Seiring berkembangnya zaman baik dari segi informasi dan teknologi, semua bidang ikut berkembang, salah satunya adalah perkembangan buku dan juga pendidikan. Seolah mengikuti perkembangan zaman, buku saat ini dibuat supaya dapat dinikmati dan dibaca dengan mudah, sehingga muncullah buku digital.

Buku digital ini otomatis sudah melalui proses penerbitan yang mana diterbitkan oleh penerbit buku digital. Sehingga tak heran, saat ini banyak buku digital terbitan penerbit buku digital yang laris manis dan bahkan sangat bermanfaat. Adanya buku digital ini memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi melalui buku digital.

Selain mengakses informasi, berbagai hal bisa diakses melalui buku digital yang diterbitkan penerbit digital, antara lain ilmu pendidikan, bidang ekonomi, politik, berita, dan sebagainya. Oleh sebab itu, saat ini penerbit buku digital sangat diincar para penulis agar mampu membantu bukunya terbit dalam bentuk digital.

Penerbit Buku Digital Adalah

Setelah memahami mengenai hubungan antara buku digital karena perkembangan zaman, Anda juga harus mengetahui apa itu penerbit buku digital. Sebagai penulis, Anda dituntut harus memahami berbagai hal tentang penulisan, termasuk di mana penerbit buku digital agar naskah atau karya yang Anda tulis benar-benar diproses oleh pihak yang bertanggung jawab.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa perkembangan zaman termasuk teknologi dan pendidikan saat ini mendorong perkembangan penerbitan buku. Saat ini, banyak buku digital atau e-Book yang diterbitkan oleh penerbit buku digital, sehingga saat ini penerbit buku digital bukan sesuatu yang sulit dicari.

Penerbit buku digital menerbitkan buku dengan versi digital atau elektronik yang mudah diakses di mana saja dan kapan saja. Artinya, e-Book terbitan penerbit tersebut bisa dengan mudah diakses melalui gawai atau tablet bahkan komputer yang Anda miliki tanpa harus membeli atau membawa buku yang tentu akan memudahkan pembaca, apalagi bagi yang hobi membaca dan memiliki aktivitas rutin yaitu membaca.

Buku yang diterbitkan oleh penerbit buku digital ini diterbitkan dalam bentuk buku elektronik yang berisi informasi yang bisa diakses secara digital menggunakan alat dan disajikan dalam format teks, gambar, atau bahkan beberapa menyisipkan video di dalamnya. Sehingga selain lebih praktis juga dirasa lebih menarik.

Anda bisa mengakses buku digital terbitan penerbit buku digital ini dengan mudah, baik melalui aplikasi, website, atau bahkan hanya dengan model koneksi internet dan gawai atau tablet saja. Biasanya, buku yang diterbitkan ini terbit atau bisa dibaca dengan format epub atau pdf. Penerbit buku digital juga disebut sebagai penerbitan online.

Karena kemudahan yang ditawarkan oleh buku digital tersebut, tak heran jika saat ini penerbit buku digital sangat berkembang pesat. Meski lebih modern, akan tetapi aspek yang terdapat di dalam buku digital yang diterbitkan penerbit buku digital ini sama dengan buku terbitan penerbit cetak.

Proses penerbit buku digital juga harus memenuhi berbagai aspek editorial, yang dimulai dari mengedit buku, jurnal, atau majalah, kemudian mempublikasikannya dalam bentuk digital. Biasanya, buku yang diterbitkan oleh penerbit buku digital memang khusus ditujukan kepada alat baca layar, misalnya komputer, e-reader, tablet, gawai, dan lain sebagainya.

Dengan adanya penerbit buku digital, maka menjadikan informasi atau pengetahuan yang ada di dalam buku lebih mudah dan cepat disebarluaskan dibandingkan buku konvensional atau buku cetak. Selain itu, adanya buku digital ini juga membantu dalam upaya penggunaan kertas yang berlebihan.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Menerbitkan Sebuah Buku?

10 Tips agar Naskah Dilirik Penerbit

Apa itu Penerbit? Kenali Jenis-Jenisnya

Cara Menerbitkan Buku di Penerbit

Fungsi Penerbit Buku Digital

Meski secara umum baik penerbit buku online atau penerbit buku konvensional memiliki fungsi yang sama, akan tetapi tentu saja penerbit buku digital memiliki fungsi yang berbeda dengan penerbit buku konvensional. Jika selama ini yang kita tahu, penerbit buku memiliki fungsi sebagai wadah untuk melakukan pengadaan naskah hingga promosi dan proses cetak buku.

Selain itu, penerbit buku konvensional juga memiliki fungsi sebagai penyeleksi naskah yang layak terbit hingga merencanakan berbagai pengembangan naskah. Akan tetapi berbeda dengan penerbit buku digital. Secara umum, fungsi penerbit digital juga tak jauh berbeda dengan penerbit buku konvensional.

1. Menerbitkan Naskah Versi Digital

Dalam menerbitkan buku digital, penerbit memiliki fungsi sebagai wadah untuk melakukan pengadaan naskah hingga proses perencanaan dan penerbitan naskah dalam bentuk digital. Akan tetapi penerbit buku digital tidak harus mencetak buku tersebut secara fisik, sehingga prosesnya bisa dilalui hanya melalui digital atau elektronik dan bahkan online saja.

2. Wadah Penulis di Era Modern

Penerbit buku digital juga memiliki fungsi sebagai wadah untuk membuat penulis dan pembaca dapat menulis dan atau membaca buku dengan lebih mudah tanpa harus membeli bentuk fisiknya, oleh sebab itu penerbit membantu kemudahan bertukar informasi di era digital seperti saat ini.

3. Mempercepat Pertukaran Informasi

Dengan demikian, penerbit tersebut memiliki fungsi penting dalam percepatan dan kemudahan dalam menyampaikan informasi di dalam buku elektronik sehingga dapat berkali-kali lebih cepat dan juga lebih mudah dibandingkan buku fisik, karena sifatnya digital atau elektronik.

4. Mempermudah Penyampaian Pembelajaran

Penerbit juga memiliki fungsi yaitu mempermudah penyampaian media pembelajaran. Seperti kita tahu, di zaman pandemi seperti ini tentu saja buku pegangan juga sangat penting akan tetapi, banyak orang yang was-was membeli buku ajar di luaran, sehingga penerbit membantu memudahkan pelajar agar tetap dapat mengakses materi pembelajaran.

Dengan adanya buku digital, maka pelajar lebih mudah mendapatkan buku sehingga pengetahuan atau ilmu yang ia dapatkan tidak berkurang meskipun terhalang pandemi seperti saat ini. Pelajar juga lebih mudah mengakses buku terbitan penerbit digital tersebut di mana pun dan kapan pun.

Perbedaan Penerbit Buku Digital dengan Penerbit Buku Biasanya

Setelah memahami apa itu penerbit buku digital dan bagaimana fungsinya, tentu Anda harus memahami bagaimana perbedaan penerbit buku digital dengan penerbit buku biasanya. Meski sifatnya sama yaitu sama-sama menerbitkan buku, akan tetapi tentu saja keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Oleh sebab itu di bawah ini akan dibahas perbedaan penerbit buku digital dengan penerbit buku biasa atau penerbit buku konvensional.

1. Penerbit Buku Konvensional

Penerbit buku konvensional atau penerbit buku biasa merupakan lembaga atau institusi yang mengolah naskah dari penulis dan melakukan berbagai proses terhadap naskah buku hingga siap cetak bahkan sampai proses pemasaran. Sehingga, penerbit buku konvensional ini bertanggung jawab atas naskah yang dikerjakannya.

Penerbit buku konvensional memiliki tujuan yaitu melakukan penyebarluasan baik informasi dan ilmu pengetahuan karena membantu penulis dalam menyajikan berbagai informasi atau pengetahuan yang kemudian dikeluarkan dalam produk penerbitan. Penerbit buku konvensional ini mendapat keuntungan dari banyaknya hasil penjualan buku tersebut.

Selain itu, penerbit buku konvensional juga merupakan tempat untuk menjalin berbagai unsur penerbitan, misalnya bertanggung jawab kepada penulis, percetakan, distributor, penjualan, dan lain sebagainya, sehingga penerbit buku konvensional ini memiliki peran penting mulai proses penerimaan naskah hingga naskah tersebut dipasarkan.

2. Penerbit Buku Digital

Sementara itu, penerbit buku digital juga sama halnya yakni sebagai lembaga atau institusi yang mengolah naskah dari penulis dan melakukan berbagai proses terhadap naskah buku hingga siap cetak bahkan sampai proses pemasaran. Akan tetapi, bedanya adalah dari proses cetak dan pemasaran.

Penerbit buku digital tidak mencetak buku atau naskah, melainkan mengunggahnya ke aplikasi, website, atau bahkan berbagai e-reader lainnya. Sementara itu untuk proses pemasaran, buku digital bisa dipasarkan secara online melalui website penerbit atau bahkan secara online melalui berbagai e-commerce.

Selanjutnya, tujuan penerbit buku digital dalam menyebarluaskan informasi dan ilmu pengetahuan juga sama dengan penerbit buku konvensional. Sama halnya seperti penerbit buku konvensional, penerbit buku digital juga menyajikan informasi atau pengetahuan yang kemudian dikeluarkan dalam produk penerbitan digital atau elektronik.

Bedanya, dalam hal ini keuntungan yang diperoleh oleh penerbit dari produk buku digital adalah berapa orang yang mengakses, atau berlangganan, atau mendownload buku tersebut, tergantung bagaimana aplikasi atau pembelian online yang dilakukan. Sehingga keuntungan dari penerbit tergantung bagaimana pembaca mengakses buku tersebut.

Sama halnya dengan penerbit buku konvensional, penerbit buku digital juga bertanggung jawab atas berbagai hal mulai dari penerimaan naskah hingga naskah tersebut diterbitkan secara online atau digital.

Baca Juga:

Mengenal Ciri-Ciri Penerbit Buku yang Baik

Penerbit Buku Deepublish Menerima Penulis Pemula

Mengapa Memilih Penerbit IKAPI?

Contoh Naskah Buku yang Diterima Penerbit

Memilih Penerbit Buku Digital yang Kredibel

Bagi penulis yang baru pertama ingin menerbitkan buku digital, tentu masih bingung bagaimana cara memilih penerbit buku digital yang baik dan memiliki kredibilitas di bidangnya. Oleh sebab itu, Anda harus memahami dan memperhatikan dulu tips di bawah ini.

Saat ini, berbagai penerbitan menawarkan program yaitu penerbitan buku digital. Hal ini menyesuaikan perkembangan buku digital yang semakin pesat. Tak hanya itu, berbagai penerbit juga menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan bagi penulis sehingga penulis dengan mudah tergiur dengan tawaran para penerbit.

Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan penulis dalam memilih penerbit buku digital.

1. Genre Penerbit

Pertama, penulis harus memperhatikan penerbit tersebut merupakan penerbit buku dengan genre apa. Jika Anda merupakan penulis buku pendidikan, maka Anda bisa memilih penerbit yang bergenre atau menerbitkan buku pendidikan. Salah satunya adalah Penerbit Deepublish.

Selain menerbitkan buku pendidikan, penerbit Deepublish juga menerbitkan buku umum dan Penerbit Deepublish dipercaya memiliki kredibilitas yang baik dalam penerbitan. Selain itu, memilih genre penerbit ini juga sebagai proses memilih mitra bekerja yang sesuai dengan tema buku yang ditulis.

2. Tergabung dalam Penerbit IKAPI

Penting juga bagi penulis untuk memperhatikan penerbit yang termasuk di dalam keanggotaan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) yang sudah jelas memiliki kredibilitas, terpercaya, diakui secara sah dan secara nasional, serta resmi. Kredibilitas dan akuntabilitas tinggi penerbit biasanya berpengaruh juga terhadap pengelolaan bisnis penerbitan.

Tak hanya itu, penerbit yang sudah tergabung di dalam IKAPI juga biasanya sering ikut dalam berbagai pameran buku yang membuat buku Anda, baik buku cetak maupun buku digital dipasarkan, bisa secara daring maupun luring. Dengan demikian, buku Anda akan semakin dikenal.

Penerbit Deepublish juga merupakan salah satunya. Penerbit Deepublish merupakan penerbitan yang sudah tergabung dengan IKAPI dan sering melaksanakan atau bergabung dengan berbagai pameran buku, baik secara daring maupun luring, sehingga akan mempromosikan buku dari penulis.

3. Fasilitas yang Didapat

Selain memperhatikan kredibilitas penerbit, penulis juga harus memperhatikan keuntungan apa saja yang didapatkan jika menerbitkan buku di penerbit tersebut. Apakah penulis akan untung atau bahkan merugi, hal ini harus diperhatikan dan juga tidak boleh disepelekan.

Dalam hal ini, Penerbit Deepublish memiliki biaya untuk menerbitkan buku dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu akan banyak potongan harga tetapi akan banyak juga royalti yang ditawarkan bahkan melebihi keinginanmu karena dalam mempublikasikan buku digital, penerbit buku digital Deepublish akan memberikan pilihan yang membuat biaya penerbitan semakin efisien.

Artikel Terkait:

Format Buku Digital

Cara Membuat Buku Digital dari File Word

Langkah-Langkah Menerbitkan Buku Digital Mandiri

Cara Membuat Buku Digital

Cara Membuat Buku Digitak: Ebook Berformat PDF

Tips Memilih Penerbit Buku Digital

Keuntungan Cetak di Penerbit Buku Online


Apakah Anda sedang atau ingin melakukan cara membuat buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silahkan isi data diri Anda di : Daftar Menjadi Penulis Buku

Jika Anda Membutuhkan Referensi Tambahan, Kami Menyediakan EBOOK GRATIS yang Spesial Kami Persembahkan untuk Anda. Adapun Macam Ebook yang Bisa Anda Download sebagai Berikut:

Ebook : Cara Praktis Menulis Buku

Ebook : Rahasia Menulis Buku Ajar

Ebook : Self Publishing

Ebook : Pedoman Menulis Buku Tanpa Plagiarisme

Ebook : Strategi Jitu Menulis Buku Monograf

Ebook : Cerdas Menulis Buku Referensi