Cara Kirim Naskah Dijamin Terbit! Deepublish Tempatnya

cara kirim naskah penerbit deepublish

Cara Kirim Naskah – Memiliki naskah, sayang jika naskah yang Anda miliki disimpan atau dikonsumsi/dibaca sendiri. Padahal, naskah yang Anda simpan bisa diterbitkan dan bisa dinikmati oleh semua orang. Tentunya, Anda pun memiliki kepuasan tersendiri, karena naskah Anda dibaca dan memberikan manfaat untuk orang lain.

Binggung ingin menerbitkan buku kemana? Anda bisa mengirimkan naskah di Deepublish. Semua naskah, akan diterbitkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan takut jika Naskah Anda akan ditolak. Jadi tunggu apalagi, segera kirim naskah mu sekarang. Kirimkan naskahmu!.

Siapa bilang cara kirim naskah itu sulit. Syarat dan ketentuan yang ditawarkan sangat mudah dipenuhi. Bisa dilakukan oleh Anda sebagai penulis pemula ataupun penulis professional. Berikut adalah syarat dan ketentuan cara kirim naskah di Penerbit Deepublish. Sebagai berikut.

Kategori Naskah

Seperti yang pernah dipaparkan diartikel sebelumnya, bahwa setiap penerbit memiliki kriteria naskah yang diterima. Setiap penerbit juga memiliki fokus penerbitan berbeda, Ada penerbit yang fokus di bidang buku pertanian, dibidang buku novel, politik dan yang fokus pada buku pendidikan. Salah satunya penerbit Deepublish, yang memprioritaskan naskah buku pendidikan, namun juga tidak menutup kemungkinan menerima naskah di luar buku pendidikan. Khusus dipenerbit Deepublish, setidaknya ada beberapa kriteria cara kirim naskah, apa saja? Sebagai berikut.

Buku Pendidikan

Jika Anda memiliki naskah jenis buku pendidikan, Anda bisa kirim naskah di Penerbit deepublish. Berbicara buku pendidikan, ada banyak sekali macam-macamnya. Ada tentang buku ajar, buku referensi dan buku monograf. Berikut uraian singkatnya.

  • Buku ajar
    Buku ajar ditulis oleh pakar ahli dibidangnya. Misal dosen lulusan peternakan, mengajar mata pelajar tentang peternakan. Jadi ditulis sesuai dengan bidang ilmu yang diampunya. Agar naskah buku ajar Anda sesuai dengan kaidah, maka buku Anda wajib untuk dipublikasikan dan tersalurkan sesuai tujuan pembaca. Tujuan pembaca buku ajar adalah mahasiswa, dosen ataupun dosen peneliti. Buku ajar memang diperuntukan untuk belajar dikelas ataupun untuk metode pembelajaran mandiri. Dengan kata lain, buku ajar memang berperan sebagai buku panduan, demi mencapai tujuan pembelajaran.
  • Buku referensi
    Buku referensi berbeda dengan buku ajar. Buku referensi memiliki substansi pembahasan seperti penelitian ilmiah. Yaitu terdiri dari rumusan masalah dan memiliki nilai novelty. Tidak hanya itu, dibagian dalam, juga wajib menyampaikan metodologi pemecahan masalah, menggunakan teori mutakhir dan jelas.
    Selama proses pengembangan buku referensi pun Anda penting memasukan data-data yang sifatnya mendukung dan sejalan. Tidak lupa pula, dibagian akhir paparan isi, dibagian akhir naskah disertakan kesimpulan dan daftar pustaka. Informasi tambahan untuk jenis buku referensi, dapat ditulis lebih dari satu penulis, jadi dapat ditulis secara tim.
  • Buku monograf
    Buku monograf adalah buku yang membahas satu variable cabang ilmu saja. Isi pembahasan lebih spesifik dan mengerucut. Kebalikan dari buku referensi, jika buku referensi boleh ditulis lebih dari satu orang, maka buku monograf hanya ditulis oleh satu penulis. Penulisnya pun juga memiliki kompetensi sesuai tema yang ditulis. Nah, jika Anda memiliki naskah monograf, Anda bisa langsung kirim naskah ke penerbit Deepublish.

Fiksi

Jika Anda memiliki naskah fiksi, Anda juga dapat kirim naskah ke penerbit Deepublish. Ada banyak sekali jenis buku yang termasuk kedalam kategori buku fiksi. Barangkali Anda juga memiliki naskah yang masuk dalam kategori fiksi. Berikut adalah ulasannya. Sebagai berikut.

  • Novel
    Kirim naskah novel di Yogyakarta yang dijamin diterbitkan hanya di Deepublish. Tidak semua penerbit bisa menerima naskah novel, karena mereka butuh waktu untuk melakukan seleksi naskah novel yang masuk. Novel yang dikirimkan, bisa berbentuk percintaan, action dan komedi.
  • Komik
    Kategori buku fiksi yang kedua ada buku komik. Komik adalah cerita bergambar yang memiliki jalan cerita dan didalamnya sudah ada konflik cerita. Komik yang masuk sudah ada storyboard dan gambar.
  • Kumpulan cerpen
    Jika Anda memiliki cerita pendek (cerpen) Anda bisa membuatnya dengan cara mengumpulkan beberapa cerpen dengan cerita yang berbeda. Kemudian dibukukan. Kumpulan cerpen dapat ditulis oleh satu orang, bisa juga ditulis oleh sekumpulan penulis.
  • Kumpulan puisi
    Kumpulan puisi ini mirip seperti kumpulan cerpen, bisa ditulis secara individu ataupun ditulis secara berkelompok.
  • Dongeng
    Buku dongeng ini diperuntukan untuk pembaca anak-anak. Maka isi dogeng pun harus sesuai dengan pasar anak.

Lain-lain

Buku yang tidak termasuk di dalam dua kategori di atas, maka masuk di lain-lain. Apa saja yang tidak termasuk kedua karakteristik tersebut. Misalnya buku kumpulan masak, buku yasin atau kumpulan doa dan masih banyak jenis.

Syarat Cara Kirim Naskah

Setelah mengetahui karakteristik di atas, ada syarat cara kirim naskah yang perlu Anda persiapkan. Berikut adalah syarat dan ketentunnya.

  • Pertama, ditulis dan diketik dengan rapi, menggunakan format font Times New Roman
  • Kedua, gunakan ukuran font 12 pt
  • Ketiga, naskah diketik dalam kertas kwarto, minimal 70 halaman atau 150 halaman.
  • Keempat, mengirimkan naskah lewat email atau cara kirim naskah melalui situs kami. Jika ingin mengirimkan lewat email, dibagian subjek ditulis kategori (buku ajar, buku referensi, buku monograf, fiksi novel dll). Kemudian tuliskan judul buku dan nama penulis.

cara kirim naskah

Itulah syarat teknis cara kirim naskah yang wajib Anda lengkapi. Selain secara teknis, ada kelengkapan naskah yang perlu Anda lengkapi.

Memenuhi Kelengkapan Naskah

Ketika Anda kirim naskah, pastikan untuk melengkapi lampiran dan data-data lain. Apa saja lampiran dan data-data tersebut, yang sering diabaikan oleh penulis? Sebagai berikut.

  • Sinopsis
    Sebelum Anda kirim naskah, pastikan jika Anda sudah melampirkan sinopsis. Sinopsis adalah ringkasan singkat tentang buku yang Anda tulis. Sinopsis kelihatannya tidak terlalu penting, tetapi sebenarnya sangat penting dan dibutuhkan. Tidak hanya penting untuk editor buku, tetapi juga untuk calon pembaca yang hendak membeli buku-buku Anda.
  • Melampirkan Surat Keaslian Naskah
    Kelengkapan yang tidak kalah penting Anda penuhi adalah, melampirkan surat keaslian naskah. Menyatakan bahwa naskah yang Anda tulis benar-benar tulisan naskah Anda sendiri.
  • Melampirkan spesifikasi buku
    Lampirkan spesifikasi buku yang Anda inginkan. Apakah Anda menginginkan buku yang seperti apa. Jika Anda masih bingung seperti apa sih spesifikasi buku, Anda bisa mendownload formulir spesifikasi buku.
  • Data Diri
    Sebelum kirim naskah, penting bagi Anda untuk menyertakan data diri. Data diri inilah yang digunakan oleh penerbit untuk melengkapi data. Baik data untuk membuat MOU, untuk transfer royalty ataupun untuk melakukan kerjasama lanjutan, jika dirasa cocok. Jika Anda bingung, Anda bisa mendownload formulir penulis.
  • Penandatanganan MoU
    Langkah terakhir ketika kirim naskah sudah terkirim, dan berkas-berkas sudah lengkap. Maka, tim Deepublish akan mengirimkan Memorandum of Understanding (MoU). MoU inilah yang nantinya bisa Anda pelajari dan agar bisa Anda tandatangani. Ketika MoU Anda setujui, Anda bisa langsung mengirimkan ulang. Maka, proses percetakan buku akan diulas. Dan Anda cukup menunggu konfirmasi dari kami.
    Di Penerbit Deepublish, ada dua macam MoU, dua macam yang diperuntukan untuk Dosen dan Non Dosen. Bagi Anda yang bukan seorang dosen, maka Anda cukup mengisi MoU non dosen, berlaku sebaliknya.

Dari beberapa ketentuan kirim naskah di atas apakah Anda mengalami kesulitan? Atau mungkin Anda mesih ragu dengan keputusan Anda yang ingin mengirimkan naskah? Jika Anda masih ragu, atau tidak tahu secara teknis menulis buku itu bagaimana, Anda bisa mempelajari beberapa ulasan dan paparan di website kami.

Jadi di web Deepublish tidak hanya memaparkan cara kirim naskah, tetapi juga mengulas banyak hal. Diantarannya mengulas tentang upaya mendapatkan Poin Angka Kredit (PAK), bagaimana menulis jurnal dan tentunya masih banyak artikel lain yang penting. Semoga dengan ulasan ini bermanfaat.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung kirim naskah dengan mengikuti prosedur berikut pada situs kami.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang cara kirim naskah, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *