Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

3 Cara Menulis Pecahan di Word, Ada Cara Cepat!

cara menulis pecahan di word

Aplikasi Ms Word menjadi andalan mayoritas orang di Indonesia dan bahkan dunia untuk membuat karya tulis. Kadang kala dalam tulisan ada angka-angka dan bahkan pecahan. Sudahkah mengetahui cara menulis pecahan di Word? 

Penulisan angka dalam bentuk pecahan memang tidak bisa disebut mudah di Word. Bahkan banyak yang mengakui jauh lebih mudah jika ditulis manual. Padahal, di Word sendiri disediakan fitur khusus untuk penulisan pecahan dengan baik dan benar. 

Memang sedikit ribet dibanding mengetik angka langsung di lembar kerja. Namun, dengan fitur ini maka angka pecahan bisa ditulis sesuai ketentuan dalam matematika. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Penulisan Bilangan Pecahan dalam Naskah Buku

Dikutip melalui kumparan.com, dalam buku Kalkulus Diferensial Pendekatan Blended Learning, Markus Palobo (2020). Pecahan adalah bilangan yang berbentuk a/b, dimana a tidak habis dibagi oleh b dengan a dan b merupakan bilangan bulat, contoh 5/2, 3/7, -1/3, … dan seterusnya.

Bilangan pecahan dalam matematika kemudian terbagi menjadi 4 jenis. Yakni pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, dan pecahan senilai. Dalam naskah, penulisan bilangan pecahan bisa dalam bentuk teks. Misalnya “satu per dua”, “tiga perempat dari..”. 

Namun, pada pecahan tertentu, terutama pecahan campuran. Penulisan dalam bentuk teks dipandang kurang tepat dan kurang ilmiah. Oleh sebab itu, perlu memahami bagaimana cara menulis pecahan di Word dengan baik dan benar. 

Apalagi untuk karya tulis ilmiah dan dari seorang penulis yang punya latar belakang akademisi. Maka ada kebutuhan untuk menuliskan pecahan sesuai ketentuan. Selain itu, menuliskan pecahan dalam bentuk angka cenderung lebih mudah dipahami oleh pembaca. 

Baca Juga: Cara Menulis Rumus Di Microsoft Word [+Gambar]

Ragam Cara Menulis Pecahan di Word

Tata cara menulis pecahan di Word tidak hanya mengandalkan fitur khusus yang sudah disediakan. Melainkan bisa dengan cara lain yang tentu memberi keleluasaan bagi pengguna untuk mencari cara yang dirasa paling mudah. 

Secara umum, fitur yang dimaksud di Word untuk menuliskan bilangan pecahan adalah fitur Equation. Namun, fitur ini bukan satu-satunya cara untuk menulis bilangan pecahan di lembar kerja. Berikut beberapa pilihan cara yang dimaksud: 

1. Menulis Pecahan di Word dengan Fitur Equation 

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur Equation. Fitur ini cocok untuk penulisan pecahan campuran yang cenderung kompleks. Misalnya pada pecahan 1 1/2, 2 3/8, dan sejenisnya. 

Fitur ini juga memungkinkan pengguna Word untuk menuliskan pecahan yang diapit oleh lebih banyak tanda. Seperti tanda kurung besar, ada kumpulan pecahan di atas dan di bawah pada pembagian bilangan pecahan, dll. Berikut tutorialnya: 

  1. Buka lembar kerja di Word. 
  2. Masuk ke menu “Insert” dan klik ikon “Equation”. 
  1. Selanjutnya, klik pilihan “More equations from Office”. Maka otomatis akan muncul pilihan di sisi sebelah kanan sub menu ini. Silahkan pilih sub menu fraction yang sesua. Pada contoh, digunakan pilihan “Fraction Multiplication”. 
  1. Jika sudah dipilih maka otomatis di lembar kerja akan muncul bilangan pecahan dengan huruf bukan dengan angka. Yakni seperti gambar berikut: 
  1. Tahap berikutnya adalah mengganti huruf-huruf pada lembar kerja seperti gambar di atas menjadi angka. Anda cukup menaruh kursor di tempat huruf tersebut, hapus hurufnya dengan klik tombol “backspace” di keyboard atau “delete”. Kemudian ketik angka yang diinginkan. 
  2. Lakukan perubahan huruf ke angka-angka sesuai dengan bentuk pecahan yang diinginkan. 
  3. Selesai. 

Sebagai informasi tambahan, jika fraction yang diinginkan tidak tersedia. Maka Anda bisa memilih fraction paling mirip. Bagian pada bilangan pecahan yang tidak dibutuhkan bisa dihapus. 

Misalnya pada contoh di atas, jika Anda hendak menuliskan pecahan 4/5 maka pada “c/d” sampai “ac/bd” bisa dihapus. Penghapusan bagian pecahan yang tidak diinginkan sama seperti menghapus teks pada Word. 

Anda sedang menulis buku? Tutorial Ms. Word akan Anda butuhkan agar tulisan rapi dan tanpa revisi. Artikel ini akan membantu Anda:

2. Menulis Pecahan di Word dengan Shortcut Khusus 

Cara menulis pecahan di Word yang kedua adalah dengan shortcut khusus. Pada dasarnya, cara ini sama seperti cara di atas. Sebab pada cara ini hanya menggunakan shortcut di keyboard perangkat untuk memanggil fitur Equation ke lembar kerja. 

Cara ini bisa dipilih untuk meringkas waktu atau memberi efisiensi waktu. Sebab menggunakan shortcut bagi pengguna Word cenderung dianggap lebih mudah dan cepat. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Buka lembar kerja di Word. 
  2. Pada keyboard perangkat, Anda tekan secara bersamaan tombol “Alt” dan “+”. 
  3. Maka otomatis di lembar kerja akan muncul tanda khusus menuju fitur Equations. Berikut tampilannya: 
  1. Selanjutnya di menu “Design”, silahkan pilih “Fraction” dan otomatis akan muncul beberapa bentuk template (rumus) bilangan pecahan. Silahkan pilih bentuk pecahan yang sesuai kebutuhan. 
  1. Tahap berikutnya tinggal memasukan angka di lembar kerja sesuai kebutuhan. Sehingga otomatis mengikuti template fraction yang sudah dipilih. 
  2. Selesai. 

3. Menulis Pecahan di Word dengan Keyboard

Jika menggunakan fitur Equation terasa terlalu ribet dan butuh cara lebih praktis sekaligus cepat. Maka untuk bilangan pecahan yang tergolong sederhana, seperti pecahan biasa. Maka bisa langsung mengetik atau menuliskannya di lembar kerja. 

Secara umum, sistem di aplikasi Word mendeteksi bilangan pecahan secara otomatis ketika diketik di lembar kerja. Inilah alasan kenapa angka yang ditambahkan tanda “/” pada saat diketik akan otomatis berubah menjadi pecahan. 

Misalnya tidak menjadi “3/4 “ melainkan menjadi “¾” . Sistem otomatis seperti ini tidak hanya ditemukan di Word, melainkan juga di beberapa aplikasi pengolah kata lain. Misalnya seperti di Google Document. 

Berikut adalah langkah-langkah dalam cara menulis pecahan di Word menggunakan keyboard secara langsung: 

  1. Buka lembar kerja di Word. 
  2. Silahkan ketik angka dalam bilangan pecahan dan diikuti tanda “/” yang diketik dari keyboard. Misalnya saat ingin menulis pecahan ¾ maka ketik angka “3” disusul tanda “/” baru kemudian ketik “4”. 
  3. Selesai, maka hasil di lembar kerja akan seperti gambar di bawah ini:

Sebagai informasi, tutorial cara menulis pecahan di Word yang dijelaskan di atas adalah menggunakan Word Office 2019. Kemudian diketik menggunakan perangkat komputer OS Windows. 

Jadi, jika Anda menggunakan perangkat selain dengan OS Windows, misalnya Macbook. Otomatis tata cara bisa berbeda. Begitu pula dengan perangkat lainnya. Selain itu, jika Word versi Anda di bawah atau di atas Word 2019. Maka bisa ditemukan beberapa perbedaan tampilan sampai tata letak sejumlah menu. 

Saat menulis buku, Anda perlu mencantumkan daftar pustaka agar buku Anda memiliki sumber yang terpercaya. Berikut tutorial membuat daftar pustaka untuk Anda:

Jika memiliki pertanyaan atau ingin sharing pengalaman berkaitan dengan topik cara menulis pecahan di Word dalam artikel ini. Jangan ragu menuliskannya di kolom komentar. Klik juga tombol Share agar informasi dalam artikel ini tidak berhenti di Anda saja. Semoga bermanfaat.

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Komentar ditutup.

Subscribe

Mau dapat update promo dan artikel eksklusif? Tulis e-mail di bawah!
logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama