga 40.000 kata. Berbeda halnya dengan novel, pengertian novela tidak dibagi dalam bab atau bagian/. Salah satu karya sastra npvela adalah Three Blind Mice karya Agatha Christie.

3. Novelet

Kemudian novelet ini merupakan karya sastra fiksi yang lebih panjang dari cerita pendek, tetapi lebih pendek dari novela. Karya sastra fiksi ini memiliki jumlah kata sebanyak 7.500 hingga 17.000 kata. Karena jumlah katanya yang relatif sedikit, maka novelet sangat cocok dibaca untuk sekali selesai atau sekali duduk.

Salah satu contoh novelet adalah A Christmas Carol karya Charles Dickens dan The Doll and One Other oleh Algernon Blackwood.

Contoh Novela

Ada berbagai contoh novela yang populer di luar negeri yang akan disebutkan di bawah ini.

1. Heart of Darkness oleh Joseph Conrad. Di dalam pengertian novela yang berjudul Heart of Darkness karya Joseph Conrad ini adalah novela yang dikontrol secara ketat, dan memiliki struktur yang klasik. Heart of Darkness menggambarkan kisah di akhir abad ke-19 tentang proses imperialistik dan kolonialis.

Novela yang berjudul Heart of Darkness ini berfokus pada pencarian tokoh sentral, Kurtz, yang menyuarakan mengenai eksploitasi penduduk asli demi perdagangan gading. Biasanya pembaca karya Conrad ini membaca karya sastra dan pengertian novela lebih dalam dan lebih detail lagi di dalamnya untuk melihat apa yang terjadi setelah terjadinya invasi orang Eropa.

2. The Turn of The Screw oleh Henry James. The Turn of The Screw karya Henry James ini merupakan novela terbaik pada genre klasik. Hal ini karena novela The Turn of The Screw karya Henry James ini berisi mengenai cerita mistis atau hantu yang menantang dan memiliki interpretasi yang berbeda dari novela lainnya.

Diceritakan di dalam cerita tersebut tentang pengasuh yang tinggal di rumah terpencil dan merawat dua anak yang ditakut-takuti oleh mantan karyawan yang dikabarkan meninggal dunia di tempat tersebut. Namun tidak ada yang tahu bagaimana kebenaran sesungguhnya, sehingga pengertian novela ini menimbulkan berbagai kompleksitas, seperti isu sentral dan keandalan narator.

Kisah ini juga dapat dikatakan sebagai eksplorasi yang sadar diri dan halus dari tema domestik tradisional yang mengerikan mengenai budaya Victoria yang sarat atas kegelisahan sosial.

3. Billy Budd oleh Herman Melville. Karya sastra berbentuk novela yang populer selanjutnya adalah Billy Bud. Billy Budd merupakan novela yang menceritakan tentang sebuah kejadian tragis yang terjadi di laut. Novela ini merupakan hasil adaptasi dari kejadian nyata yang benar-benar terjadi.

Dikisahkan bahwa terjadi perumpamaan yang berhubungan dengan kebaikan dan kejahatan dalam satu cerita. Terdapat pula refleksi mengenai pemerintahan politik dan keadilan yang kemudian menemukan realitas tiga orang yang terperangkap dalam segitiga bahaya. Billy merupakan tokoh yang diceritakan memiliki sifat polos, berwajah tampan.

Tokoh kedua adalah Claggart yang bersifat kejam, dan tokoh ketiga adalah Kapten Vere yang menilai konflik di antara mereka atau menjadi penengah. Di dalam pengertian novela tersebut, penulis menafsirkan narasi dalam istilah Alkitab yang menggunakan alegori Kristen dan mewakili keinginan homoseksual seorang laki-laki dan mekanisme apa yang harus dipilih dalam melarang keinginan tersebut.

4. Death in Venice oleh Thomas Mann. Karya sastra yang diciptakan Thomas Mann yakni Death in Venice ini merupakan kisah yang luar biasa kental dengan hubungan antara hidup dan seni, serta hidup dan mati. Venezia menjadi latar belakang dari cerita ini. Cerita ini berangkat dari kisah seorang penulis di Jerman yang terkenal.

Penulis tersebut mengikuti rutinitas yang tidak biasa sehingga ia jatuh cinta pada seorang anak muda dan ia terjebak di dalam sedikit kesenangan. Di dalam novela ini, memiliki konstruksi mengikuti kerangka tragedi yang terjadi di Yunani, di mana pengarang telah menggunakan kesatuan bentuk, motif, dan tema yang luar biasa.

5. Seize the Day by Saul Bellow. Novela populer selanjutnya yang berjudul Seize the Day karya Saul Bellow ini memusatkan fokusnya pada seorang tokoh bernama Tommy Wilhelm. Di cerita ini, hanya diceritakan kisah satu hari di dalam hidupnya. Tommy Wilhelm diceritakan terpisah dari keluarganya dan mulai merasa ketakutan di hidupnya.

Meskipun ia berusia 40 tahunan, tetapi ia memiliki sifat kekanak-kanakan yang tak bisa dihilangkan sehingga membawanya ke ambang malapetaka. Selama hari yang panas, Tommy pergi meninjau semua kesalahan di masa lalunya.

Bagi beberapa pembaca, cerita ini dianggap pendek, akan tetapi jika dibaca secara mendalam, pembaca akan memahami bagaimana kuatnya penulis dalam menunjukkan dan menyampaikan rasa di dalam cerita tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Novela?

Pengertian novela menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah kisahan prosa rekaan yang lebih panjang dan lebih kompleks daripada cerita pendek, akan tetapi tidak sepanjang novel. Biasanya, novela ini memiliki jangkauan yang terbatas pada satu peristiwa, satu keadaan, dan satu titik tikaian; novelet.

Novela juga dipahami sebagai narasi pendek dan terstruktur dengan baik, realistis, meski kadang bernada satir, yang bersifat cerita individu dan sering dikumpulkan ke dalam koleksi yang sama dengan anekdot, legenda, dan kisah romantis.

Apa Perbedaan Novel dan Novelet?

Novel merupakan sebuah karya sastra tulis yang menggunakan alur yang kompleks, menggunakan latar yang luas, dan penokohan di dalamnya detail. Cerita yang disajikan di novel juga biasanya dalam jangka waktu yang lama. Sementara novelet merupakan bentuk mini dari novel, atau disebut juga novel mini.

Berbeda dengan novel, novelet ini biasanya menggunakan alur yang panjang tetapi tidak kompleks. Novelet biasanya memiliki latar yang sedikit luas, memiliki penokohan yang juga detail, akan tetapi tempo waktunya sedang dan tidak panjang. Untuk perbedaan ciri-cirinya, novel memiliki ciri-ciri yakni ditulis dengan gaya narasi dan deskripsi.

Panjang cerita pada novel rata-rata 100.000 kata atau bahkan ada yang sampai 250.000 kata, sementara novelet hanya memiliki panjang cerita kisaran 17.500-40.000 kata saja. Karena lebih panjang, maka jumlah halaman pada novel bisa sampai 300 halaman, sedangkan novelet maksimal 150 halaman.

Artikel Terkait:

9 Cara Menulis Cerpen Untuk Pemula dan Strukturnya 

Menulis Buku Novel: Syarat Mengembangkan Penokohan 

Novel Sejarah Laris di Pasaran 

Buku Novel Terbaru Anda Pasti Laris-Begini Caranya