Bagi penulis pemula, tentu masih kebingungan tentang bagaimana cara menerbitkan sebuah buku. Pada dasarnya, bagaimana cara menerbitkan sebuah buku ada dua cara, yakni melalui penerbitan dan self publishing atau menerbitkan buku sendiri. Namun jika Anda merupakan pemula, ada baiknya jika memilih penerbit yang berkredibilitas.

Mengapa demikian? Dengan menerbitkan buku melalui penerbit yang berkredibilitas, naskah atau karya Anda lebih bisa dipantau dan bahkan dipertanggungjawabkan bersama. Bahkan dengan menerbitkan di penerbit yang terpercaya, Anda sebagai penulis juga akan mendapat berbagai keuntungan secara langsung.

Salah satu penerbit yang bisa dijadikan pilihan adalah Penerbit Deepublish. Penerbit Buku Deepublish adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan buku. Deepublish merupakan spesialis menerbitkan buku ajar, buku referensi pendidikan perguruan tinggi, dan buku umum lainnya yang bisa membantu penulis menerbitkan buku.

Bagaimana Cara Menerbitkan Sebuah Buku? 

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menerbitkan sebuah buku di Penerbit Deepublish.

1. Anda harus mendaftar sebagai penulis Deepublish terlebih dahulu. Cara mendaftarkannya adalah dengan mengisi formulir yang sudah disediakan di sini.

2. Setelah melakukan pendaftaran di link yang sudah disediakan, Anda akan segera dihubungi oleh Customer Care dari Deepublish.

3. Setelah itu, Customer Care akan mengirimkan surat perjanjian dan juga formulir pendaftaran menulis melalui Email penulis.

4. Kemudian, formulir dan surat perjanjian yang sudah diisi harus dikirimkan kembali ke Deepublish melalui email dan akan diperiksa serta dicetak oleh pihak Deepublish. Setelah itu, pihak Deepublish akan mengirimkan surat perjanjian melalui pos agar penulis dapat menandatangani formulir, dengan kedua saksi yang sudah ditentukan.

5. Selanjutnya, Anda sudah bisa mengirim draft naskah yang sudah siap, lengkap dengan formulir yang akan dilampirkan melalui email Penerbit Deepublish. Anda dapat mengirimnya ke email cs@deepublish.co.id untuk melengkapi syarat naskah dengan database penulis ke Penerbit Deepublish.

6. Setelah naskah yang dikirim tersebut diterima oleh pihak Deepublish, langkah selanjutnya yakni Deepublish akan menerima naskah dan akan diproses oleh bagian produksi dari Penerbit Deepublish.

Untuk memroses naskah dari penulis, bagian produksi biasanya membutuhkan waktu maksimal 4 sampai 6 minggu. Proses yang akan dilakukan mulai dari proses layouting, memilih desain cover, mencetak dan memroses ISBN, hingga melakukan cetak sampel. Tentu saja proses tersebut  tidak dikenakan biaya lagi alias gratis.

7. Setelah proses dari bagian produksi selesai, pihak Penerbit Deepublish akan memberikan sampel atau dummy book baik dalam bentuk soft file atau hard file yang akan dikirimkan Penerbit Deepublish melalui email atau paket.

Dummy book atau sampel buku yang dikirimkan kepada penulis perlu direvisi jika memang ada kesalahan atau kekurangan dan dalam hal ini juga tidak dikenakan biaya atau gratis.

8. Selanjutnya, penulis dapat mengirimkan hasil koreksi yang sudah dilakukan lengkap dengan poin-poin tambahan yang sudah disiapkan dari penulis kepada Penerbit Deepublish, lengkap sesuai dengan formulir yang terlampir dari pihak Penerbit Deepublish.

9. Kemudian, Penerbit Deepublish akan memulai proses cetak, mulai dari tanggal penulis menyatakan bahwa di formulir sudah tidak ada revisi yang perlu dilakukan pada waktu tersebut.

10. Terakhir, Penerbit Deepublish akan mengirimkan jadwal cetak dan jumlah cetak yang tentu saja disesuaikan dengan kesepakatan dan kebutuhan penulis.

Baca juga :

10 Jenis Kertas Yang Sering di Gunakan Sehari-hari

Sampul Buku: Peran Penting Cover Sebagai Persuasi Visual

Keuntungan Cetak Di Penerbit Buku Online

Progam Express Deal: Promo Menerbitkan Buku Akhir Tahun

Sistematika Makalah: Ukuran Kertas, Style, Spacing, Font,dan Margin   

Biaya Menerbitkan Buku 

Setelah mengetahui bagaimana cara menerbitkan sebuah buku di Penerbit Deepublish, Anda juga harus mengetahui kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan penulis untuk dapat menerbitkan buku di Penerbit Deepublish. Besarnya biaya penerbitan yang ditentukan sudah termasuk desain cover, layouting, proses ISBN, sampai finishing dan cetak dummy.

Selain itu, biaya yang akan dirinci di bawah ini juga sudah termasuk biaya publikasi melalui online marketing dan eBook secara gratis. Berikut rincian biayanya:

Biaya Pelayanan Penerbitan per Judul BukuBiaya
Desain cover bukuRp 250.000
Layout dan proof read naskah bukuRp 350.000
Legalitas ISBNRp 250.000
Percetakan sampel bukuRp 150.000
Diskon khusus untuk pendaftar penulisRp 1.000.000
Total biaya pelayanan per judul bukuRp 0

Artinya, dengan biaya yang tercantum tersebut, penulis hanya mengganti biaya cetaknya saja. Dan Penerbit Deepublish tidak menetapkan atau tidak ada minimum jumlah cetak, karena jumlah cetak tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan penulis masing-masing.

