fbpx

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Website

kumpulan daftar pustaka dari internet

Cara menulis daftar pustaka dari website memang paling banyak dijadikan pilihan bagi para mahasiswa. Terutama ketika menulis dan membuat laporan atau tugas yang diberikan oleh dosen. Nah, apakah Anda salah satunya?

Meskipun banyak yang mencari sumber referensi seperti ini. Ternyata sering terjadi pertanyaan bagaimana sih cara menulis daftar pustaka dari website? Berbicara cara menulis, memang berbeda-beda. Tergantung menggunakan format apa. Setidaknya ada beberapa acuan standar penulisan daftar pustaka, mulai dari APA, MLA dan masih banyak lagi. Nah, agar lebih lanjut, berikut ulasannya.

Macam-macam Format Menulis Daftar Pustaka Dari Website

Tidak banyak tahu bahwa penulisan daftar pustaka memiliki banyak format. Mungkin Anda selama ini hanya tahu satu format penulisan saja. Padahal ada banyak sekali format yang dapat digunakan. Meskipun ada banyak format, memang hanya format APA dan format Harvard yang seringkali digunakan penulisan daftar pustaka. Nah, pada kesempatan kali ini akan mengulas bagaimana sih Cara menulis daftar pustaka dari website, disertai dengan contoh. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Format APA

Cara menulis daftar pustaka dari website dengan standar American Psychological Association (APA) dipergunakan untuk penulisan daftar pustaka dibidang psikologi. Nah, jika daftar pustaka dibuat dengan standar ini, maka dapat ditulis dengan format sebagai berikut.

Nama web/situs, artikel dibuat, judul artikel, waktu diakses, alamat website (URL) secara lengkap.

Contoh:

Penerbitdeepublish.com. (2019, 24 September). Cara Melejitkan Kemampuan Teknik Menulis dalam Sekejap!. Diakses pada 25 September 2019, dari https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-a-2/

Format MLA

Cara menulis daftar pustaka dari website dengan format Modern Language Association (MLA) dapat ditulis dengan format sebagai berikut: Judul artikel, nama website, tanggal pembuatan artikel, waktu akses, alamat website atau URL. Sebagai catatan, gunakan URL yang lengkap, bukan URL secara garis kecilnya saja.

Contoh:

“Cara Membuat Naskah Buku”. penerbitdeepublish.com. 1 Februari 2017.25 September 2019. https://penerbitdeepublish.com/cara-membuat-buku-kebiasaan-menulis/

Format MHRA

Pernah Anda mendengar apa itu MHRA? MHRA memiliki kepanjangan dari Modern Humanitis Research Association. Jadi, bagi Anda yang memang ingin menulis menggunakan format ini, sah-sah saja dan boleh-boleh saja. Maka salah satunya dapat dilakukan dengan Beberapa susunan format sebagai berikut.

Nama website. “judul artikel, deskripsi website, tanggal pembuatan artikel, <alamat website/URL> [Waktu akses].

contoh:

penerbitdeepublish.com, “Bingung membuat buku ajar? Berikut Panduan Cara Menulis Buku Ajar”, 29 Desmber 2018. <https://penerbitdeepublish.com/panduan-cara-menulis-buku-ajar-g100/> [Diakses, 25 September 2019)

Format CSE

Cara menulis daftar pustaka dari website dengan format Council of Science Editors (CSE) dapat dirumuskan sebagai berikut.

nama website, judul artikel di website, deskripsi website, tanggal artikel dibuat [tanggal akses], url Lengkap.

Contoh:

penerbitdeepublish.com. Penerbit Deepubublish. Cara Membuat Buku: Dari Ide Sampai Dijilid Penerbit Buku. 20 April 2016. 13.10 [Diakses 25 September 2019). diakses dari https://penerbitdeepublish.com/cara-membuat-buku-penerbit-buku-b5/

Format Email

Saat membuat laporan atau tugas kampus. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa penulisan daftar pustaka tidak melulu diambil dari website atau buku saja. Tetapi juga dapat diambil dari email, dan itu sah-sah saja dan boleh-boleh saja loh. Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana cara Cara menulis daftar pustaka dari email? Berikut adalah format daftar pustaka dari email.

“judul subjek/judul dari email”. Alamat email. (tanggal akses).

Contoh:

4 Trik Jitu Latihan Menulis Buku Tanpa Pusing. [email protected] (25 September 2019)

 

Menulis Daftar Pustaka yang Ada Nama Penulis

Lalu bagaimana cara menulis daftar pustaka dari website bagi yang memiliki nama penulis di dalam website tersebut? Maka nama penulis tersebut wajib hukumnya dicantumkan dan mencantumkan tahun terbitnya. Maka teknis penulisan daftar pustaka dapat ditulis seperti berikut.

Widyatama, Bastian. 2019. “Cara Membuat Buku Berdasarkan 11 Aspek Penerbit Buku” https://penerbitdeepublish.com/cara-membuat-buku/. Diakses pada 24 September 2019.

Khusus penulisan nama penulis, tetap tulis nama panjang penulis. Dengan cara meletakan nama belakang dibagian depan. kemudian diberi tanda koma, setelah itu baru disertai dengan nama depan, barulah diberilah tanda titik dibelakangnya.

Peranan Penting Menulis Daftar Pustaka

Dari kesemua penjelasan di atas. Dapat disimpulkan bahwa penulisan daftar pustaka tetap memiliki unsur dasar yaitu. Unsur penulisan yang diutamakan dan wajib ada, harus ada nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit. Nah, jika konteksnya adalah untuk website, maka data yang dicantumkan bukan penrbitkannya, tetapi website yang mempublikasikannya.

contoh daftar pustaka yang diambil dari internet

Dari segi penulisan daftar pustaka, sebenarnya sebagai syarat dan bentuk tanggungjawab moral seorang penulis kepada buku atau bacaan yang digunakan untuk menuliskan dalam laporan tugas atau hasil penelitian. Tentu saja, dengan mencantumkan daftar pustaka, sangat membantu dan menghargai si penulis itu sendiri. Tidak hanya itu, diharapkan bahwa penulisan ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan atau sebagai sumber referensi untuk penulis-penulis yang lain.

Daftar pustaka sangat penting dalam proses penulisan laporan ilmiah, membuat laporan kampus, menulis buku hingga dalam kajian jurnal. Berkat daftar pustaka, setidaknya karya Anda dapat dibuktikan kebenaran lewat rujukan referensi yang Anda tuliskan tersebut.

Kesalahan Umum Saat Menulis Daftar Pustaka

Apa sih sebenarnya kesalahan atau kesalahan umum yang seringkali ditemui cara menulis daftar pustaka dari website? Banyak kesalahan dalam penulisan daftar pustaka di skripsi, tugas laporan ilmiah ataupun semacamnya. Berikut adalah paparannya.

  1. Kesalahan dalam mengutip: Kesalahan umum saat menulis atau membuat laporan kesalahan dalam mengutip. Kita mungkin sering mengutip dan menyantumkan sumbernya. Namun, di daftar pustaka kita lupa menyantumkan daftar pustakannya. Sebenarnya kesalahan-kesalahan semacam ini bisa diminimalisir. Yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan format khusus, dan akan otomatis, yang akan diulas dikesempatan lain.
  2. Terlalu sering menggunakan singkatan, dan fatalnya singkatan tersebut fatal. Memang tidak ada larangan untuk menggunakan singkatan. Namun jika konteksnya digunakan untuk penulisan ilmiah, penulisan buku atau hasil penelitian, maka singkatan-singkatan sangat dihindari.
  3.  Kurang konsisten. Dalam penulisan daftar pustaka, sering sekali terjadi ketidakonsistensinya antara di kutipan di daftar pusataka. ketidakonsistenan inilah yang dihindari. Misal, ketika Anda ingin menulis daftarpusataka dengan format APA, maka dalam satu laporan atau karya ilmiah, hanya menggunakan format APA semua. Hindari penulisan daftar pustaka berbeda-beda format daftar pusatka.
  4. Penulisan nomor halaman yang salah juga sering ditemui ketika penulisan. Meskipun sepele, cara ini juga sangat menganggu. Khususnya bagi penulisan skripsi, satu kesalahan yang tersebar bagian depan hingga akhir. Maka dapat menimbulkan kelambatan, karena harus merevisi dari awal hingga akhir. Maka, jika konteksnya untuk membuat skripsi, disarankan sejak awal harus berhati-hati agar tidak mengalami kesalahan umum dalam penulisan daftar pustaka.
  5. Kesalahan terakhir yang sering ditemui ketika menulis daftar pustaka atau referensi adalah, menyantumkan  sumber referensi yang terkenal, namun ketika dirinci ada kesalahan dan tidak sesuai dengan yang dicantumkan.

 

Dari beberapa cara menulis daftar pustaka dari website di atas apakah sudah membantu? Tentunya semoga dapat membantu. Nah, memang penulisan daftar pustaka ditulis bermacam-macam tergantung sumbernya dari website, dari internet, dari jurnal atau ditulis dari buku. Karena setiaip sumbernya memiliki format berbeda.

Nah, pada kesempatan artikel tentang cara menulis daftar pustaka dari website semoga memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan. Tentunya, diharapkan bisa memudahkan dalam proses penulisan penulisan daftar pusaka dalam penulisan skripsi dan semacamnya.

Semoga artikel tentang cara menulis daftar pustaka dari website semoga bermanfaat dan memberikan manfaat. Setidaknya dari paparan ini, Anda bisa lebih percaya diri menuliskan daftar pustaka yang beragam bukan karena kesalahan, tetapi karena memiliki format sendiri.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang daftar pustaka, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish