⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Kaidah Penulisan Tanggal yang Benar Sesuai EYD

penulisan tanggal

Ketika menyusun suatu dokumen dan perlu mencantumkan tanggal, maka penting untuk mengikuti panduan penulisan tanggal yang benar. Sebab memang untuk unsur penulisan tanggal sudah diatur di dalam EYD yang kemudian wajib untuk diikuti. 

Bagi Anda yang selama ini merasa penulisan tanggal bisa dilakukan sesuai selera. Maka ketika menyusun dokumen resmi seperti surat resmi atau mungkin buku, maka penulisannya sudah harus mengikuti kaidah di dalam EYD. Berikut penjelasan detailnya. 

Sekilas Tentang Surat

Bicara mengenai penulisan tanggal yang benar maka akan berkaitan dengan surat. Dikutip melalui kumparan.com, surat adalah alat komunikasi tertulis berasal dari satu pihak yang ditujukan kepada suatu pihak untuk menyampaikan pesan.

Dalam buku Keterampilan Menulis Surat: Bagi Pendidik dan Umum karya Sri Dinanta Beru Ginting, dkk., (2019: 20). Dijelaskan bahwa ada tiga jenis surat jika dilihat dari fungsinya, yaitu:

  1. Surat Pribadi, yaitu surat yang dikirimkan kepada orang lain atau kepada organisasi (lembaga). 
  2. Surat Dinas, yaitu surat yang dikirim oleh perorangan atau lembaga kepada perseorangan atau lembaga lain. 
  3. Surat Niaga, yaitu surat yang dikirimkan oleh suatu perusahaan kepada perusahaan lainya. 

Membahas mengenai surat maka ada satu komponen yang biasa dan bahkan wajib ada (untuk surat resmi—dinas dan niaga) pada surat tersebut. Penulisan tanggal kemudian perlu disesuaikan dengan kaidah yang berlaku agar lebih profesional. 

Penulisan Tanggal yang Benar 

Selain pada surat, penulisan tanggal juga sering dijumpai pada karya tulis. Misalnya pada karya tulis ilmiah ketika menyusun kata pengantar atau mungkin ketika menjelaskan tanggal dilakukan penelitian dan pengamatan terhadap objek. 

Intinya, apapun momen dimana tanggal perlu dicantumkan. Penting untuk memastikan penulisan tanggal sudah baik dan benar yang mengacu pada EYD. Dalam bahasa Inggris ada 5 format penulisan tanggal yang benar dikutip melalui detik.com. Yaitu: 

1. Format Umum 

Format pertama adalah format umum yakni menggunakan ordinal number dan bulan, dimana penulisan bulan dengan huruf. Format ini digunakan oleh semua orang dan terbagi menjadi dua metode. Yakni secara British dan American, berikut contohnya: 

  • British: 14th May 2024
  • American: May 14th, 2024

2. Surat Resmi 

Format kedua adalah pada surat resmi seperti surat dinas dan surat niaga yang formatnya adalah penulisan tanggal dan bulan menggunakan huruf. Sementara tahun dengan angka, berikut contohnya: 

  • British: The Twelve of December, 2023
  • American : December the Twelve, 2023

3. Menggunakan Cardinal Number 

Format ketiga adalah menggunakan cardinal number bukan ordinal number, sehingga penulisan angka tanggal tidak ditambah keterangan ordinal (misal th). Berikut contohnya: 

  • British: 12 June 2015
  • American : June 12, 2015

4. Format Angka 

Format keempat adalah format angka dimana angka yang menunjukan tanggal hari, bulan, dan tahun dipisahkan oleh garis miring (/). Berikut contohnya: 

  • British: 20/5/2020
  • American : 5/20/2020

5. Menggunakan Hari 

Format terakhir adalah menggunakan hari. Dimana hari dicantumkan pada penulisan tanggal yang benar diikuti format umum dimana penulisan tanggal memakai ordinary number. Berikut contohnya: 

  • British: Thursday, 20th May 2020
  • American : Thursday, May 20th 2020

Lalu, apakah format penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia sama dengan bahasa Inggris? Dalam EYD dijelaskan ternyata tidak. Jadi, penulisan tanggal yang baik dan benar adalah dengan menuliskan tanggal, bulan, diikuti tahun. 

Tanggal dan tahun ditulis dengan angka sementara untuk bulan ditulis dengan huruf. Penempatannya sendiri, ketika di dalam surat resmi biasanya di pojok kanan atas. Sementara pada buku, misalnya pada kata pengantar terletak di pojok kanan bawah. 

Contoh Penulisan Tanggal yang Benar Sesuai EYD 

Supaya lebih memahami lagi tata aturan penulisan tanggal yang benar, maka berikut beberapa contoh dan penjelasannya: 

  1. Bandung, 17 Januari 2024 (Penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia diawali dengan menuliskan tempat yang mengacu pada kota. Kemudian diikuti tanda koma dan baru menuliskan tanggal sesuai EYD). 
  2. Surabaya, 5 Desember 2020 (benar dan sesuai ketentuan di dalam EYD). 

Dari penjelasan tersebut, maka bisa dipahami bagaimana penulisan tanggal yang benar sesuai EYD sehingga tidak lagi keliru. Jika memiliki pertanyaan, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini ke kolega Anda. 

Perhatikan penggunaan kata baku yang benar pada naskah Anda, artikel berikut akan membantu:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama