Situs yang membayar penulis lepas. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi dan berbagai hal, banyak orang kini memiliki pekerjaan dari situs yang membayar penulis lepas. Pekerjaan menulis sebagai penulis lepas yang dulu tak dilirik banyak orang itu kini berkembang dan semakin jadi incaran banyak orang.

Terlebih masa pandemi ini membuat banyak orang yang memilih bekerja di rumah agar aman dan memilih bekerja pada situs yang membayar penulis lepas. Pekerjaan tersebut selain lebih aman dilakukan saat pandemi Covid-19 tetapi juga lebih fleksibel dan tentu tetap bisa menghasilkan uang meski hanya dari rumah saja.

Saat ini, berbagai media online atau situs online menerima tulisan dari penulis lepas. Tak hanya media atau situs besar saja, berbagai media online dan situs atau website yang tergolong kecil berani untuk mencari pekerja atau penulis lepas dan mereka akan memberikan honor pada setiap tulisan yang tayang dengan honorarium yang layak.

Honor untuk penulis dari situs atau website tersebut juga beragam. Ada yang membayar penulis per tulisan yang ia buat dalam bentuk poin yang bisa dikonversi ke dalam rupiah, berdasarkan jumlah view atau pembaca tulisan, dan lain sebagainya. Akan tetapi banyak yang membayar dengan jumlah honor yang ditentukan dan besarannya bisa lebih tinggi dari honor media besar.

Ada yang dibayar Rp100 ribu pada setiap tulisan, ada yang sampai meraup rupiah Rp250 ribu untuk satu tulisan. Mereka bisa mengerjakan beberapa tulisan dalam satu hari dan hal tersebut tentu cukup untuk diandalkan sebagai honor sehari-hari.

Meski penawarannya cukup menjanjikan, memilih situs yang membayar penulis lepas tetap harus berhati-hati. Hal ini karena saat ini juga banyak situs yang kurang profesional dalam membayar penulis artikel.

Kenyataan tersebut tentu tak bisa dipungkiri, terlebih banyak penulis yang sudah memiliki skill menulis sedang mencari pekerjaan tambahan sebanyak-banyaknya melalui situs atau website yang mencari penulis lepas. Akhirnya, situs atau website yang kurang profesional tersebut mengambil kesempatan yang kurang baik.

Oleh sebab itu, perlu kehati-hatian dalam memilih situs atau website mana tempat kita bekerja atau mencari uang. Seseorang yang ingin mencari penghasilan sebagai penulis lepas juga baiknya terus mengembangkan skill menulisnya.

Menjanjikannya menjadi freelance content writer saat ini memang sangat menguntungkan bagi siapa saja yang memiliki skill di bidang menulis, terutama menulis artikel. Di zaman inilah orang-orang yang memiliki skill menulis sangat dibutuhkan dan bisa meraup banyak keuntungan.

Banyaknya website dan situs yang membayar penulis lepas juga sedang mencari banyak penulis, khususnya penulis milenial dengan pekerjaan yang tidak mengikat waktu. Hanya dengan bekerja beberapa jam saja, penulis akan mendapatkan honor yang tak kalah besar dari bekerja di media besar.

23+ Situs yang Membayar Penulis Lepas

Di bawah ini adalah beberapa situs yang membayar penulis lepas secara profesional.

1. Rancah.com

Rancah.com merupakan salah satu situs yang membayar penulis lepas. Situs atau website tersebut memuat berbagai berita atau artikel yang informatif. Di rancah.com, penulis lepas bisa menulis tentang apa pun yang sedang menjadi perhatian dan sedang trending, viral, atau banyak dibicarakan.

Rancah.com bisa menjadi peluang bagi penulis lepas untuk mendapat uang tambahan. Pengelolanya akan membayar penulis lepas sesuai dengan jumlah views yang didapatkan dari artikel yang ditulis oleh penulis dan lolos publikasi oleh tim editor mereka.

2. Vebma

Vebma juga jadi situs atau website yang bisa dicoba oleh penulis lepas. Kelebihannya, penulis dibebaskan menulis apapun yang diketahui atau dikuasai oleh penulis lepas tentang pengetahuan. Penulis bisa memulai menulis melalui riset internet kemudian membuat bahan tulisannya menjadi artikel.

Meski demikian, jangan sampai penulis melakukan plagiarisme atau copy-paste karena hal itu membuat artikel yang ditulis tidak lolos dan tidak akan diterbitkan, sehingga penulis tidak mendapat honor.

3. Voxpop

Situs Voxpop atau VoxPop.id juga menyediakan konten yang memuat tentang opini dan pandangan penulis terkait kehidupan masyarakat. Penulis diminta menulis dengan gaya pop sehingga sangat diminati oleh penulis lepas milenial zaman sekarang. Meski demikian, penulis yang biasa menulis serius juga tidak ada salahnya mencoba menulis di situs ini.

Honor yang bisa didapatkan saat menulis di Voxpop sekitar Rp250 ribu per naskah.

4. IDN Times

Meski merupakan media besar, IDN Times juga menyilakan penulis lepas untuk menulis di situsnya. Hal ini karena sejak Februari 2017 lalu, media online ini merilis kanal IDN Times Community yang menjadi platform atau media bagi penulis generasi milenial untuk menulis. Sehingga, penulis lepas yang memiliki hobi menulis bisa menulis di kanal tersebut.

Selanjutnya, IDN Times akan mencari para penulis populer yang tulisannya dibaca banyak orang, terutama pada topik yang masih fresh dan trending dan mereka para penulisnya berpeluang besar mendapat bayaran tinggi.

Dari berbagai informasi, setiap 100 views dari artikel yang ditulis dan tayang di IDN Times, penulis akan mendapatkan 1 poin. Kemudian poin tersebut akan berlipat ganda sesuai dengan views yang didapat. Selanjutnya, poin tersebut akan ditukar dengan uang atau barang yang disediakan.

Minimal poin yang harus ditukar adalah 500 poin dengan kelipatannya. Artinya, jika tulisan penulis menghasilkan 150.000 pageviews, maka penulis akan mendapat 1500 poin dan akan mendapat uang tunai sebesar Rp150 ribu atau hadiah tertentu. Sisa poinnya akan diakumulasi menjadi saldo poin yang bisa ditukarkan lagi setelahnya.

5. Geotimes Indonesia

Geotimes Indonesia merupakan situs atau portal populer yang memuat tentang tokoh dan berbagai kebijakan publik yang sedang berlaku. Situs ini juga memberi ruang bagi penulis lepas yang memiliki minat menulis tema agama, ekonomi, politik, sosial, atau media.

Tulisan yang terdapat pada Geotimes Indonesia berisi tulisan beragam mengenai latar belakang dengan perspektif dan sudut pandang yang tidak biasa atau out of the box. Sehingga penulis yang kreatif tidak ada salahnya menulis di situs ini.

Geotimes Indonesia memiliki syarat dan ketentuan bagi penulis lepas yang karyanya layak dimuat. Beberapa syaratnya antara lain unsur fakta yang terkandung dalam tulisan relevansi, dan teori-teori pendukung lainnya. Meski demikian, sebagian konten di situs ini memuat mengenai opini atau esai penulis.

Selain itu, ada beberapa syarat yang juga harus dipatuhi penulis lepas yang ingin menulis di Geotimes Indonesia.

a. Tulisan terdiri dari 700-1.000 kata.

b. Biodata pengirim harus jelas dan sesuai dengan identitas yang dimiliki.

c. Responsif terhadap isu-isu aktual.

d. Artikel harus argumentatif.

e. Tidak mengandung SARA.

f. Tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Berbeda dengan Voxpop, Geotime Indonesia memang memiliki syarat tulisan yang cukup serius, sehingga selain dapat menulis dengan serius, penulis tetap harus mengikuti berbagai trend atau berita yang sedang banyak dicari.

Menurut informasi, penulis bisa meraup honor Rp350 ribu untuk satu tulisan jika tulisannya lolos dan dipublikasi oleh Geotimes Indonesia.

Baca Juga:

Apa itu Ghost Writer? Berapa Penghasilannya? 

Tips Menemukan Ide untuk Menulis Buku 

Tips Menulis Kreatif

15 Tips Produktif Menulis

15+ Cara Mulai Menulis 

6. Remotivi

Jika penulis memiliki ketertarikan menulis topik media, maka Remotivi.or.id adalah pilihan yang tepat. Di kanal “Menulis Untuk Kami”, Remotivi menjelaskan bahwa mereka menerima penulis lepas dari berbagai kalangan yang memiliki kepedulian terhadap isu media, khususnya media Indonesia.

Sama dengan Geotimes Indonesia, Remotivi bersedia membayar penulis lepas yang menulis tulisan argumentatif dengan penjabaran yang sistematis dan ilmiah, tetapi ditulis dengan gaya pop atau non-akademis. Meski demikian, penulis diharap menulis ide menarik dan berbobot serta dapat mempertanggungjawabkan tulisannya.

Penulis yang ingin berkontribusi bisa mengirimkan tulisan ke [email protected] dan tunggu selama kurang lebih lima hari untuk mengetahui apakah tulisan yang dikirim terbit atau lolos di situs Remotivi atau tidak.

Sejauh ini, Remotivi tidak menyebut berapa honor penulis lepasnya, namun ada yang menginformasikan bahwa Remotivi bisa memberi honor mulai dari Rp350 ribu hingga Rp1,5 juta untuk tulisan dengan 800-2.000 kata

Kalau dalam satu bulan bisa menulis sekitar 20 artikel, penghasilan penulis tentu sudah menyamai UMP Jakarta. Menarik bukan?

7. Basabasi

Basabasi.co adalah situs yang membayar penulis lepas yang bisa dicoba juga. Di situs Basabasi, memuat berbagai tulisan mulai dari puisi, esai, resensi, cerpen, dan artikel. Setiap jenis tulisan mereka memiliki honor yang berbeda bagi penulisnya.

Jika melihat tulisan yang ada di Basabasi, maka penulis lepas tentu sudah bisa menentukan minat mana yang akan mereka pilih untuk menulis tulisan. Meski demikian, Basabasi memuat artikel atau tulisan yang memiliki topik mendalam, sehingga tidak akan ada artikel clickbait di dalam situs ini.

Penulis lepas bisa menulis artikel dan dibayar dengan honor yang cukup menggiurkan. Menurut informasi, honor yang diberikan Basabasi mulai dari Rp200 ribu per artikel yang sifatnya ringan, kurang lebih 3-4 halaman. Dan artikel yang lebih berat akan diberi honor mulai dari Rp300 ribu pada setiap tulisannya.

Meski demikian, tulisan yang ditulis tidak serta-merta lolos dan bisa dipublikasi. Tulisan dari penulis harus disunting oleh tim editor dan tulisan yang lolos baru akan dipublikasi dan penulis bisa menerima honornya.

8. UC News

UC News merupakan portal berita dan artikel yang menawarkan sistem bagi penulis lepas untuk menjadi pengisi konten atau kontributor melalui layanan UC We- Media. Untuk dapat bergabung menjadi kontributor, penulis harus mendaftarkan diri secara lengkap dan menunggu persetujuan atau approval dari pihak UC News.

Bagi penulis yang lolos approval, ada dua cara mendapat penghasilan dari UC News. Pertama, penulis memiliki ketentuan yang mengikat yakni harus menulis 20 artikel asli setiap bulan. Kedua, penulis mendapatkan bagi hasil dari iklan yang dipasang di UC News dan artikel yang sudah ditulis.

Sayangnya, belum ada informasi berapa honor yang diterima penulis lepas yang menulis di UC News.

9. Nulis

Situs nulis juga menyediakan kesempatan bagi penulis lepas untuk menjadi kontributornya. Penulis yang ingin menulis di situs ini biasanya menulis tentang artikel kehidupan sehari-hari, terutama yang menyangkut tips.

Berbeda dengan UC News, penulis lebih memiliki banyak peluang untuk bisa menulis di Nulis selama mampu menghasilkan tulisan yang berkualitas dan menaati aturan yang sudah ditetapkan.

Hingga saat ini, belum ada informasi terkait honor yang diberi oleh situs Nulis kepada penulis lepasnya.

10. GetCraft

GetCraft merupakan marketplace yang hadir untuk para content creator atau penulis lepas. GetCraft memiliki kerjasama yang luas dengan berbagai pemasaran, mulai dari merancang strategi, membuat konten, hingga mendistribusikan konten.

Penulis lepas bisa bergabung untuk menulis di GetCraft di dalam platform khusus yang dimilikinya. Caranya, penulis bisa bertemu dengan kliennya melalui platform khusus dan kemudian klien akan memilih mana tulisan dan penulis yang cocok dengan keinginan dan kebutuhannya dan kemudian akan di-hire sebagai penulisnya. Mereka akan memberikan honor sendiri sesuai dengan kesepakatan.

10. BaBe

BaBe merupakan aplikasi portal berita yang menyajikan berbagai artikel, mulai dari isu news, selebritis, hingga gaya hidup. Situs ini juga membuka kesempatan bagi penulis lepas untuk menjadi kontributor bagi aplikasi mereka.

Kategori artikel yang disediakan BaBe adalah kategori politik, hiburan, dan Islam. Penulis yang memiliki minat di topik tersebut tidak ada salahnya menjadi penulis lepas atau kontributor BaBe.

Berdasarkan informasi, BaBe akan memberikan honor mulai Rp50 ribu untuk satu tulisannya.

11. Jalan Tikus

Jalan Tulus merupakan salah satu situs yang membayar penulis lepas. Penulis bisa menulis artikel apa saja dan mendapatkan penghasilan dari situs tersebut. Tapi sebelum menulis di jalan tikus, penulis harus lolos tahap seleksi dari tim terlebih dulu. Kemudian penulis bisa menulis tentang hal apapun yang kemudian akan dipublikasikan.

Untuk honor, jalan tikus mematok honor mulai dari Rp50 ribu untuk satu artikel.

12. Mojok

Mojok.co mencari penulis yang tertarik menulis hal yang berbau satir dengan gaya bahasa populer yang akrab bagi seluruh kalangan, terutama kalangan muda milenial. Sehingga jika penulis menyukai tulisan yang santai tapi berbobot, tak ada salahnya mencoba menjadi kontributor di Mojok.com.

Ada beberapa kanal menarik di Mojok yang bisa jadi wadah menulis oleh penulis lepas, di antaranya: Esai, Konter, Sungguh-sungguh Liputan, Malam Jumat, Otomojok, dan Rerasan.

Cara bergabung menjadi penulis di Mojok juga mudah. Penulis bisa mengirim naskah tulisan melalui email [email protected] dan menyertakan subjek salah satu rubrik atau kanal yang sesuai dengan tulisan.

Honor yang dibayarkan oleh Mojok tergantung pada setiap tulisan yang tayan. Meski demikian, tidak disebutkan dengan detail berapa besaran honornya.

13. Cookpad

Kamu sangat tertarik dengan dunia kuliner dan mahir menulis? Cookpad bisa jadi pilihannya. Cookpad merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai resep. Selain bisa menulis resep yang ingin dibagikan, tulisan yang terbit di Cookpad juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Aplikasi ini memberi fasilitas bagi para penulis resep untuk mempraktikkan resep secara langsung dengan membuka kelas memasak. Kemudian, penulis atau pemilik resep menerima pembayaran setelah kelas selesai. Berapa pun peserta yang ikut, penulis akan mendapat honor lho.

Baca Juga:

16 Cara Meningkatkan Motivasi Menulis Bagi Penulis Pemula

10 Tempat yang Cocok untuk Menulis Buku 

Cara Meningkatkan Keterampilan Menulis

Tips Tidak Punya Waktu Menulis

14. Freelancer

Situs atau website Freelancer juga tepat jadi pilihan untuk mencari penghasilan tambahan. Terlebih saat ini, Freelancer menjadi pasar crowdsourcing terbesar dengan puluhan juta user yang sudah terdaftar.

Untuk penulis yang ingin mencari penghasilan tambahan, bisa langsung melihat dan mendaftar di situs Freelancer. Mereka akan menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan yang dibutuhkan pencari kerja. Tentu saja bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan pencari kerja.

15. Projects

Sama halnya dengan Freelancer, Projects merupakan website penyedia jasa untuk pencari penghasilan tambahan, terutama untuk penulis. Di dalam website-nya, tertulis bila Projects.co.id menyediakan jasa mencari freelancer dan transaksi produk digital dengan sistem kerja remote.

Pencari kerja atau penulis lepas bisa mencari pekerjaan dan penghasilan tambahan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan penulis. Tentu honornya juga menyesuaikan.

16. Kontenesia

Kontenesia merupakan penyedia jasa penulis konten profesional. Di kontenesia, penulis dapat menulis untuk klien mulai dari startup, marketplace, agensi, pemilik bisnis UKM, bahkan perusahaan besar, baik skala nasional maupun internasional.

Penulis bisa menyajikan tulisan berupa artikel konten, copywriting, infografis, desain grafis, caption media sosial, dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh klien. Penulis yang bekerja sebagai penulis lepas di Kontenesia bekerja secara remote dari rumah masing-masing, sehingga sangat fleksibel.

Hingga saat ini, sudah ada ratusan penulis yang bergabung dan berbagai startup yang memercayakan jasanya dikerjakan oleh para penulis Kontenesia. Tentunya, penulis diminta untuk mengedepankan kualitas tulisan dan melalui proses editing yang ketat.

17. Journalism Jobs

Journalism jobs merupakan website yang tepat untuk mencari pekerjaan jurnalistik, salah satunya content writer. Di Journalism Jobs, penulis diberikan kesempatan menulis, mengedit, menulis iklan atau copywriting, dan pekerjaan jurnalistik lainnya.

Selain bekerja secara remote, penulis di Journalism Jobs juga beberapa diminta untuk bekerja sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan. Untuk honor, penulis bisa mendapatkan honor sesuai dengan klien masing-masing.

18. Mongabay.co.id

Mongabay.co.id merupakan situs yang membayar penulis lepas. Mereka menulis mengenai berita lingkungan yang populer di Indonesia, mulai dari flora, fauna, serta konflik satwa di Indonesia. Mongabay.co.id selain memiliki fokus khusus kepada hutan, tetapi juga menyediakan berita mengenai analisis dan informasi mengenai berbagai masalah lingkungan.

Situs ini membuka peluang untuk siapa saja yang ingin menulis tulisan atau artikel mengenai topik yang fokus pada isu lingkungan. Penulis tentu akan mendapatkan honor yang layak untuk tulisan yang sudah dimuat.

Berdasarkan informasi, Mongabay membayar penulis per kata yang ditulis dalam artikel tersebut. Namun tidak disebutkan berapa besaran honor yang dibayarkan oleh penulis.

19. Buruan.co

Buruan.co merupakan situs yang membayar penulis lepas. Di dalamnya terdapat beberapa rubrik di antaranya, BURUAN, BUKU, JEDA, dan APRESIASI. Tapi, hanya rubrik BURUAN yang akan menghasilkan pundi rupiah untuk penulis lepas.

Rubrik BURUAN ini berisi tentang puisi dan cerpen dalam bahasa Indonesia dan puisi serta cerpen dalam bahasa Sunda. Penulis lepas bisa menulis artikel dan menulis cerpen atau puisi dan mendapatkan honor lho. Sehingga Buruan.co ini sangat cocok bagi penulis yang memang memiliki minat di bidang karya sastra.

Untuk honor, Buruan.co menetapkan sesuai dengan panjang karya. Misalnya cerpen, mereka menentukan panjang cerpen antara 3.500-5.000 kata. Penulis bisa mengirimkan langsung karyanya ke [email protected] dan bila dimuat, satu cerpennya akan mendapat honor Rp200 ribu. Paling lama dua minggu setelah karya terbit, honor sudah bisa dicairkan.

20. Alif.id

Alif.id juga hadir sebagai situs yang membayar penulis lepas. Alif.id membuka kesempatan bagi penulis untuk menulis tentang suasana keberagaman yang selaras dengan ajaran Islam. Mereka mengedepankan visi Berkeislaman dalam Budaya sehingga penulis bisa menulis mengenai hal-hal seputar budaya Islam, isu keberagaman, dan lain sebagainya.

Untuk setiap tulisan yang dimuat, penulis akan mendapatkan honor mulai dari Rp250 ribu setiap tulisannya. Penulis bisa bergabung dengan mengirim tulisan pada laman kontribusi di Alif.id.

21. Medium

Berbeda dengan penulis di website lainnya, penulis di situs Medium ini dibayar dengan mata uang dollar. Sumber uang mereka berasal dari biaya langganan para member yang berlangganan situs. Mereka memasang tarif member 5 USD per bulan, atau 50 USD per tahun.

Namun tidak diketahui pasti berapa honor yang diperoleh oleh penulis yang menulis di situs Medium.

22. NewNarartif.com

NewNaratif.com juga merupakan salah satu situs yang membayar penulis lepas. Mereka merupakan situs yang berbasis di London, Inggris. NewNaratif.com memiliki fokus untuk menulis tulisan yang panjang dan mendalam. Mereka membuka kesempatan untuk para penulis lepas di Asia Tenggara atau dari diaspora Asia Tenggara untuk bergabung.

Penulis lepas dari Asia Tenggara bisa menulis tentang cerita dan masalah yang penting bagi Asia Tenggara. Jika kamu adalah penulis yang menyukai hal yang sama, tak ada salahnya menjadi kontributor di NewNaratif.com.

Di dalam lamannya, NewNaratif.com menerbitkan artikel berupa penelitian, jurnalisme, komik, video, podcast, dan masih banyak lagi yang hubungannya dengan orang-orang di Asia Tenggara. Tulisannya bertujuan untuk memengaruhi kebijakan pemerintah dan mengeksplorasi kekuatan penting di sekitar Asia Tenggara.

Meski demikian, mereka tidak menerima tulisan dalam bentuk berita terbaru atau breaking news. Sehingga penulis diminta mengajukan Pitch dan redaksi membutuhkan waktu untuk merespons Pitch yang diajukan, baru setelahnya tulisan bisa ditulis dan dipublikasikan kurang lebih satu hingga dua bulan sebelum dipublikasikan.

Honor yang diterima penulis lepas di NewNaratif memang tidak mudah. Penulis yang sudah melalui proses approval Pitch akan melalui proses pendampingan editor dan baru jika tulisannya layak dimuat, penulis akan mendapat honor sebesar 25 persen dari total honor. Untuk satu tulisan yang dipublikasi, penulis rerata bisa meraup 200 USD.

24. Digtraksi.com

Digtraksi.com juga menjadi situs yang membayar penulis lepas. Penulis bisa mengirimkan artikel dengan topik yang beragam, mulai dari teknologi, kecantikan, bahkan mengenai traveling.

Sama halnya dengan di media besar seperti IDN Times, penulis akan mendapat honor berdasarkan views dari artikelnya, mulai dari Rp1 hingga Rp100 per view. Kemudian, saldo bisa ditarik jika minimal total pendapatan penulis adalah Rp200 ribu.

Artikel Terkait:

Cara Meningkatkan Motivasi Menulis Anti Gagal

Cara Menulis Kreatif aga Jadi Penulis Nyentrik

5 Trik Menulis Judul yang Menarik 

7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri dalam Menulis

5 Cara Mudah Mengembangkan Bakat Menulis 

Rahasia Membangun Semangat Menulis