Contoh penutup makalah. Jika sedang menyusun karya tulis ilmiah tentunya perlu mencari referensi agar struktur susunannya sesuai dengan kaidah yang berlaku. Termasuk juga dalam mencari contoh penutup makalah, laporan, jurnal, laporan dan skripsi. Diperlukan contoh karena memang bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku. 

Selain itu, juga perlu memperhatikan struktur karena memang ada kaidah atau aturan yang menyertainya. Pada bagian penutup biasanya terdiri atas dua poin, yakni Kesimpulan dan yang kedua adalah Saran. Secara umum, Kesimpulan ditulis di awal baru disusul dengan Saran. 

17 Contoh Penutup Makalah, Laporan, Jurnal, dan Skripsi 

Menariknya, tidak selalu semua karya tulis ilmiah membutuhkan Saran pada bagian penutup. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan berikut adalah contoh penutup makalah, laporan, jurnal, laporan dan skripsi yang bisa dijadikan referensi: 

1. Contoh Penutup Makalah 1

Kesimpulan

Dari data dan fakta yang telah dipaparkan diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan bahan pengawet pada jajanan anak sekolah sangat berbahaya untuk kesehatan sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan. 

Tindakan tersebut meliputi menyediakan jajanan yang sehat di kantin sekolah dan melarang anak-anak untuk jajan sembarangan. Pengawasan dari orang tua guru juga sangat penting untuk mengatasi permasalahan ini.

Tidak kalah penting adalah anak-anak dibiasakan untuk membawa bekal dari rumah. Sehingga sudah merasa kenyang dengan bekal tersebut dan membuat mereka tidak jajan sembarangan lagi. 

Saran

Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan makalah ini akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis perbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan penulis. 

Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat penulis harapkan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya. Sehingga bisa terus menghasilkan penelitian dan karya tulis yang bermanfaat bagi banyak orang. 

2. Contoh Penutup Makalah 2 

Kesimpulan 

Dari penjelasan diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktek Kerja Lapangan sangat bermanfaat untuk siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan ataupun untuk pihak industri. 

Selain itu kegiatan Praktek Kerja Lapangan juga menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan siswa. Khususnya dalam hal praktek, dimana mereka bisa belajar lebih luas dalam dunia kerja. Serta sebagai ajang untuk melatih siswa menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.

Saran

Untuk melengkapi laporan ini kami akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin bisa membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada. Antara lain sebagai berikut :

  1. Kuasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktek kerja lapangan.
  2. Utamakan keselamatan kerja.
  3. Gunakan waktu sebaik mungkin.
  4. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

3. Contoh Penutup Makalah 3 

Kesimpulan

Dari pendirian usaha ini, saya dapat menyimpulkan bahwa berdirinya sebuah perusahaan dikarenakan kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan perusahaan ini. 

Selain itu tujuan saya mendirikan perusahaan ini adalah untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.

Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan yang Maha Esa. Dalam pendirian perusahaan ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran Bapak/Ibu yang sifatnya membangun guna sebagai bahan evaluasi saya untuk kedepannya agar lebih baik lagi.

Saran 

Agar pelaksanaan usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar, saya memiliki beberapa saran. Antara lain :

  1. Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan.
  2. Mempunyai etos kerja yang tinggi.
  3. Pandai berkomunikasi dengan orang lain.
  4. Tidak mudah berputus asa.
  5. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.
  6. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.
  7. Disiplin, bertanggung jawab, kreatif dan inovatif.
  8. Mengutamakan kepuasan pelanggan.

4. Contoh Penutup Makalah 4

Kesimpulan

Menurut dari informasi dan data yang sudah dijelaskan diatas maka sang penulis bisa menanggapi. Bahwa pemakaian bahan pengawet pada jajanan anak-anak sekolah sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh. Sehingga tindakan negatif seperti ini harus ditindak lanjutkan untuk pencegahan.

Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan mencakup: 

  • Menghidangkan jajanan yang sehat di kantin sekolah. 
  • Melarang siswa dan siswi untuk tidak jajan sembarangan, terutama di luar lingkungan sekolah. 
  • Dilakukan pengawasan terhadap siswa dan siswi dan dilakukan oleh guru maupun orang tua. 

Saran

Walaupun penulis menginginkan kerapian dan kesempurnaan ketika menyusun makalah ini. Namun pada kenyataannya masih banyak sekali kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki ulang oleh penulis. Persoalan ini dikarenakan masih sangat sedikitnya pengetahuan penulis.

Maka dari itu penulis sangat berharap sekali bahwa para pembaca selalu memberikan sebuah kritikan dan saran kepada penulis agar penulis bisa menjadikan saran dan kritikan yang diberikan oleh para pembaca ini dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk selanjutnya.

5. Contoh Penutup Makalah 5

Kesimpulan

Berdasarkan teori yang telah dijabarkan, serta melihat fakta yang ada di lapangan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan, diantaranya:

  • Makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit dalam jangka panjang.
  • Makanan cepat saji terbukti memberikan dampak negatif bagi kesehatan

Saran

Setelah melihat dampak negatif dari permasalahan tersebut, maka kami sebagai penyusun makalah menyarankan beberapa hal berikut ini:

  • Tindakan pencegahan yang perlu dilakukan adalah dengan menyediakan makanan sehat secara mandiri.
  • Edukasi bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan oleh seluruh stakeholder kesehatan

6. Contoh Penutup Laporan 1

Kesimpulan

Dari hasil pemaparan diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan di antaranya:

  • Nilai-nilai Pancasila memiliki pengaruh positif terhadap anak-anak sekolah.
  • Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila sudah final, sehingga tidak perlu diutak-atik lagi.
  • Penerapan nilai Pancasila di sekolah dapat melatih kesiapan diri menghadapi kehidupan pasca sekolah.

Saran

Penulis juga memberikan beberapa saran, di antaranya:

  1. Tenaga pendidik mengajak siswa untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila di dalam kelas.
  2. Kepala Sekolah  mengajak seluruh civitas academica untuk saling menerapkan nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
  3. Para pendidik memberikan pemahaman kepada orang tua siswa, agar di lingkungan keluarga juga diterapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

7. Contoh Penutup Laporan 2

Kesimpulan

Dari hasil pembahasan mengenai penelitian di atas, dapat penulis simpulkan bahwa tidur yang cukup bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan produktivitas. Karena dengan tidur cukup dapat memperbaiki suasana hari, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan daya ingat dan daya pikir.

Saran

Penulis juga memiliki saran untuk para pembaca, agar tubuh lebih sehat maka perlu membiasakan disiplin dengan tidur yang cukup dan kegiatan lain yang dapat menyegarkan pikiran. Seperti misalnya traveling atau melakukan hal-hal yang berkaitan dengan hobi yang selama ini disukai atau dijalankan.

8. Contoh Penutup Laporan 3

Kesimpulan

Dari pemaparan diatas, penulis menarik beberapa kesimpulan yaitu:

  1. Pendidikan merupakan hal penting yang wajib diberikan kepada seluruh warga negara Indonesia
  2. Pendidikan formal yang wajib dijalani anak yakni mulai SD, SMP hingga SMA (wajib belajar 12 tahun)
  3. Dalam situasi tertentu, warga negara bisa menempuh pendidikan non formal.
  4. Beberapa masalah pendidikan meliputi tidak meratanya infrastruktur dan tenaga kependidikan.

Saran

Dengan berakhirnya pembahasan makalah ini, penulis menyarankan kepada pembaca untuk memperhatikan aspek pendidikan kepada anak-anak. Karena kelak merekalah yang akan menjadi penerus bangsa.

9. Contoh Penutup Laporan 4

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan topik masalah sebelumnya, maka kami membuat kesimpulan sebagai berikut:

  1. Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  2. Kesehatan meliputi aspek fisik dan psikis.
  3. Kesehatan dipengaruhi oleh pola hidup yang baik, mencakup pola makan, pola tidur, dan olahraga.
  4. Kesehatan harus dirawat setiap hari dengan makanan bergizi dan rajin berolahraga.

Saran

Kami memiliki saran bagi para pembaca, agar selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dengan memperhatikan aspek gizi dalam makanan dan juga rajin berolahraga. Biasakan minum air putih, perbanyak makan buah dan sayur.

10. Contoh Penutup Laporan 5

Kesimpulan

Dari hasil penelitian di atas, dapat simpulkan bahwa masyarakat desa X (tempat diadakannya penelitian) masih belum memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk hal-hal produktif. 

Program ketahanan pangan dengan pemanfaatan pekarangan untuk ditanami sayur mayur bisa jadi pilihan yang tepat di desa X. Program ini juga dapat menekan pengeluaran belanja rumah tangga harian masyarakat. Sekaligus memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah warga. 

Saran

Penulis juga memiliki beberapa saran, di antaranya:

  1. Pemerintah desa X melalui kader PKK memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya para ibu rumah tangga. Agar lebih bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan ditanami sayur mayur untuk konsumsi sehari-hari.
  2. Melalui kader PKK pemerintah desa X hendaknya memberikan edukasi cara-cara menanam sayur mayur khususnya sayur yang relatif mudah tata cara penanamannya.
  3. Pemerintah desa memberikan fasilitas berupa bibit/benih tanaman sekaligus media tanam kepada masyarakat.

11. Contoh Penutup Jurnal 1 

Kesimpulan

LAMUK (Lampu Anti Nyamuk) dengan ekstraksi kulit langsat yang mengandung triterpenoid, flavonoid, dan saponin maka nyamuk tidak akan berkenan untuk mendekat. 

Melalui tiga tahapan pembuatan yaitu extraction, veneering, dan finishing LAMUK dibuat untuk menyebarkan aroma yang dimiliki oleh ekstrak murni kulit langsat. Sehingga dapat menyebar dan menghindarkan masyarakat dari gigitan nyamuk. 

LAMUK tentunya dianggap sebagai tahap preventif atau pencegahan terhadap penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Sehingga bisa menurunkan jumlah pasien yang terserang demam berdarah. 

12. Contoh Penutup Jurnal 2 

Kesimpulan 

Dalam analisis matematis disimpulkan bahwa sistem destilasi menggunakan dua sumber energi bebas dari alam yaitu matahari dan angin. Dapat menguapkan lebih banyak air daripada destilator hanya dengan satu sumber saja. Sehingga diindikasikan dapat menyelesaikan permasalahan air bersih di kawasan pesisir pantai. 

Selain itu berdasarkan studi pustaka yang dibahas juga memberikan data bahwa air hasil destilasi memenuhi standar konsumsi. Secara keseluruhan, sistem destilasi ini perlu diuji berulang kali hingga didapat hasil yang sesuai dengan kondisi di lapangan. 

Harapannya setelah itu teknologi ini dapat direalisasikan dan dikembangkan secara massal untuk daerah-daerah pesisir pantai khususnya di Indonesia yang mengalami masalah krisis air bersih dan memiliki potensi energi terbarukan.

13. Contoh Penutup Jurnal 3

Kesimpulan

Berdasarkan teknik pengumpulan data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Desain TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) yang terdiri dari turbin angin, sel surya, pompa air dan kontroler, media peletakan rumput laut, pipa aliran air merata, dan sistem distribusi air laut ke tambak.
  • Relevansi penggunaan TARBID (Tambak Rumput Laut Hibrid) sangat tepat untuk masyarakat pesisir pantai khususnya wilayah pesisir karena terjangkau, murah, ramah lingkungan, investasi jangka panjang dan teknologi yang mudah dioperasikan.

14. Contoh Penutup Jurnal 4

Kesimpulan  

E-Teknologi didefinisikan sebagai internet dan teknologi yang terkait, seperti digital dan web based televisi (Eysenbach, 2000). Sebagai teknologi informasi terus tumbuh dan konsumen semakin meningkat dalam menggunakan teknologi. Hal ini jelas bahwa penggunaan teknologi e- menyajikan berbagai manfaat. Namun kelemahan dari teknologi tersebut juga tidak diabaikan.

Berkembangnya teknologi Telekomunikasi berpengaruh pada peningkatan pelayanan kesehatan mental khususnya pada pelayanan jarak jauh yang dikenal dengan telepsychiatry.

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang diteliti pada jurnal ini, dimana kondisi tersebut membutuhkan perawatan jangka panjang, hal ini seringkali terabaikan oleh keluarga dalam pemantauan kesehatan klien.

Saran

Melalui penelitian yang dilakukan, maka tim penulis mencoba memberikan sejumlah saran kepada beberapa pihak yang terkait. Yaitu: 

  • Bagi Pelayanan Kesehatan 

Dengan semakin majunya teknologi di bidang kesehatan diharapkan Rumah sakit khususnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui E-teknologi salah satunya di bidang psychiatry melalui Telepsychiatry. 

  • Bagi Mahasiswa 

Meningkatkan ide untuk mengembangkan teknologi sistem informasi manajemen keperawatan sebagai bukti nyata mahasiswa mengaplikasikan teori ke dalam bentuk praktik.

15. Contoh Penutup Skripsi 1 

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan skripsi yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa determinan dan dampak pernikahan usia muda yang ada di Desa Sukamaju, adalah sebagai berikut:

  • Banyaknya pernikahan usia muda yang terjadi di Desa Sukamaju disebabkan karena adanya 4 determinan, yakni ekonomi, pendidikan, budaya, dan pergaulan remaja.
  • Pernikahan usia muda di Desa Sukamaju menimbulkan dampak positif dan dampak negatif.
  • Determinan yang paling mempengaruhi pernikahan usia muda di Desa Sukamaju adalah determinan pergaulan remaja, hal ini dikarenakan pergaulan remaja di Desa Sukamaju telah terpengaruh oleh pergaulan bebas yang ada di perkotaan tanpa diimbangi dengan pendidikan yang tinggi.

16. Contoh Penutup Skripsi 2

Kesimpulan 

Berdasarkan penelitian dan pembahasan di atas maka gerakan sosial Women’s March merupakan gerakan sosial yang benar sesuai teori Charles Tilly. Gerakan ini memenuhi kriteria gerakan sosial ala Charles Tilly. Yakni menggunakan strategi berupa kampanye, repertoar gerakan sosial, dan WUNC Display.

Setelah dianalisis, gerakan sosial Women’s March memenuhi elemen strategi gerakan sosial tersebut. Gerakan ini menggunakan kampanye baik melalui berbagai platform seperti media sosial, aksi protes, event, hingga long march.

Selain itu keselarasan gerakan ini dapat dianalisis melalui elemen WUNC Display. Bagaimana gerakan ini menggunakan simbol-simbol tertentu dalam menyampaikan pesan tuntutan. Kekhasan apa yang ditonjolkan oleh gerakan ini untuk menarik massa dan menggugat aktor politik agar tuntutan dikabulkan.

17. Contoh Penutup Skripsi 3

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan dalam skripsi ini pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki hak paten yang disebut Hak Asasi Manusia. 

Sehingga jika suatu saat terjadi sebuah pelanggaran terhadap hak tersebut, maka warga negara Indonesia berhak mengajukan laporan kepada instansi yang terkait yang berwenang. Hal ini menunjukan bahwa hak asasi manusia di Indonesia dilindungi oleh Undang-Undang dan wajib ditegakan. 

Saran

Penulis memberikan saran agar kita bisa merawat keharmonisan antar warga, mulai dari lingkup terkecil hingga secara luas. Jika kita senantiasa menjaga hubungan baik dengan sesama, maka dapat mencegah terjadinya pelanggaran Hak Asasi Manusia. Sebab pelanggaran sering terjadi karena hubungan yang tidak harmonis. 

Artikel Terkait:

Tips Menulis Pendahuluan Laporan 

Rahasia Menulis Pendahuluan

Tips Menulis Pendahuluan Esai 

Cara Membuat Kata Pengantar Modul 

Perbedaan Prakata dan Kata Pengantar 

Contoh Halaman Persembahan 

Contoh Lembar Pengesahan