Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi – Jika Anda ingin memulai menulis buku, maka hal pertama yang perlu Anda pahami adalah jenis buku apa yang mau Anda tulis. Mengetahui jenis buku apa yang akan Anda tulis, akan mempengarungi kerangka tulisan Anda. Maka dari itu sebelum menulis tentukan dulu jenisnya bukunya. 

Secara umum dibagi menjadi buku fiksi dan non fiksi. Perbedaan keduanya sebenarnya sangat jelas ketara dan mudah dibedakan. Supaya lebih jelas, mari kita simak penjelasannya berikut ini. 

download ebook gratis

Buku Fiksi 

Pengertian Buku Fiksi

Sesuai arti kata fiksi yakni cerita rekaan, khayalan, tidak berdasarkan kenyataan. Jadi buku fiksi adalah sebuah karya yang dihasilkan oleh penulis berdasarkan imajinasinya.

Isi dalam sebuah buku fiksi merupakan hasil imajinasi, khayalan, atau rekaan. Yang berarti cerita yang dibangun oleh penulis bersifat fiktif. Contoh buku fiksi adalah buku kumpulan puisi, novel, buku antologi cerpen, dan sebagainya.

Baca Juga: Buku Fiksi Pengertian, Unsur, Ciri-ciri, hingga contoh lengkapnya

Unsur-unsur dalam buku fiksi biasanya terdiri dari tema, latar, tokoh, alur, gaya bahasa, dan amanat. Apakah kalian tahu arti setiap unsur tersebut?

  • Tema adalah ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah tulisan
  • Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana dalam sebuah cerita
  • Tokoh adalah setiap individu yang ada di dalam cerita dengan karakternya masing-masing. Terdapat karakter protagonis, antagonis, dan tritagonis.
  • Alur adalah rangkaian kejadian atau peristiwa yang membentuk jalan cerita. Di dalam alur terdapat konflik yang menggambarkan pertentangan setiap tokoh dalam cerita yang menghasilkan ketegangan. Adanya konflik membuat jalan cerita menjadi lebih menarik karena terdapat proses klimaks dan antiklimaks
  • Gaya bahasa adalah cara penulis menyampaikan ceritanya. Biasanya terdapat majas-majas tertentu yang digunakan oleh penulis
  • Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca melalui cerita tersebut

Ciri-Ciri Buku Fiksi

Mengacu pada pengertian fiksi di atas, kita dapat mengenali sebuah karya fiksi dari karakteristiknya. Berikut ini adalah ciri-ciri fiksi:

  • Fiksi sifatnya rekaan atau imajinasi dari pengarang
  • Dalam fiksi terdapat kebenaran yang relatif atau tidak mutlak
  • Umumnya fiksi menggunakan bahasa yang bersifat konotatif atau bukan sebenarnya
  • Karya fiksi tidak memiliki sistematika yang baku
  • Umumnya karya fiksi menyasar emosi atau perasaan pembaca, bukan logika
  • Dalam karya fiksi terdapat pesan moral atau amanat tertentu

Baca Juga: Teknik Menulis Buku Fiksi Sampai Penyerahan Naskah ke Penerbit Buku 

Contoh Buku Fiksi

Perbedaan keduanya dapat dibedakan dari contohnya. Ada beragam contoh buku fiksi yang menjadi pembeda dari buku non fiksi. Diantaranya: 

1. Novel

Buku fiksi jenis novel adalah suatu karangan fiksi yang menceritakan seorang tokoh utama dengan pro dan kontra di dalam ceritanya, mulai dari awal hingga akhir novel yang memiliki klimaks atau ending.

2. Roman

Buku fiksi jenis roman adalah suatu karya fiksi yang menceritakan mengenai beberapa tokoh dalam alur ceritanya. Roman mengandung banyak hikmah dalam ceritanya dan cenderung mengarah pada cerita klasik.

3. Cerpen

Pengertian buku fiksi yang berisi cerpen adalah suatu karangan fiksi yang isinya jauh lebih sedikit ketimbang roman maupun novel. Namun, cerpen memiliki daya tarik tersendiri karena bisa menjadi pembelajaran awal bagi para penulis dalam membuat sebuah karya tulisan.

Baca Juga: Cara Membuat Buku Fiksi, Lima Genre Tulisan Fiksi yang Wajib Kamu Ketahui 

Buku Non Fiksi 

Pengertian Buku Non Fiksi 

Buku jenis ini menonjolkan imajinasi pada sumber inspirasi, buku non fiksi justru sebaliknya. Buku non fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan.

Karena disusun berdasarkan fakta yang ada maka perbedaan buku fiksi dan non fiksi salah satunya dari cara penyajian. 

Ciri-ciri buku non fiksi :

Setidaknya terdapat beberapa ciri buku non fiksi yang membedakan dengan buku fiksi. Berikut ciri-ciri buku non fiksi yang perlu Anda ketahui:

1. Ditulis dengan bahasa formal

2. Menggunakan metode penulisan denotatif atau makna sebenarnya

3. Berisi fakta

4. Berbentuk tulisan ilmiah populer

5. Menyajikan temuan baru atau penyempurnaan yang sudah ada

Dalam menyajikan jenis buku ini terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi di dalamnya. Diantaranya adalah:

  • Cover buku
  • Rincian subbab buku
  • Judul subbab
  • Judul subbab
  • Isi buku
  • Cara menyajikan isi buku
  • Bahasa penulisan buku
  • Sistematika penulisan buku

Baca Juga: Contoh Judul Buku Fiksi 

Contoh Buku Non Fiksi 

Banyak yang mengira bahwa buku non fiksi selalu terkesan pada jenis ini yang kaku berbentuk dan jurnal. Padahal tidak, banyak contoh buku jenis ini yang bisa kita nikmati. Agar Anda lebih paham dengan ciri cirinya, berikut beberapa contoh dengan pengarang dan harga bukunya:

1. Buku Otobiografi

Buku otobiografi adalah jenis buku yang menceritakan tentang diri sendiri secara benar dan runtut. Biasanya orang yang membuat otobiografi itu adalah orang yang memiliki pengaruh besar atau tokoh, seperti presiden, wakil presiden, menteri, tokoh ulama ataupun yang lainnya.

2. Buku Biografi

Buku biografi adalah sebuah buku yang menceritakan tentang sebuah riwayat baik riwayat orang penting ataupun sebuah penyakit dan lainnya. Ada banyak contoh buku biografi seperti:

  • Buku Panggil Aku Kartini Saja oleh Pramoedya Ananta Toer
  • Sokola Rimba oleh Butet Manurung
  • Becoming oleh Michelle Obama
  • Steve Jobs oleh Walter Isaac
  • Dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Anda

3. Buku Motivasi

Buku motivasi adalah buku nonfiksi yang memberikan kajian psikologi agar bisa meningkatkan mood dan semangat menjadi lebih baik. Buku motivasi dapat mempengaruhi emosi seseorang menjadi lebih baik.

4. Buku Pelajaran Sekolah

Buku pelajaran sekolah juga termasuk salah satu contoh buku nonfiksi. Buku ini disebut sebagai buku nonfiksi karena memiliki salah satu ciri buku nonfiksi yaitu bersifat ilmiah.

Buku pelajaran sekolah merupakan karya ilmiah yang bertujuan memberikan informasi ilmu pengetahuan. Salah satu contoh buku non fiksi pelajaran sekolah adalah buku “SMP/MTs Kelas IX IPA Biologi”

5. Buku Kesehatan

Buku kesehatan adalah jenis buku nonfiksi yang berisi tentang informasi masalah kesehatan tubuh. Buku ini harus ditulis oleh orang yang paham dengan baik akan hal tersebut karena menyangkut keselamatan dan kesehatan pembacanya.

Buku kesehatan disebut buku nonfiksi karena memiliki salah satu ciri buku nonfiksi yaitu ditulis dengan menggunakan bahasa denotatif dan bersifat ilmiah. Salah satu contoh dari buuku jenis ini entang kesehatan salah satunya, “40 Resep Kreatif Olahan: Avocad, Buah Eksotis untuk Kesehatan Jantung”.

Salah satu buku motivasi ternama di Indonesia adalah buku “Inspirasi dan Motivasi Bob Sadino”. Buku ini berisi motivasi dan inspirasi dari Bob Sadino, seorang pebisnis sukses di Indonesia yang memiliki banyak sekali perusahaan.

Baca Juga: 7 Unsur Penting Menulis Buku Non Fiksi 

6. Buku Panduan

Buku panduan juga merupakan salah satu jenis buku nonfiksi karena ditulis menggunakan bahasa denotatif dan berupa fakta. Buku panduan disebut buku nonfiksi karena isinya harus benar-benar nyata. Jika tidak maka tidak akan jadi buku nonfiksi dan juga tidak akan menjadi buku panduan namanya.

Buku panduan ini akan memandu pembaca untuk melakukan sesuatu hal sesuai dengan bahasan panduannya. Salah satu contoh buku panduan adalah buku “Panduan Menulis Buku Monograf”.

Perbedaan Buku Fiksi dan Non Fiksi 

Buku Fiksi Buku Non Fiksi
PengertianKarya yang dihasilkan oleh penulis berdasarkan imajinasinyaKarya yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan.
Ciri-CiriFiksi sifatnya rekaan atau imajinasi dari pengarang

Dalam fiksi terdapat kebenaran yang relatif atau tidak mutlak

Umumnya fiksi menggunakan bahasa yang bersifat konotatif atau bukan sebenarnya

Karya fiksi tidak memiliki sistematika yang baku

Umumnya karya fiksi menyasar emosi atau perasaan pembaca, bukan logika

Dalam karya fiksi terdapat pesan moral atau amanat tertentu
Ditulis dengan bahasa formal

Menggunakan metode penulisan denotatif atau makna sebenarnya

Berisi fakta

Berbentuk tulisan ilmiah populer

Menyajikan temuan baru atau penyempurnaan yang sudah ada
Contoh Novel

Roman 

Cerpen
Buku otobiografi

Buku biografi

Buku motivasi

Buku pelajaran sekolah

Buku kesehatan

Buku panduan 

Inilah ulasan perbedaan buku fiksi dan non fiksi yang bisa Anda pelajari untuk menjadi penulis profesional. Semoga artikel ini bermanfaat! 


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Metode dan Trik Penerbit Buku Melirik Naskah
  2. Cara Mudah Membuat Outline Buku Ajar
  3. Membuat Lead yang Menarik Saat Menulis Buku
  4. Menghindari 5 Kendala Saat Menulis Buku Ajar

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!