Contoh Teks Prosedur. Teks prosedur adalah sebuah teks yang menyajikan langkah-langkah kegiatan, tahapan atau cara melakukan sesuatu secara tepat agar tercapai tujuan atau hasil yang diinginkan. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata “prosedur” diartikan sebagai tahapan kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas.

Sedangkan, Minarni Try Astuti dalam bukunya “Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan” (2019) berpendapat bahwa teks prosedur merupakan teks yang berisi arahan atau langkah-langkah yang memberikan instruksi untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Penyusunan teks prosedur ini bertujuan memberikan petunjuk kepada semua orang tentang cara membuat suatu produk, melakukan suatu kegiatan atau menggunakan barang tertentu.

Teks prosedur juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan teks lain. Ciri khas teks prosedur adalah adanya instruksi berupa kalimat imperatif yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Artinya, batasan dan aturan dalam hal bahan atau kegiatan harus dilakukan secara urut dan sistematis.

Kaidah kebahasaan teks prosedur meliputi kata kerja imperatif, kalimat saran, konjungsi, kalimat yang menunjukkan penggunaan waktu, kata yang menunjukkan urutan waktu, dan penggunaan kata keterangan cara, keterangan alat, serta keterangan tujuan.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Penulisan teks prosedur juga terbagi menjadi 3 jenis, antara lain:

1. Teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana adalah jenis teks prosedur yang berisi dua atau tiga langkah petunjuk saja. Sehingga, teks prosedur jenis ini sangat singkat dan hanya menuliskan tahapan yang paling penting saja. Bagian teks paling awal biasanya tidak disajikan. Contohnya, teks prosedur sederhana mengenai cara mengoperasikan kamera.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah jenis teks prosedur yang terdiri dari berbagai langkah dan jenjang pada setiap tahapannya. Setiap langkah atau tahapan biasanya juga memiliki sub-tahapan untuk memperjelas petunjuknya. Sehingga, setiap petunjuk dijelaskan secara detail agar lebih mudah dipahami dan dilakukan. 

Bagian awal dalam struktur teks prosedur kompleks biasanya berisi penjelasan seputar tujuan pembuatan teks prosedur dan hasil yang diharapkan setelah seseorang melakukan setiap langkahnya. Setelah selesai menjelaskan tujuannya, Anda bisa menuliskan langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu guna mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah-langkahnya sederhana dan mudah dipahami. Salah satu contoh teks prosedur protokol bisa berupa tata cara memasak sesuatu. 

Misalnya, tata cara membuat semur daging. Orang yang memasak makanan ini memiliki hak untuk memotong daging terlebih dahulu atau komponen lainnya sekaligus bentuk potongan.

Baca Juga: 

Teks Editorial : Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Teks Biografi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap 

Teks Eksplanasi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap 

Contoh-contoh Teks Prosedur

Berikut ini, beberapa contoh teks prosedur berdasarkan jenisnya

Contoh Teks Prosedur 1

 Cara Membuat Botol Kaca

Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional.
  2. Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
  3. Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
  4. Lalu, adonan kaca diproduksi.
  5. Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
  6. Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
  7. Akhirnya, botol-botol itu siap digunakan.

Contoh Teks Prosedur 2

Cara menghidupkan laptop

Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang saat ini sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum kita menggunakannya, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu.

Pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur cara menghidupkan komputer dengan benar. Bagaimana cara menghidupkan komputer? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.
  2. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubung dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer 
  3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
  4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
  5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

Baca Juga:

Teks Prosedur: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Teks Anekdot: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap 

Teks Narasi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Teks Negosiasi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Contoh Teks Prosedur 3

Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Tilang?

Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.

Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan hal ini, Anda tidak akan dirugikan dan mendapat sanksi sesuai peraturan ketika melakukan pelanggaran.

  1. Langkah pertama Anda harus mengenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas).
  2. Langkah kedua itu Anda harus memahami kesalahan diri sendiri ketika berkendara. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
  3. Langkah ketiga pastikan itu tuduhan pelanggaran. Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
  4. Langkah keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi,utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
  5. Langkah kelima adalah menerima atau menolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya,terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang.Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5-12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.

Contoh Teks Prosedur 4

Cara membuat paspor

Bagi anda yang sering melakukan perjalanan antar negara, paspor tidak lagi asing karena dokumen ini adalah dokumen yang wajib dimiliki oleh siapapun dalam perjalanan lintas negara. Secara bahasa, paspor adalah dokumen resmi mengenai identitas pemegang yang merupakan warga suatu negara dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Jika anda belum memiliki paspor, maka pihak imigrasi tidak akan membolehkan anda untuk keluar dari negara maupun masuk ke negara lain.

Biaya pembuatan paspor tidaklah terlalu mahal. Pada paspor biasa yang terdiri dari 48 halaman, biaya pembuatannya adalah Rp 300.000.

Sedangkan, pembuatan e-paspor atau paspor elektronik dikenakan biaya Rp 600.000. Biaya-biaya tersebut di luar biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya. Selain paspor 48 halaman, ada pula  paspor dengan 24 halaman yang biaya pembuatannya sebesar Rp 100.000. Masa berlaku paspor biasa adalah lima tahun sejak tanggal paspor diterbitkan.

Berikut ini adalah tata cara dalam pembuatan paspor biasa.

  1. Persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan, meliputi E-KTP asli dan fotokopi, akta kelahiran/surat nikah/ijazah terakhir/surat baptis (pilih salah satu) dan fotokopi, kartu keluarga asli dan fotokopi dan materai. Seluruh fotokopi dokumen difotokopi dalam kertas berukuran A4 tanpa dipotong, cukup dibiarkan saja dalam ukuran asli A42.
  2. Datanglah ke kantor imigrasi setempat di pagi hari karena jumlah pemohon dibatasi setiap harinya. Terlebih lagi kuota walk-in yang sedikit. Lebih baik dapatkan antrian paspor terlebih dahulu menggunakan aplikasi antrian paspor maupun melalui whatsapp imigrasi.
  3. Setelah sampai dan mendapatkan nomor antrian, isi formulir permohonan pembuatan paspor dengan sebenar-benarnya dan sesuai dengan data di dokumen resmi.
  4. Serahkan formulir tersebut ke loket petugas lalu tunggu nomor antrian anda dipanggil untuk melakukan sesi wawancara, pengambilan sidik jari dan foto.
  5. Jika sudah selesai hingga melakukan pembayaran, anda akan mendapatkan tanda terima dan informasi kapan paspor selesai dibuat dan dapat diambil.

Contoh Teks Prosedur 5

Cara mengendarai mobil manual

Anda harus memiliki keahlian yang terlatih dalam mengendarai mobil manual, yang notabene berbeda dengan mobil matic. Karena, mengendarai mobil manual membutuhkan beberapa trik khusus yang membutuhkan latihan dan jam terbang. Anda membutuhkan latihan, karena berkendara di jalanan pun membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Berikut ini, langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika belajar mengendarai mobil manual.

  1. Kenali Fitur Mobil

Langkah pertama dalam belajar mengendarai mobil manual adalah Anda harus mengenali setiap fitur dalam mobil. Pastikan, Anda paham dan hafal setiap fitur dalam mobil manual sebelum mulai mengendarai, mulai dari injakan rem, gas dan kopling. Anda bisa membiasakan kaki Anda untuk mengenali setiap pijakannya sebelum mobil dinyalakan dan berkendara, agar tidak membahayakan. Setelah itu, Anda bisa mengenal fitur lain, seperti tombol bel, lampu sein, wiper dan lainya. 

Selain itu, Anda juga harus belajar memindahkan posisi gigi atau persneling yang biasanya mulai dari 1-5, posisi netral dan posisi R untuk mundur. Bagian ini termasuk penting, karena kesalahan sedikit bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain di jalanan.

  1. Latihan di telat yang aman

Langkah kedua dalam belajar mengendarai mobil manual adalah Anda bisa mulai belajar menghafal setiap fitur sambil menjalankan mobil di tempat yang aman terlebih dahulu, misalnya lapangan bola. Pastikan tempat latihan awal itu sepi dari orang lalu lalang dan tidak ada mobil atau motor lain yang berkendara di sekitar area latihan.

Lahan luas untuk latihan mobil manual juga akan membantu Anda berkonsentrasi penuh dalam menghafal dan memahami setiap fitur mobil. Setelah terbiasa dengan setiap fiturnya tanpa kesalahan apapun, Anda bisa berpindah ke tempat yang lebih menantang, misalnya jalanan umum yang tidak terlalu ramai dan terus ada peningkatan setiap kali sudah terbiasa. 

  1. Konsentrasi

Konsentrasi memang dibutuhkan ketika Anda sedang mengendarai apapun, baik mobil manual, mobil matic hingga motor sekalipun. Tapi, Anda membutuhkan konsentrasi yang lebih ketika mengendarai mobil manual. Pastikan tidak ada hal yang mengganggu pikiran, lebih rileks dan tenang agar bisa berkonsentrasi. Jika Anda masih gugup, Anda bisa diam sejenak atau melakukan sesuatu untuk mengalihkan kegugupan.

  1. Nyalakan mobil

Setelah Anda mengenal setiap fitur dalam mobil, memilih tempat untuk latihan dan mempersiapkan diri untuk konsentrasi mengendarai, Anda bisa mulai menyalakan mobil. Tapi, pastikan persneling mobil dalam posisi netral ketika dinyalakan dan mulai nyalakan mobilnya.

Saat mobil sudah mulai menyala, posisi kaki pada pedal yang benar dan pastikan Anda sudah menghafal fungsi setiap posisi pedal. Umumnya, posisi pedal yang paling kiri adalah kopling, tengah rem dan kanan gas. Jangan sampai Anda salah menginjak salah satu pedal ketika berkendara.

  1. Seimbangkan kopling dan gas

Ingatlah bahwa posisi persneling dan pijakan kaki kita di setiap pedal itu saling berkaitan. Karena itu, Anda harus menyeimbangkan keduanya. Anda bisa mulai mengarahkan posisi persneling atau kopling ke gigi 1 sambil menginjak kopling. Lalu, Anda bisa menginjak gas secara perlahan dan lepas kopling secara perlahan.

Tak usah malu dan khawatir ketika Anda sering salah dalam belajar mengendarai mobil manual pada tahap ini. Karena, pemula biasanya belum terbiasa untuk mengendalikan kopling, gas dan persneling bersamaan. Misalnya, lupa mengangkat kopling ketika kaki sudah menginjak gas cukup dalam.

Jika Anda tak sengaja melepas kopling terlalu cepat, hal ini bisa menyebabkan mesin mobil mati atau mobil berjalan tersendat. Karena itu, belajarlah untuk menyeimbangkan pijakan pedal kopling dan pedal gasnya.

  1. Ulangi langkah ke-5 untuk menambah dan menurunkan kecepatan

Selain mengenal dan menghafal posisinya, Anda juga harus memahami fungsi setiap fitur mobil manual. Ingatlah, Anda harus menginjak kopling ketika ingin meningkatkan maupun menurunkan kecepatan. Pastikan kaki jugai harus menginjak kopling dan sedikit melepaskan pedal gas setiap perpindahan gigi atau posisi persneling, baik ketika menurunkan atau menaikkan. Tak hanya itu

  1. Siaga rem

Meskipun kedua kaki akan lebih sering berada di atas pedal kopling dan gas ketika berkendara mobil manual. Anda juga tetap harus hafal posisi rem dan memijaknya ketika ada sesuatu yang berlalu lalang di depan mobil secara mendadak atau ketika laju mobil terasa terlalu cepat. Anda bisa posisikan kaki di atas pedal rem ketika sudah mulai melepas kopling. Tapi ingat, kaki juga harus perlahan melepas pedal gas ketika mulai mengerem.

Pastikan mobil melaju stabil ketika di jalanan, sehingga Anda harus siaga menginjak rem ketika sudah terlalu cepat atau tidak stabil. Pada pemula, Anda bisa mengontrol pijakan gas tidak terlalu dalam agar tidak terlalu cepat dan langsung posisikan kaki di atas pedal rem ketika sudah melepas kopling.

Contoh Teks Prosedur 6

Cara memasak mie instan

Cara memasak mie instan rebus, antara lain:

  1. Rebus mie instan dengan air yang sudah mendidih
  2. Setelah sudah cukup matang, tiriskan mie untuk beberapa menit dan buanglah air bekas rebusan mie
  3. Setelah ditiriskan, tuangkan air panas yang baru sebagai kuahnya
  4. Masukkan bumbu-bumbu yang sudah tersedia dalam bungkus mie instan
  5. Selamat menikmati mie rebus kesukaan Anda

Contoh Teks Prosedur 7

Cara membuat kue bolu pandan

Bahan

– 100 gram mentega, lelehkan 

– 200 gram tepung terigu protein rendah 

– 75 gram gula pasir (untuk putih telur)

– 50 gram gula pasir, yang butirannya lembut (untuk kuning telur)

– 30 ml air daun suji 

– 5 kuning telur 

– 5 putih telur  

– 1/2 sendok teh cream of tartar 

– 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:

1) Kocok kuning telur dan 50 gram gula pasir hingga kental, kemudian masukkan tepung terigu sambil diayak, setelah itu tambahkan mentega yang telah dilelehkan dan air daun suji, lalu aduk hingga rata.

2) Kocok putih telur, cream of tartar dan garam hingga setengah mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang.

3) Tuang adonan putih telur ke dalam adonan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan-lahan.

4) Tuang adonan tersebut ke dalam loyang, lalu kukus selama 50 menit hingga air mendidih, kemudian angkat dan dinginkan.

5) Potong-potong sesuai selera dan bolu pandan siap untuk dihidangkan.

Artikel Terkait:

Teks Argumentasi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Lengkap

Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Lengkap

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menulis

Contoh Teks Deskripsi 

Contoh Lengkap Teks Berita

Contoh Teks Biografi yang Bisa Dijadikan Referensi

Contoh Teks Persuasif yang Baik dan Benar