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagaimana cara menerbitkan sebuah buku di Penerbit Deepublish bahwa untuk proses cetak penulis hanya akan dikenai biaya produksi saja, sehingga biaya produksi tersebut ditentukan sesuai dengan hasil jadi spesifikasi buku yang sudah disempurnakan.

Penulis bisa langsung menanyakan kepada pihak Penerbit Deepublish jika ada pertanyaan terkait bagaimana cara menerbitkan buku di Penerbit Deepublish. Pertanyaan bisa ditanyakan melalui Customer Care Executive melalui email cs@deepublish.co.id.

Pertanyaan yang akan diajukan kepada tim Penerbit Deepublish nantinya akan dibalas dengan cara tim penerbit akan menghubungi pihak penulis untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai pertanyaan yang diajukan dengan sejelas-jelasnya.

Sistem Pemasaran Buku yang Diterbitkan oleh Penerbit Deepublish

Penerbit Deepublish memiliki sistem pemasaran yang tersebar di tiga wilayah promosi dan pemasaran. Penyebaran sistem pemasaran di tiga wilayah promosi tersebut yaitu:

1. Sistem Pemasaran Primer

Sistem pemasaran primer ini adalah sistem pemasaran yang mana Penerbit Deepublish akan memberikan keleluasaan kepada rekan penulis untuk dapat mendistribusikan buku sesuai dengan wilayah rekan yang penulis miliki. Artinya, Penerbit Deepublish akan membantu penulis untuk melakukan promosi dan pemasaran di dua wilayah pemasaran lainnya.

2. Sistem Pemasaran Sekunder

Sistem pemasaran sekunder ini adalah sistem pemasaran yang dilakukan Penerbit Deepublish untuk membantu melakukan promosi dan pemasaran melalui rekan-rekan yang dimiliki Deepublish, baik di berbagai universitas dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan di universitas yang dimaksud.

Selain itu, Penerbit Deepublish juga akan membantu mempromosikan ke mahasiswa, dosen, rekan promoter, dan resellernya secara eksklusif.

3. Sistem Pemasaran Tersier

Sistem pemasaran tersier ini adalah sistem pemasaran yang dilakukan Penerbit Deepublish yang mana setiap buku yang sudah dicetak di Deepublish dengan kisaran 50 eksemplar akan diterbitkan secara digital.

Penerbitan secara digital tersebut bisa melalui Google Play dan Google Books. Selain itu, Penerbit Deepublish juga akan membantu mempromosikan buku penulis melalui website, media sosial yakni Facebook dan juga Instagram.

Dengan tiga sistem pemasaran tersebut, maka penulis akan mendapat penawaran menarik dan kemudahan ketika menerbitkan buku di Penerbit Deepublish.

Kontak Penerbit Buku Deepublish 

Penulis juga bisa mengajukan pertanyaan melalui tim konsultan Penerbit Deepublish yang bisa dihubungi melalui telepon atau WhatsApp:

1. Hadaina Rofiqoh, S.Si (Hada)

0813-2518-6641 (Simpati)

0878-3123-2333 (XL)

2. Prasida Pambudi, A.Md (Prasida)

0852-2313-3455 (Simpati)

3. Muhammad Jefry Rianto, S.E (Jefry)

0877-0555-5676 (XL)

0822-1035-9000 (Simpati)

4. Nofita Dewi Agistia, S.S (Nofita)

0822-1148-9554 (Simpati)

5. Aruming Sekar Sukrani C.D, S.E (Aruming)

0811-2831-554 (Simpati)

6. Istiqlal Fi Sabilillah, S.Par. (Sabil)

0811-2831-553 (Simpati)

7. Ridhwan Burhanuddin, S.Ikom (Burhan)

0811-2831-551 (Simpati)

8. Galuh Puspitasari, S.P (Galuh)

0822-5757-8687 (Simpati)

9. Vivin Viani S.Si (Vivin)

0811-2831-552 (Simpati)

10. Gupita Archie Mega Kirana, S.Si (Gupita)

0856-0742-3390 (Indosat)

11. Latifatur Rochimah, S.T. 

0811-2864-991 (Simpati)


Artikel Terkait

Keuntungan Cetak di Penerbit Buku Online

Cara dan Tips Memilih Penerbit Buku Digital

Cara Menerbitkan Buku di Penerbit

Mengenal Ciri-Ciri Penerbit Buku yang Baik

4 Dasar Kwadran Penilaian Buku Layak Terbit

Metode dan Trik Penerbit Buku Melirik Naskah

Cara Membuat Buku agar Diterima Penerbit dan Pembaca

6 Identitas Buku di Penerbit Buku

Jika Anda Membutuhkan Referensi Tambahan, Kami Menyediakan EBOOK GRATIS yang Spesial Kami Persembahkan untuk Anda. Adapun Macam Ebook yang Bisa Anda Download sebagai Berikut:

Ebook : Cara Praktis Menulis Buku

Ebook : Rahasia Menulis Buku Ajar

Ebook : Self Publishing

Ebook : Pedoman Menulis Buku Tanpa Plagiarisme

Ebook : Strategi Jitu Menulis Buku Monograf

Ebook : Cerdas Menulis Buku Referensi