Mengenal Aplikasi Anti Plagiarisme Agar Tulisan Anda Terhindar dari Plagiarisme

dampak plagiarisme penerbit deepublish

Dalam dunia penulisan keaslian naskah sangat perlu diperhatikan. Hal tersebut akan berpengaruh pada keorisinal dari suatu tulisan, apakah betul hasil karya Anda atau plagiat dari karya orang lain. Hal ini biasa sering terjadi karna dalam tulisan tidak terlepas dari kutipan ide, gagasan, dan/atau teori orang lain yang telah terlebih dulu dipublikasin untuk mendudukung pendapat yang kita bangun dalam sebuah tulisan.

Pada karya tulisan seperti karya ilmiah, skripsi, dan tesis kutipan tersebut tidak dapat serta merta dilakukan sesuka hati, terdapat etika dan pedoman dalam mencantumkan ide, gagasan, dan/atau teori orang lain dalam sebuah tulisan ilmiah yang kita susun. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kecurangan penulis dalam bentuk plagiarisme yang sering terjadi.

Apa itu Plagiat?

Plagiat adalah suatu langkah dari seseorang mengambil karya orang lain dan mempublish nya seolah-olah hasil karyanya sendiri, baik itu sebahagian atau keseluruhan tanpa mencantumkan sumber dan kutipan yang ia peroleh dalam hasil karya ilmiah atau tulisan yang ia buat sendiri.

Ada banyak alasan mengapa orang melakukan plagiat diantaranya adalah malas, tidak punya waktu, sibuk ,bahkan ingin mencari gampangnya saja tanpa perlu memeras otak dan keringat. Padahal dalam membuat karya tulisan ilmiah, skripsi, tesis, atau apapun itu tetap butuh perjuangan, seperti pepatah yang mengatakan “No Pain No Gain”.

cara lolos uji plagiasi penerbit deepublish

Plagiat ini bisa dengan berbagai macam cara. Salah satu yang paling kerap terjadi adalah asal copy paste dari pekerjaan orang yang sudah tersedia sebelumnya tanpa mencantumkan sumber. Selain itu plagiarisme juga bisa dalam bentuk plagiarisme sebagian, artinya meskipun sudah melakukan parafrase namun masih terdapat beberapa kalimat yang identik dengan sumber aslinya dan tidak mencantumkan sitasi. Ketiga, plagiarisme ringan karena parafrase yang telah dilakukan belum mencantumkan sumber asli. Keempat, plagiarisme yang terjadi sebab sumber yang digunakan tidak mencukupi atau sangat minim.

Untuk menghindari plagiatisme ini ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi anti plagiarisme yang sudah tersedia di google atau play store secara cuma-cuma. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda coba gunakan supaya tulisan anda 100% original bukan plagiat.

1. Plagiarism Chechker

Plagiarism Chechker adalah aplikasi anti plagiat yang bisa Anda temukan di aplikasi google play store. Karena Aplikasi Google PlayStore yang bisa anda gunakan langsung dari handphone anda, cukup cari dan ketikan Plagiarism Checker pada pencarian di google Playstore anda, jika sudah ketemu silahkan download dan instal.

Caranya penggunaannya cukup mudah. Langkah pertama Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan artikel yang ingin dicek keasliannya. Atau sebaliknya, Anda juga bisa mengecek tulisan Anda sendiri apakah pernah ada orang lain yang mempublishnya atau mirip tidaknya artikel yang Anda buat dengan orang lain. Jika bahan sudah ada. Cukup copy paste ke dalam box plagiarism checker.

Selain melalui google play store, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dari SmallSEOtools. Aplikasi Plagiarism Chechker dapat mendeteksi karya tulis Anda dengan sekali pencet. Anda bisa meletakkan hingga 5000 karakter sekaligus.

Cara menggunakannya sangat mudah, dan yang lebih penting, aplikasi pendeteksi plagiat ini gratis. Cukup kunjungi situsnya, pilih bagian plagiarismchecker, copy dan paste-kan bagian tulisan, lalu dapatkan hasilnya. Akan terdapat persentase kemiripan tulisan dengan berbagai tulisan yang telah tersedia di dunia maya.

2. Unicheck

Selain aplikasi Plagiarism Chechker, alternatif lainnya Anda juga bisa menginstall aplikasi Unicheck. Aplikasi ini terbilang banyak digunakan oleh para pendidik, peneliti, peserta didik, penulis, juga editor. Cara penggunaannya yang mudah dan up to date bisa dibilang web pendeteksi Anda bisa langsung mengunjungi website unicheck, lalu letakkan tulisanmu pada kotak yang tersedia.

Keunggulan dari Uniceck adalah aplikasi dari unicheck ini mampu memindai teks-teks dari format yang berbeda secara bersamaan. Hebatnya lagi hanya perlu waktu 4 detik per teks-pemindaian untuk memindai kesalahan.

Selain itu, Unicheck mampu mengecek bagian terkecil dari hasil tiruan yang Anda berikan. Setidaknya, unicheck mampu memindai hingga 16 miliar halaman dan dokumen di Google dan Bing. Laporan plagiat berupa persentase dan hyperlink menuju sumber aslinya akan diberikan kepada Anda setiap kali selesai memindai.

Namanya juga ada barang ada harga. Ya, untuk menikmati fasilitas ini, Anda harus berlangganan dengan cara membayar. Jika memang Anda sering memanfaatkan fasilitas situs ini, biayanya bisa dibilang murah, yakni sekitar us$ 5 saja. Tapi tenang, jika Anda ingin mencobanya dahulu, Anda bisa menggunakan percobaan grating hingga 275 kata saja.

3. DupliChecker

Ada lagi aplikasi Duplichecker juga bisa Anda pilih untuk software anti plagiarisme. Duplichecker merupakan aplikasi yang menyediakan layanan untuk mendeteksi plagiat yang bisa dimanfaatkan dengan cara mudah. Anda bisa copy paste tulisan dalam kotak yang disediakan, atau bisa juga dengan meletakkan URL nya. Dalam sekejab, akan ada hasil berupa link menuju kontan yang diplagiasi jika memang terdeteksi plagiat.

Namun, Anda membayar jika ingin memanfaatkan aplikasi ini sepenuhnya. Jika tidak ingin membayar, Anda bisa memanfaatkan layanan gratis, yang hanya bisa digunakan secara terbatas. Layanan gratis tanpa registrasi ini bisa digunakan hanya satu kali saja dalam satu hari, dan terbatas 1500 kata.

4. Writecheck

Kini giliran aplikasi anti plagiaris Writecheck sangat nenbantu Aplikasi writehack adalah aplikasi menarik yang akan mendeteksi plagiarism dalam tulisan. Tak hanya itu, hal menarik dari aplikasi writeheck adalah kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam tulisan.

cara menghindari plagiarisme pdf penerbit deepublish

Cara penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Anda tinggal mengunggah dokumen yang akan dipindai dalam format Microsoft Word, WordPerfect, PostScript, .pdf, html, dan rtf. Menarik lagi, Anda bisa mendapatkan hasil berupa laporan plagiarisme yang disertai link langsung menuju sumber plagiasi.

Meski dinilai netijen sebagai situs bermanfaat dan menarik, sayangnya Anda tidak bisa mencoba aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Anda harus melakukan registrasi dan berlangganan untuk bisa menikmati manfaatnya.

5. Copyscape

Mau cari yang gratisan lagi? Anda bisa mengunjungi copysoace dan bagaimana menjajal bagaimana situs ini bisa mengetes seberapa jauh tulisan Anda terdeteksi plagiat.

Selain akun gratis yang bisa dimanfaatkan, Anda juga bisa memilih akun berbayar. Tentunya keduanya punya perbedaan ya. Akun berbayar menawarkan fasilitas yang lebih kompleks. Bagi para blogger, Anda bisa juga memanfaatkan aplikasi berupa perlindungan situs agar situs Anda bisa dipantau dari tindak plagiasi. Ketika ada situs yang memiliki konten mirip dengan tulisan di situs Anda, maka Anda pun akan mendapat email peringatan. Tertarik mencoba?

6. PlagScan

Ada lagi aplikasi PlagScan yang bisa Anda pakai langsung untuk melakukan deteksi plagitan dengan cara copy paste tulisan di kolong yang sudah disediakan. Anda juga upload file yang dipilih dalam format ms word dan pdf. Hasil teks yang dipilih nantinya berupa kemiripan tulisan dengan tulisan lain yang berada di internet. Meskipun fasilitas lengkapnya tetap berbayar, Anda masih bisa mencoba percobaa gratis meskipun terbatas fasilitasnya.

7. Viper anti-plagiarism Scanner

Jika beberapa aplikasi bisa langsung mengunjungi situs, lain lagi dengan Viper anti-plagiarism scanner. Untuk memanfaatkan aplikasi ini Anda bisa mengundung aplikasinya kemudia di instal ke perangkat komputer. Anda pun perlu registrasi terlebih dahulu.

Setelah install dan registrasi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memeriksa seberapa dalam plagiasi di dalam tulisan Anda. Asyiknya, aplikasi ini memiliki 10 miliar yang sumber yang disediakan untuk membandingkan dengan tulisan Anda.

Selain 7 aplikasi di atas, masih ada banyak aplikasi anti plagiarism yang bisa Anda coba. Jika Anda kurang puas dengan tulisan ini, Anda bisa menjadi referensi lainnya melalui internet atau buku. Selamat mencoba dan mari menulis tanpa plagiarism!


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang membuat buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.