Pantun merupakan salah satu jenis karya sastra yang dikenal populer dan bahkan kerap digunakan sejak zaman dahulu hingga saat ini. Tak heran jika pantun menjadi salah satu karya sastra populer yang secara umum digunakan di berbagai situasi. Selain digunakan untuk bertegur sapa atau sekadar lelucon, ada jenis pantun pendidikan yang juga tak kalah populer.

Pantun pendidikan merupakan salah satu jenis pantun yang kerap digunakan terutama bagi media pengajaran atau bahkan hanya untuk memberikan pesan bagi pelajar atau mahasiswa. Pantun pendidikan bisa diartikan sebagai jenis sajak yang berisi pesan moral atau motivasi untuk belajar dalam bentuk pendidikan.

Akan tetapi, tidak semua pantun pendidikan ini memiliki latar belakang sekolah sebagai konteksnya, namun secara umum menyinggung berbagai tema pendidikan. Tujuan adanya pantun pendidikan adalah memberi motivasi bagi pelajar untuk berjuang dan juga memupuk semangat belajar.

Setelah memahami pengertian dari pantun pendidikan, tentu saja Anda juga ingin mengetahui apa saja contoh-contoh pantun pendidikan, bukan? Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa contoh pantun pendidikan beserta maknanya yang bisa dijadikan referensi atau bahkan hanya dijadikan semangat untuk para pelajar.

26 Contoh Pantun Pendidikan dan Penjelasannya

Berikut contoh-contoh pantun pendidikan beserta penjelasannya:

1. Contoh Pantun Pendidikan 1

Ucapan manis hanya di bibir

Tapi selalu jaga amanah

Semoga pandemi segera berakhir

Kami rindu ke sekolah

Makna pantun:

Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, semua kegiatan dibatasi salah satunya kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh sebab itu, pantun ini dibuat dengan harapan agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan para siswa bisa kembali berkumpul di sekolah dalam keadaan yang sehat.

2. Contoh Pantun Pendidikan 2

Tak ada uang di tangan

Karena kaya tak selalu harta

Hidup matimu takdir Tuhan

Harus belajar sampai tua

Makna pantun:

Hidup dan mati semua manusia merupakan takdir atau kehendak dari Tuhan yang Maha Esa. Sesulit apa pun kita berjuang, jika memang Tuhan berkehendak lain, tentu saja hal tersebut berbeda. Sebaliknya, meski tidak berusaha, jika Tuhan berkehendak sebaliknya, maka ia akan beruntung. 

Meski demikian, belajar jadi kunci utama yang harus dilakukan sampai tua dan tidak boleh tidak belajar sampai kapan pun karena bisa jadi bekal untuk masa depan.

3. Contoh Pantun Pendidikan 3

Muncul senja di langit merah

Terlihat gelap di sisi utara

Rajin kerjakan tugas sekolah

Semangat pasti akan membara

Makna pantun:

Tugas pelajar yang paling utama adalah belajar dan menuntut ilmu. Salah satu yang harus dilakukan dan juga tak boleh ditinggalkan adalah mengerjakan tugas dari sekolah. Dengan rajin mengerjakan tugas dari sekolah, tentu saja siapa pun akan memiliki semangat belajar yang tinggi dan membara-bar.

4. Contoh Pantun Pendidikan 4

Nyalakan motor yang bergetar

Kaki terkena luka yang perih

Jika kamu rajin belajar

Sukses masa depan akan diraih

Makna pantun:

Kesuksesan masa depan itu banyak aspek yang harus dipenuhi. Akan tetapi satu hal yang penting dan paling utama adalah dengan rajin belajar. Jika seseorang rajin belajar, maka mereka akan dengan mudah meraih kesuksesan karena banyak menemui masalah dan juga penyelesaian yang bisa dijadikan bekal masa depan.

5. Contoh Pantun Pendidikan 5

Perut sakit minum jamu

Sampai beli jenis dua

Haruslah terus menuntut ilmu

Sebagai bekal di masa tua

Makna pantun:

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan dan bermanfaat bagi bekal di masa tua, salah satunya adalah belajar. Dengan belajar, pasti banyak pengalaman yang kita dapat sehingga harus terus belajar seumur hidupnya agar masa tuanya memiliki bekal yang lengkap dan bermanfaat.

Baca Juga:

Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi, Apa Saja?

4 Langkah Menulis Puisi Berkualitas

8 Proses Kreatif Menulis yang Harus Diketahui

Apa Itu Unsur Intrinsik? Simak Penjelasan dan Contoh Lengkapnya 

5 Tahapan Menulis yang Perlu Diketahui 

6. Contoh Pantun Pendidikan 6

Kami pulang ke desaku

Desaku sangat ramah dan mulia

Jangan bosan baca buku

Buku adalah jendela dunia

Makna pantun:

Bagi siapa pun, membaca buku itu sangat penting dilakukan. Bukan hanya untuk menuntut ilmu, tetapi buku memiliki lebih banyak manfaat lagi. Hal ini karena buku memiliki banyak informasi bermanfaat yang sangat luas sehingga disebut sebagai jendela dunia karena dengan membaca buku, maka orang akan bisa mengetahui dunia dan seisinya.

7. Contoh Pantun Pendidikan 7

Ada kucing mengejar tikus

Tikus lari terbirit-birit

Jika belajarmu tidak serius

Maka kamu akan hidup sulit

Makna pantun:

Kesuksesan kehidupan tentu tidak hanya didapatkan dari rajin belajar sejak usia dini saja, tetapi masih banyak hal yang jadi faktornya. Akan tetapi, jika kamu rajin belajar sejak kecil, maka kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menjadi orang yang berhasil atau sukses sehingga tidak mengalami kesulitan di masa depan.

8. Contoh Pantun Pendidikan 8

Percuma punya banyak emas

Kalau emasnya ternyata palsu

Percuma kamu punya otak cerdas

Kalau akhlakmu buruk selalu

Makna pantun:

Di dalam berkehidupan, kita memang harus menjadi orang yang selalu baik dalam segala hal. Sehingga jika kita hanya punya satu kebaikan saja tetapi kita punya keburukan yang ternyata merugikan diri sendiri dan orang lain, tentu akan percuma. Oleh sebab itu, hidup ini tidak hanya perlu otak yang cerdas saja.

Setiap orang juga harus memiliki akhlak yang baik dan mulia dan harus menghindari akhlak buruk karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

9. Contoh Pantun Pendidikan 9

Hari minggu bangun buru-buru

Karena akan bermain bersama teman

Anak baik harus hormati guru

Agar jadi murid yang budiman

Makna pantun:

Anak yang berbudi baik adalah yang menghormati semua orang, termasuk guru. Guru adalah sosok penting dan berjasa di kehidupan kita karena menyebarkan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, kamu akan menjadi murid yang budiman jika kamu menghormati orang lain terutama gurumu.

10. Contoh Pantun Pendidikan 10

Tali kabel sudah putus

Pantas saja terasa kasar

Jika ingin segera lulus

Maka rajin-rajinlah belajar

Makna pantun:

Tujuan sekolah selain untuk menuntut pendidikan adalah segera lulus dengan nilai yang baik. Salah satu hal yang harus dilakukan agar segera lulus selain mengerjakan ujian dengan baik juga dengan rajin belajar. Jika rajin belajar, maka kita bisa segera lulus dengan bonus mendapatkan nilai yang baik.

11. Contoh Pantun Pendidikan 11

Jalan kaki saja lelah

Pulang-pulang merasa kesal

Masa muda rajin sekolah

Tuanya pasti tidak menyesal

Makna pantun:

Seorang murid yang rajin belajar dan rajin sekolah tentu memiliki banyak manfaat, salah satunya masa depannya akan baik. Oleh sebab itu, kita harus rajin belajar dan sekolah sejak masa muda karena nantinya masa tuanya akan memiliki masa depan yang baik dan tidak akan menyesal di kemudian hari.

12. Contoh Pantun Pendidikan 12

Aku doyan makan talas

Kalau ubi, cukup direbus

Walaupun kamu sudah cerdas

Tetap cari ilmu dan belajar terus

Makna pantun:

Jika seseorang sudah memiliki otak yang cerdas, bukan berarti ia harus berhenti belajar. Ketika seseorang merasa cerdas, maka harus tetap mencari ilmu dan rajin belajar karena selain untuk mengasah otak, juga bermanfaat untuk masa depan yang semakin baik.

13. Contoh Pantun Pendidikan 13

Nenek berdandan pakai pupur

Berkata akan kondangan luas

Cintailah ilmu sepanjang umur

Agar sukses sepanjang masa

Makna pantun:

Menuntut ilmu tak hanya di jenjang sekolah saja, ketika sudah lulus sekolah dan kuliah dan sudah bekerja, kita juga harus terus mencintai dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Hal ini akan bermanfaat agar kita tetap sukses sepanjang masa.

14. Contoh Pantun Pendidikan 14

Buah mangga sudah terbelah

Tapi beratnya masih berat

Tuntutlah ilmu yang berkah

Agar bermanfaat di akhirat

Makna pantun:

Banyak ilmu yang bisa kita cari dan kita dapatkan. Akan tetapi, ilmu yang kita cari haruslah ilmu yang bermanfaat dan juga penuh berkah. Menuntut ilmu yang berkah dan bermanfaat tentu manfaatnya tak hanya untuk dunia semata tetapi juga sangat berguna dan bermanfaat di akhirat kelak.

15. Contoh Pantun Pendidikan 15

Aku suka makan petai

Sambil makan lauk tamago

Gayanya seperti anak pandai

Ternyata ditanya plonga plongo

Makna pantun:

Di kehidupan nyata terlihat seperti orang yang pandai dan pintar. Tetapi ternyata itu belum tentu jadi jaminan. Kecerdasan dan kepintaran orang tidak hanya bisa dinilai dari penampilan tetapi harus dilihat dari caranya berpikir. Orang yang benar-benar pandai jika ditanya pasti tidak plonga plongo.

16. Contoh Pantun Pendidikan 16

Belanja di pasar harus hemat

Beli barang yang bermanfaat

Dengan orang tua harus hormat

Agar hidup selalu penuh berkat

Makna pantun:

Setiap anak haruslah hormat kepada semua orang, terutama pada orang tua. Hormat pada orang tua selain jadi kewajiban seorang anak tetapi juga menjadi bekalnya untuk masa depan kelak. Ketika seorang anak hormat pada orang tua, pasti hidupnya selalu diberkahi rezeki dan berbagai hal lain yang baik.

17. Contoh Pantun Pendidikan 17

Pakai baju warna biru

Karena akan pergi ke Blitar

Dengarkan apa perintah bu guru

Supaya jadi anak yang pintar

Makna pantun:

Saat menempuh pendidikan, yang harus dilakukan siswa selain rajin belajar adalah banyak hal lain. Salah satu yang harus dilakukan adalah patuh dengan perintah yang diberikan oleh guru. Sama halnya seperti orang tua, guru juga membimbing kebaikan kita selama di sekolah. 

Sehingga jika kita mendengarkan segala perintah guru, tentu saja kita akan menjadi siswa yang pintar dan manfaatnya akan terasa di kemudian hari.

18. Contoh Pantun Pendidikan 18

Pergi ke pasar beli blewah

Bertemu kakek yang sudah tua

Kalau tidak pernah sekolah

Jadi apa di masa tua?

Makna pantun:

Jadi pelajar harus rajin sekolah dan juga rajin belajar. Ketika jadi pelajar tetapi tidak pernah sekolah atau sering membolos, tentu saja akan memengaruhi masa depannya. Orang yang sering membolos tentu akan sulit meraih kesulitan di masa depan.

19. Contoh Pantun Pendidikan 19

Aku disuruh buat pantun

Katanya agar tidak panik

Belajarlah dengan tekun

Agar naik kelas dengan nilai baik

Makna pantun:

Siswa yang ingin naik kelas dengan nilai baik tentu harus memenuhi syarat kenaikan kelas, salah satunya adalah dengan rajin dan tekun dalam belajar. Jika siswa tekun dan rajin belajar, sudah pasti akan naik kelas dan nilainya baik.

Baca Juga:

Buku Fiksi: Pengertian, Unsur, Ciri-Ciri hingga Contoh Lengkapnya

7 Cara Menulis Puisi Yang Baik Kelas Profesional

Langkah-Langkah Menulis dan Penjelasan Lengkapnya 

16 Aplikasi Menulis Buku yang Mudah Digunakan 

Pengertian Latar Cerita, Macam-Macam dan Contoh Lengkap 

20. Contoh Pantun Pendidikan 20

Pakai baju yang berbeda-beda

Pakai baju yang berlengan

Meski usia tak lagi muda

Belajar bukan jadi halangan

Makna pantun:

Di usia berapa pun, sekalipun sudah tidak muda lagi kita tetap harus rajin belajar. Usia tidak akan menjadi halangan untuk belajar karena pendidikan bisa ditempuh kapan saja dan akan berguna di waktu kapan saja.

21. Contoh Pantun Pendidikan 21

Ibu beli sepeda baru

Agar rajin ke pasar utama

Dengarlah nasihat dari bu guru

Pendidikan adalah hal yang utama

Makna pantun:

Bagi pelajar, yang jadi keutamaan adalah pendidikan. Oleh sebab itu, jika pendidikan diutamakan maka masa depan akan cemerlang. Salah satu meraih masa depan yang cemerlang dari menuntut pendidikan adalah dengan cara mendengar nasihat dari bu guru yang menjadi teladan kita di sekolah.

22. Contoh Pantun Pendidikan 22

Datang ke pesta dengan tema

Tidak lupa ambil makan

Meski sekolah jadi yang utama

Ilmu agama tetap harus dilakukan

Makna pantun:

Sekolah dan pendidikan pelajaran bagi anak muda adalah hal yang penting dan wajib dipikirkan. Akan tetapi, dalam kehidupan tidak hanya penting menuntut ilmu dunia saja, tetapi juga jangan melupakan ilmu agama yang jadi bekal di akhirat kelak.

23. Contoh Pantun Pendidikan 23

Bermain-main di dunia maya

Tidak lupa hari yang lusa

Siapa ingin ke surga-Nya

Tuntut ilmu sepanjang masa

Makna pantun:

Tidak hanya ilmu agama saja, menuntut ilmu dan pengetahuan ternyata juga jadi bekal di akhirat dan masuk surga. Karena salah satu amalan yang paling penting di dunia selain beribadah adalah dengan menuntut ilmu yang baik dan setinggi langit agar bermanfaat.

24. Contoh Pantun Pendidikan 24

Pergi ke luar bawa kitab

Ternyata cuma berbohong

Jangan malu belajar kitab

Meski gigi sudah ompong

Makna pantun:

Belajar kitab bagi para pemeluk agama memang harus dilaksanakan sebagai amalan ibadah. Akan tetapi jika sampai tua belum bisa memahami kitab, jangan malu untuk belajar kitab di usia senja. Karena di usia berapa pun Anda, belajar kitab akan tetap penting dan bermanfaat sampai kapan pun.

25. Contoh Pantun Pendidikan 25

Pergi liburan dengan bahagia

Mampir beli oleh-oleh keluarga

Jangan tergoda harta dunia

Carilah ilmu sebagai bekal ke surga

Makna pantun:

Di dunia ini, akan banyak godaan bagi manusia yang membuat seseorang terjerumus ke jalur bahaya. Oleh sebab itu, selama kita hidup di dunia ini, kita tidak perlu tergoda berbagai harta dunia yang belum tentu berkah dan bermanfaat bagi bekal kita di akhirat. Yang utama sebagai manusia adalah mencari bekal ke surga.

Salah satu cara mencari bekal ke surga yaitu dengan mencari ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu agama yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di akhirat dan surga kelak.

26. Contoh Pantun Pendidikan 26

Februari ini tahun kabisat

Jangan lupa selalu berjaga-jaga

Jauhilah segala hal maksiat

Itulah ilmu agar masuk surga

Makna pantun:

Ada banyak sekali bekal yang bisa dilakukan manusia selama di dunia agar kelak masuk surga. Hal yang harus dilakukan adalah menjalani segala perintahnya dan menjauhi larangan. Salah satu larangan yang harus dijauhi adalah berbuat maksiat.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin masuk surga, salah satu hal yang harus dan wajib kamu lakukan adalah menjaga diri dan menjauhi berbagai hal yang berbau maksiat. Dengan demikian, surga akan lebih mudah kamu raih dibandingkan orang yang bermaksiat.

Artikel Terkait:

75+ Contoh Pantun Nasihat

75 Contoh Pantun Jenaka

Teknik Menulis Puisi:Panduan dan Cara Membuat Puisi

15 Jenis Majas Beserta Contoh Lengkapnya

Apa Itu Prosa? Kenali Ciri-Ciri , Jenis, dan Contoh Lengkapnya

Makna Perluasan Kata: Pengertian Menurut Ahli,Bentuk,dan Contoh Lengkap

Pengertian Puisi Rakyat dan Jenis-Jenisnya