Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

10 Daftar Sumber Data Statistik Online yang Kredibel

sumber data statistik

Pada saat melakukan kegiatan penelitian maupun penyusunan laporan hasil penelitian, Anda tentu membutuhkan sumber data kredibel. Terutama untuk data statistik yang tentu perlu teliti dalam memilih sumber data statistik tersebut. 

Kenapa? Sebab setiap data yang akan dicantumkan di dalam karya tulis ilmiah harus jelas sumbernya dan bisa dipertanggung jawabkan. Jika sumber data tersebut saja diragukan kredibilitasnya, maka bagaimana bisa dipertanggung jawabkan? 

Maka penting bagi para akademisi seperti dosen dan mahasiswa sampai peneliti profesional, perlu memahami tata cara pemilihan sumber data statistik. Sehingga data yang didapatkan valid dan meningkatkan kualitas maupun kredibilitas karya tulis yang disusun. 

Apa Itu Data Statistik? 

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai sumber data statistik yang kredibel, maka pahami dulu apa itu data statistik. Dikutip melalui website DQLab, data statistik merupakan data yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan yang bertujuan untuk memperoleh informasi. 

Kumpulan data yang didapatkan dengan proses pengamatan langsung di lapangan dan sumber data primer lain, akan menghasilkan data statistik. Data statistik secara umum memuat angka dalam persen atau persentase. Bisa juga angka dengan jumlah besar.  

Dulunya, data statistik lebih umum digunakan untuk kebutuhan penyajian dan pengolahan data nasional suatu negara. Misalnya data jumlah penduduk, jumlah ketersediaan beras di Bulog, dan sebagainya. 

Namun seiring berjalanya waktu, data statistik mulai digunakan di berbagai bidang dan untuk berbagai keperluan. Dalam dunia akademik, khususnya pendidikan tinggi, data statistik biasanya digunakan untuk penelitian yang sifatnya statistik. 

Sehingga membutuhkan data valid yang melibatkan jumlah populasi yang tinggi dan diambil dengan berbagai metode. Data statistik sendiri bisa didapatkan dengan berbagai cara, diantaranya adalah: 

1. Wawancara 

Data statistik bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan wawancara dengan narasumber yang dipandang peneliti memahami topik yang tengah diteliti. Misalnya dengan pegawai di kantor desa, pegawai di perusahaan swasta, dan lainnya. 

Hasil wawancara akan didapatkan data primer yang sumbernya jelas karena kredibilitas narasumber bisa ditelusuri. Jadi, dalam memilih narasumber memang harus teliti agar data yang didapatkan valid. 

2. Observasi 

Sumber data statistik berikutnya adalah lewat observasi atau pengamatan, yaitu ada proses dimana peneliti mendatangi langsung lokasi penelitian dan melakukan pengamatan. Sehingga data yang diperoleh sesuai dengan hasil pengamatan tersebut. 

3. Media Sosial 

Sumber data statistik berikutnya adalah dari media sosial. Jadi, ada beberapa media sosial yang menyediakan fitur analitik untuk menampilkan data statistik. Contohnya Instagram, khusus untuk akun bisnis tersedia fitur analitik tersebut sehingga bisa mengetahui jumlah pengguna yang melihat unggahan di Fee, Story, dan Reel. 

4. Survei 

Data statistik juga bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan survei, seperti pengisian kuesioner untuk sejumlah responden yang memenuhi ketentuan. Hasil pengisian survei ini akan menampilkan data, salah satunya data statistik. 

5. Website Resmi 

Sumber data statistik berikutnya adalah website resmi. Setiap perusahaan, organisasi, dan lembaga resmi biasanya menyajikan data statistik. Misalnya perusahaan yang memproduksi mi instan, bisa menampilkan data penjualan produknya dalam kurun 1 tahun atau sesuai kebutuhan di website resminya. 

Referensi karya tulis harus berasal dari sumber yang kredibel. Pahami bagaimana kriteria dan cara mencarinya. Artikel berikut akan membantu Anda:

Tips Memilih Sumber Data Statistik

Memahami betul bahwa data statistik bisa didapatkan dengan berbagai cara dan dari berbagai sumber. Maka hal ini tentunya menjadi angin segar bagi para peneliti, karena bisa mendapatkan banyak pilihan sumber. 

Berkembangnya teknologi informasi dan internet, membuat sumber berbasis online banyak diprioritaskan karena dinilai mudah diakses dan mayoritas gratis. Peneliti tidak perlu terjun langsung ke lapangan, menghitung hasil survei, dan sebagainya secara mandiri. 

Namun, dengan memanfaatkan sumber data statistik online tersebut tentunya perlu memastikan kredibilitasnya. Sebab tidak semua sumber online bisa dipercaya, maka berikut beberapa tips dalam memilih sumber data terbaik dari internet: 

1. Mengutamakan Sumber Resmi yang Bersifat Primer 

Tips pertama dalam memilih atau menentukan sumber data yang bersifat statistik adalah sumber tersebut resmi. Sehingga menjadi data yang didapatkan dari sumber primer dan menjadi prioritas. 

Website resmi disini adalah website yang dimiliki dan dikelola oleh pemilik resminya. Misalnya website milik Bank Indonesia (BI), maka website tersebut dikelola juga oleh pihak BI secara langsung bukan pihak lain. 

Sehingga penting untuk mencari website resmi sebagai sumber data yang valid dan kredibel. Hindari website yang tidak resmi, isi konten tidak netral, dan tidak update data terkini untuk dibagikan ke publik. 

2. Website Bereputasi dan Andal 

Tips yang kedua dalam memilih sumber data statistik kredibel dari internet adalah memilih website dengan reputasi baik dan datanya andal. Sehingga bisa dipercaya dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. 

Jadi, silahkan cek reputasi website tersebut dan memastikan memang dikenal selalu menyajikan data yang kredibel. Selain itu, cek pula bahwa datanya andal dan didapatkan dari sumber atau dengan cara (metode) yang memang valid. 

3. Meninjau Metodologi Pengumpulan Data 

Tips yang ketiga adalah meninjau atau memperhatikan dan memastikan bahwa metodologi pengumpulan data di website tersebut memang tepat. Artinya metode pengumpulan sampai analisis data jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. 

Tujuannya untuk memastikan data yang disajikan memang tepat dan tidak terjadi manipulasi data maupun pelanggaran etika lainnya. Data seperti ini tentu menjadi data kredibel yang layak dijadikan sumber dan dicantumkan ke karya ilmiah. 

4. Keterbaruan Data yang Disajikan 

Tips keempat dalam menentukan sumber data statistik adalah dengan memastikan data tersebut baru. Artinya, Anda perlu memastikan data tersebut merupakan data terbaru dan masih relevan dengan kondisi di masa sekarang. 

Data akan terus berkembang dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Data statistik biasanya akan terus di update untuk mendapatkan data terbaru sesuai kondisi di lapangan. Sehingga bukan data usang. 

Maka sebelum mengambil data statistik ke dalam karya tulis ilmiah, misalnya skripsi. Cek kembali tahun dimana data tersebut dibuat atau didapatkan masih baru. Setidaknya di 5 tahun terakhir, kalau bisa malah di tahun yang sama dengan pembuatan skripsi tersebut. 

5. Akses Mudah dan Jelas 

Tips terakhir adalah memilih sumber data statistik yang aksesnya mudah dan jelas. Akses disebut mudah ketika sumber data tersebut bisa didapatkan dan dikunjungi website resminya dengan mudah dan dengan berbagai perangkat elektronik. 

Sebab data statistik sebenarnya bersifat umum dan bisa diakses oleh publik luas. Maka data yang valid dijamin akan diupayakan oleh pihak terkait untuk bisa diakses, dibaca, dan diketahui oleh masyarakat luas tanpa terkecuali. Selain itu, datanya juga harus jelas baik dari sumber maupun penyampaiannya agar mudah dipahami. 

Rekomendasi Situs Sumber Data Statistik yang Kredibel 

Jika Anda sedang menyusun karya tulis ilmiah, misalnya skripsi entah tesis maupun disertasi. Maka pada saat membutuhkan data statistik sebaiknya memilih sumber terbaik dan kredibilitasnya jelas. 

Daripada bingung dan berujung pada kesalahan memilih sumber data statistik online, maka berikut beberapa rekomendasi situs kredibel yang bisa dipilih dikutip dari berbagai sumber: 

1. Badan Pusat Statistik (BPS)

Sumber data valid pertama adalah BPS atau Badan Pusat Statistik. BPS sendiri merupakan lembaga pemerintah non-departemen yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menyusun, menganalisis, dan menyajikan data statistik nasional.

Sehingga data statistik yang dibagikan ke publik di website resminya mencakup berbagai jenis data. Mulai dari data demografi, sosial, ekonomi, sampai data terkait lingkungan hidup. 

Situs BPS kemudian bisa dijadikan destinasi pertama saat membutuhkan data statistik yang kredibel untuk dicantumkan di karya tulis ilmiah. Sebab sumber data jelas dan sifatnya nasional. Laman resminya di https://www.bps.go.id/

Tahukah Anda? terdapat website yang tidak boleh dikutip sebagai referensi. Inilah Daftar Website yang Boleh Dikutip dan Tidak.

2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Berikutnya adalah website resmi dari Kemenkes yakni Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sebagai salah satu kementerian di bawah naungan pemerintah langsung, data yang disajikan dijamin kredibilitasnya dan bersifat nasional. 

Hanya saja, berbeda dengan BPS yang menampilkan berbagai jenis data, pada website resmi Kemenkes RI hanya menampilkan data statistik berkaitan dengan kesehatan. 

Misalnya data mengenai demografi kesehatan, data epidemiologi, data kesehatan lingkungan, dan lain sebagainya. Jadi, jika karya ilmiah Anda membutuhkan data di bidang kesehatan dan valid maka website resmi Kemenkes bisa dijadikan tujuan. Laman resminya di https://www.depkes.go.id/. 

3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumber data statistik online yang kredibel berikutnya adalah website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Laman resminya ada di https://www.kemdikbud.go.id/. 

Sama seperti Kemenkes, data di website resmi Kemdikbud hanya mencakup data-data nasional di bidang pendidikan. Misalnya seperti data statistik tentang siswa, guru, tenaga kependidikan, dan lembaga pendidikan. 

Sehingga saat Anda menyusun karya ilmiah yang membutuhkan data di bidang pendidikan. Maka bisa mengunjungi website resmi Kemdikbud, agar mendapatkan data statistik yang bersifat valid, nasional, dan selalu up to date

4. Kementerian Pertanian

Sumber data statistik keempat yang juga kredibel adalah di website resmi Kementerian Pertanian. Sesuai dengan nama kementeriannya, disini tersaji data di bidang pertanian dan bersifat atau berskala nasional. 

Data yang dimaksud seperti data mengenai produksi pertanian, lahan pertanian, dan data tentang harga komoditas pertanian. Jadi, ketika Anda membutuhkan data di bidang pertanian bisa mengunjungi laman resminya di https://www.pertanian.go.id/. 

5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Website resmi milik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga menjadi salah satu sumber data statistik kredibel. Sama seperti website milik kementerian lainnya, disini tersedia data valid dan selalu up to date

Adapun data yang disajikan dan ditujukan untuk publik adalah data yang berkaitan dengan energi dan sumber daya di Indonesia. Misalnya data produksi dan konsumsi energi, cadangan energi dan sumber daya mineral, data tentang sektor energi dan mineral dan sejenisnya. 

Jadi, jika Anda sedang menyusun karya tulis ilmiah dan membutuhkan data yang sesuai bisa mengunjungi website resminya. Laman websitenya sendiri ada di https://www.esdm.go.id/. 

6. Kementerian Perhubungan

Sumber data statistik valid atau kredibel berikutnya adalah di website resmi milik Kementerian Perhubungan. Sesuai dengan nama kementeriannya, disini disajikan data di bidang perhubungan atau transportasi secara nasional. 

Misalnya seperti data jumlah kendaraan, volume transportasi, kecelakaan transportasi, dan lain sebagainya. Data yang disajikan akan di update berkala dan berlaku secara nasional, sehingga mencakup seluruh wilayah di Indonesia. 

Jika memang membutuhkan data statistik di bidang perhubungan atau data berkaitan dunia transportasi di Indonesia. Maka bisa mengunjungi website resminya di laman https://www.dephub.go.id/. 

7. Bank Indonesia

Data statistik dari sumber online juga bisa didapatkan dari website resmi milik Bank Indonesia (BI). Bank Indonesia yang merupakan bank sentral di Indonesia, melalui website resminya menyajikan data statistik di bidang keuangan dan ekonomi. 

Diantaranya adalah data mengenai inflasi, suku bunga, neraca perdagangan, nilai tukar, dan lain-lain yang bersifat nasional. Sehingga pada saat membutuhkan data seperti ini untuk dicantumkan di karya ilmiah maupun analisis kondisi ekonomi Indonesia. 

Maka bisa mengunjungi laman resminya di https://www.bi.go.id/. Seluruh data statistik di website ini tentunya valid dan akan di update berkala sesuai dengan laporan dari berbagai sumber resmi. 

8. Direktorat Jenderal Pajak

Berikutnya sebagai salah satu sumber data statistik yang kredibel dan dari internet adalah website resmi milik Dirjen Pajak (Direktorat Jenderal Pajak). Data statistik yang disajikan berkaitan dengan perpajakan di Indonesia. 

Misalnya data tentang penerimaan pajak, jumlah wajib pajak, dan pajak yang terutang. Data ini sama seperti website milik kementerian yang sudah dijelaskan, akan update berkala dan berskala nasional. 

Data yang disajikan bersifat publik dan bisa digunakan untuk kebutuhan analisis pajak, penetapan kebijakan, dan juga dicantumkan di karya tulis ilmiah. Laman resminya sendiri ada di https://www.pajak.go.id/. 

9. Kementerian Ketenagakerjaan

Berikutnya adalah website resmi milik Kementerian Ketenagakerjaan. Sesuai dengan nama kementeriannya, disini tersaji data yang berkaitan dengan dunia tenaga kerja dan seluruh data yang berkaitan dengan bidang tersebut. 

Contohnya sendiri seperti data tentang jumlah tenaga kerja, upah, data angka atau jumlah pengangguran, dan lain sebagainya. Data ini resmi dan berskala nasional sehingga bisa dipertanggungjawabkan. 

Jika membutuhkan data valid untuk dicantumkan ke karya ilmiah, maupun analisis ketenagakerjaan, dan penetapan kebijakan terkait tenaga kerja. Maka bisa mengunjungi laman resminya di https://www.kemnaker.go.id/. 

10. Komisi Pemilihan Umum

Sumber data statistik online yang kredibel berikutnya adalah website resmi yang dimiliki dan dikelola oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Website resminya akan menampilkan data statistik berkaitan dengan aktivitas pemilihan umum. 

Misalnya saja seperti data tentang partisipasi pemilih, hasil pemilihan, dan pemilih terdaftar. Kegiatan pemilu di Indonesia diketahui digelar setiap lima tahun sekali baik untuk pemilihan anggota dewan legislatif maupun presiden. 

Jika membutuhkan data berkaitan dengan pemilihan umum di Indonesia baik untuk dicantumkan ke karya ilmiah maupun analisis kebijakan berkaitan pemilu. Maka bisa mengunjungi laman resminya, yakni di laman https://www.kpu.go.id/. 

Tak hanya berasal dari website, jurnal jadi sumber referensi yang kredibel dan paling umum dilewatkan. Jangan lewatkan:

Sumber data statistik tersebut didominasi oleh perusahaan sampai lembaga milik pemerintah, dimana memang kredibilitasnya terjamin. Namun, Anda juga bisa mengandalkan website resmi suatu perusahaan yang menyediakan produk baik jasa maupun barang. 

Pastikan website tersebut resmi milik perusahaan tersebut dan metode pengumpulan data dijelaskan dengan detail. Tujuannya agar sumber data yang digunakan memang kredibel dan menunjang kualitas data itu sendiri. 

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman terkait sumber data statistik dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share untuk membagikan artikel ini rekan penulis atau rekan Anda. Semoga bermanfaat!

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Satu tanggapan untuk “10 Daftar Sumber Data Statistik Online yang Kredibel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama