Bingung Mencari Kegiatan? Investasikan Waktu Dengan Datang ke Toko Buku Terdekat

toko buku terdekat

Toko buku terdekat kini semakin mudah dijangkau. Bagaimana tidak, sekarang memang semakin banyak bermunculan. Meskipun semakin banyak toko yang bermunculan, secara fisik tidak selalu tampak. Karena mereka biasannya membuka toko secara online.

Menyikapi banyaknya toko terdekat, sekarang cakupannya lebih luas dan lebih lebar. Tentu saja, karena di era serba canggih, tidak hanya berbicara secara fisik, tetapi juga berbicara toko buku online. Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah besar, karena sekarang cakupannya lebih luas dan pemikiran pecinta buku pun juga terbuka lebar.

Sekarang tidak hanya mengupas tentang toko buku saja yang dionlinekan. Tetapi juga buku-buku cetak pun sekarang sudah banyak yang juga di ebookkan. Fungsinya apa? Sudah jelas pemerataan dari kalangan pembaca lama dan pembaca millennial. Pembaca lama sebenarnya tidak selalu pembaca setia, tetapi khusus bagi pembaca yang lebih nyaman membaca secara bentuk fisik buku, dibandingkan buku online.

Oleh karena itu, yang bentuknya offline pun kini juga masih laku dan masih banyak meminati. Kenapa? Karena berbicara kenyamanan. Kenyamanan dalam membaca setiap orang berbeda-beda. Ada yang nyaman dengan membaca di gadget mereka, ada juga yang masih nyaman membaca dalam bentuk buku fisiknya. Keduanya sebenarnya tidak ada yang salah atau dipersalahkan. Atau, keduanya tidak ada yang lebih unggul atau tidak. Semuanya sudah jelas memiliki keuntungannya masing-masing. Intinya saling melengkapilah.

Namun pada kesempatan kali tidak hanya mengulas tentang bagaimana menulis buku atau bagaimana menerbitkan buku. Tetapi berbicara bagaimana sih memilih toko buku terdekat yang baik dan dapat dipercaya? Apalagi kan sekarang di dunia maya dan internet banyak sekali toko terdekat yang ternyata kurang memuaskan.

Mengingat sekarang mudah sekali membangun dan membuat toko online secara gratis. Tugas kita sebagai pembeli yang mencintai buku tentu juga harus selektif. Karena tidak semua amanah dan bertanggung jawab. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba sendiri.

Toko Buku Terdekat Online

Tips memilih toko buku terdekat secara online ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui. Diantarannya sebagai berikut:

  1. Pilih toko yang memiliki review yang positif
    Ketika Anda ingin membeli buku, lihat dulu toko buku online yang Anda sasar. Apakah banyak review yang berisi kalimat positif? Atau sebaliknya? Hal-hal seperti ini kelihatan sepele, tetapi ini dapat dijadikan sebagai pembanding, apakah toko tersebut amanah, bertanggung jawab atau sebaliknya. Jika banyak review yang negatif, itu salah satu pertanda bahwa pelayanannya masih kurang.
  2. Pilih Toko Online Berbintang 4 atau 5
    Tanda yang kedua adalah melihat apakah toko tersebut sudah berbintang 4 atau 5? Jika ada yang berbintang 5, maka sudah dipastikan banyak pelanggan yang puas. Tunggu dulu, tidak ada salahnya kembali mengecek respons dan komentar dibawah. Karena tidak jarang yang juga banyak atau mereview secara negatif. Karena banyak juga loh yang menyuruh rekan dan tim sana untuk klik bintang 5 agar menaikan level bintang toko mereka.
  3. Baca komentar di toko online penjual
    Komentar-komentar yang tertuang di pelapak adalah cerminan dari kinerja pelapak itu sendiri. Ya meskipun demikian, jangan ditelan mentah-mentah juga. Intinya adalah selektif dan cari informasi terlebih dahulu toko buku terdekat secara online yang Anda sasar. Agar tidak berakhir malapetaka, buku tidak diantarkan.
  4. Lihat respons pelayanan CS ke pelanggan seperti apa
    Poin keempat sebenarnya penting tidak penting. Nah, untuk beberapa toko buku terdekat secara online ada yang sudah besar. Ada pula yang toko dibuat secara individual/personal atau sendiri loh. Nah, untuk toko yang sudah besar, ada juga yang memiliki pelayan yang menerima dan mengarahkan calon pembeli. Nah, keramahan pelayanan inilah yang perlu diamati. Apakah pelayanan ramah atau sebaliknya, ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Toko Buku Terdekat Offline

Pada sub bab kali ini akan mengulas toko buku secara offline. Jumlahnya memang tidak banyak. Bahkan, sekalipun ada, hanya ada di daerah pinggiran kota atau di pusat kota saja. Sedangkan toko yang dekat dengan rumah, sangat sedikit, kadang tidak ada. Sekalipun Ada, tidak lengkap.

toko buku online

Nah, mengingat toko offline tidak sebanyak toko online, tapi keberadaan mereka masih eksis loh. Hal ini tampak masih banyak toko buku yang sampai sekarang berdiri. Memang setiap toko offline memiliki harga yang berbeda loh. Sebelumnya kita juga perlu tahu identitas buku yang disasar.

Misal, ingin membeli buku di toko buku terdekat, misal toko terdekat adalah toko Gramedia, maka sudah jelas buku yang dijual adalah buku-buku yang masih baru. Dari segi harga pun juga sudah tidak bisa ditawar menawar. Akan berbeda lagi jika yang disasar adalah pasar buku. Kalau di Jogja ada Shopping dan Terban, sebagai pusat perbelanjaan buku dengan harga miring dan murah meriah. Sangat jauh harga dari toko-toko buku. Tidak hanya itu, uniknya buku-buku tersebut dapat ditawar loh.

Kelemahannya, banyak buku-buku yang tidak asli dan bajakan. Sekalipun asli, bisa jadi adalah buku yang kualitasnya jelek dan kurang. Nah, itu semua memang selera masing-masing orang. Karena banyak juga yang memilih ke pasar daripada ke toko buku terdekat mereka. Alasannya pun sederhana, bisa karena lebih murah, lebih dekat atau bisa bebas menawar.

Meskipun toko buku ini dianggap cara lama, tetap saja ada kesan tersendiri bagi para penikmat buku.

Adapun ciri-ciri toko buku terdekat secara offline:

  1. Memiliki Lokasi Tetap
    Ciri yang pertama adalah memiliki lokasi yang tetap. Coba amati di kota Anda. Meskipun lokasi toko tersebut jauh dari tempat tinggal Anda, toko tersebut tetap di datangi dari berbagai kalangan. Bahkan, Anda pun mungkin salah satu yang menyempatkan datang dan mencari setiap kali hendak membeli buku.
  2. Memiliki Branding Toko yang Kuat
    Toko buku terdekat ataupun terjauh, rerata mereka memiliki branding yang sudah mendarah daging dan mengental. Sehingga orang hafal diluar alam bawah sadar.
  3. Menjual Berbagai Genre Buku
    Sebagai toko buku, tentu saja menjual buku dari berbagai genre dan jenis buku. Karena merupakan supermarketnya buku-buku yang diterbitkan dari seluruh penerbit di Indonesia.

Ada dua bentuk yang saat ini lebih sering ditemui. Dari kedua tersebut, manakah yang sering Anda beli koleksi bukunya? Tentu saja jawabannya relative dan beragam. Apapaun kesenangan Anda, tetaplah membaca, dan akan lebih baik jika dapat juga menjadi bagian dari penulis di dalamnya sana.

Tetaplah membaca, sekalipun tidak ada toko terdekat di rumah Anda. Sedikit mengorbankan waktu untuk membaca sebenarnya sebagai investasi pengetahuan. Karena membaca, akan melatih otak lebih produktif dan aktif. Tidak hanya itu, juga meminimalisir terjadinya risiko kepikunan. Apalagi era sekarang sudah banyak toko buku online. Anda cukup dengan buka HP dan memilih buku yang Anda pilih, kemudian klik. Semua akan selesai. Buku pun akan diantar dengan selamat ke rumah Anda sendiri. Semoga ulasan ini bermanfaat, dan salam literasi.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri dan DAFTAR JADI PENULIS atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang penerbit buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *