fbpx

Daftar Pustaka Laporan PKL yang Baik

contoh daftar pustaka prakerin smk

Anda masih seorang masiswa yang sedang mencari lokasi untuk PKL? Atau seorang mahasiwa yang tengah menyelesaikan PKL? Jika iya, difase PKL muncul pertanyaan bagaimana menulis laporan PKL dan bagaimana cara menulis daftar pustaka. Nah, tenang karena pada kesempatan kali ini artikel ini juga memberikan contoh daftar pustaka laporan pkl yang pas dan cocok untukmu.

Sebelum masuk ke contoh daftar pustaka laporan PKL, Anda perlu tahu prinsip menulis daftar pustaka yang telah disepakati. Berikut contoh daftar pustaka laporan PKL yang bisa Anda coba praktekan.

Fungsi Membuat Laporan PKL

Masih binggung bagaimana menulis laporan PKL? Bagi yang sedang menjalankan Prakerin pasti tahu bagaimana kesulitan membuat laporan. Prakerin atau PKL adalah salah satu pemanasan dan upaya melatih menulis serta membuat laporan karya ilmiah. Adapun manfaat membuat laporan PKL, sebagai berikut.

  1. Menjelaskan tahapan bagaimana melakukan penelitian, sesuai dengan kaidah ilimiah.
  2. Membantu mengarahkan bagaimana menulis laporan PKL dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  3. Membantu dan memudahkan apabila hendak dilakukan penilaian, yang nantinya juga akan membantu dalam proses evaluasi atas pelaksanaan magang dan penyusunan tugas akhir.

Langkah Membuat Laporan PKL

Pertanyaan lain yang muncul contoh daftar pustaka laporan PKL Anda juga harus tahu peranan membuat laporan PKL. Karena hal yang paling dekat saat menjalankan laporan bagaiamana cara membuat laporannya? Sebagai tugas yang diberikan, guna melatih siswa melakukan praktek kerja. Umumnya pekerjaan ini ditujukan ke beberapa perusahaan atau organisasi. Syarat tempat yang dapat diikuti untuk PKL adalah untuk 3 satuan kredit semester. Berikut beberapa cara membuat laporan PKL.

  1. Membuat program PKL. Program dapat dilakukan oleh mahasiswa dibeberapa lembaga atau perusahaan, dengan syarat minimal yang disebutkan di atas (3 satuan kredit semester). Dimana 1 SKS adalah materi, sisanya adalah praktek. Tujuannya jelas, membantu kerja mahasiswa sebelum turun dan berhadapan langsung dengan dunia kerja.
  2. Membuat proposal Program PKL, di tahap ini seorang mahasiswa juga membuat latihan kerja. Adapun latihak kerja yang meliputi, tujuan, tempat PKL, waktu kegiatan, rencana kegiatan hingga pembiayaan jika membutuhkan.
  3. Membuat laporan program PKL tentu saja menjadi hal yang seharusnya sudah biasa dijalankan oleh mahasiswa. Di tahap ini dituntut untuk membuat karya ilmiah. Jadi apa yang dihasilkan dari PKL tersebut dibuatlah laporan. Bentuk program bervariasi dan tergantung dari tempat yang ditempati selama KKN.
  4. Memiliki pembimbing lapangan. Jadi, pembimbing lapangan umumnya ditunjuk oleh mahasiswa. Pembimbing lapangan adalah seorang dosen juga.

Sebagai tambahan informasi terkait tentang landasan hukum PKL atau mahasiswa magang dapat mengacu pada Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem PEndidikan Nasional. Atau sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor DJ. II/548/2003 yang menyantumkan tentang ijin penyelenggarakan program manajemen keuangan syariah, akuntansi syariah, dan program studi manajemen keuangan syariah dan masih banyak lainnya.

Jadi Melakukan PKL bukanlah eksploitasi, melaikan sebagai sarana untuk mencari pengalaman kerja bagi mahasiswa, agar tidak kaget dan semacamnya.

Cara Membuat Laporan Program PKL

Sebelum masuk ke materi inti (contoh daftar pustaka laporan pkl) kita mengulas terlebih dahulu bagaimana cara membuat laporan program PKL. Ketika membuat laporan program, susunlah laporan dengan prinsip mampu melaporkan dan memaparkan analisis, temuan-temuan yang Anda dapatkan. Agar mendapatkan nilai yang lebih baik, buat laporan yang sifatnya analisis deskriptif terhadap program kegiatan yang dilaksanakan. Selama proses pelaporan atau penulisan karya ilmiah, gunakan menggunakan bahasa yang yang baik dan benar. Berikut adalah struktur isi laporan PKL yang sebenarnya wajib dan harus ada.

  1. Terdapat halaman Pendahuluan, yang berisi tentang alasan dilakukan program PKL
  2. Mengulas secara umum PKL yang Anda lakukan.
  3. Terdapat halaman Tinjauan, yang isinya menjelaskan tempat, waktu dan deskripsi PKL yang Anda lakukan.
  4. Terdapat kegiatan atau pembahasan, yang menjelaskan program dan pembahasan yang ditemukan.
  5. Bagian akhir berisi penutup dan kesimpulan.

Unsur Penulisan Daftar Pustaka

Secara umum, daftar pustaka memang ditulis beragam. Ada beberapa gaya penulisan. Apabila daftar pustaka diambil dari buku, maka format penulisan daftar pustakanya pun juga berbeda. Berlaku juga apabila sumber referensi diambil dari jurnal pun juga format penulisannya juga ada yang berbeda. Jadi, apabila Anda sedang membuat contoh daftar pustaka laporan pkl juga bisa saja berisi format daftar pustaka yang berbeda-beda. Meskipun berbeda, penulisan tetap memiliki cara penulisan yang berbeda.

Contoh Daftar Pustaka Laporan PKL

Kini saatnya masuk ke contoh daftar pustaka laporan pkl. Nah, pada dasarnya prinsip penulisan daftar pustaka pada PKL tidak jauh berbeda dengan cara menulis daftar pustaka ditempat yang lain. Setidaknya, unsur-unsur utamannya meliputi beberapa unsur seperti terdapat nama, tahun, judul, lokasi penerbit dan nama penerbit. Sebagai tanda pembatas, umumnya dipisahkan dengan tanda titik (.). Ada pengecualian ketika menuliskan lokasi penerbit dan nama penerbit. Jadi antara lokasi dan nama penerbit hanya dibatasi menggunakan tanda titik dua.

Contoh daftar pustaka laporan pkl yang pertama, penulisan nama penulis yang memiliki nama panjang wajib dibalik. Meski ada pula yang menuliskan nama penulis panjang tanpa dibalik-balik, prinsipnya tergantung dari kesepakatan bersama. Catatan penting, penulisan daftar pustaka tidak menggunakan gelar. Baik gelar akademik, agama ataupun keturunan.

contoh daftar pustaka laporan pkl pemasaran

Nah jika nama panjang penulis lebih dari tiga kata, maka penulisan naskah tetap dibalik. Kemudian sebagai tanda nama depan dan nama belakang wajib diberi tanda koma. Setelah penulisan nama, barulah diberi tanda titik sebagai tanda atau pembatas.

Contoh kedua, perlu mencantumkan judul buku. Setiap awal kata wajib menyantumkan judul buku. Penulisan judu buku pastikan ditulis menggunakan huruf besar di awal kata. Kecuali untuk kata tugas. Sebagai tambahan infor, menulis daftar pustaka disusun berdasarkan alfabet.

Khusus penulisan judul, judul ditulis menggunakan huruf italic atau huruf miring setiap katanya. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka untuk lembar PKL Anda.

Contoh daftar pustaka laporan PKL dari Tesis, Skripsi, Disertasi

Nama. Tahun terbit. Judul (huruf tegak) [jenis publikasi]. Tempat institusi (kode negara): Nama institusi tempat tersediannya karya ilmiah

Contoh daftar pustaka laporan PKL dari Koran atau Majalah/surat kabar

Nama pengarang. Tanggal terbit (tahun bulan tanggal). Judul artikel (tidak cetak miring). Nama surat kabar. Informasi Seksi: halaman (kolom)

Purwo Aji. 2019 September 19. Contoh Cara membuat daftar pustaka. Deepublish. Rubrik Opini: 6 (kol 1-6).

Contoh daftar pustaka laporan PKL dari website/media online

Nama pengarang. Tahun publikasi. Judul artikel. Nama berkala ilmiah (edisi) [Internet]. [diunduh tahun bulan tanggal]; volume (terbitan): Lokasi

Prawiranegara S, Sitanggang N. 2005. Mumps outbreaks across England and Wales in 2004. BMJ [Internet]. [diunduh 2010 Des 28]; 330 (7500):119-1120. Tersedia pada: http://bmj.bmjjournals.com/cgi/reprint/330/750 0/1119.

Contoh daftar pustaka laporan PKL Sederhana

Intan, Novia. 2019. Cara Kirim Naskah Dijamin Terbit! Deepublish Tempatnya. https://penerbitdeepublish.com/cara-kirim-naskah/. [diakses 19 September 2019].

Contoh daftar pustaka laporan PKL dari Jurnal, Laporan Ilmiah

Nama pengarang. Tahun. Judul tulisan. Nama jurnal . Volume (no): halaman

 

Dari paparan di atas, apakah masih ada yang dibingungkan? Semoga ulasan dan paparan tentang daftar pustaka bermanfaat dan semoga hasil dari PKL mendapatkan nilai yang memuaskan.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang daftar pustaka, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish