Dalam membuat jurnal yang berkualitas, pasti Anda tidak akan lepas dari indeks jurnal. Indeks jurnal ini menjadi kunci bagi penulis dalam membuat jurnal yang baik. Beberapa indeks biasanya menyediakan berbagai jenis jurnal beserta link dan juga kategorisasi subjeknya.

Kemudian indeks jurnal tersebut bermanfaat dan sangat membantu penulis untuk memudahkan pembaca untuk memahami arti kata yang tercantum di dalam halaman buku yang bisa dilihat berdasarkan abjad atau simbol tertentu yang sudah dikelompokkan. Tapi apa itu indeks jurnal?

Di bawah ini akan dijelaskan apa itu indeks jurnal, bagaimana penulis dapat melakukan indeks jurnal, bagaimana cara mengecek indeks jurnal Scopus, dan bagaimana cara mengecek indeks jurnal Sinta.

Apa Itu Indeks Jurnal

Pada dasarnya, indeks merupakan suatu alat yang digunakan di dalam dunia internet. Indeks ini digunakan dengan tujuan untuk mengatur dan memudahkan seseorang atau pengguna internet untuk menemukan berbagai hal atau konten yang dicari. Biasanya, di dalam indeks tersebut menyediakan daftar indeks dan juga link untuk kategorisasi.

Pada indeks jurnal, ada beberapa indeks yang menyediakan daftar judul jurnal, link, dan juga kategorisasinya. Artinya, pengertian dari indeks jurnal atau pengindeks jurnal adalah sebuah sarana atau alat yang digunakan untuk melakukan indeks setiap jurnal yang diunggah atau di-publish oleh peneliti atau ilmuwan.

Terdapat beberapa jenis alat pengindeks jurnal yang biasanya memiliki berbagai persyaratan atau berbagai kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah jurnal atau karya ilmiah agar jurnal atau karya ilmiah tersebut dapat terindeks oleh alat pengindeks tersebut.

Sudah diketahui banyak orang bahwa indeks jurnal ini bermanfaat untuk keperluan publikasi yakni untuk melakukan pemaparan, presentasi hasil penelitian, dan berbagai temuan lainnya kepada orang lain. Publikasi ilmiah ini dilakukan agar suatu hasil penelitian yang sudah dikerjakan diketahui banyak orang sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Selain itu, publikasi ilmiah ini juga digunakan sebagai pembuktian bahwa suatu temuan yang telah dilakukan seseorang mendapat pengakuan apabila ada upaya plagiarisme yang dilakukan, terutama agar dapat disitasi oleh orang lain sehingga manfaatnya dapat dipertimbangkan dan juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk penelitian selanjutnya.

Indeks jurnal ini juga sebagai bukti bahwa jurnal yang ditulis oleh penulis atau peneliti ini memiliki kredibilitas, karena tak bisa dipungkiri seorang akademisi harus mengukur kredibilitasnya berdasarkan pendidikan, penelitian, dan juga pengabdian. 

Dengan demikian, maka adanya indeks jurnal ini berfungsi sebagai salah satu faktor yang mengukur keberhasilan akademisi tersebut dalam memanfaatkan ilmunya, dengan meningkatkan nilai kerja karya ilmiah sahabat atau yang dikenal dengan istilah h-index. Oleh sebab itu, maka penulis atau akademisi harus memahami apa saja jenis pengindeks jurnal.

Baca Juga:

13 Ciri-Ciri Jurnal yang Kredibel

20 Rekomendasi Situs Jurnal Internasioanl Terakreditasi

Jurnal Terindeks Scopus: Cara Mencari, Cara Submit, dan Contohnya

Apa Saja Pengindeks Jurnal

Agar lebih memahami apa saja pengindeks jurnal yang tersedia, Anda harus mengetahui jenis-jenisnya. Di bawah ini ada beberapa indeks jurnal yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan. 

1. SINTA (Terakreditasi Peringkat 4)

Jurnal SINTA adalah kepanjangan dari Science and Technology Index. Jurnal SINTA ini merupakan laman atau portal ilmiah daring yang dikelola langsung oleh Kemendikbud Ristek sehingga daftar jurnal yang disajikan sudah pasti merupakan jurnal nasional terakreditasi. SINTA ini biasanya dijadikan database atau pusat data jurnal nasional terakreditasi.

2. Google Scholar

Google Scholar adalah penyedia berbagai jenis jurnal ilmiah dalam bahasa Inggris. Tetapi jika Anda ingin mencari dalam bahasa Indonesia, Anda bisa mengetik kata kunci Google Cendekia di kolom pencarian Google.

3. Crossref

Crossref (Cross Reference) adalah lembaga pendaftaran Digital Object Identifier (DOI) yang dalam bahasa Indonesia merupakan Indonesia Pengenal Objek Digital yang merupakan alat pengenal permainan yang digunakan pada suatu dokumen elektronik.

4. GARUDA (Garba Rujukan Digital)

GARUDA merupakan portal penemuan referensi ilmiah Indonesia yang menjadi titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia.

5. BASE (Bielefeld Academic Search Engine)

BASE adalah mesin pencari multi-disiplin untuk jurnal ilmiah yang dibuat oleh Perpustakaan Universitas Bielefeld di Bielefeld, Jerman.

6. WorldCat

WorldCat merupakan database informasi koleksi perpustakaan yang memuat berbagai daftar jurnal dari 72.000 perpustakaan yang ada di 170 negara.

7. PKP Index

PKP Index adalah indeks jurnal yang menjadi database artikel jurnal, buku, dan juga conference yang menggunakan perangkat lunak seperti Open Journal System.

8. neliti

Neliti adalah platform penerbitan online untuk jurnal akademik, prosiding konferensi, dan repositori institusional yang berfungsi sebagai mesin pencari website gratis untuk publikasi akademik.

9. Cosmos Impact Factor

Cosmos Impact Factor adalah database akademik untuk peneliti yang menyediakan berbagai indeks jurnal akademik untuk peneliti, editor, jurnal atau penerbit.

10. Scilit (Scientific Literature)

Scilit adalah platform database untuk mencari berbagai literatur penelitian yang diterbitkan melalui artikel yang diunggah DOI atau PubMed dan diindeks setiap jam.

11. Indonesia One Search (by PERPUSNAS)

Alat ini menjadi pintu pencarian tunggal untuk berbagai koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh dunia.

12. DRJI (Directory of Research Journal Indexing)

DRJI merupakan layanan daring gratis yang membantu mencari dan menemukan sumber daya website untuk artikel dalam bentuk penelitian.

13. Maktaba

Maktaba atau Al Maktabah merupakan pusat jurnal kajian ilmu pendidikan dan perpustakaan yang diterbitkan oleh Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

14. Journal Stories

Journal Stories merupakan pusat database artikel dan jurnal internasional yang berkualitas.

15. ICI (Index Copernicus International)

ICI merupakan platform khusus internasional yang mempromosikan pencapaian ilmiah dan mendukung kolaborasi nasional dan internasional antarilmuwan yang menerbitkan jurnal ilmiah dan entitas ilmiah.

16. Dimensions

Salah satu indeksing jurnal yang populer dan bereputasi di dalam dunia publikasi ilmiah.

17. OUCI (Open Ukrainian Citation Index)

Platform internasional yang menjadi mesin pencarian database sitasi dan juga artikel publikasi yang terhubung dengan Crossref.

18. ScienceGate

Mesin pencarian dan alat untuk mengunduh jurnal dari Scholar yang memiliki ratusan ribu koleksi jurnal berkualitas.

Baca Juga:

14 Website Tempat Mencari Jurnal Indonesia Bagi Peneliti

Pengertian Jurnal Ilmiah dan Susunannya

Strategi Publikasi Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi

Cara Mengecek Indeks Jurnal Scopus

Untuk mengecek indeks jurnal Scopus baik jurnal internasional maupun jurnal nasional, Anda perlu mengetahui langkah-langkah di bawah ini. Pertama, pastikan dulu Anda memiliki daftar jurnal yang ingin dicari. Kemudian lakukan langkah berikut:

a. Buka laman resmi Scopus di Scopus.com atau Anda bisa mencari di Google dengan mengetik “Scopus”,

b. Kemudian, klik “Source”,

c. Lalu isi nama jurnal di kolom “Enter Title” dan tekan enter atau Anda bisa mencari pada bagian “find source”,

d. Setelah Anda menemukan nama jurnal tersebut pada kolom search, pilih jurnal tersebut dan cek tahun coverage-nya,

e. Untuk memeriksa “scopus content coverage”, Anda bisa melihat pada bagian bawah.

Cara Mengecek Indeks Jurnal Sinta

Untuk mengecek indeks jurnal Sinta pada laman Sinta, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

a. Pertama, buka laman resmi Sinta pada http://sinta.ristekbrin.go.id/. Setelah melihat laman di Jurnal Sinta, Anda bisa mengunjungi bilah navigasi utama di bagian atas yaitu “Sumber” atau Source yang terdapat di laman tersebut. Setelah itu, Anda bisa klik “Jurnal” dan siap melakukan langkah berikutnya.

b. Anda bisa mencari jurnal yang Anda inginkan di kolom pencarian dan klik tombol cari di kolom pencarian. Namun jika Anda belum menemukan judul jurnalnya, Anda bisa memilih di kolom pencarian dengan melakukan klik tombol di “Pencarian Lanjutan”.

c. Selanjutnya, cari jurnal ilmiah yang sesuai dengan yang Anda cari yang terdiri dari 10 bidang pengelompokkan, yaitu: Pendidikan Agama, Ekonomi, Kemanusiaa, Sains, Pertanian, Kesehatan, Sosial, Seni, dan Permesinan.

d. Kemudian klik tombol “Cari”. 

e. Setelah itu Anda dapat menemukan jurnal terakreditasi Sinta di bidang pendidikan atau keilmuan masing-masing. Anda bisa memilih hasil pencarian untuk menemukan target pada majalah Sinta yang akan ditargetkan.

f. Anda kemudian bisa memilih salah satu nama jurnal agar dapat menemukan berbagai informasi lengkap dari jurnal tersebut atau bisa klik pada tombol “Situs Web” di bagian bawah pada nama penerbit.

Artikel Terkait:

Syarat Jurnal yan Baik untuk Referensi Buku Ajar

Jurnal Ilmiah Ber-ISSN Terbitan Berkala

8 Cara Submit Jurnal Internasional agar Lolos

Mengenal Unsul dalam Jurnal Index