Tribe Maximizer. Salah satu misi Penerbit Deepublish adalah membantu kaum akademisi dalam proses Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Bidang Pengadaan, Penerbitan, dan Percetakan. 

Oleh karena itu, Penerbit Deepublish selalu berusaha untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para penulis yang ingin menerbitkan buku, seperti Anda. 

Nah, update fasilitas terbaru merupakan salah satu cara kami dalam menghadirkan layanan terbaik. Fasilitas terbaru yang ingin kami hadirkan sekarang adalah Tribe Maximizer.

Apa itu Tribe Maximizer, bagaimana cara kerja tribe maximizer dan apa saja keuntungan penulis yang mendapatkan tribe maximizer? 

Sudah penasaran bukan? Tenang saja, kami akan membahasnya satu persatu. Simak sampai akhir ya!

Apa itu Tribe Maximizer?

Tribe Maximizer terdiri dari dua kata, yaitu ‘Tribe’ dan ‘Maximizer’. Dalam bahasa Inggris, tribe artinya sebuah grup, sekumpulan orang, atau sekelompok. 

Dengan kata lain, tribe juga bisa diartikan sebagai sekumpulan orang yang berada dalam satu komunitas, dengan anggota yang saling terhubung melalui berbagai media dan memiliki tujuan yang sama. 

Sementara itu maximizer dalam bahasa Inggris berarti pemaksimal. Selain itu, maximizer juga bisa diartikan sebagai usaha untuk memaksimalkan sesuatu.

Jadi, Fasilitas Tribe Maximizer dari Penerbit Deepublish adalah fasilitas yang kami berikan untuk memaksimalkan penjualan buku yang telah diterbitkan penulis pada komunitas terdekat dengan menggunakan banyak media. 

Adapun media yang dimaksud antara lain: 

  • Sosmed
  • Website
  • Ecommerce
  • Jaringan Reseller
  • Kerjasama Instansi

Cara Kerja Tribe Maximizer 

Bagaimana, sudah mulai paham ya tentang maksud dari layanan Tribe Maximizer? Sekarang yuk kita bahas tentang cara kerjanya.

Cara kerja tribe maximizer sebenarnya cukup sederhana. Kami akan membantu memaksimalkan penjualan buku dari para penulis pada tribenya. Adapun beberapa cara yang kami gunakan, melalui:

1. Open PO (Pre-Order)

Setiap naskah yang masuk dan telah diproses, akan dibantu dijual di awal terlebih dahulu dengan sistem Pre- Order. Sehingga buku yang masih dalam proses cetak nantinya akan langsung dipromosikan oleh penerbit deepublish untuk membangun pasar sejak dini. 

Sistem PO akan dikemas secara menarik oleh tim penerbit deepublish, sehingga bisa meningkatkan angka pesanan (orderan). Selain itu, penjualan buku dipastikan akan terbentuk dengan sistem PO. Sekaligus mencegah ada sisa buku cetak yang tidak terjual, karena proses cetak menyesuaikan dengan jumlah PO yang masuk. 

2. Sosial Media

Media sosial menjadi salah satu media yang tepat untuk mendukung kegiatan promosi. Bersama penerbit deepublish yang sudah punya akun bisnis profesional di media sosial populer seperti Facebook dan Instagram. Maka para penulis akan dibantu memasarkan naskah bukunya secara optimal. 

Jumlah followers yang sudah banyak akan membantu meningkatkan kesempatan terbentuk order dan dalam jumlah banyak pula. Sehingga para penulis tidak perlu bersusah payah lagi memasarkan bukunya di media sosial pribadi. Sebab akan dibantu secara optimal oleh tim penerbit deepublish. 

3. Website

Penerbit deepublish juga akan membantu para penulis menawarkan buku-bukunya melalui website resmi. Website yang dimiliki penerbit deepublish sudah memiliki banyak pengunjung dan didesain ramah untuk melakukan pemesanan. Sehingga buku yang diterbitkan para penulis akan lebih dikenal di kalangan pengunjung website. 

Kemungkinan terbentuk orderan menjadi cukup tinggi, apalagi pengunjung website penerbit deepublish memang memiliki kebutuhan untuk membeli buku. Target pasar yang lebih spesifik akan membantu meningkatkan kemungkinan terjadi orderan. Sehingga penjualan buku yang disusun oleh penulis bisa optimal melalui website resmi tersebut. 

4. Bedah Buku

Fasilitas berikutnya adalah membantu memasarkan buku dengan menggelar acara bedah buku. Acara ini akan diikuti oleh para peserta yang sudah mendaftar dan dikoordinir oleh tim penerbit deepublish. 

Penulis nantinya akan menjadi narasumber yang akan menjelaskan detail isi buku atau poin-poin penting untuk memberi gambaran nilai lebih buku kepada para peserta acara. Lewat acara ini buku yang ditulis penulis akan lebih dikenal, khususnya para peserta yang hadir di acara bedah buku tersebut. 

Acara bedah buku ini sendiri bisa digelar secara online maupun offline di sejumlah kampus. Selain itu, juga akan digelar di komunitas penulis (tribe penulis).  

5. Email Blast

Pemasaran buku yang diterbitkan penulis ke penerbit deepublish juga akan dimaksimalkan menggunakan teknik Email Blast. Penerbit deepublish akan mempromosikan buku-buku para penulis melalui email yang dikirimkan ke komunitas penulis dan pembaca. Sekaligus ke pelanggan yang sudah pernah order buku di penerbit deepublish. 

6. Remarketing

Penerbit deepublish juga akan membantu memaksimalkan pemasaran buku dengan teknik remarketing. Sehingga semua orang yang pernah berinteraksi lewat marketplace, website, maupun media pemasaran lainnya akan kembali diberikan penawaran buku-buku baru. 

Keuntungan Mendapatkan Layanan Tribe Maximizer

Berikut keuntungan setelah mendapatkan layanan Tribe Maximizer:

1. Menjual Buku Jadi Semakin Mudah

Bersama fasilitas Tribe Maximizer maka proses jualan atau memasarkan buku yang sudah ditulis menjadi lebih mudah. Penulis tidak perlu lagi repot mengurus pemasaran buku dan menawarkannya secara mandiri. Sebab semua kegiatan pemasaran akan ditangani penerbit deepublish lewat fasilitas ini. 

Para penulis kemudian bisa fokus mengurus hal lain, misalnya mulai mempersiapkan diri menyusun buku baru. Sehingga bisa lebih produktif karena terus melahirkan buku-buku baru setiap tahunnya. Jadi, tidak perlu ragu menggunakan fasilitas ini karena bisa mendukung para penulis lebih produktif menulis dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

2. Membangun Branding Lebih Mudah 

Menulis buku dan menerbitkannya adalah proses untuk branding diri, sehingga penulis bisa lebih dikenal luas oleh publik. Demikian juga dengan karya-karyanya dalam bentuk tulisan yang kemudian membantu siapa saja menemukan referensi berkualitas. Proses branding lewat penjualan buku tentu butuh teknik khusus dan kesabaran ekstra. 

Supaya tidak repot mengurus teknik pemasaran, maka bisa diserahkan kepada penerbit deepublish dengan fasilitas Tribe Maximizer yang disediakan. Sehingga lewat fasilitas ini, proses branding ditangani oleh ahlinya yang dijamin maksimal dan prosesnya juga menjadi lebih mudah. 

3. Meningkatkan Kepercayaan Tribe

Kegiatan pemasaran profesional oleh penerbit deepublish membantu meningkatkan kepercayaan tribe terhadap kualitas buku para penulis. Apalagi penerbit deepublish selama ini memang selalu menyediakan buku-buku berkualitas untuk masyarakat luas. Tidak akan sulit untuk membangun kepercayaan tribe maupun publik secara luas. 

Bersama layanan Tribe Maximizer para dosen bisa lebih fokus melaksanakan keseluruhan isi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebab bisa fokus untuk menulis buku berkualitas dan pemasarannya akan dikerjakan secara profesional oleh penerbit deepublish. 

Sehingga tidak akan rugi sudah menggunakan fasilitas terbaru ini untuk memudahkan proses penjualan buku kepada tribe potensial. Selanjutnya, penulis tidak hanya bisa lebih produktif menulis dan menerbitkan buku. 

Namun juga mendapat keuntungan lainnya, seperti nama yang semakin dikenal luas di kalangan tribe dan tentunya berkesempatan mendapatkan royalti dalam jumlah yang lebih menarik. 

Artikel Terkait:

  • Cara Menulis Buku Referensi yang Baik 
  • Cara Menulis Buku Referensi dari Esai
  • Tips Menulis Buku Referensi dengan Tim Dosen
  • Teknik Menulis Menghindari Plagiarisme
  • Aplikasi Anti Plagiarisme
  • Cara Mengecek Plagiarisme Buku