Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

5 Tahap Membuat Buku Elektronik, Super Praktis!

cara membuar buku elektronik (1)

Dewasa ini banyak penulis yang belajar cara membuat buku elektronik karena memang menjadi pilihan menarik. Bagi penulis, menerbitkan buku dalam bentuk elektronik memangkas biaya cetak sehingga modal penerbitan lebih efisien. 

Sementara bagi pembaca, buku elektronik menjadi alternatif bahan bacaan dengan harga ekonomis dan bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Sebab formatnya bisa dibawa kemana saja dan dibaca dimana saja lewat smartphone. Lalu, bagaimana proses membuatnya? 

Apa Itu Buku Elektronik? 

Sebelum membahas cara membuat buku elektronik, maka pahami dulu definisinya. Buku elektronik disebut juga dengan istilah buku digital dan ebook. Ketiganya merujuk pada buku yang sama, yakni buku yang formatnya digital atau elektronik sehingga dibaca di perangkat elektronik. 

Buku elektronik tidak memiliki fisik sehingga untuk bisa membacanya dibutuhkan perangkat elektronik yang kompatibel. Sejauh ini nyaris semua smartphone dan komputer bisa dipakai untuk membuka buku elektronik. 

Berhubung di masa sekarang masyarakat lebih umum menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Maka pamor buku elektronik terus menanjak, karena membuatnya bisa dibaca kapan saja oleh pengguna smartphone. 

Tidak heran jika banyak penulis mulai mempertimbangkan untuk menerbitkan tulisannya secara elektronik. Baik diterbitkan secara mandiri (self publish) maupun dengan bantuan penerbit profesional dan resmi. 

Cara Membuat Buku Elektronik 

Setelah mengetahui apa itu buku elektronik, maka perlu memahami juga tata cara membuat buku elektronik tersebut. Berhubung tidak ada fisik karena tidak dicetak di media kertas, maka proses pembuatannya juga berbeda dengan buku konvensional. Berikut detailnya: 

1. Menyiapkan Dokumen Buku 

Tahap pertama dalam membuat buku elektronik adalah menyiapkan file buku dalam bentuk dokumen. Paling umum adalah dokumen Ms Word, baik yang diketik di Ms Word langsung maupun yang diunduh dari Google Document. 

Pastikan seluruh naskah sudah selesai, yakni dari bab awal sampai akhir. Tidak ketinggalan adalah menyiapkan sampul buku tersebut. Kemudian pastikan juga sudah mencakup halaman awal dan halaman akhir. 

Halaman awal ini seperti kata pengantar, daftar isi, dan lain sebagainya sebagaimana sebuah buku yang diterbitkan ke pasaran. Sementara halaman akhir mencakup biodata penulis, daftar pustaka jika ada, dan sebagainya. 

2. Import File Buku ke Aplikasi Pembuat Buku Elektronik 

Tahap kedua dalam cara membuat buku elektronik adalah meng-import file dokumen buku yang sudah selesai dikerjakan ke dalam aplikasi khusus. Yakni aplikasi pembuat buku elektronik. 

Jadi, untuk bisa membuat buku elektronik yang memiliki desain seperti buku cetak akan tetapi tidak berfisik. Diperlukan aplikasi pihak ketiga yang membantu mengubah buku dari dokumen biasa menjadi buku elektronik yang enak dibaca. 

Misalnya sudah menyatu dengan sampul, ada keterangan halaman buku, dan lain sebagainya. Pilihannya sendiri banyak dan silahkan memilih yang dirasa paling sesuai. 

Meskipun aplikasinya banyak akan tetapi prinsipnya sama. Yakni dimulai dengan meng-import file dokumen naskah buku kemudian diubah menjadi desain buku elektronik secara umum. 

Dalam prosesnya, bisa dilakukan editing misalnya memasukan infografik, menyisipkan gambar, mengatur halaman tertentu untuk mengganti huruf, dan lain sebagainya. 

3. Mengisi Metadata Buku 

Tahap berikutnya adalah mengisi metadata buku, apa itu? Metadata buku pada dasarnya ada seluruh identitas buku yang mencakup juga identitas penulisnya. Jadi di dalam aplikasi pembuat buku elektronik ada menu ini. 

Biasanya memiliki keterangan “Metadata Editor”, silahkan dipilih kemudian akan muncul halaman pengaturan. Sekaligus ada beberapa kolom yang perlu diisi seperti judul buku, deskripsi singkat buku (sinopsis), biodata penulis, dan lain-lain. 

4. Memasukan Cover Buku 

Berikutnya adalah memasukan cover buku yang juga termasuk ke dalam tata cara membuat buku elektronik. Jadi, di tahap sebelumnya pastikan sudah menyiapkan cover buku dalam format digital. Misalnya format JPG atau JPEG. 

Desain cover buku bisa dibuat memakai aplikasi desain grafis seperti Corel Draw atau mungkin Photoshop. Selain dibuat sendiri bisa juga memesan dari jasa desain profesional, mengenai harga bisa dikonsultasikan dulu. 

Jika cover sudah siap, silahkan masukkan ke dalam aplikasi pengubah buku elektronik. Sehingga nantinya akan dijadikan satu dengan file dokumen isi naskah yang sudah di-import sebelumnya. 

5. Simpan dan Konversikan 

Tahap akhir adalah menyimpan file buku elektronik yang sudah berhasil diubah. Caranya dengan menekan tombol atau fitur penyimpanan yang disediakan aplikasi. Kemudian pilih format yang diinginkan untuk proses konversi, apakah dibuat PDF, HTML, atau yang lainnya. 

Jika penulis buku elektronik ingin menerbitkan bukunya ke penerbit resmi, maka biasanya hanya akan diminta mengirimkan file naskah dalam format Ms Word. Bisa juga format jenis lain sesuai kebijakan penerbit. 

Sehingga proses pengubahan ke tampilan buku elektronik dilakukan pihak penerbit tersebut, penulis tinggal duduk manis. Adakah biaya? Jika menerbitkan ke penerbit mayor biasanya tanpa biaya, jika ke penerbit indie biasanya ada biaya. Namun dijamin hemat karena tanpa proses cetak. 

Mau menerbitkan buku elektronik (e-book) lebih hemat? TERBITKAN BUKU DIGITAL (e-book) dengan PROMO di Penerbit Deepublish saja! E-book akan dapat E-ISBN dan berpeluang untuk menambah poin KUM.

Sst.. Anda akan mendapatkan voucher diskon, cashback hingga fasilitas e-book premium GRATIS. Yuk, daftar Promo Diskon Terbit Ebook Up To 30% sekarang juga!

Pilihan Aplikasi Pembuat Buku Elektronik 

Membantu para penulis untuk menerapkan cara membuat buku elektronik yang sudah dijelaskan, maka perlu mengenal sejumlah aplikasi pembuat buku elektronik. Berikut beberapa rekomendasi atau pilihannya: 

1. Sigil 

Pilihan yang pertama adalah aplikasi Sigil, yaitu aplikasi pengubah buku elektronik berbasis gadget. Sehingga sifatnya adalah aplikasi mobile yang perlu diunduh lalu di instal ke gadget, seperti tablet dan smartphone. 

Sigil menyediakan proses pengubah buku elektronik yang praktis dengan fitur yang bisa dikatakan sudah lengkap. Hanya saja format buku elektroniknya baru HTML dan ePUB. Selain itu hanya untuk gadget berbasis Android dan iOS. 

2. Calibre 

Pilihan kedua adalah aplikasi Calibre, yang merupakan aplikasi pengubah buku elektronik untuk perangkat dengan sistem operasi Windows, iOS, maupun Linux. Aplikasi ini menyediakan format buku elektronik terlengkap. 

Hanya saja belum mendukung penggunaan di perangkat berbasis Android, alias smartphone Android. Oleh sebab itu, aplikasi ini umum digunakan pengguna iOS, Linux, dan Windows saja. 

3. ePUBee Maker 

Aplikasi ePUBee Maker juga termasuk aplikasi pengubah buku elektronik dan diketahui memiliki format yang beragam. Begitu juga dengan bentuk konversinya, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penulis. 

Lewat aplikasi ini, para penulis buku elektronik bisa menggunakan perangkat apapun. Baik komputer maupun smartphone dengan sistem operasi apa saja. Tidak heran jika aplikasi ini banyak digunakan karena kelebihan satu ini. 

4. Mobipocket Creator 

Pilihan atau rekomendasi terakhir untuk aplikasi yang membantu menerapkan cara membuat buku elektronik adalah Mobipocket Creator. Aplikasi ini juga banyak digunakan penulis yang ingin menerbitkan buku elektronik secara mandiri. 

File dokumen buku elektronik yang bisa dimasukan cukup beragam dan kemudian bisa dikonversi dalam format PRC. Sehingga cocok untuk menerbitkan buku-buku ke marketplace maupun bekerja sama dengan penerbit resmi. 

Setiap aplikasi pengubah buku elektronik memiliki tampilan dan fitur yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, silahkan memilih aplikasi yang paling mudah dan fitur paling lengkap. Sehingga menerapkan cara membuat buku elektronik bisa lebih lancar tanpa hambatan. 

Rekomendasi Artikel Terkait :

Tahukah Anda bahwa salah satu cara untuk meningkatkan poin KUM adalah menerbitkan buku. Aturan ini tertuang dalam PO PAK 2019.

Sayangnya, kesibukan dalam mengajar, membuat dosen lupa dengan kewajiban lainnya yaitu mengembangkan karir. Maka dari itu, Penerbit Deepublish hadir untuk membantu para dosen meningkatkan poin KUM dengan menerbitkan buku.

Kunjungi halaman Daftar Menerbitkan Buku, agar konsultan kami dapat segera menghubungi Anda.

Selain itu, kami juga mempunyai E-book Gratis Panduan Menerbitkan Buku yang bisa membantu Anda dalam menyusun buku. Berikut pilihan Ebook Gratis yang bisa Anda dapatkan:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Subscribe

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama