Cara Mudah Menulis Sumber Gambar Dari Internet, Dokumen Pribadi – Bingung tidak tahu cara menulis sumber gambar dari internet? Tidak dapat dipungkiri jika saat ini setiap kali mengerjakan tugas, ada beberapa sumber gambar yang diambil dari internet. Pertanyaannya adalah, apakah cara penulisan dari internet dan dari buku sama atau berbeda? 

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menuliskan sumber gambar dari internet, kamu bisa langsung simak ulasan berikut ini. 

download ebook gratis

A. Variasi Penulisan Cara Menulis Sumber Gambar

Membicarakan cara menulis sumber gambar dari internet, memang ada beberapa cara penulisan. Sebagai berikut. 

  • Contoh Penulisan Pertama

[gambar]

Sumber : dokumen pribadi

  • Contoh Penulisan Kedua

[gambar]

Sumber 1.0 dokumen pribadi

  • Contoh penulisan ketiga

[gambar]

Gambar 1. Struktur Organisasi (Sumber : www.deepublish.com)

Nah, dari ketiga jenis contoh penulisan di atas, Anda bisa menggunakan salah satu. Jika dalam laporan penulisan artikel, Anda ingin menggunakan contoh no  satu, maka dalam satu naskah, format yang Anda gunakan menggunakan harus konsisten. Tidak boleh berganti-ganti. 

Jika Diambil Dari Koleksi Gambar Pribadi 

Setiap mengerjakan tugas, tidak dapat dipungkiri bahwa ada bagian dimana kita mengumpulkan jepretan foto gambar sendiri. Jika gambar milik pribadi apakah bisa digunakan atau tidak? Sebenarnya bisa saja digunakan.  Secara teknis penulisan, Anda pun bisa menuliskannya sebagai berikut. 

[gambar]

Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Baca juga : Menulis Buku Biografi: Teknik Pengumpulan Data Dari Narasumber

B. Bersumber Dari Internet 

Jika sumber foto atau sumber gambar tersebut diambil dari berbagai internet, maka cara penulisannya pun. Karena kasus atau ragam pengambilan gambar dari internet ada beberapa kasus. Maka, ada beberapa catatan jika ingin mengambil dan mencantumkannya. 

1. Contoh Cara Menulis Sumber Gambar Dari Internet 

Sumber gambar: www.penerbitbukudeepublish.com

Dari contoh di atas jika gambar diambil dari website. Jika Anda mengambil gambar dari penyedia gambar gratis, seperti di pexel, shutterstock, rawpixel dan macam-macamnya. Maka, Anda wajib mencantumkan penyedia gambar gratis dan akun pemilik foto. Contoh dapat dilihat sebagai berikut. 

[gambar]

Sumber gambar: sutterstock.com/Iruka Photos

Berlaku juga jika gambar tersebut diambil dari foto di akun media sosial orang lain. Maka cara penulisannya pun sama. Yaitu dengan mencantumkan media sosial dan nama pemilik foto.

[gambar]

Sumber gambar: Instagram.com/ Irukawa Elisa

Sebagai catatan tambahan, di bagian nama akun pemilik, alangkah lebih baiknya jika di hyperlink yang langsung mengarahkan ke link yang bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk menghormati atau menghargai hasil karya. 

Jika ada yang bingung bagaimana cara memberi hyperlink, caranya cukup mudah.

Anda sebelumnya harus mengcopy url pada akun tersebut, kemudian paste di lembar ms word yang akan di hyperlink, dengan cara menekan menu “insert” kemudian klik “hyperlink” dan paste kan link yang sebelumnya sudah di copy.  Maka dengan otomatis, langsung mengarahkan ke halaman tersebut.  

2. Cara menulis Sumber gambar dari Internet yang Lengkap 

Jika sebelumnya ada beberapa variasi penulisan menulis sumber gambar dari internet, mungkin Anda bertanya, adakah penulisan sumber gambar dari internet yang lengkap? Jawabannya ya. Buat Anda yang ingin menuliskan secara lengkap, bisa menggunakan contoh sebagai berikut. 

[gambar]

Gambar 1. Struktur Organisasi (Sumber : www.deepublish.com)

Nah, itulah sedikit tentang cara menulis sumber gambar dari internet. Semoga dengan ulasan yang sedikit ini memberikan gambaran dan memberikan manfaat. Mudah bukan? Dan selamat mencoba.

Baca juga : Teknik Menulis Buku Biografi Agar Sesuai dengan Narasumber

Kontributor : Irukawa Elisa