Di masa yang serba canggih seperti saat ini, orang bisa mendapat uang dengan cara mudah hanya dengan mengandalkan kemampuan, keterampilan, atau skill yang dimilikinya. Salah satunya yakni kemampuan, keterampilan, atau skill menulis. Jika zaman dulu menulis hanya menjadi kemampuan yang tak terasah, sekarang justru bisa jadi ladang pendapatan.

Salah satunya yakni mendapatkan uang dari menulis. Orang tentu sangat tertarik mendapatkan cara mendapatkan uang dari menulis cerpen. Dan saat ini, fenomena tersebut sudah tidak asing lagi dan bahkan banyak orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan menulis bisa menghasilkan pendapatan yang tak kalah besar dari pekerja kantoran.

Jika Anda memiliki kemampuan atau keterampilan menulis dan ingin menyalurkan kemampuan atau keterampilan tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa cara yang akan diberikan di bawah ini. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengandalkan kemampuan dan keterampilan.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen

Berikut cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang bisa Anda coba:

1. Kirim Cerpen ke Majalah dan Koran

Cara yang paling mudah dilakukan penulis agar tulisan cerpennya menghasilkan penghasilan adalah dengan mengirim cerpen tersebut ke majalah atau koran. Tak hanya di zaman seperti saat ini saja, cara ini sangat diandalkan oleh penulis bahkan pelajar sejak zaman dahulu.

Zaman dahulu, banyak majalah atau koran yang memang menerima tulisan dari kontributor, baik tulisan untuk esai, cerpen, puisi, dan lain sebagainya dan sebagai imbalannya, bila karya kontributor atau penulis tersebut dimuat, maka akan diberikan apresiasi berupa uang. Ternyata cara ini masih terus dilakukan hingga saat ini.

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengirim cerpen ke majalah atau koran ini masih dilakukan di beberapa majalah, koran, atau media lokal maupun nasional. Beberapa majalah, koran, atau media yang bisa menerima tulisan dalam bentuk cerpen yaitu: (1) Republika, (2) Kompas, (3) Jawa Pos, (4) Media Indonesia, dan (5) Tempo.

Berikut ini adalah cara mengirim naskah cerpen ke media-media di atas sehingga Anda bisa mendapatkan uang dari hasil karya tulis yang sudah Anda tulis.

a. Republika

Republika merupakan salah satu media di Indonesia yang bisa menerima cerpen kiriman dari pembaca dan memberikan imbalan berupa upah. Sehingga bagi Anda yang memiliki kemampuan atau keterampilan menulis cerpen, Anda bisa mengirimkan hasil tulisan cerpen yang memiliki nilai dan kualitas baik ke Koran Republika.

Meski nampaknya mudah, redaksi Republika ini terbilang sangat selektif dalam memilih tulisan, sehingga tulisan yang Anda hasilkan harus benar-benar berkualitas dan juga baik. Oleh sebab itu, ada beberapa pertimbangan yang biasanya dilakukan oleh redaksi untuk mengunggah atau mempublikasikan tulisan atau hasil karya yang baik dan berkualitas.

Berikut ini adalah poin penting yang perlu diperhatikan penulis yang ingin mengirim cerpen ke Koran Republika agar lolos dan dipublikasi.

– Penulis harus memiliki fokus untuk membuat atau mengirim cerpen yang konvensional atau eksperimental dengan tema bebas, namun dengan menggunakan pendekatan Islami atau memiliki semangat agama Islam.

– Karena Koran Republika memiliki ideologi Islam Kosmopolitan, maka biasanya redaksi tidak akan memuat tulisan yang mengandung unsur mempromosikan karya yang bersifat estetik atau tematik dan bertolak belakang dengan ajaran Islam.

Meski terbilang sulit, tetapi bayaran yang diberikan oleh Koran Republika bagi penulis yang tulisannya berhasil dimuat cukup menggiurkan. Bayaran yang akan diberikan sekitar Rp300 ribu hingga Rp400 ribu rupiah setiap tulisan atau setiap cerpen yang dimuat.

Jika berminat untuk mencoba keberuntungan dalam mengirim naskah cerpen karya Anda, Anda bisa mengirimkan tulisan Anda ke redaksi republika melalui email: sekretariat@republika.co.id.

b. Kompas

Selain Koran Republika, media di Indonesia yang juga menerima cerpen dari pembaca adalah Kompas. Selain cerpen, situs atau redaksi Kompas justru menerima karya tulis atau tulisan yang lebih luas lagi. Misalnya karya puisi, dongeng, atau bahkan artikel atau esai. Tulisan yang baik dan memenuhi kriteria maka akan dimuat di harian Kompas atau situs Kompas.

Tak kalah dari Republika, Kompas juga akan memberi honor yang cukup tinggi bagi penulis yang mengirim tulisannya ke Kompas. Untuk cerpen, penulis bisa mendapat honor mencapai Rp1.400.000 juta untuk satu cerpen pilihan yang dimuat. Selain itu untuk tulisan puisi, honor yang diterima penulis mencapai Rp550.000.

Dan untuk tulisan dalam bentuk dongeng yang berhasil dipilih dan dimuat di Kompas, penulis berhak mendapatkan honor mencapai Rp150.000. Bagaimana, menggiurkan bukan? Kompas akan memberikan bayaran kepada penulis yang tulisannya berhasil dipilih dan dipublikasi pada pertengahan bulan.

Bagi Anda yang berminat mengirim karya baik cerpen, puisi, atau bahkan dongeng ke Kompas, Anda bisa mengirimkan karya ke email: nusantarabertutur@gmail.com.

c. Jawa Pos

Koran atau media di Indonesia lainnya yang menerima tulisan dari luar yakni Jawa Pos. Redaksi yang cukup populer di Indonesia ini memuat berbagai berita di dalam negeri, baik berita terkini atau news, gosip artis, kesehatan, dan lain sebagainya. Jawa Pos juga kerap memuat cerpen yang bersifat menghibur pembacanya.

Cerpen tersebut didapatkan dari penulis lepas di luaran. Sehingga jika Anda ingin mengirim karya cerpen ke koran, Jawa Pos bisa dijadikan pilihan. Tak hanya cerpen saja, Jawa Pos juga menerima tulisan dalam bentuk resensi buku, termasuk puisi. Oleh sebab itu, salah satu cara mendapatkan uang dari menulis cerpen bisa didapatkan di Jawa Pos.

Bagi karya yang berhasil dimuat di Jawa Pos, maka penulis akan mendapatkan honor sekitar Rp925.000 hingga Rp1.000.000 untuk cerpen. Dan bagi karya puisi atau resensi buku, penulis bisa meraup honor mulai Rp700.000 sampai Rp725.000.

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen di Jawa Pos ini bisa dijadikan pilihan dari banyaknya koran atau media yang menerima tulisan. Dan pembayarannya biasanya akan diberikan setelah 2 minggu atau 14 hari tulisan tersebut dimuat di media Jawa Pos.

Bagi Anda yang berminat mengirimkan tulisan, baik itu cerpen, puisi, atau resensi buku, bisa langsung mengirim karya Anda ke beberapa email redaksi ini, yaitu: editor@jawapos.co.id, ariemetro@yahoo.com, atau ke email ari@jawapos.co.id.

d. Media Indonesia

Koran atau media massa lain yang bisa jadi cara mendapatkan uang dari menulis cerpen adalah Media Indonesia. Dengan mengirim karya tulis, baik itu cerpen atau karya sastra lain berupa puisi, dongeng, atau karya lain, Anda bisa mendapatkan honor ketika karya tersebut terpilih dan dimuat di Media Indonesia.

Sama halnya dengan di media-media lain, salah satu hal yang harus diperhatikan agar karya Anda dimuat adalah keorisinalitasan karya. Artinya, karya yang diterima dan dipublikasi selain harus memenuhi kriteria yang ditentukan juga harus bebas dari plagiasi dan juga belum pernah dipublikasikan ke media lain dalam bentuk apa pun.

Bagi karya yang dimuat di Media Indonesia, penulis akan mendapatkan honor mencapai Rp705.000 untuk cerpen, dan untuk karya lain dalam bentuk puisi, penulis akan mendapat honor mencapai Rp625.000 untuk satu karya yang dipilih dan dimuat di Media Indonesia.

Anda yang ingin mencoba mengirimkan hasil karya atau tulisan Anda, bisa mengirimkan cerpen ke redaksi Media Indonesia dengan mengirim naskah atau tulisan ke cerpenmi@mediaindonesia.com.

Sedangkan untuk karya lain yang berupa puisi atau karya selain cerpen, bisa dikirim ke surat elektronik atau email Media Indonesia puisi@mediaindonesia.com atau ke surat elektronik alternatif yaitu miweekend@mediaindonesia.com.

e. Tempo

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengirim ke koran selanjutnya yakni melalui Majalah Tempo. Tempo juga merupakan salah satu media yang populer di Indonesia dan menerima tulisan dari luar serta akan memberi honor kepada penulis yang tulisannya. terpilih.

Tempo menawarkan honor mencapai Rp750.000 untuk cerpen yang terpilih dan karya lain, misalnya puisi akan mendapat honor Rp600.000 bagi karya yang terpilih dan dimuat di harian Tempo. Selain cerpen dan puisi, Tempo juga menerima karya lain berupa resensi buku yang jika tayang akan dihargai sebesar Rp700.000 bagi karya yang terpilih.

Anda bisa mengirim hasil karya tulisan Anda, baik karya cerpen, puisi, atau resensi buku ke surat elektronik Tempo yaitu sastra@tempo.co.id.

2. Buat Buku Kumpulan Cerpen

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang selanjutnya yakni dengan membuat buku kumpulan cerpen. Dengan menulis buku kumpulan cerpen, maka penulis mendapatkan hak cipta yang sah dan ketika buku kumpulan cerpen tersebut dimuat dan menggandeng penerbit, maka penulis akan mendapatkan keuntungan.

Biasanya, para penulis yang sudah mengirimkan cerpennya ke berbagai media cetak maupun media digital bisa mengumpulkan kumpulan cerpennya dan dijadikan satu buku kemudian dicetak dan dipublikasikan secara mandiri atau self-publish. Penulis bisa juga menggandeng penerbit dan merilis buku kumpulan cerpennya tersebut.

Baca Juga:

3. Kirim Cerpen ke Situs Penulis Artikel

Selain itu, cara mendapatkan uang dari menulis cerpen juga bisa dilakukan dengan mengirim hasil karya sastra berupa cerpen yang telah ditulis ke beberapa situs penulis artikel. Hal ini biasanya dilakukan penulis yang enggan menerbitkan sendiri cerpennya, sehingga memilih mengirim tulisan tersebut ke situs penulis artikel.

Beberapa situs yang bisa menerima tulisan, baik cerpen, artikel, dan lain sebagainya adalah Vebma, Plukme, Tulisanku.co.id, atau Basabasi.co. Dengan mengirim tulisan ke berbagai situs tersebut, maka penulis akan mendapatkan honor sesuai dengan besaran yang mereka tentukan. Tapi tentu saja, tulisan yang dimuat adalah tulisan yang sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan.

Meski begitu, karya yang bisa dimuat di Vebma, Plukme, Tulisanku.co.id, atau BasaBasi.co tidak hanya karya fiksi saja tetapi juga berupa karya non-fiksi.

4. Muat Cerpen di Blog Pribadi yang Dipasang Iklan

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen selanjutnya yakni dengan menulis cerpen atau karya sastra di blog pribadi milik penulis. Ini adalah cara yang paling mudah dilakukan dan bahkan cukup menjanjikan. Akan tetapi, penulis harus membuat blog pribadi terlebih dahulu. Blog yang sudah dibuat juga perlu dikembangkan.

Salah satu cara utamanya yakni dengan monetisasi dengan cara menyediakan spot iklan mandiri atau mendaftar Google Adsense sehingga tulisan yang dimuat di dalam blog tersebut memiliki nilai jual. Dengan demikian, karya yang dimuat baik cerpen maupun karya tulis lain tidak hanya sekedar dapat menyalurkan hobi saja tetapi juga mendapatkan bayaran yang sesuai.

Bagi blog yang memiliki iklan mandiri, memang bayarannya tidak sebesar mengirimkan karya ke media massa atau ke majalah, dan lain sebagainya. Biasanya penulis mulai mendapatkan honor mulai dari Rp20.000 saja. Akan tetapi jika konsisten menulis dan memiliki banyak karya yang banyak dibaca, maka pendapatan dari blog cukup menjanjikan.

5. Buat e-Book Kumpulan Cerpen

Sama halnya seperti membuat buku kumpulan cerpen tadi, bahwa penulis bisa mengumpulkan berbagai karyanya dalam satu folder, dan dipublikasikan baik dicetak dengan bentuk buku atau dijadikan e-Book yang berisi kumpulan cerpen. Dengan demikian, berbagai kumpulan cerpen tersebut bisa dijadikan buku elektronik yang memiliki nilai jual.

Apalagi saat ini e-Book sangat berkembang di zaman digital dan diminati banyak orang. Sehingga bisa jadi, kumpulan cerpen yang dijadikan e-Book tersebut bisa jadi sumber penghasilan bagi penulis karena pembacanya lebih luas dan juga membantu pembaca untuk mendapat kemudahan dalam menemukan buku kumpulan cerpen tanpa harus keluar rumah.

6. Membuka Jasa Menulis Cerpen

Anda juga bisa memilih cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan membuka jasa menulis cerpen. Cara ini saat ini sangat banyak dibutuhkan, baik dari situs-situs digital atau bahkan dari penerbit. Penerbit atau situs tertentu akan mencari penulis cerpen terbaik dan akan memuat karya penulis tersebut ke dalam situs atau ke dalam buku yang akan diterbitkan.

Akan tetapi, penulis yang terpilih memang harus memiliki kredibilitas baik dan karyanya sudah terjamin baik. Oleh sebab itu jika Anda ingin membuka jasa menulis cerpen dan mendapat bayaran yang fantastis, Anda harus terus berlatih dan mengeksplorasi kemampuan dan keahlian menulis tersebut agar bisa dipilih menjadi penulis cerpen.

Baca Juga:

7. Menulis Cerpen di Aplikasi Menulis

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang terakhir adalah dengan menulis cerpen pada aplikasi menulis. Saat ini, banyak aplikasi menulis yang menguntungkan penulis karena mereka akan memberi bayaran pada penulis yang mengisi konten di dalam aplikasinya sesuai dengan banyaknya orang yang membaca karya penulis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi menulis cerita yang bisa dijadikan pilihan untuk menulis cerpen dan menghasilkan pendapatan yang menjanjikan.

  • Innovel
  • Vebma
  • Plukme
  • Dreame
  • Storial.co
  • Mangatoon
  • Noveltoon
  • We Read
  • Joylada
  • WebNovel
  • Kakaopage Korea
  • Webtoon
  • Novelme

Syarat Menulis Cerpen yang Menghasilkan Uang

Selain memahami apa saja yang bisa dilakukan atau cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dari berbagai hal di atas, penulis juga harus memenuhi kriteria atau syarat menulis cerpen yang baik sehingga tulisannya bisa menghasilkan pendapatan. 

Secara umum, inilah syarat agar tulisan atau cerpen dapat dengan mudah di internet dan mendapatkan uang:

  • naskah cerpen murni karya sendiri dan orisinil atau bukan hasil plagiat dari orang lain
  • belum pernah dimuat di manapun, baik secara cetak maupun digital
  • memuat cerita yang baru dan menarik
  • cerita harus memunculkan rasa penasaran pembaca
  • tepat dalam menentukan sasaran pembaca
  • menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target atau sasaran pembaca
  • konsisten
  • tepat waktu
  • cerpen memiliki nilai dan semangat
  • penulis harus bersedia menerima kritik dan saran dalam bentuk apapun itu

Artikel Terkait:

6 Langkah Menulis Cerpen Bagi Pemula

Cara Membuat Pembukaan Cerpen 

Cara Menulis Cerpen Online

Struktur Cerpen yang Benar

Tips Sederhana Membuat Novel 

21 Jenis Novel Berdasarkan Genre

Judul Buku dan Novel yang Menarik 

Cara Riset untuk Menulis Novel