7 Cara Menulis Puisi Yang Baik Kelas Profesional – Cara menulis puisi yang baik ternyata cukup banyak dicari-cari. Terutama oleh mereka yang memang ingin menulis puisi. Barangkali Anda sebelumnya sudah mencari-cari di internet tentang cara menulis puisi yang baik. Pembahasan secara umum, pasti akan membahas teknis dan teorinya bukan?

Jika secara teori Anda bisa belajar di artikel di google. Nah, pada kesempatan artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman cara menulis puisi yang baik. Simak ulasan berikut :

download ebook gratis

7 Cara Menulis Puisi Yang Baik Kelas Profesional

langkah langkah menulis puisi

1. Jiwai Puisi yang Hendak Ditulis 

Cara menulis puisi bagi pemula adalah menjiwai dulu puisi yang akan ditulisnya. Jadi buat Anda yang mungkin kebingungan, dan tidak tahu harus memulai dari mana dalam menulis, bisa jadi itu karena kurang menjiwai tema yang hendak dituliskannya. 

Analoginya seperti halnya kita dalam mendengarkan music. Mungkin Anda sedang patah hati atau punya pengalaman trauma yang menyayat hati, ketika mendengarkan lirik lagu yang hampir sama, seolah diingatkan kembali ke kenangan dan rasa sakit yang pernah dirasakan. Sehingga ketika mendengarkan lirik lagu tersebut, bisa menangis dan sedih. 

Nah begitu pula dalam menuliskan sebuah puisi. Dalam menuliskan sebuah puisi juga harus demikian. Bagi seorang pujangga, ketika membaca puisi karangan penulis pemula, akan langsung tahu, mana puisi yang ditulis dengan dijiwai dengan puisi yang asal ditulis. 

Baca juga : Cara Menulis Sitasi Dari Jurnal, Buku dan Website

2. Jangan Asal Tulis Tema 

Mentang-mentang menguasai teori penulisan puisi, tema puisi apa saja ditulis begitu saja. ternyata, mengandalkan teori teknis penulisan puisi tidak akan menjamin hasil karya puisi itu sendiri. anggap saja Anda mengikuti sebuah lomba, yang mengambil tema A. dimana tema tersebut tidak memiliki jiwa Anda. Anda tidak bisa menjawabnya, tetapi Anda tahu teori teknis penulisannya.

Hasil puisinya akan terasa kaku dan kurang menyentil ke pembaca. Nah, hal-hal inilah yang kurang diperhatikan dalam pembahasan-pembahasan artikel terkait bagaimana cara menulis puisi yang baik. Semoga dengan artikel ini, bisa memberikan perspektif baru buat Anda. 

3. Jangan Memaksakan Diri Menulis Puisi 

Sebenarnya sub bab ini bahasa sederhananya dari paragraf sebelumnya. Intinya, jangan memaksakan diri menulis puisi yang temannya sefrekuensi dengan jiwa Anda. Kok se-frekuensi? Kita tahu bahwa setiap orang memiliki karakternya masing-masing.

Ada yang karakternya melo, ada yang karakternya humoris, ada juga yang karakternya slengekan. Jika penulis puisi dominan slengekan, disuruh menulis puisi melo, pasti akan sulit bukan? 

Atau kasus yang sering saya temukan, ada buku kumpulan puisi yang ditulis oleh beberapa orang dengan tema yang juga memaksakan diri. Hasilnya akan tetap kelihatan, mana yang ditulis dengan hati dan yang ditulis karena demi publikasi, atau yang asal nulis dan asal diterbitkan. 

4. Asah Kepekaan Panca Indra 

Dari beberapa cara menulis puisi yang baik di atas, mungkin akan muncul sebuah pertanyaan, lantas bagaimana cara agar bisa menulis puisi yang mengalir dan menjiwai? Jawabannya sih juga gampang, cukup asah kepekaan panca indra. 

Jadi modal utama menjadi seorang penyair handal adalah memiliki kepekaan ini. Coba perhatikan kumpulan puisi para sastrawan kita, mereka apik dalam menuangkan pesan dan menggoreskan kata demi kata. Di sana ada banyak kosakata baru dan istilah baru. Belum lagi di tambah dengan kemampuan menggabungkan emosi penulis dengan pemilihan diksi yang sempurna.

Sedangkan emosi itu bisa didapatkan dengan mengaktifkan panca indra dan daya analitis yang baik juga. Jadi jangan heran jika menuliskan satu puisi sajak butuh review dari penulis beberapa kali. Tidak heran setiap pembaca pun juga bisa merasakan kolaborasi jiwa, diksi dan daya analitis penulis dalam sebaik singkat puisi. 

5. Libatkan Emosi Penulis 

Sedikit artikel yang mengulas dasar dari penulisan puisi. Yaitu, melibatkan emosi si penulis. puisi yang ditulis dengan emosi marah, sedih dan gembira bisa terpancar dari susunan diksi puisi itu sendiri. itu sebabnya, penting sekali memberikan tekanan emosi disetiap puisi yang digoreskan. 

Emosi adalah unsur yang paling penting dalam banyak hal. Tidak hanya dalam penulisan puisi saja, tetapi dalam penulisan novel atau script film, emosi menjadi micin yang menentukan daya tarik pembacanya loh. jadi buat kamu yang ingin menulis, pastikan untuk meramu micin sebaik mungkin ya. 

6. Jangan Terpaku Pada Aturan  

Memang penting sekali menulis puisi mengikuti aturan teknis penulisan puisi. Bagi saya pribadi, terutama untuk penulis pemula, sebenarnya tidak penting. Kenapa tidak penting? Karena konteksnya penulis pemula masih dalam tahap belajar. Karena inilah yang saya rasakan ketika pertama kali mencoba menulis

Justru saya tidak bisa menulis sama sekali ketika terpaku pada teori atau aturan baku. Jadi merasa ada sekat atau batas yang membuat saya tidak bisa bebas mengekspresikan jiwa dan hal yang ingin saya sampaikan. Ketika saya melupakan semua aturan yang ada, saya bisa menulis dengan lapang, dan lancar. 

Barulah, setelah semua pesan tertulis, barulah di edit dan ikuti aturan. Nah, mungkin cara bar-bar ini juga bisa Anda lakukan. Jika Anda sudah professional, saya yakin, sebenarnya Anda pun sudah memiliki cara dan teori sendiri dalam menuliskan. 

7. Motivasi Calon Penulis Puisi Untuk Pemula

Itulah beberapa tips cara menulis puisi yang baik. Poin di atas adalah tips ketika saya belajar menulis. Dimana kala itu tidak tahu teori menulis dan tidak tahu cara menulis.

Khusus bagi calon penulis pemula, jangan takut untuk memulai memulai. Karena ketakutan memulai adalah awal dari kegagalan mimpi Anda menjadi seorang penulis. 

Baca juga : 4 Langkah Menulis Puisi Berkualitas

Jangan jadikan ketidaktahuan teori menulis menjadi kendala memulai menulis. Justru, menurut saya, semisal saya mengetahui teori menulis terlebih dahulu, bisa jadi saya tidak pernah berani memulai menulis karena takut dengan aturan dan batas-batas yang sudah ada.

Jadi, kesimpulannya tetaplah menulis meski tidak tahu. Karena dari kegagalan dari tulisan yang Anda buatlah yang akan mengarahkan untuk belajar. 

Benar kata pepatah, guru terbaik adalah kegagalan dan kesalahan. Jadi, lakukan kesalahan tersebut, bukan sebaliknya, justru menghindari kesalahan dan kegagalan.

Karena ketika kita sudah menghindar, sebenarnya kita menghindari untuk berjiwa besar. Itulah beberapa poin cara menulis puisi yang baik.

Semoga sedikit pengalaman dan pesan di atas bisa memberikan harapan dan semangat buat mereka yang memiliki mimpi menjadi seorang penyair atau penulis. pesan semangat dari saya, menulis itu sebenarnya mudah dan sederhana.

Yang rumit dan sulit itu adalah apa yang kita pikirkan dan kita masih memelihara ketakutan yang sebenarnya apa yang kita takuti, belum tentu ada di depan kita.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Metode dan Trik Penerbit Buku Melirik Naskah
  2. Cara Mudah Membuat Outline Buku Ajar
  3. Membuat Lead yang Menarik Saat Menulis Buku
  4. Menghindari 5 Kendala Saat Menulis Buku Ajar

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

(Irukawa Elisa)