6 Web Download Ebook Gratis Pilihan

web download ebook

Pernah tidak sih, Anda merasa kesulitan untuk menemukan referensi khususnya versi ebook? Referensi dewasa ini bisa ditemukan dalam versi cetak maupun elektronik. Adanya kampanye paperless membuat ebook sering dilirik karena dipandang lebih go green

Tak keliru memang, karena ebook bisa dijadikan langkah untuk mengurangi penebangan pohon dan menjaga kesehatan lingkungan. Namun, sudah tahu belum dimana bisa mendapatkan ebook yang kredibel dan dijamin legal akan tetapi gratis? 

Eits, meski dirasa kelewatan karena minta ebook berkualitas dan legal akan tetapi gratis. Nyatanya ada banyak pilihan web download ebook gratis bisa diandalkan. Bahkan beberapa memberi akses tanpa batas. Yuk, simak seluruh rekomendasi webnya di bawah ini!

Pilihan Web Download Ebook Gratis dan Legal 

Dikutip dari lindungihutan.com, dibagikan ada beberapa pilihan web download ebook gratis sekaligus dijamin legal. Nah, situs-situs ini tentu bisa dijadikan tujuan ketika Anda ingin menemukan referensi dalam bentuk ebook yang legal. Berikut daftarnya: 

1. OpenLibrary.org 

Pilihan sekaligus rekomendasi pertama untuk mendapatkan ebook yang berkualitas dan dijamin legal adalah di situs OpenLibrary.org. Open Library sendiri bisa disebut sebagai perpustakaan digital yang memberi akses gratis ke koleksi ebook-nya. 

Kabar baiknya, jumlah koleksi ebook disini mencapai 20 juta dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Jika mencari referensi menulis dari situs ebook kredibel dan dari seluruh penjuru dunia. Nah, situs ini bisa dijadikan prioritas. 

Sebab disini tersedia ebook resmi yang diterbitkan berbagai penerbit kredibel dari berbagai negara di dunia. Konsep situs yang dikelola sebagai perpustakaan digital membuat koleksi ebook-nya bisa didownload gratis. Cukup modal kuota. Menarik ya? 

2. Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kemdikbud 

Pilihan yang kedua dari daftar web download ebook gratis tapi legal adalah situs Buku Sekolah Elektronik (BSE). Situs ini dimiliki dan dikelola oleh Kemdikbud dan saat awal dirilis menyediakan 1.300 buku paket pelajaran. 

Buku paket disini disediakan untuk anak sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA, maupun SMK. Jadi, situs ini apakah hanya untuk anak sekolah? Eits, jangan keliru. Meskipun menyasar anak sekolah, bisa jadi Anda juga butuh koleksinya. 

Jika Anda menulis karya ilmiah, bisa jadi buku-buku untuk anak sekolah ini bisa dijadikan referensi. Apalagi, Kemdikbud disini menyediakan buku paket dari kurikulum 2007 sampai kurikulum 2013. 

Tidak ada salahnya mampir, barangkali ada beberapa koleksi di BSE yang memang relevan dengan topik yang sedang Anda kembangkan. Selain didownload, disini juga bisa sekedar dibaca untuk mencari tahu dulu pembahasannya sesuai atau tidak. 

3. Project Gutenberg 

Bisa tidak ya mendapatkan ebook gratis dari koleksi klasik di masa lalu? Jawabanya, bisa. Sebab Anda bisa mampir ke situs Project Gutenberg yang merupakan perpustakaan online dengan koleksi ebook mencapai 60 ribu lebih. 

Project Gutenberg sudah beroperasi sejak tahun 1975, dan kini hadir dalam versi elektronik. Dimana situsnya masuk jajaran web download ebook gratis, khususnya untuk terbitan lawas. 

Jika Anda mencari buku-buku yang terbit beberapa puluh tahun sampai ratusan tahun yang lalu. Disini, dijamin bisa menemukannya. Jadi, bisa dijadikan destinasi saat butuh ebook terbitan lawas yang sudah tidak dicetak lagi. 

Masih bingung mencari sumber referensi untuk tulisan? Kami sudah menyiapkan cara dan daftar aplikasi/website yang bisa Anda gunakan. Baca selengkapnya dan tak perlu bingung cari referensi.

4. Oapen.org 

Kalau Anda butuh ebook akademik dengan kualitas baik dan bisa didownload gratis. Bisa nih, mampir ke situs Oapen.org yang juga menjadi web download ebook gratis yang bisa diandalkan siapa saja. 

Disini, Anda bisa menemukan lebih banyak buku di bidang sosial. Namun ada juga buku-buku akademik di bidang lainnya seperti sains. Koleksi ebook di Oapen sangat lengkap dan kredibel karena bekerjasama dengan sejumlah penerbit ternama di dunia. Jadi, tidak perlu cemas soal kualitas dan kredibilitas ebook-nya. 

5. Google Books 

Tak hanya menyediakan ebook berbayar, di Google Books ternyata juga menyediakan ebook gratis, lho! Sesuai namanya, Google Books merupakan salah satu layanan yang disediakan perusahaan teknologi raksasa, yaitu Google. 

Lewat Google Books, pihak Google ingin memberi kemudahan pada pengguna untuk menemukan ebook yang dibutuhkan. Lewat browser, Anda cukup mengetik judul buku, nama penulis, dan informasi lain agar spesifik. 

Maka akan direkomendasikan ebook yang sesuai kata kunci tersebut. Meski sebagian besar koleksinya harus dibeli baru bisa dibaca. Tapi bisa juga lho menemukan ebook gratis. Sebab Google Books juga menawarkan ebook gratis ke para pengguna. 

Anda bisa juga download buku dari Google Book, lo. Dengan punya file-nya, Anda bisa mengaksesnya sewaktu-waktu dengan mudah. Simak Cara Download Buku di Google Books, Versi Gratis dan Berbayar.

6. Buku-e LIPI

Jika Anda butuh ebook gratis dan legal sebagai referensi menyusun skripsi, tesis, maupun tugas kuliah. Bisa, lho mampir ke situs yang dimiliki Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai media akses ebook gratis. 

Lewat situs Buku-e LIPI, pihak LIPI menyediakan akses ke masyarakat luas untuk membaca ebook dan mendownload secara gratis. Disini tersedia banyak buku-buku non fiksi yang cocok dijadikan referensi. Jadi, jangan lupa untuk mampir. 

Dari sekian web download ebook gratis di atas, mana nih yang sudah pernah Anda kunjungi? Jika belum satupun dikunjungi, silahkan meluangkan waktu untuk mampir dan memilih web atau situs mana yang dirasa paling tepat untuk dijadikan destinasi. 

Selain buku, jurnal juga digunakan untuk referensi. Pertanyaannya, apakah jurnal yang Anda gunakan sudah terpercaya dan memiliki kualitas bagus?

Ketahui ciri-ciri jurnal kredibel dan daftar website untuk menemukan jurnalnya:

Jika ada pertanyaan terkait topik dalam artikel ini, yuk, ajukan pertanyaan langsung di kolom komentar.

Selain itu, bagikan artikel ini ke kolega Anda agar lebih banyak orang tahu dimana bisa dapat ebook gratis dan dijamin legal. Klik tombol share, ya! 

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama