Daftar Isi

Rumusan masalah wajib ada disetiap penelitian. Termasuk penulisan skripsi. Alasan kenapa rumusan masalah wajib ada untuk memudahkan peneliti menyelesaikan penelitian. Rumusan masalah umumnya diletakan di bagian awal laporan. Tepatnya setelah di latar belakang. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang rumusan masalah, berikut adalah beberapa pembahasannya. Mulai dari pengertian, cara membuat rumusan dan contoh rumusan masalah. Langsung saja, berikut ulasannya. 

download ebook gratis

Pengertian Rumusan Masalah Menurut Para Ahli 

Ternyata ada cukup banyak para ahli yang mendefinisikan rumusan masalah. Penasaran, apa saja sih definisi para ahli terhadap rumusan masalah? Berikut ulasannya. 

1. Andrew dan Hildebrad 

Salah satunya menurut Andrew dan Hildebrad (1982), rumusan masalah yang baik yang dibuat secara terencana, efektif dan memiliki karakteristik. Dirinya menyebutkan ada empat karakteristik, yaitu masalah yang diangkat mencerminkan kebutuhan yang dirasakan.

Adapun karakteristik lain, masalah yang diambil adalah non-hipotesis, yaitu harus didasarkan pada bukti faktual. Tidak sekedar itu, rumusan masalah yang baik mendukung hipotesis penelitian agar dapat dilakukan pengujian. Karakteristik yang terakhir adalah, masalah yang diangkat harus relevan dan dapat dikelola. 

2. Albert Einstein 

Siapa sih yang tidak tahu tokoh satu ini? pastinya sudah tahu siapa dia. Albert Einstein ternyata juga ikut menjabarkan rumusan masalah. Menurutnya, rumusan masalah jauh lebih penting daripada solusinya. Einstein mengungkapkan bahwasanya pengajuan rumusan masalah didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan baru, sehingga mendukung kemungkinan baru dan mempertimbangkan masalah lama menjadi sesuatu yang baru yang lebih kreatif dan imajinatif. 

3. Alan Byrman 

Berbeda dengan pendapat Alan Byrman, rumusan masalah adalah pernyataan yang jelas terhadap hal-hal tertentu. Dimana hal itulah yang dijadikan sebagai perhatian dan yang diberi titik fokus untuk diteliti lebih lanjut. Tentu sifat penelitian selalu menawarkan solusi dan hal yang jelas dan luas. 

4. Sugiyono 

Sedangkan Sugiono memandang rumusan masalah adalah sebuah pertanyaan yang mencari sebuah jawaban lewat pengumpulan data dan penelitian. Dimana penelitian dapat dilakukan berdasarkan tingkat eksplanasi. 

Itulah beberapa pengertian rumusan masalah menurut para ahli. Secara garis besar, rumusan masalah memiliki peran yang cukup besar. Diantaranya membantu peneliti agar tetap melakukan penelitian sesuai dengan koridor atau jalur penelitian. Selain itu, rumusan masalah adalah cara agar peneliti bisa mengatasi masalah yang dihadapi selama melakukan penelitian. 

Baca Juga: Hipotesis Penelitian: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Lengkap

Cara Membuat Rumusan Masalah 

Kamu sekarang seorang mahasiswa yang baru pertama kali melakukan penelitian dan tidak tahu cara menulis rumusan masalah? Tenang, saya yakin semua mahasiswa akan merasakan hal yang sama. Maka dari itu, di sub bab ini akan memuat cara membuat rumusan masalah bagi pemula, langsung saja, berikut ulasannya. 

1. Buat Secara Spesifik 

Cara membuat rumusan masalah yang paling utama adalah membuat rumusan secara spesifik. Tidak perlu dijabarkan secara panjang lebar. Karena justru akan menghilangkan inti yang ingin disampaikan. Lagi pula rumusan masalah bentuknya sebuah pertanyaan, jadi cukup ditulis secara singkat padat dan jelas. 

2. Menentukan Metode Penelitian Yang Sesuai 

Tentu saja Anda harus menentukan terlebih metode penelitian yang sekiranya pas dengan tema yang Anda angkat. Membicarakan tentang metode penelitian, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan metode penelitian kualitatif atau kuantitatif.

3. Mencari Wawasan Teori-teori yang Mendukung Metode Penelitian yang Dipilih 

Menentukan metode penelitian hal yang tidak kalah penting. Jangan sampai salah menempatkan urutan menimbulkan salah tindakan. Kesalahan dalam bertindak akan mempengaruhi pada proses penyelesaian penelitian. Kelebihan menentukan metode penelitian ini membantu peneliti menentukan konsep yang pas dan cocok digunakan. 

4. Kreatif Melihat Fenomena Di Sekeliling

Poin ini sebenarnya sederhana, tetapi sulit dalam prakteknya. Kecuali bagi Anda yang terbiasa berpikir, mungkin tidak begitu kesulitan dalam membuat rumusan masalah. Sebenarnya rumusan masalah itu banyak sekali di sekeliling kita, jika kita peka membidik. 

Umumnya, kesulitan utama dalam membuat rumusan masalah karena terlalu jauh memikirkan berpikir. Padahal penelitian bisa diambil dari kasus-kasus kecil dan sederhana yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

5. Gunakan 5W + 1H 

Barangkali ada yang bertanya-tanya, bagaimana membuat rumusan masalah, jika apa yang ingin diteliti belum tahu? Jika Anda mengalami kesulitan menentukan topic atau tema penelitian. Anda bisa menerapkan 5W + 1 H. Caranya cukup membuat pertanyaan yang menarik, sebanyak mungkin yang Anda minati. 

Misal: 

  • Kenapa anak perempuan harus bermain boneka? 
  • Kenapa anak laki-laki harus bermain mobil-mobilan?
  • Kenapa harus ada aturan antara anak perempuan dan laki-laki? 

Dari pertanyaan diatas, mungkin Anda sebenarnya menemukan jawaban sementara “karena anak perempuan lebih feminine jika bermain boneka, berlaku sebaliknya”. 

Lantas muncul pertanyaan baru, apa yang terjadi jika anak perempuan bermain mobil-mobilan (permainan anak laki-laki)? Dan apa jadinya jika anak laki-laki bermain boneka (permainan anak perempuan)? 

Nah pertanyaan yang banyak muncul, akan Anda temukan benang merah dan konflik. Kemudian dari benang merah dan konflik yang Anda temukan, perlu pembuktian lewat penelitian. nah, itulah tema yang bisa Anda angkat dalam sebuah penelitian. 

Baca Juga: Instrumen Penelitian: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Lengkap

Contoh Rumusan Masalah 

rumusan masalah penelitian

Masih ada yang merasa bingung mencari rumusan masalah? Tenang, berikut beberapa contoh rumusan masalah yang saya ambil dari hasil penelitian. 

1. Contoh Rumusan Masalah Tentang E-Commerce

Berdasarkan latar belakang penelitian tentang E-commerce di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah berikut ini: 

  • Apa saja dampak positif dan negatif dari e-commerce
  • Bagaimana standar teknologi yang digunakan di e-commerce
  • Bagaimana perlindungan antara pembeli dan penjual? 
  • Bagaimana dukungan e-commerce di Indonesia? 
  • Bagaimana hubungan hukum antar pelaku e-commerce

2. Contoh Rumusan Masalah Tentang Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Berdasarkan latar belakang penelitian tentang pergaulan bebas di kalangan remaja di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah berikut ini: 

  • Apa itu remaja? 
  • Apa pengertian pergaulan bebas? 
  • Apa itu seks bebas? 
  • Apa faktor-faktor yang menjadi penyebab pergaulan bebas di kalangan remaja? 
  • Apa akibat yang ditimbulkan dari pergaulan bebas dan seks bebas? 
  • Apa dampak hukum pergaulan bebas dan seks bebas? 
  • Bagaimana solusi mencegah pergaulan bebas dan seks bebas? 

3. Contoh Rumusan Masalah Tentang Lingkungan Kesehatan 

Berdasarkan latar belakang penelitian tentang lingkungan kesehatan di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah berikut ini: 

  • Apa pengertian kesehatan lingkungan? 
  • Apa syarat lingkungan dikatakan sehat? 
  • Bagaimana ruang lingkup kesehatan lingkungan? 
  • Bagaimana cara memelihara kesehatan lingkungan? 
  • Apa tujuan pemeliharaan kesehatan lingkungan? 

4. Contoh Rumusan Masalah Proposal Usaha Keripik Emping 

Berdasarkan latar belakang penelitian tentang usaha keripik emping di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah berikut ini: 

  • Apa yang menjadi daya tarik khusus dalam bisnis kuliner keripik emping? 
  • Bagaimana cara memperkenalkan kuliner keripik emping kepada konsumen? 
  • Bagaimana cara mengolah keripik emping yang baik untuk menghilangkan rasa pahit?

Baca Juga: 7 Cara Menulis Puisi yang Baik Kelas Profesional

5. Contoh Rumusan Masalah Skripsi Tentang Literasi Digital 

Berdasarkan latar belakang penelitian tentang pengaruh literasi digital anak SD di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah berikut ini: 

  • Seberapa besar pengaruh aspek pencarian di internet anak SD terhadap pencarian informasi? 
  • Seberapa besar pengaruh aspek pandu arah hypertext  anak SD terhadap pencarian informasi? 
  • Seberapa besar pengaruh aspek evaluasi konten anak SD terhadap kemampuan pencarian informasi? 
  • Seberapa besar pengaruh aspek penyusunan pengetahuan anak SD terhadap pencarian informasi? 

6. Contoh tentang Makalah Strategi Pengembangan Organisasi Masyarakat 

Bagaimana strategi pengembangan organisasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat dalam upaya optimalisasi dana desa, sehingga dana desa yang telah digelontorkan oleh pemerintah pusat pada tahun 2015 bisa berjalan sebagai mestinya tanpa adanya kecurangan dan kekurangan dalam segi pembangunan? 

7. Contoh Tentang Jalan Tol 

Berdasarkan latar belakang penelitian tentang pengaruh jalan tol terhadap kehidupan masyarakat di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah berikut ini: 

  • Apa saja upaya yang dilakukan untuk pembangunan jalan tol di kawasan Jalan Tol Trans Sumatera? 
  • Apa saja hambatan dalam pembangunan jalan tol di kawasan Jalan Tol Trans Sumatera? 

8. Contoh Tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 

Berdasarkan latar belakang penelitian tentang penelitian tindakan kelas (PTK) di atas maka bisa dirumuskan beberapa masalah berikut ini: 

  • Apa kemampuan yang dimiliki pengajar pelajaran Kimia untuk perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran? 
  • Bagaimana PTK ini dapat membantu pelajar mengatasi masalah-masalah sains di kelas? 

9. Contoh Tentang Penulisan Karya Ilmiah 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana bentuk perancangan kebijakan Education Mix System
  • Bagaimana implementasi dari kebijakan Education Mix System

10. Contoh Tentang Biologi 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Senyawa apa yang bekerja di dalam daun pandan sebagai terapi antidiabetes? 
  • Bagaimana aplikasi penerapan teknologi mikroenkapsulasi? 

11. Contoh Tentang Penelitian Kuantitatif 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana perbandingan terbaik dari volume asitik hidrolisator dalam memutuskan ikatan β-1,4 glikosidik. 
  • Bagaimana tingkat efisiensi Minyak Hilal berdasarkan perbandingan hasil hidrolisis asitik terhadap hasil hidrolisis enzimatik? 

12. Contoh tentang Penelitian Kualitatif 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana pengaruh komposisi kitosan terhadap komposit kitosan – alginate? 
  • Bagaimana potensi ekstrak daun kelor terhadap komposit kitosan – alginate? 

Baca Juga: Cara Cek Plagiarisme Buku/ Karya Ilmiah/ Konten dengan 12 Top Website Ini

13. Contoh tentang Tugas Akhir 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana desain UGAHISAN Ular Tangga Hidup Sehat ala Al Quran? 
  • Bagaimana cara UGAHISAN Ular Tangga Hidup Sehat ala Al Quran? 

14. Contoh tentang Skripsi

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apakah minyak pelumas bekas yang sering ditemukan dalam keseharian bisa diubah menjadi bahan bakar minyak rumah tangga? 
  • Bagaimana sistematika pengolahan minyak pelumas bekas menjadi bahan banyak minyak rumah tangga? 

15. Contoh tentang Pengaruh Pupuk pada Bibit Jagung 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana pengaruh pupuk terhadap perkembangan dan pertumbuhan dari bibit jagung? 
  • Bagaimana kondisi bibit jagung sebelum dan sesudah diberi pupuk? 

16. Contoh Tentang Kemampuan Guru Matematika 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana kemampuan guru Matematika SMPN 1 Bandung dalam memahami karakter peserta didik? 
  • Bagaimana kemampuan guru Matematika SMPN 1 Bandung dalam merancang pembelajaran? 

17. Contoh Tentang Pengaruh Gaji Karyawan pada Kinerja 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana pengaruh gaji terhadap kinerja karyawan di PT ABC? 
  • Bagaimana pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap kinerja di PT ABC? 

18. Contoh Tentang Hubungan Prestasi dengan Motivasi

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Adakah hubungan antara prestasi dengan motivasi? 
  • Apa saja pengaruh motivasi terhadap prestasi di kampus? 

19. Contoh Tentang Penelitian Narkoba 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa pengertian narkoba? 
  • Ada berapa jenis narkoba? 
  • Apa saja bahaya yang ditimbulkan oleh narkoba? 

20. Contoh Tentang Dampak Rokok bagi Remaja 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa itu rokok? 
  • Apa bahaya rokok bagi kesehatan? 
  • Apa yang menyebabkan remaja memutuskan merokok? 

21. Contoh Tentang Cara Mengatasi Sampah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa pengertian sampah? 
  • Apa saja jenis-jenis dari sampah? 
  • Bagaimana perkembangan sampah di masyarakat? 
  • Bagaimana cara mengelola sampah? 

22. Contoh Tentang Bencana Banjir 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa pengertian banjir? 
  • Apa saja yang menyebabkan banjir? 
  • Apa dampak banjir? 
  • Bagaimana cara mengatasi banjir? 
  • Bagaimana cara mencegah banjir? 

23. Contoh Tentang Pengamen Jalanan 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa teori kemiskinan? 
  • Apa perbedaan anak jalanan dengan anak bangsa? 
  • Apa yang membuat orang menjadi pengamen? 
  • Bagaimana solusi agar orang tidak menjadi pengamen? 

24. Contoh tentang Tentang Pernikahan Dini 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa dampak positif dan negatif dari pernikahan dini? 
  • Bagaimana perspektif hukum Islam terhadap praktek pernikahan dini? 
  • Kenapa peran pernikahan dini perlu dipertahankan? 
  • Apa saja yang menjadi penyebab terjadinya praktek pernikahan dini? 

25. Contoh Rumusan Masalah Kegiatan 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa yang dimaksud dengan kegiatan sekolah? 
  • Apa saja dampak dan manfaat dilaksanakannya kegiatan sekolah? 
  • Apa yang dilakukan pihak sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan sekolah? 
  • Bagaimana cara menyelenggarakan kegiatan di sekolah agar bermanfaat? 

26. Contoh Rumusan Masalah Proposal Kegiatan Pentas Seni 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa yang dimaksud dengan pentas seni? 
  • Manfaat apa saja yang diberikan dari pentas seni? 
  • Apa saja jenis acara untuk pagelaran pentas seni? 
  • Bagaimana cara melaksanakan pagelaran pentas seni? 

27. Contoh tentang Proposal Usaha Kuliner 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Apa itu usaha kuliner? 
  • Apa saja dampak positif dari usaha kuliner? 
  • Apa saja jenis usaha kuliner yang prospeknya bagus? 
  • Strategi apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset penjualan? 
  • Bagaimana cara menekan biaya produksi? 
  • Apa saja promosi yang bisa menarik minat pembeli? 

Baca Juga: Inilah 6 Jenis Paragraf yang Wajib Diketahui

28. Contoh Rumusan Masalah untuk Prakerin (Magang) 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Kendala apa saja yang dirasakan selama menjalani prakerin? 
  • Adakah peningkatan skill dan kemampuan yang dirasakan siswa selama mengikuti prakerin? 
  • Apa manfaat yang didapat dari kegiatan prakerin? 
  • Bagaimana cara menghadapi persaingan dalam dunia kerja? 

29. Contoh tentang Kegiatan Study Tour di Yogyakarta 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana upaya pemerintah dalam melestarikan dan menjaga peninggalan sejarah di Yogyakarta? 
  • Apa saja bentuk peninggalan sejarah yang bisa dijumpai di Yogyakarta? 
  • Bagaimana kondisi peninggalan sejarah yang terdapat di Yogyakarta? 
  • Bagaimana tanggapan masyarakat dalam mengapresiasi peninggalan sejarah? 

30. Contoh tentang Laporan PKL 

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah dalam karya tulis ini. Yaitu: 

  • Bagaimana sistem penilaian pada SMPN 2 Bandung untuk memudahkan guru dan orang tua? 
  • Bagaimana cara meningkatkan sistem komputerisasi agar lebih mudah dipantau guru dan orang tua? 
  • Kapan waktu yang tepat melakukan sosialisasi perubahan sistem dari manual ke sistem komputerisasi? 

31. Contoh tentang Penelitian

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dapat diambil rumusan masalah pada penelitian ini diantaranya:

  •  Bagaimana analisa risiko pada rantai pasok PT. Pertamina RU – VI Balongan? 
  •  Bagaimana penentuan agen risiko prioritas yang terjadi pada aktifitas rantai pasok PT. Pertamina RU – VI Balongan? 
  •  Bagaimana penentuan prioritas mitigasi risiko dari hasil analisa risiko yang terjadi pada rantai pasok PT. Pertamina RU – VI Balongan?

32. Contoh tentang Penelitian

Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan dalam latar belakang diatas, maka rumusan masalah laporan akhir ini, yaitu:

  • Bagaimana pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada Perusahaan Minyak dan Gas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode Tahun 2013 – 2015)?
  • Bagaimana pengaruh Times Interest Earned Ratio (TIER) terhadap Return On Equity (ROE) pada Perusahaan Minyak dan Gas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode Tahun 2013 – 2015)?
  • Bagaimana pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Times Interest Earned Ratio (TIER) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) pada Perusahaan Minyak dan Gas yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode Tahun 2013 – 2015)?

Itulah beberapa pembahasan tentang rumusan masalah. Semoga pembahasan yang singkat ini bermanfaat. (Irukawa Elisa) 

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri dan DAFTAR JADI PENULIS atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis esai, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!