Pengertian Biografi. Anda mungkin sudah pernah membaca teks biografi sejak duduk di bangku sekolah. Umumnya, biografi mengangkat kisah hidup tokoh terkenal atau pahlawan yang berdampak besar pada kehidupan masyarakat.

Teks biografi ini sendiri sama seperti karya tulis lainnya yang juga memiliki pesan bagi pembacanya melalui pengalaman hidup seseorang. Supaya, pembaca bisa termotivasi, mendapatkan pandangan baru atau menemukan solusi bila masalah yang dihadapinya serupa.

Tapi, Anda mungkin belum paham ada banyak jenis teks biografi. Sebelum mengenali hal itu, Anda perlu memahami pengertian, ciri-ciri, struktur hingga contoh teks biografi.

Pengertian Biografi

Biografi adalah sebuah karya sastra yang berisi mengenai riwayat hidup seorang tokoh terkenal. Secara etimologi, pengertian biografi berasal dari bahasa Yunani, yakni bios dan graphien. 

Kata bios berarti hidup dan gafrien berarti menulis, sehingga biografi merupakan tulisan yang berisi mengenai kehidupan seseorang yang biasanya memiliki dampak secara luas.

Menurut KBBI, pengertian biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Jadi, biografi biasa dianggap sebagai suatu karya tulis yang berisikan rangkaian kisah nyata tentang seorang tokoh.

Dalam sastra, biografi merupakan salah satu prosa baru yang menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang, mulai dari awal kehidupannya di masa kecil hingga tumbuh dewasa dan meninggal dunia.

Selain itu, biografi juga biasanya berisi hal-hal penting dalam hidupnya yang membuatnya terkenal, baik melalui karya, prestasi dan pemikirannya yang dinarasikan secara detail.

Biografi sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni biografi portrayal dan biografi ilmiah. Biografi portrayal adalah biografi yang menunjukkan sosok tokoh. Biografi ilmiah adalah biografi yang berisi sosok tokoh berdasarkan analisis dengan penggunaan konsep-konsep tertentu sehingga membentuk sebuah keterangan sejarah. 

Karena biografi disusun oleh orang lain alias bukan dari diri sendiri. Ada dua cara penyajian karakter dalam biografi. Pertama, karakter disajikan secara langsung oleh penulis biografi atau subjek biografi itu sendiri.. Kedua, karakter disuguhkan melalui kesaksian orang lain secara tidak langsung.

Baca Juga:

Teks Prosedur: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Teks Anekdot: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap 

Teks Narasi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Teks Negosiasi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Pengertian Biografi Menurut Ahli

Para ahli pun memiliki pandangan berbeda-beda mengenai pengertian biografi, antara lain:

1. Toyidin (2013 : 292)

Menurut Toyidin, pengertian biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Umumnya, orang-orang membaca biografi orang lain karena ingin tahu ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut yang dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan tolak ukur dirinya.

2. Wahono 

Wahono mendefinisikan pengertian biografi sebagai cerita yang bersifat faktual, yang mana cerita tersebut ditulis sesuai fakta-fakta yang disampaikan oleh penulis. Fakta tersebut bisa berupa keistimewaan orang yang sedang ditulis biografinya, prestasi, ideologi dan prestasi lainnya.

3. Istiqomah (2015)

Menurut istiqomah, pengertian biografi adalah riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat tulisan. Istiqomah juga menyebutkan bahwa penulis dalam membuat biografi berperan sebagai orang ketiga. Dalam hal ini, penulis memiliki hak cipta atas karya tokoh yang dituliskan. Sedangkan, tokoh yang ditulis sebagai narasumber.

4. Menurut Kemendikbud (2014:37) 

Menurut kemendikbud, pengertian biografi merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.

Baca Juga: 

Teks Editorial : Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Teks Biografi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap 

Teks Eksplanasi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap 

Teks Laporan Hasil Observasi: Ciri-Ciri dan Contoh Lengkap

Ciri-ciri biografi

Biografi memiliki ciri-ciri tertentu yang bisa membedakannya dengan tulisan lain. Perbedaan ciri-ciri ini bisa diketahui isi dan tujuan dari tulisan tersebut secara langsung. Berikut ini, beberapa ciri-ciri biografi yang harus dipahami penulis maupun pembaca.

1. Isi tulisan

Isi tulisan biografi merupakan fakta-fakta yang disajikan dalam bentuk narasi. Fakta-fakta yang diangkat pun harus sesuai pengalaman pribadi tokoh yang dituliskan. Hal ini bisa berupa perjalanan hidup tokoh, mulai dari kelahiran, masa kecil, sekolah hingga kelulusan terakhirnya, kehidupan keluarga, prestasi dan lainnya.

Intinya, biografi merupakan kisah nyata dari kehidupan seseorang yang memiliki pengaruh besar dalam masyarakat, seperti tokoh pahlawan. Hal inilah yang membedakan biografi dengan cerita pendek atau novel yang bersifat fiksi atau tidak nyata.

Penulis bisa menyajikan perjalanan hidup seorang tokoh dalam bentuk tulisan biografi berdasarkan pengalaman, cerita orang-orang yang terkait dan bukti-bukti otentik lainnya.

2. Gaya Penulisan

Gaya penulisan biografi cenderung kaku atau baku. Tapi, gaya penulisan biografi ini juga bisa tergantung pada tokoh yang diangkat dalam tulisan. Umumnya, gaya penulisan biografi akan lebih formal ketika membahas tokoh tokoh terhormat dan terpandang, seperti pahlawan RI.

Jika Anda menuliskan biografi tokoh terkenal tetapi bukan pahlawan, maka gaya penulisannya biasanya lebih santai. Gaya penulisan yang santai ini bisa menggunakan kata sapaan yang terkesan akrab dengan pembaca, seperti kami, kita, kalian dan lainnya.

Selain itu, pola pengembangan tulisan biografi bersifat kronologis dengan melibatkan beberapa unsur bahasa, seperti kata rujukan, kata hubung, waktu, kata kerja, tempat dan aktivitas. Kemudian dikembangkam secara naratif dan deskriptif.

3. Memiliki Struktur Baku

Tulisan biografi juga disusun sesuai struktur baku yang berupa kejadian, orientasi atau reorientasi. Karena biografi merupakan tulisan berisi cerita hidup seorang tokoh yang berdampak positif, gaya penulisannya seringkali menggunakan bahasa Indonesia baku

Teks biografi memang berbeda dengan novel maupun cerpen, tapi teks biografi juga harus memiliki setting tempat. Setting tempat ini bisa berbeda-beda tempat, tergantung dari kisah hidup si tokoh yang diceritakan. Karena, setting tempat ini menjadi salah satu ciri-ciri biografi yang wajib ada.

Penulisan biografi juga harus menunjukkan kerangka waktu kejadian yang jelas. Struktur yang runtut akan memudahkan pembaca dalam memahami pesan dalam teks biografi tersebut.

4. Memilih Konflik Masalah

Konflik merupakan suatu peristiwa atau fenomena sosial di mana terjadi pertentangan atau pertikaian, baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan kelompok dengan pemerintah.

Konflik masalah juga termasuk ciri-ciri biografi. Karena biografi menceritakan perjalanan hidup seseorang, maka sudah pasti memuat masalah maupun konflik dalam kehidupan. Teks biografi harus memuat konflik masalah yang dihadapi si tokoh agar bisa menjadi pembelajaran, hikmah dan solusi bagi pembacanya.

5. Memiliki Pesan Moral

Teks biografi yang memuat perjalanan hidup seorang tokoh dari awal kehidupan hingga sekarang atau akhir hayatnya bertujuan untuk memotivasi dan memberi pembelajaran bagi pembacanya. Karena itu, biasanya teks biografi biasanya mengangkat kisah seorang tokoh terkenal atau berpengaruh besar di kehidupan masyarakat.

Struktur Biografi

Struktur tulisan biografi di awal dengan orientasi, urutan peristiwa kehidupan tokoh dan reorientasi. Berikut ini, penjelasan masing-masing struktur teks biografi.

1. Orientasi 

Orientasi adalah struktur pertama teks biografi yang memberikan gambaran awal tentang tokoh atau seseorang yang diangkat dalam teks biografi secara umum. Pada bagian itu penulis perlu memberi pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang dan riwayat pendidikan orang tersebut.

Dalam kata lain, orientasi berisi informasi mengenai peristiwa yang akan diceritakan untuk membantu pembaca, seperti siapa, kapan, di mana dan bagaimana.

Tapi, pengenalan tokoh yang berfungsi sebagai intro dalam teks biografi ini cukup fokus membahas latar belakang keluarga tokoh, nama tokoh, riwayat pendidikan dan tempat tinggal yang dijabarkan secara naratif. 

2. Kronologi Kejadian atau Urutan Peristiwa

Struktur kedua biografi berupa rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu, meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami si tokoh. 

Pada bagian ini, penulis juga perlu menguraikan hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan dan mengharukan dari kehidupan tokoh tersebut. Anda bisa menulisnya berupa urutan kehidupan si tokoh.

Anda bisa menjelaskan suka duka yang dialami si tokoh. Anda pun perlu menulis pengalaman yang pernah dialami si tokoh dalam kehidupannya yang disertai dengan konflik. Tapi, Anda juga perlu menjabarkan tentang solusi yang dilalui oleh tokoh tersebut.

3. Reorientasi

Struktur ketiga dalam penulisan biografi adalah reorientasi, yang berisi komentar evaluatif atau kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah dijabarkan.

Reorientasi lebih mengacu pada tanggapan dari penulis mengenai tokoh yang diangkat. Intinya, reorientasi adalah bagian akhir dari teks biografi yang berisi pandangan penulis mengenai seorang tokoh. Tapi, bagian reorientasi dalam teks biografi ini sifatnya opsional yang bisa ada maupun tidak afa. 

Sementara itu, Mulyadi (2016) menyangkal ketiga struktur biografi tersebut atau tidak bersifat mutlak. Karena, penyusunan teks biografi tergantung pada cara penulis menggambarkan tokoh yang diceritakan.

Jenis-jenis Biografi

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada empat jenis teks biografi yang memiliki beberapa bentuk berbeda, antara lain:

1. Jenis Biografi Berdasarkan Izin atau Sisi Penulisan 

Jenis biografi berdasarkan izin atau sisi penulisannya terbagi menjadi dua macam, meliputi:

a. Authorized biography 

Authorized biography adalah sebuah teks biografi yang penulisannya sudah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang diceritakan. Isi biografi jenis ini dibuat atas izin tokoh guna menceritakan ulang kisah dan riwayat hidup seseorang dalam bentuk teks narasi.

b. Unauthorized biography 

Unauthorized biography adalah sebuah teks biografi yang penulisannya tidak atas izin atau sepengetahuan tokoh yang diceritakan. Jenis biografi ini biasanya digunakan untuk menceritakan kehidupan seorang tokoh yang sudah meninggal dunia.

2. Jenis Biografi Berdasarkan Isinya 

Jenis-jenis biografi berdasarkan isinya juga terbagi menjadi 2 macam, meliputi:

a. Biografi perjalanan hidup 

Biografi perjalanan hidup adalah biografi yang berisi tentang perjalanan hidup seorang tokoh terkenal atau berpengaruh. Biografi jenis ini menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau dianggap sangat berkesan.

Dalam penulisan biografi jenis ini, penulis bisa menentukan sudut pandang kisag yang akan diceritakan. Misalnya, penulis bisa memilih kisah hidup si tokoh yang dianggap mengharukan.

b. Biografi perjalanan karir 

Biografi perjalanan karier adalah biografi yang berisikan perjalanan karir dari tokoh yang diceritakan, mulai dari awal karirnya sampai sekarang atau akhir hayatnya. Anda juga bisa menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.

Penulisan biografi perjalanan karir ini pun hampir mirip dengan biografi perjalanan hidup. Penulis bebas menentukan fokus pembahasannya dalam biografi. Misalnya, penulis hanya memilih kisah perjalanan karir seseorang yang inspiratif atau mencapai kesuksesan luar biasa.

3. Jenis Biografi Berdasarkan Bahan Penulisannya 

Jenis biografi berdasarkan bahan penulisannya juga terbagi menjadi 3 macam, meliputi:

a. Biografi jurnalistik 

Biografi jurnalistik adalah biografi yang bahan penulisannya diperoleh dari hasil wawancara langsung tokoh yang diangkat kisah hidupnya, baik dengan tokoh utama yang diceritakan atau tokoh pendukung, seperti keluarga atau kerabat dekat tokoh utama..

b. Biografi politik 

Biografi politik adalah jenis biografi yang biasanya membahas politik atau berisi kisah hidup tokoh politik. Penulisan biografi jenis ini berasal dari hasil riset yang biasanya juga berisi kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.

c. Biografi intelektual 

Biografi intelektual juga hampir sama dengan biografi politik yang bahannya diperoleh dari hasil riset. Tapi, biografi jenis ini biasanya mengangkat kisah hidup tokoh intelektual yang dipandang dari berbagai sudut pandang dan ditulis menggunakan gaya bahasa ilmiah. 

4. Jenis Biografi Berdasarkan Penerbitnya 

Jenis-jenis biografi berdasarkan penerbitnya terbagi menjadi 2 macam, antara lain:

a. Biografi buku subsidi 

Biografi buku subsidi dibuat dan diterbitkan oleh sponsor yang berkaitan, mulai dari biaya produksi hingga penerbitan yang seluruh biayanya ditanggung oleh pihak sponsor. Sayangnya, biografi jenis ini tidak akan laku dijual atau terjual dengan harga jualnya terlalu tinggi hingga tak terjangkau.

b. Biografi buku sendiri 

Biografi buku sendiri adalah jenis biografi tokoh yang dibuat buku oleh penerbit sendiri. Sehingga, seluruh biaya produksi, mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan penulisan biografi buku sendiri ini untuk dijual bebas di pasaran dan mendapatkan perhatian publik.

Contoh Biografi

Berikut ini, salah satu contoh teks biografi yang bisa membantu menambah pemahaman Anda.

Contoh Teks Biografi 1

Ardian Fikri lahir dari pasangan ayah Hasbullah dan ibu Fitria Nur Hamidah  pada 14 Oktober 1995 di Yogyakarta, namun kedua orang tuanya telah berpisah. Ardian merupakan seorang penulis buku Best Seller berjudul Cara Asyik Menulis. Awal karir Ardian di dunia tulis menulis dimulai dari mengikuti ajang kejuaraan antar daerah.

Keterampilan menulis Ardian semakin diasah. Kemampuan merangkai kata kalimat pun juga semakin baik. tidak heran jika banyak pembaca yang suka dengan karya-karyanya. Disamping itu, Ardian termasuk penulis yang cukup produktif dan aktif di media sosial. 

Pada awalnya Rivan tidak terlalu tertarik dengan tulis menulis, tetapi karena tingginya pembaca dari hasil-hasil karyanya, akhirnya Rivan melanjutkan menulis di sela-sela waktu yang padat. 

Kini, banyak karya buku-bukunya yang best seller. Bahkan dalam setahun ada 12 buku yang diterbitkan. Meskipun tidak semua menjadi best seller, tetapi cukup laris di pasaran dan menjadi idola karena pemikiran-pemikiran yang out of the box. Pengikut di media sosialnya juga cukup banyak diikuti oleh banyak orang.

Contoh Teks Biografi 2

Raden Ajeng Kartini lahir pada tahun 1879 di kota Rembang. Ia anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari Sekolah Dasar, ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orang tuanya. Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. 

Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di taman rumah dengan ditemani Simbok (Pembantunya).

Akhirnya membaca menjadi kegemarannya, tiada hari tanpa membaca. Semua buku, termasuk surat kabar dibacanya. Kalau ada kesulitan dalam memahami buku-buku dan surat kabar yang dibacanya, ia selalu menanyakan kepada Bapaknya. Melalui buku inilah, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir wanita Eropa (Belanda, yang waktu itu masih menjajah Indonesia). Timbul keinginannya untuk memajukan wanita Indonesia. Wanita tidak hanya di dapur tetapi juga harus mempunyai ilmu. Ia memulai dengan mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajarkan tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya. Ditengah kesibukannya, ia tidak berhenti membaca dan juga menulis surat dengan teman-temannya yang berada di negeri Belanda. Tak beberapa lama ia menulis surat pada Mr.J.H.Abendanon. Ia memohon diberikan beasiswa untuk belajar di negeri Belanda.

Beasiswa yang didapatkannya tidak sempat dimanfaatkan Kartini karena ia dinikahkan oleh kedua orangtuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat. Setelah menikah, ia ikut suaminya ke daerah Rembang. Suaminya mengerti dan ikut mendukung Kartini untuk mendirikan sekolah wanita. Berkat kegigihannya, Kartini berhasil mendirikan sekolah Wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Ketenarannya tidak membuat Kartini menjadi sombong, ia tetap santun, menghormati keluarga dan siapa saja, tidak membedakan antara yang miskin dan kaya.

Pada tanggal 17 September 1904, Kartini meninggal dunia dalam usianya yang ke-25, setelah ia melahirkan putera pertamanya. Setelah Kartini wafat, Mr.J.H Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada para teman-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Artikel Terkait:

Teks Argumentasi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Lengkap

Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Lengkap

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menulis

Contoh Teks Deskripsi 

Contoh Lengkap Teks Berita

Contoh Teks Biografi yang Bisa Dijadikan Referensi

Contoh Teks Persuasif yang Baik dan Benar